Review Acer TravelMate P6 (2020)

Acer TravelMate P6 adalah salah satu pilihan alternatif dari Dell Latitude dan Lenovo ThinkPad untuk laptop bisnis. Laptop dengan kategori business ultraportable ini memiliki harga yang lebih murah dan dilengkapi beragam pilihan port serta memiliki performa yang cepat.

Beberapa kelebihan utama laptop ini antara lain bodinya yang tipis, ringan, dan durable alias tahan lama. Daya tahan baterai nya juga kuat sehingga sangat cocok untuk dibawa-bawa tanpa perlu charger. Namun sayangnya, laptop ini dihambat oleh performa touchpad yang menurut kami bisa lebih baik.

Laptop ini pun punya  beberapa keunggulan dan kelemahan di sektor jeroan alias CPU dan GPU. Sebut saja ia cocok untuk segala jenis pekerjaan normal. tapi sangat  payah kalau urusan game. Untuk itulah anda harus paham betul kebutuhan diri sendiri sebelum memutuskan beli. Berikut review lengkapnya.

Kelebihan:

  • Tipis dan ringan
  • Body yang tahan lama
  • Pilihan port yang beragam, termasuk HDMI dan Ethernet
  • Daya hidup baterai yang lama
  • Webcam 1080p

Kekurangan:

  • Tanpa opsi 4K
  • Performa touchpad

Spesifikasi:

  • CPU : Intel Core i5-10210U
  • GPU : Intel UHD Graphics
  • RAM : 8GB
  • Penyimpanan : 256 SSD
  • Display : 14 inci, resolusi 1920×1080
  • Baterai : 20:14
  • Dimensi: 0.65×12.8×9.1 inci
  • Berat : 1.15kg

Desain

Acer Travelmate P6 2020 lurus

Secara desain, Acer TravelMate P6 adalah salah satu laptop bisnis bergaya retro klasik yang hadir dalam kelas tipis dan ringan. Sehingga secara penampilannya saja akan terasa biasa atau kuno. Seperti produk Acer lainnya yang telah berganti material dari aluminium ke campuran magnesium.

TravelMate P6 ini juga terbuat dari campuran magnesium berwarna gelap sehingga lebih kuat dan ringan dibandingkan aluminium dengan ketebalan yang sama. Beratnya hanya sekitar 1.15kg saja dengan dimensi 0.65×12.8×9.1 inci atau 1.65×32.5×23.1 cm, sangat ideal digunakan sebagai laptop bepergian seperti Acer Spin 3, salah satu laptop hybrid terbaik buatan Acer.


Port & Konektivitas

Port yang disediakan Acer TravelMate P6 cukup banyak dan beragam, yaitu Thunderbolt 3, HDMI 2.0 untuk menghubungkan dengan monitor, 2 USB tipe A, Ethernet, audio, slot nano-SIM dan mikro SD. Fitur yang cukup mengesankan untuk jenis laptop berbentuk tipis nan ringan ini.

Untuk konektivitas, Acer TravelMate P6 telah didukung oleh 802.11ax Wi-Fi (Wi-Fi 6) dan Bluetooth 5.0, edisi terkini teknologi tersebut. Dan seperti laptop bisnis kebanyakan, fitur keamanan untuk menjaga data penting juga ditonjolkan pada seri ini. Termasuk adanya pemindai sidik jari pada tombol daya dan kamera IR untuk keperluan login melalui Windows Hello. Di dalam Acer TravelMate P6 ini juga terdapat chip TPM 2.0 untuk memastikan semua password dienkripsi.


Layar

TravelMate P6 menawarkan layar berukuran 14 inchi serta resolusi hingga 1080 pixel. Acer mengklaim panel tersebut mampu mencakup keseluruhan 100 persen warna sRGB yang tentu saja menjadi salah satu penawaran yang sangat menarik. Terlebih dengan fitur tampilan in-plane switching (IPS) dan LED backlight sehingga akan cukup membantu produktivitas pekerjaan.


Webcam

Acer TravelMate P6 (2020) webcam

Webcam laptop ini tidak memiliki tampilan yang unik. Namun telah dilengkapi penutup kamera untuk menjaga privasi, yang berukuran cukup besar dan memenuhi ruang di atas layar. Kamera dari Acer TravelMate P6 ini memiliki resolusi 1080p yang tentu akan berbeda dengan laptop pada umumnya yang hanya memiliki resolusi 720p.

Dengan resolusi tinggi tersebut tentu akan menghasilkan video konferensi yang lebih baik. Namun demikian, speaker laptop TravelMate P6 ini tak mampu meramaikan sebuah ruang tamu, walaupun telah dimaksimalkan. Oleh karena itu, sangat diragukan laptop ini mampu mengisi suara di ruangan konferensi.


Performa

Didukung oleh prosesor generasi ke-10, Intel Core i5-10210U, Intel UHD Graphics serta penyimpanan berupa 256GB SSD dan memori 8 GB, laptop ini menawarkan kemampuan yang mumpuni untuk membantu Anda mengerjakan tugas harian, walaupun tentu akan kesulitan jika harus digunakan sebagai sarana sunting multimedia dan 3D gaming.

Namun demikian, fitur RAM 24GB bahkan opsi kartu grafis Nvidia GeForce MX250 serta penyimpanan hingga 1TB membuat Anda tak perlu khawatir kehabisan tempat penyimpanan data-data.

Terkait temperatur, sistem pendingin TravelMate P6 telah berfungsi dengan baik. Namun pada penggunaan tertentu temperatur laptop bisa mencapai 40.7oC. Dan karena dirancang dengan standar durabilitas militer (MIL-STD-810G), laptop ini mampu bertahan di temperatur rendah maupun tinggi, juga perbedaan keadaan lain seperti kelembaban, getaran, dan hujan.

Cek juga: Acer Aspire C22-960, PC All-in One dengan harga bersahabat


Baterai

TravelMate P6 memiliki dua kategori baterai, yaitu 60Wh dan 45Wh. Daya tahan baterai tersebut mencapai 18 jam untuk 45Wh, dan 20 jam untuk 60Wh. Jika ditingkatkan menjadi model layar sentuh serta dengan grafis diskrit maka ketahanan baterainya bisa menurun hingga 12 jam untuk ukuran besar, dan 9 jam untuk opsi kecil. Durasi yang sama sekali tidak buruk untuk mengerjakan tugas-tugas harian yang cukup padat.


Keyboard

Acer TravelMate P6 (2020) keyboard

Keyboard laptop ini cukup nyaman digunakan untuk mengetik karena material dan desain keyboard yang kokoh sehingga memberikan pengalaman mengetik yang baik. Sementara itu, untuk bagian touchpad terasa kurang nyaman karena beberapa bagiannya kurang signifikan saat digunakan untuk memindahkan kursor.

Jika pada umumnya laptop bisnis memiliki software preinstall yang cenderung sedikit, namun tidak dengan TravelMate. Di laptop ini memiliki beberapa software preinstall yang cukup banyak sehingga bisa mengganggu kenyamanan saat menggunakan laptop ini sendiri.

Secara umum tampilan Acer TravelMate P6 memang tak ada yang cukup menarik. Namun produk ini cukup terdepan, lewat desainnya yang ringan dan awet, prosesor generasi ke-10, diskrit grafis, dan daya hidup baterai yang cukup panjang. Performa yang ditawarkan juga cukup baik sebagai laptop tugas harian bagi pekerja maupun menjalankan program editing foto yang umum. Walau tentu saja laptop ini akan kesulitan mengerjakan aktivitas besar seperti 3D gaming dan editing multimedia.

Dibanderol dengan harga $1149 atau sekitar Rp.17 juta, Acer TravelMate P6 cukup bisa disaingkan dengan Lenovo ThinkPad X1 Carbon.

Referensi: PCmag.com. Laptopmag.com. Techradar.com

0 0 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments