Review Acer Spin 3 (2020)

Acer merilis produk laptop untuk kategori 2-in-1 yaitu Acer Spin 3. Produk ini sebenarnya bukan model terbaru karena beberapa versi lain sudah muncul sebelumnya. Khusus untuk rilisan terkini, produk mengalami beberapa upgade terutama processor untuk meningkatkan kapablitas dan performa.

Laptop ini menggunakan engsel yang mampu berputar hingga ke belakang. Anda bisa melipat bagian layar sehingga menjadi beberapa mode. Selain mode laptop, pengguna bisa memakai laptop dengan mode tenda untuk menonton film dan video. Ketika bagian punggung layar secara langsung menyentuh bawah laptop, mode yang dipakai adalah tablet.

Secara segmen, Acer menempatkan laptop ini di level menengah yang mampu mengakomodasi fungsi bisnis. Laptop ini berbentuk portable yang ringan dengan berat ssekitar 1,5 kg. Anda bisa membawa dengan mudah dan bekerja dalam waktu yang cukup lama.

Untuk pembahasan lebih lanjut terkait spesifikasi dan performa, simak ulasan berikut.


Desain

Acer Spin 3 Convertible Laptop tablet

Laptop ini tidak mengalami perubahan signifikan terkait desain. Acer masih mengadopsi gaya modern yang elegan dengan sudut-sudut yang cenderung tajam. Desain seperti ini memiliki keunggulan yaitu laptop lebih optimal untuk penempatan fitur.

Penyebutan resmi jenis produk ini adalah laptop konvertibel, karena ia mampu berputar 360 derajat hingga menghadap arah berbeda. Selain itu, ada juga yang menyebutnya sebagai laptop hybrid sebab bisa berganti ke mode tablet. Namun, layarnya masih melekat di badan laptop dan engsel tidak terpisah.

Bagian luarnya menggunakan cover dengan material kualitas tinggi. Acer melakukan penelitian panjang untuk menghasilkan sistem desain dan konfigurasi yang bagus serta tahan lama. Engsel di laptop juga terintegrasi sehingga menyatu dengan bagian atas dan bawah. Anda bisa membuka, menutup, melipat, dan memutar bagian hingga ribuan kali sebelum engselnya melemah.


Spesifikasi Utama

Acer Spin 3 Convertible Laptop keyboard

Acer Spin 3 menggunakan processor terbaru dari Intel. Pengguna bebas memilih versi i3, i5, atau i7. Masing-masing prosesor adalah produk generasi kesepuluh (10th Gen Intel). Selain itu, ada juga varian Spin 3 dengan processor Intel generasi kedelapan alias 8th Gen.

Jika ingin mendapatkan hasil maksimal, Anda sebaiknya memilih Intel core i7 (atau minimal i5). Ketangguhan processor ini sudah teruji sehingga mampu menjalankan aplikasi bawaan dan mendukung sistem operasi windows 10 terbaru. Untuk level entry level, Anda dapat mencoba varian Spin 3 dengan processor Intel i3.

Selanjutnya, Acer menyediakan dua pilihan kapasitas untuk RAM yaitu 8GB dan 16GB. Keduanya adalah DDR4 yang mampu menunjang performa perangkat dengan level terbaik. Untuk kebutuhan penyimpanan, laptop ini menggunakan SSD dengan kapasitas 128GB, 256GB, dan 512 GB. Pengguna memilih yang sesuai kebutuhan.

Karena varian dari laptop ini cukup banyak, Anda mungkin sedikit bingung untuk menentukan versi apa yang terbaik. Jika ingin performa dengan level tertinggi, pilihan yang tepat adalah laptop Acer Spin 3 dengan processor Intel core i7, RAM 16GB, dan SSD 512GB. Selain itu, Acer berencana untuk menambah satu versi lagi dengan SSD hingga 1TB. Tentu saja, harga lebih mahal tetapi sebanding dengan apa yang diterima.


Display

Layar Spin 3 berukuran 14 inch. Ukuran tersebut termasuk normal untuk sebuah laptop. Namun, Anda mungkin melihat laptop seolah lebih kecil dibanding laptop 14inch lainnya karena bagian tepi kanan dan kiri sangat tipis. Selain itu, ada fitur backlit di pinggir display untuk penerangan.

Resolusi display tersebut adalah 1920 x 1080 dengan rasio 16:9. Anda akan merasa nyaman jika memainkan video atau film sehingga tidak ada bagian yang tersisa di tepi atas dan bawah. Display ini menggunakan FHD IPS dan mampu tetap terlihat dari sisi tepi sekitar 170 derajat.


Colokan

Acer termasuk produsen laptop yang tidak pelit fitur port. Berbagai colokan tersedia di sebuah laptop konvertibel ini. Di bagian kanan terdapat USB-A, jack audio, stylus dock, dan lock slot. Port USB di bagian ini menggunakan versi 3.2 yang mampu mengirim dan menerima data dengan cepat.

Dock untuk stylus bisa dilepas ketika ingin mengambil pen, setelah selesai, Anda letakkan lagi. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan pen tersebut. Lock slot adalah bagian untuk memasang kunci ke laptop sehingga berada statis di meja.

Sebelah kiri laptop ini memiliki beberapa colokan yaitu DC port (lubang charger), USB-A, Thunderbolt 3, HDMI, dan slot microSD. Jika ingin fast charging, gunakanThunderbolt.Laptop ini bisa terhubung ke layar eksternal misalnya monitor tambahan dan proyektor menggunakan kabel HDMI. Jika membutuhkan penyimpanan lebih besar, gunakan slot card reader untuk microSD.


Grafis

Perlu Anda ketahui, Spin 3 adalah laptop untuk pekerjaan normal, bukan desain grafis apalagi editing video dan gaming. Sesuai dengan fungsi tersebut, laptop tidak memiliki kartu grafis terpisah atau mandiri. Sebaliknya, grafis menggunakan produk buatan Intel (integrated).

Ada dua pilihan yaitu Intel Iris dan UHD graphics. Keduanya lebih dari cukup untuk menunjang performa di bidang grafis. Anda bisa membuktikannya dengan mengubah laptop ke mode tablet lalu operasikan dengan layar sentuh.

Meskipun bukan laptop gaming, bermain game di perangkat ini juga masih mumpuni. Anda bisa bermain game kelas menengah, yang terpenting adalah mengatur setting sehingga layar bisa optimal menjalankan grafis dengan baik.


Keyboard dan Touchpad

Acer Spin 3 Convertible Laptop keyboard dari bawah

Keyboard menerapkan mode ergonomis sehingga tampak penuh. Komposisi keys menggunakan susunan normal dimana Anda bisa mengetik dengan mudah. Fungsi keyboard bisa terganti jika pengguna mengubah akses ke layar sentuh.

Touchpad juga responsif dan ergonomis. Di bagian kiri atas ada sensor sidik jari. Posisi ini tidak mengganggu akses touchpad tersebut. Secara umum, bagian ini tidak memiliki banyak masalah dan kekurangan. Pengguna bisa bekerja dengan nyaman dengan adanya touchpad tersebut.


Baterai

Baterai di laptop ini mampu menunjang produktivitas hingga 7 jam. Anda masih dapat menambah periode penggunaan baterai hingga 8 jam. Anda bisa menggunakan Thunderbolt 3 apabila ingin charger lebih cepat.


Audio dan Kamera

Spin 3 memiliki speaker internal yang terletak di bagian engsel. Ketika Anda lipat, speaker akan tampak. Kualitas audio adalah level menengah, yang artinya cukup untuk kebutuhan musik di ruangan terbatas dan tertutup. Anda sebaiknya jangan meningkatkan volume suara ke level maksimum karena akan terdengar pecah.

Webcam di bagian atas termasuk mumpuni untuk kebutuhan merekam video dan mengambil foto dengan resolusi maksimal 720p. Kualitas gambar sudah baik dan Anda bisa menggunakan video call selama internet tersedia dengan lancar.


Kesimpulan

Pertanyaan yang muncul setelah mengetahui fitur dan spesifikasi Acer Spin 3 adalah apakah layak untuk dibeli. Laptop 2-in-1 adalah solusi ketika butuh laptop dan tablet secara bersamaan. Beberapa tahun lalu, hal seperti ini masih dianggap remeh sebab produsen menggunakan processor kelas rendah. Sebaliknya, Anda akan mendapatkan kapabilitas dan performa terbaik di perangkat ini.

Beberapa kelemahan utama laptop ini antara lain komponen grafis yang masih buatan Intel, alias bukan kartu grafik sungguhan, dan audio dengan kualitas menengah. Meskipun begitu, laptop ini memang bukan ditujuna untuk kebutuhan editing foto/video apalagi gaming. Dari jenisnya yang 2-in1 saja sudah menandakan kalau laptop ini dibuat untuk penggunaan fleksibel.

Masih ada pertanyaan? Jangan sungka lontarkan dibawah!

0 0 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments