Nyaris 100 Juta, Ini Review Asus ROG Zephyrus Duo 15

Komunitas Republic of Gamers di bulan September ini kembali dikejutkan oleh Asus dengan hadirnya ASUS ROG Zephyrus Duo 15, laptop kelas High-End yang punya spesifikasi dan kemampuan yang istimewa.

Untuk memuaskan mata dan lapar para gamer ROG, Asus akhirnya mencoba untuk bereksperimen dengan adaptasi fitur Screen Pad yang sebelumnya ada di seri Zenbook. Kira-kira seperti apa ya hasilnya? Kami akan ulas selengkapnya tentang laptop dengan harga yang ngaco ini.

Sebagai awalan, kami akan jelaskan kenapa ASUS ROG seri Zephyrus Duo 15 adalah laptop dengan harga yang ngaco. Perlu kamu ketahui kalau laptop high-end ini memiliki harga Rp95.999.000 dengan varian lain seharga Rp71.999.000.

Apa sih yang membuat laptop ini bener-bener bernilai setinggi itu? Penasaran kan pastinya. Karena kalau dipikir-pikir uang sebanyak itu bisa digunakan untuk membeli mobil atau membangun PC built-up dengan spek yang sudah sangat mewah. Nah untuk menjawab penasaran kamu, lanjutkan membaca.


Gambaran Umum

Laptop-laptop seri ROG memang pada umumnya ditujukan untuk kebutuhan bermain game. Spesifikasi yang tinggi mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan kualitas grafis dan pergerakan gambar yang prima. Sehingga tidak ada lagi istilahnya lag atau gambar yang tersendat-sendat akibat kemampuan hardware yang tidak mumpuni.

Dengan harga yang fantastis tentu saja Asus harus bisa menjawab ekspektasi para penggemar seri ROG dengan memberikan fitur dan spesifikasi yang istimewa pada laptop ini.

screen pad asus rog

Pada laptop Zephyrus Duo ini, Asus mencoba untuk memberikan kelebihan pada sebuah laptop ROG lewat layar tambahan yang berada di atas bagian keyboard. Jika kamu perhatikan, bentuk laptop seperti ini sangat tidak umum. Ya karena memang fitur dual layar dalam satu laptop seperti ini hanya dimiliki oleh Asus.

Meski bukan yang pertama, fitur layar ganda atau disebut dengan Screen Pad pada ROG Zephyrus Duo 15 ditujukan untuk meningkatkan pengalaman bermain para gamer di laptop ini.

Berkat Screen Pad ini kamu akan bisa bermain game dengan mengandalkan layar yang lebih luas sehingga bisa fokus pada setiap elemen pada game. Seperti misalnya saat membuka inventori ataupun menu-menu dalam game.

Bisa jadi, karena adanya fitur ini harga laptop menjadi melonjak tinggi dibandingkan dengan laptop lain di seri ROG yang memiliki spesifikasi yang mirip.

Cek juga: Laptop gaming 9 jutaan di 2020


Prosesor, RAM, dan Graphic Card

Keunggulan lain yang ditonjolkan dari laptop ini adalah bagian processor dan juga kartu grafisnya. Processor Intel Core i9 generasi ke sepuluh 10980HK menjadi otak utama laptop ini.

Dipadukan dengan unit kartu grafis dari NVIDIA RTX 2080 Super yang merupakan salah satu kartu grafis terbaik saat ini dan RAM DDR4-3200 sebesar 32 GB yang masih juga bisa di upgrade menjadi 48 GB, membuat Zephyrus Duo 15 memiliki kemampuan yang jauh di atas rata-rata laptop gaming lainnya.

memory storage fan speed Asus ROG Zephyrus Duo 15

Hampir setiap game dengan grafis tinggi bisa dilahap oleh laptop ini. Sebut aja game RPG seperti Assassin Creed: Odyssey, Shadow of Tomb Raider, atau game FPS yang membutuhkan refresh rate tinggi seperti Call of Duty.

Tidak ada satupun game yang mengalami gangguan saat dimainkan dengan Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini berkat sistem pendingin yang mutakhir sehingga performa hardware tidak terganggu meski berada di aktifitas ekstrim.

Sistem pendingin Asus ROG Zephyrus Duo 15 mengandalkan dua kipas dengan lima pipa penyalur panas dan pasta termal metal yang khusus di bagian processor. Kombinasi sistem pendingin tersebut juga didukung oleh empat saluran sirkulasi udara sehingga menjamin suhu laptop tetap dalam batas nyaman digunakan.


Layar dan Baterai

Untuk memanjakan mata setiap gamer, laptop ini menggunakan layar 15,6 inch dengan resolusi 4K dan sudah berteknologi IPS anti-glare 60Hz dengan warna 100% Adobe RGB.

Kualitas layar seperti ini tentu saja menambah kenyamanan para gamer seperti kamu untuk betah berlama-lama di depan laptop bermuka dua ini. Apalagi, baterai 90WH yang ditanam ke Zephyrus Duo 15 ini bisa bertahan hingga 7 jam dalam kondisi stand by.


Touchpad dan Keyboard

screenpad keyboard touchpad asus rog

Sementara dari panel keyboardnya, disediakan keyboard yang nyaman dan touchpad intuitif di sebelah kanan bodi. Touchpad ini sekaligus dapat digunakan sebagai numpad hanya dengan menekan satu tombol.

Sayangnya, akibat kehadiran screen pad, posisi keyboard harus terdorong ke bawah menempel pada pinggir bodi. Sehingga untuk mengetik rasanya kurang nyaman. Untungnya, Asus menyadari hal ini dan memberikan bonus berupa palm rest agar pengguna Asus ROG Zephyrus Duo 15 bisa merasa lebih nyaman.

Namun dengan segala kenyamanan bermain game itu, kami kurang setuju ketika Asus mengatakan kalau laptop dengan spek istimewa ini diperuntukkan untuk gaming. Kenapa? Karena spesifikasinya lebih cocok digunakan untuk mereka yang membutuhkan workstation berkualitas tinggi dengan fitur-fitur pendukung yang mumpuni.

Dari segi Screen Pad misalnya yang membuat penggunanya bisa menyaksikan dua layar sekaligus. Fitur ini belum banyak diakomodasi oleh para pengembang game pc, sehingga layar kedua menjadi tidak maksimal digunakan.

Lihat: 8 laptop gaming 10 jutaan terbaik di 2020

keyboard Asus ROG Zephyrus Duo 15

Memang, Asus telah bekerja sama dengan Techland Publishing sebagai pengembang game Dying Light 1 & 2 (termasuk dalam bundle paket pembelian) untuk bisa dimainkan dengan mode dual screen di laptop ini. Namun rasanya tidak ada game lain yang punya fitur serupa.

Selain itu, screen pad yang berkemampuan layar sentuh membuat layar ini lebih cocok digunakan untuk navigasi cepat ataupun menulis seperti layaknya layar pada ponsel pintar. Kami agak ragu apakah ada game yang bisa mengakomodir pengalaman bermain dengan pendekatan layar sentuh dari screen pad ini.

Alhasil, layar ganda yang ditanamkan di bodi tipis Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini lebih berguna jika digunakan untuk produksi video, game, coding, ataupun keperluan produktifitas kelas berat lain yang membutuhkan layar ganda.

Hanya saja, jika mempertimbangkan spesifikasi dan harga, tentu produktivitas ringan akan sangat tidak sepadan dengan uang yang dikeluarkan. Apalagi, tersedianya jack thunderbolt memberi kemampuan penggunanya untuk menambah hardware eksternal untuk meningkatkan performa laptop.

Ditambah lagi Asus menyediakan software overclock Armoury Crate yang mampu meningkatkan kecepatan processor dan kartu grafis hingga dua kali lipat. Hasil yang didapat tentu saja berupa waktu proses produksi yang lebih singkat, akurat, dan ringan.

Lihat: 10 Pilihan Keyboard Gaming Murah (2020)


Uji Penggunaan

uji benchmark asus rog Zephyrus Duo 15

Hasil dari uji performa membuktikan kalau Asus ROG Zephyrus Duo 15 mampu untuk mengolah aktifitas produksi dengan ringan. Baik tanpa optimasi software overclock maupun dengan optimasi.

Dari berbagai spesifikasi mewah dan fitur istimewa yang disediakan Asus kita bisa mulai membayangkan nih kira-kira laptop ini cocok digunakan untuk apa. Kami menyarankan kamu untuk menggunakan laptop ini saat memerlukan workstation yang mudah untuk dipindah-pindah atau saat produksi di lapangan.

Laptop berbodi logam dengan ketebalan 2 sentimeter ini hanya berbobot total sekitar 2,4 kg sehingga kokoh namun tetap ringan untuk dibawa kemana-mana. Contohnya seperti saat siaran langsung, rekaman acara sekaligus editing, atau live performance untuk musisi.


Kesimpulan

belakang Asus ROG Zephyrus Duo 15

Melihat kemungkinan penggunaan yang ada, laptop Asus ROG Zephyrus Duo 15 rasanya lebih cocok dibeli oleh kreator kreatif daripada perorangan dan gamer. Selain secara harga masih cukup terjangkau, produktivitas tinggi para kreator juga akan membuat laptop ini sebagai investasi yang cukup sepadan.

Jadi rasanya, laptop Asus ROG Zephyrus Duo 15 memang cuma bakal bikin para gamer ngiler tanpa bisa kejangkau ketebalan dompet.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik untuk membeli Asus ROG Zephyrus Duo 15? Ingat, laptop ini tersedia dalam dua varian (GX550LXS & GX550LWS) dengan selisih harga yang cukup signifikan dengan tetap menyediakan layar ganda.

Itulah kenapa kamu perlu pastikan kalau fitur Screen Pad yang memang jadi keunggulan, benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sekarang pertimbangkan apakah Asus ROG Zephyrus Duo 15 ini pantas untuk dibawa pulang atau tidak!


Spesifikasi lengkap Asus ROG Zephyrus Duo 15

CPU Core i7 , Core i9 
Model Prosesor  Intel Corei9-10980HK (GX550LXS)

Intel Corei7-10875H (GX550LWS) 

Model GPU  GX550LXS:

NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER

8GB GDDR6 VRAM (Boost Clock: 1330MHz, 90W)

GX550LWS:

NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER

8GB GDDR6 VRAM (Boost Clock: 1390MHz, 90W) 

RAM 8GB , 16GB Up to 32GB 
Tipe memori DDR4 SDRAM 
Kecepatan memori 3200MHz
Penyimpanan  SSD 
SSD/eMMC  512GB , 1TB x 2
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi layar UHD 3840 x 2160 pixels

FHD 1920 x 1080 pixels

3840 x 1100 pixels (screen pad) 

Tipe panel IPS panel 60Hz, 100% Adobe RGB

IPS panel 300Hz/3ms 

Ethernet RJ-45 
Wifi 802.11ax 
Konektivitas HDMI x 1, 

Bluetooth 5.0, 

Thunderbolt with Power Delivery x 1, 

Speaker x 1, 

Microphone x 1, 

Trackpad + Numpad, 

USB 3.2 Gen 1 x 2

USB 3.2 Gen 2 x 1

USB 3.2 Gen 2 Type C

Dimensi Width: 36.0cm

Depth: 26.8cm

Height: 2.0cm

Berat (bodi) 2.4 kg

Baca juga: 9 Pilihan Laptop MSI Murah Untuk Gaming!

5 1 vote
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments