Review Asus Expertbook B9450

Asus kembali meluncurkan laptop untuk kalangan pebisnis yang pastinya fungsional. Asus Expertbook B9450 dikenalkan sebagai laptop bisnis yang telah support project athena dan juga mengklaim kalau laptopnya ini thin and light alias sangatlah ringan di kelas laptop dengan layar 14”.

Laptop ini memiliki daya tahan baterai paling lama yang pernah kami uji. Selain itu, laptop ini juga sangat tipis dan memiliki chassis kokoh, layar Full HD jernih, dan berbagai fitur keamanan demi menjaga privasi kamu di dunia digital yang semakin lama semakin berbahaya.

Laptop ini nyaris sempurna, sayangnya performa keyboard dan touchpad laptop ini tidak se-sempurna harapan kami.

Selain mengunggulkan berat dan dimensinya, apakah laptop ini juga mempunyai keunggulan yang lain? Mari kita bahas satu persatu!


Spesifikasi Umum

  • CPU: Intel Core i7-10510U
  • GPU: Intel UHD Graphics
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 1TB
  • Layar: 14 inch Full HD (1920 x 1080 pixels)
  • Baterai: 16:42 jam
  • Dimensi: 12.6 x 8 x 0.6 inch
  • Berat: 0.99 kg

Kita mulai dari prosesor yang digunakan dulu, Asus Expertbook B9450 ini menggunakan prosesor intel Core i7-10610U Comet Lake generasi 10 dengan 4C/8T, 14 NM dan TDP 15 W, juga disertai dengan Base Clock 1,8 GHz dan Maximum Boost Clock 4,9 GHz. Dimana untuk laptop yang support dengan athena project biasanya harus memiliki prosesor minimal Intel Core i5 atau juga Intel Core i7.

Cache memory yang dipakai adalah 8MB smart cache, memory sistem yang digunakan adalah LPDDR3-2133 16 GB yang sudah Dual Channel, juga RAM yang berada pada kapasitas 16 GB yang sudah tidak bisa di upgrade lagi. SSD yang menyokong Asus Expertbook B9450 adalah 2x SSD M.2 PCIe NVMe dengan kapasitas 1 TB. Sistem Grafis yang dipakai pada laptop ini adalah Intel UHD Graphics dengan 24 IU yang bisa dibilang standard.


Desain

Asus Expertbook B9450

Asus Expertbook B9450 ini memiliki bodi laptop form factor clamshell seperti umum kita jumpai. Bahan baku untuk membuat bodi dari laptop ini adalah Magnesium Lithium yang dilapisi dengan coating anti korosi dan anti oksidasi yang terlihat kokoh dan tentunya ringan.

Magnesium lithium ini memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan magnesium almunium dan juga magnisium alloy, bisa dibilang Asus memang telah mempertimbangkan ini agar konsep thin and light yang mereka usung untuk Asus Expertbook B9450 ini benar-benar terwujud!

Fakta yang menarik dari Asus Expertbook B9450 adalah bodi kokoh yang dimiliki laptop ini ternyata sudah melalui berbagai macam tahapan pengujian dan juga mendapatkan Military Grade toughness. Berarti laptop ini memang tahan banting, bukan kaleng-kaleng!

Laptop ini memiliki dimensi 32.0 x 20.3 x 1.49 cm dengan bobot laptop yaitu kurang lebih 1 kg, cukup tipis bukan dan ringan bukan untuk laptop dengan kapasitas baterai yang besar? Namun, ada lagi pilihan dengan prosesor i5 kapasitas baterai 33 Wh yang berbobot hanya 870 gram. Jauh lebih ringan dan sangat ringan untuk laptop 14”.

Charger yang menyokong laptop iniadalah charger USB Type-C yang bisa kamu gunakan juga untuk mengisi daya handphonemu! Charger ini hanya memiliki bobot 210 gram. Jika disatukan dan kamu akan membawa laptop ini traveling, beban yang kamu angkut hanya kurang dari 1,5 Kg saja.


Display

Panel yang digunakan di Asus Expertbook B9450 adalah panel IPS dengan lebar layar 14” dan kualitas layar hingga Full HD (1920 X 1080 px) dengan refresh rate 60Hz yang bukan diperuntukkan untuk gaming, juga kecerahan hingga 300 Nits dan 100% sRGB. Layar pada laptop ini memiliki kualitas Anti-Glare yang akan menangkal pantulan jika kamu sedang menggunakan laptop ini di luar ruangan, sangat nyaman digunakan.

Bezel yang mengitari laptop ini pun cukup tipis, sehingga screen to body ratio yang dimiliki laptop ini adalah 94%, membuat layar terlihat lebih lebar saat dipandang. Bezel yang digunakan adalah nano edge display yang lebarnya hanya 4mm saja. Kamera yang ada pada bezel atas memiliki kualitas 720P 30 FPS dan juga didukung Webcam Shield di samping kamera yang dapat menjaga privasi. Kameranya pun didukung dengan kamera infra red yang bisa digunakan untuk face recognition.

Asus Expertbook B9450 port kanan

Engsel pada laptop ini memiliki desain Ergolift Hinge Design yang sangat umum digunakan oleh para produsen laptop baru-baru ini. Engselnya bisa membuka laptop hingga 180 derajat, yang sangat umum juga digunakan pada laptop bisnis. Tone warna pada laptop Asus Expertbook B9450 ini pun dapat kamu setting sesuai kebutuhan pada aplikasi iCare yang sudah terpasang otomatis pada laptop asusmu.

Project Athena pada Asus Expertbook B9450 membuat layarnya bisa hidup hanya dengan waktu kurang dari 1 detik saja dari kondisi sleep! Coba, kamu ingat-ingat, kira-kira laptop mana saja yang bisa begini? Kalau laptopmu membutuhkan waktu lama untuk menyala saat keadaan sleep dan membuatmu sedikit kesal, mungkin laptop dengan Project Athena di dalamnya bisa menjadi pilihanmu berikutnya!


Keyboard dan Touchpad

Asus Expertbook B9450 touchpad

Keyboard yang digunakan adalah keyboard yang sangat umum digunakan pada laptop Asus lainnya yang memiliki jarak antar tombol yaitu 1,5 mm dengan backlit yang memiliki 3 tingkat kecerahan, yang lagi-lagi merupakan syarat dari Project Athena. Keyboardnya spill resistant dan juga memiliki durabilitas hingga 10 juta pencetan tombol.

Tombol power Asus Expertbook B9450 berada sejajar dengan tombol keyboard lainnya. Mungkin beberapa orang akan tidak nyaman dengan ini, tapi menurut kami in bukan masalah besar. Touchpadnya memiliki ukuran yang cukup lebar yang bisa dialih fungsikan menjadi numpad, dan letaknya sedikit menjorok kearah kanan.


Audio dan Port

Asus Expertbook B9450 port kiri

Asus Expertbook B9450 memiliki 2 audio yang terletak disebelah bawah kanan dan juga bawah kiri laptop. Audionya sudah terverifikasi Harman Kardon verify yang kualitas suaranya cukup bagus, namun belum yang paling mengesankan di kelas harga Asus Expertbook B9450.

Keunggulan lainnya yang dapat dirasakan karena adanya Project Athena pada Asus Expertbook B9450 adalah laptop ini memiliki Far-Field Microphone, yang mendukung Cortana yang berada pada sisi layar. Lalu, apa gunanya Far-Field Microphone ini? Microphone yang sengaja ada pada Project Athena ini bertujuan untuk mendengarkan perintah yang kamu berikan melalui suara dan akan dengan otomatis diproses oleh laptopmu.

Konektor yang ada di Asus Expertbook B9450 cukup lengkap, pada sisi kiri kamu akan menemukan Thunderbolt 3, HDMI dan juga Network Port (Micro HDMI) yang dilengkapi dengan converter. Di sebelah kanan, kamu akan menemukan Audio Combo Jack, USB 3.1 Gen 2 Type E dan juga Kensington Lock.

Konektivitas laptop ini menggunakan Intel Wi-Fi 6 AX201 yang terbilang baru, serta di situs resmi asus mereka mengklaim laptop ini sudah tersertifikasi untuk Project Athena. Bluetooth yang digunakan adalah Bluetooth 5.


Security

Jangan lupa, Asus Expertbook B9450 ini merupakan laptop bisnis yang seharusnya memiliki tingkat kemanan yang tinggi. Pada laptop ini, ada beberapa lapisan keamanan yaitu TPM 2.0, Fingerprint sensor, Webcam Shield, IR camera dan juga pengunci Bios dan Storage yang bisa di lock menggunakan password.

Asus Expertbook B9450 disupport dengan Asus Control Center (IT Management) yang dapat digunakan untuk mengontrol laptop dari jarak jauh. Yang terakhir, Asus Expertbook B9450 ini disupport dengan Asus business control manager yang dapat mengunci laptop dengan sandi, dan menghapus serta memblock file penting yang kamu simpan.


Performa Baterai

Daya tahan baterai Asus Expertbook B9450 jika digunakan untuk harian bisa dibilang tahan lama. Jika diuji dengan memutar video 1080p dengan tingkat kecerahan 50%, dan volume hingga 25% kurang lebih laptop ini akan bertahan hingga 16 jam. Jauh lebih tinggi dari kebutuhan harian sebagian besar orang, bukan?

Lalu bagaimana jika digunakan untuk web browsing? Jika kamu menggunakan laptop ini untuk web browsing dan juga aktivitas lainnya, laptop ini akan bertahan hingga 9-12 jam. Sangat cukup untuk sebuah laptop bisnis.

Laptop ini juga memberikan 3 preset charging yang bertujuan untuk menjaga battery health laptop, yaitu Full Charging, Balance mode hingga 80% dan Maximum charger mode. Saat laptop berada pada keadaan mati dan melakukan pengisisan daya hingga 40 menit, maka laptop ini akan mengisi dayanya hingga 58% dan dibutuhkan waktu hingga 180 menit (3 jam) untuk mengisi daya hingga penuh.

Asus Expertbook B9450 tombol

Ada beberapa pilihan harga yang ditawarkan untuk Asus Expertbook B9450:

Untuk Core i7-10510U, RAM 16GB, SSD 2TB dan support Windows 10 PRO harganya di kisaran 36 jutaan. Pilihan kedua dengan SSD 1TB dan Support Windows 10 Pro ada di kisaran 34 jutaan, dan pilihan ketiga dengan SSD 1TB dan Support Windows 10 Home ada di kisaran 32 jutaan.

Versi Core i5-10210U dengan SSD 512 GB, RAM 16 GB memiliki 2 varian harga, yaitu 30 jutaan untuk versi Windows 10 Pro, dan 27 jutaan untuk versi Windows Home.

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
1 Comment
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
1
0
Ikut berkomentarx
()
x