Review Acer Swift 3 SF314-57 (2020)

Sebagai laptop sehari hari, Swift 3 SF314-57 menawarkan performa cukup baik dengan Intel generasi 10 dan integrated graphics yang bisa menyelesaikan berbagai macam pekerjaan tanpa ribet.

Laptop ini juga punya beberapa fitur mencolok, seperti pembaca sidik jari. Kekurangan utama laptop mainstream ini adalah daya tahan baterainya yang lemah, hanya bertahan maksimal 8 jam di pemakaian normal.

Apa lagi yang perlu diketahui? Cek ulasan lengkap berikut sebelum memutuskan untuk beli dari toko resmi Acer eStore.

Harga

Untuk urusan harga, Acer membandrol berbagai jenis harga untuk berbagai spesifikasi Swift 3. Mulai dari 7 hinga 11 juta. Acer Swift 3 SF314-57 dibandrol dengan harga 9 juta dan dilengkapi Intel Core i5-1035G1, Windows 10 Home, layar IPS 14 inch, 1920×1080, RAM 8GB, 512GB SSD, dan Intel UHD Graphics.

Desain

Swift 3 SF314-57 layar

Laptop ini bukan termasuk tipe yang mencolok dan menarik perhatian banyak mata. Ia polos, terkesan santai namun dapat dipastikan bisa diandalkan untuk pekerjaan normal.

Laptop ini lebih tebal dibagian belakang dekat baterai, dimana anda akan mencolok berbagai macam perangkat mulai dari USB sampai charger, dan semakin tipis kedepan. Untuk interiornya, Swift 3 mengusung keyboard hitam dengan karakter (alfabet, simbol, nomor) berwarna putih.

Meskipun ia bukan laptop yang paling tipis, namun menurut kami Swift 3 cukup nyaman untuk dimasukkan kedalam tas dan dibawa bepergian. Kompetitor utamanya, Asus VivoBook S15 memiliki dimensi lebih besar dan bobot lebih berat. Jadi bisa dibilang cukup tipis? Ya, tapi sekedar ‘cukup’.

Colokan

Swift 3 SF314-57 port colokan

Swift 3 tidak pelit colokan, bahkan mungkin terlalu banyak untuk pertengahan 2020. Lubang colokan yang masuk menggunakan DC-in dirasa agak ketinggalan zaman mengingat semua sekarang bisa dilakukan lewat USB type-C seperti yang sudah dilakukan MacBook Pro sejak zaman dahulu kala.

Di sebelah kiri, anda akan menemukan DC-in, HDMI, USB 3.1 Type-A, dan USB Type-C yang mendukung Thunderbolt 3, DisplayPort, dan pengecasan untuk powerbank atau smartphone. Ini berarti anda bisa menikmati kecepatan transfer data yang lebih cepat dan konek ke beberapa layar 4K.

Di sebelah kanan anda akan menemukan colokan headphone / microphone, USB 2.0 Type-A dan lubang penguncian Kensington. Tidak ada lubang microSD di laptop ini, tapi sudah jarang juga bukan yang colok MicroSD ke laptop? Anda bisa masukkan MicroSD ke smartphone lalu hubungkan ke laptop dengan USB.

Penting: 7 kesalahan umum sebelum beli laptop baru!

Layar

Resolusi 1920×1080 memang bukan yang terbaik, tapi kecuali anda terobsesi memperhatikan setiap helai rambut di film yang anda tonton, resolusi ini sudah sangat cukup, tidak berkekurangan.

Bicara soal tingkat kecerahan atau brightness, Swift 3 dikalahkan oleh pesaingnya yaitu Lenovo IdeaPad 730s dan Asus VivoBook S15. Tapi sekali lagi, kalau layar, tingkat kecerahan dan warna bukan menjadi prioritas utama anda, kami rasa ini bisa diabaikan mengingat performa jeroannya yang bagus.

Performa

Swift 3 SF314-57 dengan prosesor 10th Gen Intel bisa meng-handle multitasking yang berat. Tidak perlu kuatir laptop jadi ngelag ketika membuka puluhan tab Chrome.

Mengerjakan dokumen di Google Docs juga tidak terasa ada hambatan, meskipun kipas dari laptop ini mulai lebih kencang ketika multitasking mulai ekstrim (lebih dari 20 tab Chrome). Namun ini bukan pertanda buruk, justru ini berarti laptop bisa menyesuaikan beban kerja berat dan panasnya sistem dengan meningkatkan daya di kipas.

Pada tes transfer data, Swift 3 butuh 16 detik untuk membuat duplikat data sebesar 5GB, yang berarti sekitar 311 megabyte per detik. Ini lebih rendah ketimbang VivoBook S15 dan IdeaPad 730S. Namun dibandingkan dengan laptop sekelasnya, Swift 3 masih ada di peringkat atas.

Suara

Suara cempreng akan lebih cempreng lagi kalau didengar lewat speaker Swift 3. Volumenya kecil, kami bahkan mencoba menaikkan volume terus menerus tanpa sadar kalau ternyata sudah maksimal. Satu kelebihannya adalah suaranya keluar dari hampir setiap sisi laptop, tanpa ada satu lubang khusus untuk speaker.

Keyboard dan Touchpad

Acer Swift 3 SF314-57 keyboard

Tidak banyak yang bisa dibahas, keyboard dan touchpad di laptop ini mungkin bisa dibilang ‘sempurna’ untuk kebutuhan sehari-hari, dan untuk sebagian besar pengguna. Tombol di keyboard memberikan feedback yang baik, dengan sensasi ‘klik’ yang bikin puas alias tidak nanggung.

Ketika mengetik, seolah-olah jari anda akan diberi feedback yang baik, namun tidak dengan telinga anda, yang berarti bagus karena suami, istri, orangtua, atau anak anda tidak akan keberisikan ketika anda sedang kebut mengerjakan suatu pekerjaan di tengah malam.

Dibawah tombol arah, anda akan mendapati pembaca sidik jari untuk keamanan ekstra jikalau ada yang mencoba membobol masuk.

Grafik

Integrated Intel UHD memberikan performa baik untuk pekerjaan normal (skor 1,653 di 3DMark Fire Strike), namun agak lebih lambat dari laptop minstream lainnya (skor 2,013)

Gaming kelas berat sangat tidak cocok di laptop ini, tentunya karena kartu grafik integrated. Dalam uji memainkan Dirt 3, Swift 3 masih bisa mencapai rerata 44 FPS yang menurut kami sudah baik dan bisa dinikmati oleh gamer kasual. Jangan harap bisa main Far Cry terbaru saja.

Baterai

Seperti dibahas di awal review, satu kelemahan terbesar laptop ini adalah baterai. Terlebih lagi karena ini adalah laptop sehari-hari, yang mestinya bisa digunakan seharian penuh untuk pekerjaan normal tanpa terganggu baterai.

Dengan pengujian internetan terus menerus, laptop ini tahan selama 7,5 jam, yang sebetulnya sudah diatas rata-rata, tapi menurut kami masih kurang karena jam kerja normal adalah 8 jam.

Webcam

Agak mengagetkan, kualitas webcam di laptop ini sangat baik. Gambarnya jelas, anda langsung tahu objek-objek yang ditampilkan tanpa banyak keluhan.

Satu kekurangan menurut kami adalah tidak adanya shutter untuk menutup kamera. Di zaman seperti ini, privasi dan keamanan jauh lebih penting dan rentan disalahgunakan, dan shutter kamera menurut kami sangat diperlukan untuk semua perangkat elektronik, baik laptop maupun hp.

Kesimpulan

Acer Swift 3 sangat bisa diandalkan, namun ia tidak akan menonjol ditengah keramaian. Berkat Intel 10th Gen dan integrated GPU, laptop ini bisa menuntaskan berbagai tugas berat dan game-game kasual. Harganya yang 9 juta pun menurut kami sangat worth it.

Yang harus dipertimbangkan adalah SSD yang agak lambat, dan daya tahan baterai yang nyaris menyentuh 8 jam. Kalau anda kerja ditengah hutan atau di kapal pesiar misalnya, coba pikir lagi. Tapi kalau anda kerja di kantor, rumah, cafe atau ditengah peradaban lainnya, baterai lemah bukan jadi masalah.

3.5 2 votes
Article Rating
Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4 based on 2 votes
Brand Name
Acer
Product Name
Swift 3 SF314-57
Price
IDR 9000000
Product Availability
Available in Store Only

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments