Review ASUS Vivobook S15 (S533)

ASUS kembali meluncurkan laptop dengan desain tipis dan ringan yaitu ASUS Vivobook s15 (s533). Laptop ini menjadi salah satu laptop dengan harga yang sedikit lebih terjangkau dari seri ZenBook lainnya, yang telah lebih dulu diluncurkan di harga 12 Jutaan.

ASUS Vivobook s15 (s533) menampilkan keunikannya dengan pilihan warna yang sangat menarik, empat pilihan warna yang ada adalah Gaia Green, Dreamy White, Indie Black, and Resolute Red. ASUS kali ini sangat fokus pada desain, karena laptop ini menyasar generasi Z yang tentunya tertarik dengan desain laptop yang terkesan simpel, tipis, ringan serta vibe yang kreatif dan ekspresif.

Berikut spesifikasi dan review lengkap Asus Vivobook S15 (S533):

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Core i5-10210U processor 1.6 GHz quad‑core with Turbo Boost (up to 4.2 GHz) and 6 MB cache
  • Grafik: NVIDIA GeForce MX250 2GB GDDR5
  • RAM: 8GB 2400 MHz DDR4
  • Layar: 15.6″ LED‑backlit FHD (1920 x 1080)
  • Penyimpanan: 512GB PCIe 3.0 M.2 SSD Intel Optane memory H10 with solid-state storage (optional)
  • Port: 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2 x USB 2.0, 1 x HDMI, 1 x Combo audio jack, 1 x MicroSD card reader
  • Konektivitas: Up to Intel WiFi 6 with Gig+ (802.11ax), Bluetooth 5.0
  • Berat: 1.8 kg
  • Dimensi: 359.8 x 233.8 x 16.1 mm

Kelebihan:

  • Banyak fitur
  • Harga terjangkau
  • Desain tipis dan stylish
  • Beragam pilihan warna
  • Baterai kuat
  • Port lengkap

Kekurangan:

  • Hanya satu varian spek

Desain

ASUS Vivobook S15 (S533) belakang

ASUS Vivobook S15 ini sangat tipis namun luas, dengan dimensi 359.8 x 233.8 x 16.1 mm dan berat 1,8Kg. Saat kamu membuka semua plastik dan bubble wrap yang membungkus laptop barumu ini, kamu akan langsung melihat bagaimana rapih dan minimalisnya ASUS mendesain laptop ini.

Laptop ASUS Vivobook S15 akan terasa sangat tipis saat kamu menggenggamnya pertama kali, dan laptop ini memang bisa saja dinobatkan sebagai laptop dengan body tertipis di tahun ini. Seperti yang sebelumnya dijelaskan,laptop ini memang salah satu laptop paling tipis dan ringan, namun saat kamu mencoba membukanya kamu akan merasakan kalau laptop ini sebenarnya memiliki body yang kokoh dan tidak ringkih.

Kembali pada tema laptop ASUS Vivobook S15 yang terkesan minimalis, laptop keluaran brand ASUS ini memiliki perbedaan pada bagian tombol enter yang ditonjolkan dengan garis warna kuning yang mengitarinya.

Mengapa demikian? ASUS sendiri ternyata sedang merealisasikan salah satu perkataannya yaitu “overthrowing the old system and creating substantial change.” ASUS ingin menampilkan desain dan tampilan yang berbeda pada laptop keluaran barunya dan menggunakan semua ide segarnya untuk segi desain. Singkat kata, bisa dibilang ASUS ingin menciptakan sebuah trend.


Keyboard dan Trackpad

ASUS Vivobook S15 (S533) belakang

Untuk keseluruhan keyboard, ASUS menempatkan tata letak tombolnya dengan sangat baik. Bentuk dan warna keyboard yang dipilih oleh ASUS pun menambah kesan lembut namun tegas saat kamu coba meng-klik-nya. Keyboard ini sangat nyaman digunakan oleh kamu yang memang setiap harinya aktif mengetik.

Trackpad yang digunakan adalah ukuran standar berbahan aluminium. Nyaman, mudah digunakan dan tidak mengganggu saat sedang menggunakan keyboard. Area kosong yang ada pada sisi trackpad pun menurut kami cukup luas, sehingga tanganmu bisa diletakkan disitu agar tetap nyaman walaupun mengetik selama berjam-jam.

Bahkan menurut ulasan dari PCMag setelah lama digunakan, sisi laptop hanya akan terasa hangat namun tidak sampai panas.


Port

ASUS Vivobook S15 (S533) port kiri

Nilai tambah pada laptop ini adalah, kamu akan mendapatkan port microSD card reader. Dan juga laptop ini didukung dengan beberapa port lain. Di sebelah kiri, kamu akan menemukan port charger, port HDMI ukuran penuh, port USB Type-A 3.1, port USB Type-C, dan jack combo audio 3,5mm. Di sebelah kanan, ada dua port USB Type-A 3.1 lagi, dengan microSD card reader.

Sayangnya, laptop ini belum mendukung adanya Thunderbolt 3.

ASUS Vivobook S15 (S533) port kanan


Performa dan Baterai

Laptop ini disokong dengan processor Intel Core i5-10210U 1,6 GHz dengan TurboBoost hingga 4.2 GHz dan 6MB cache yang merupakan generasi 10 terbaru dari intel. Sistem operasinya menggunakan Windows 10 Home. Penyimpanan internalnya 512GB dengan RAM 8GB yang kami rasa termasuk ‘cukup’ di penghujung 2020.

Baterai di laptop ini adalah Fast Charging yang butuh 49 menit untuk pengisian daya 60%, dan 1 jam 25 menit untuk pengisian baterai hingga penuh, dengan daya 50Wh lithium-plymer battery.

Baterai akan tahan hingga 15 jam untuk penggunaan seperti memutar video di resolusi 720p dengan tingkat kecerahan 50%. Ini merupakan rekor baru yang didapatkan oleh Vivobook, dan memungkinkan untuk kamu bekerja atau menghibur diri tanpa harus sedikit-sedikit cari charger.


Display

ASUS Vivobook S15 (S533) depan setengah

Panel yang digunakan pada laptop ini termasuk standar, tidak ada yang menarik. Tapi layar 15,6 inci dengan resolusi Full HD (1920×1080) membuat laptop ini worth it untuk dimiliki. Jarak antara layar ke body laptop pun hanya diselingi bezel yang tipis, menjadikan layar terlihat 88% terisi penuh dan nyaman untuk dilihat. Menurut klaim dari halaman resmi Vivobook S15 S533, layarnya memiliki sudut pandang selebar 178 derajat yang membuatnya bisa nyaman dilihat dari manapun.

Meskipun bezelnya tipis, Asus masih bisa menyelipkan webcam 720p di atas layar yang bisa kamu pakai untuk meeting zoom. Hasil gambar webcam nya cukup tajam, dan masih bisa menangkap gambar walau dibawah sinar matahari menyorot.

Vivobook tidak menawarkan layar sentuh pada spesifikasinya, namun mereka menawarkan layar yang cukup luas untuk kamu yang ingin menggunakan laptop di mode multi window-work. Apalagi jika kamu terbiasa memakai layar laptop dengan ukuran 13,3 inci, berpindah ke 15.6 inci akan membuat pandangan berasa jauh lebih luas.


Audio

Audio pada laptop ASUS Vivobook S15 ini didesain langsung oleh Harman Kardon, Suara yang dihasilkannya pun tetap jernih dan tidak terdistorsi jika kamu mengaturnya hingga ke level paling tinggi. Speaker pada laptop ini ditempatkan di sisi bawah, sehingga audio akan dipantulkan ke arah bawah dan akan memantul kembali ke pengguna sehingga menghasilkan hasil suara yang terdengar lebih keras.

Tentu permasalahan dari speaker bawah adalah suaranya yang terpendam apabila laptop dipangku atau diletakkan di permukaan empuk seperti sofa atau kasur.

Secara keseluruhan ASUS Vivobook S15 memiliki spesifikasi yang sangat menarik dengan harga yang affordable untuk seri Zenbook. Jika kamu memang membutuhkan laptop dengan spesifikasi dan desain yang bagus untuk digunakan sehari-hari mungkin kamu akan jatuh cinta dengan laptop ASUS Vivobook S15 ini.

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
5 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
5
0
Ikut berkomentarx
()
x