Review Acer Aspire 5 A514-52G (Baca Sebelum Beli!)

Acer Aspire 5 A514-52G hadir sebagai seri terbaru dari laptop tipis dan ringan Aspire 5 yang didukung Intel® Core™ generasi ke-10. Lebih tepatnya, laptop ini menawarkan tampilan keren, tipis, ringan, dan bertenaga di jeroannya berkat prosesor intel generasi terbaru.

Bobotnya cukup ringan, desainnya pun tipis sehingga laptop ini cukup nyaman dibawa kemana saja dan kapan saja, terutama untuk kamu yang punya mobilitas tinggi.

Sebelum memutuskan untuk beli (atau tidak beli), baca dulu review Acer Aspire 5 A514-52G berikut supaya lebih kenal dengan laptop all-purpose ini.


Spesifikasi Acer Aspire A514-52G

Berikut adalah spesifikasi lengkap Acer Aspire A514-52G yang dikutip dari situs resmi Acer:

OSWindows 10 Home 64-bit
ProsesorIntel Core i7 Quad Core
GrafikNvidia GeForce MX250 GDDR5 2GB
Layar14 inch ComfyView IPS Full HD (1920x1080)
RAM8GB DDR4
Kapasitas1TB HDD SATA, 128GB SSD
Optical Drive-
Card Reader-
KeyboardLED backlit
JaringanWiFi IEEE 802.11 a/b/g/n/ac/ax, Gigabit Ethernet, Bluetooth 5.0
PortMicrophone, 2xSpeaker, HDMI, 1xUSB2.0, 2xUSB3.1 A, 1xUSB3.1 C
PowerLi-Ion Battery, 65W
Dimensi328.8mm x 236mm x 17.95 mm
Berat1.7kg

Performa

Acer Aspire 5 A514-52G

Intel® Core™ Generasi ke-10 dengan Artificial Intelligence meningkatkan performa laptop ini hingga 16% ketimbang prosesor intel generasi sebelumnya. Konektivitas nirkabel pada laptop ini juga dapat diacungi jempol, berkat adanya integrasi Intel Wi-Fi 6 dan Thunderbolt 3.

Kalau kamu merasa RAM DDR4 8GB di laptop ini masih kurang, kamu bisa meng-upgrade nya hingga 20GB untuk multitasking yang lebih lancar dan produktivitas lebih.

Dari segi grafik, kamu akan mendapat GeForce MX250 yang menurut pengalaman kami sudah cukup untuk segala kebutuhan normal, plus game-game kasual dan konten hiburan lainnya.

Yang kami maksud game kasual disini bukan berarti game-game ringan dengan grafik zaman purba. Laptop ini dilengkapi kartu grafik Nvidia sungguhan yang mampu menghandle game betulan.

Yang bisa kamu upgrade kalau kamu jadi membeli laptop ini adalah versi Windows-nya. Windows 10 Home bawaan memiliki kekurangan di sisi security ketimbang Windows 10 Pro. Jadi kalau kamu suka menyimpan atau berkirim file pribadi dan rahasia di laptop, upgrade versi Windows adalah keputusan bijak.


Layar

Layar Acer Aspire 5 A514-52G

Layar laptop ini menggunakan real IPS dengan color gamut hingga 100% sRGB, yang dikombinasikan dengan bezel tipis dan Acer ExaColor untuk menghadirkan tampilan cerah, jernih dan tampak nyata. Berdasarkan pengalaman kami, menonton film favorit, streaming video, hingga editing foto tidak menjadi masalah dari segi visual.

Satu kekurangan yang mungkin terasa di 2020 adalah resolusi layar yang ‘cuma’ Full HD. Mengingat banyak laptop flagship tahun ini hadir dengan resolusi super ganas hingga 4K, layar Acer Aspire 5 ini jadi kalah jauh.

Tapi meskipun demikian, penggunaan sehari-hari nampaknya tidak butuh resolusi tinggi apalagi 4K, tak hanya itu, resolusi tinggi membutuhkan jeroan dan baterai yang kuat, yang berarti harga yang mahal pula. Punya budget super besar? Mungkin kamu bisa coba beli laptop gaming sekalian.


Baterai

Charger Acer Aspire 5 A514-52G

Dari segi baterai, laptop ini bisa bertahan maksimal 14 jam dalam penggunaan normal. Iritnya baterai tanpa mengurangi performa mesin ini patut diacungi jempol, ini berkat efektifitas penggunaan daya prosesor Intel generasi ke-10 yang disematkan didalamnya.

Kalau kamu biasa menggunakan laptop ini untuk task berdaya tinggi seperti nonton film, kamu akan butuh charger setelah sekitar 6 jam. Secara keseluruhan menurut kami daya tahan baterainya sangat baik, kamu tidak akan sering kerepotan cari colokan listrik.


Port dan Konektivitas

Aspire 5 A514-52G colokan

Seperti yang diharapkan, laptop ini dilengkapi banyak port yang dibutuhkan di 2020, seperti Microphone, HDMI, Bluetooth, WiFi, USB3.1 C dan A untuk transfer data dan power ke perangkat mobile kamu.

Yang kurang dari laptop ini adalah tidak adanya card reader dan optical drive. Untuk optical drive, kami rasa tidak jadi masalah karena tidak ada lagi yang pakai CD di zaman sekarang, namun untuk card reader menurut kami masih dibutuhkan, apalagi banyak smartphone yang menggunakan micro SD sebagai penyimpanan data.

Aspire 5 A514-52 sudah tersedia Indonesia dengan harga mulai dari Rp 8.499.000 untuk varian Intel Core i5. Laptop Aspire 5 bisa didapat melalui penjualan online di Acer eStore, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer terdekat di kota kamu. Kunjungi Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ untuk mendapatkan informasi produk dan promo terkini.

4.5 4 votes
Article Rating
Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 6 votes
Brand Name
Acer
Product Name
Aspire 5 A514-52G
Price
IDR 8499000
Product Availability
Available in Store Only

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments