Review Asus X441U: Intel Core i3 Harga 5 jutaan

Adanya School From Home di tahun ini membuat para siswa memiliki kebutuhan lain, selain buku dan juga ponsel. Laptop menjadi sarana pembantu yang sangat berguna pada era ini. Karena itu, banyak orang mencari laptop dengan kualitas yang baik dan dengan harga yang baik pula.

Jauh sebelum itu, Asus telah menghadirkan Asus X441U, laptop 5 jutaan yang telah menggunakan prosesor i3 dan menjadi primadona dikalangan para pecinta laptop.

Walaupun Asus tidak mengeluarkan seri baru dari X441U, tapi laptop ini masih banyak disukai, apalagi memang target pasarnya untuk masyarakat menengah kebawah.

Menawarkan daya baterai yang hemat, memiliki kinerja yang baik dan juga low budget, laptop Asus X441U ini mampu bersaing dengan laptop kenamaan lainnya. Lalu, bagaimana spesifikasi lain yang ditawarkan oleh Asus X441U ini? Yuk lihat ulasannya lebih lanjut!


Spesifikasi Umum

  • CPU: Intel Core i3 6006U 2.0 GHz
  • GPU: Nvidia 920MX 2GB
  • RAM: 4 GB DDR4
  • Penyimpanan: 1TB 5400 rpm HDD
  • Layar: 14 inch HD (1366 x 768)
  • Port: Audio Combo Jack, VGA Port, USB 3.1 Type-C, USB Type-A 3,0 (USB 3.1 Gen 1), satu USB 2,0, RJ45 LAN, HDMI, DVD-ROM, Micro SD Card Reader

Laptop ini memiliki spesifikasi yang ‘cukup’ untuk laptop kelas menengah, prosesor yang digunakan adalah i3 6006U dengan clock speed 2.0 GHz.

Laptop Asus X441U ini dilengkapi RAM 4 GB DDR4, yang lumayan kecil dari beberapa laptop pada umumnya, namun terdapat 4 slot memory sodimm yang bisa digunakan untuk menambah memory sesuai kebutuhan. Di Penyimpanan, laptop ini punya hard disk 1TB 5400 rpm.

Selain itu laptop X441U ini memakai Wi-Fi 5 untuk conectivity-nya, ini sangat disayangkan jika dilihat banyak sekali laptop ditahun 2020 yang sudah memakai Wi-Fi 6. Dan juga laptop ini menggunakan bluetooth 4.0 untuk opsi pengiriman data.

Laptop ini didukung dengan sistem operasi Windows 10 Home 64 Bit yang sudah terpasang secara otomatis saat pembelian.


Desain

Asus X441U port

Laptop ini memliki desain yang umum digunakan oleh produk Asus pendahulunya. Memiliki dimensi 34,8 x 24,2 x 2,7 cm dan juga berbobot 1,7 kg, bahan baku yang digunakan dalam laptop ini adalah campuran antara carbonat pada case dan alumunium yang melengkapi beberapa sisinya.

Laptop ini memang bukan tergolong laptop ringan yang menjadi tren pada tahun sekarang, tapi laptop ini masih bisa kamu bawa kemana pun.

Asus X441U ini memiliki beberapa pilihan warna yaitu, black, silver gradient dan aqua blue. Untuk keseluruhan desain Asus X441U, laptop ini terlihat kokoh dan juga futuristik.

Selain itu, Desain dari pendingin dan lubang udara yang berada pada sisi kiri laptop, sangat cukup untuk membuat laptop dalam keadaan dingin dan nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama.


Display

Laptop Asus X441U memiliki lebar layar 14 inch dengan aspect ratio layar 16:9 LED – backlit dan juga resolusi HD 1366 x 768.

Layar laptop ini memiliki bezel yang lumayan tebal namun tidak mengganggu. Pada bagian bawah bezel, kamu akan menemukan logo Asus, dan juga di bagian atas ada webcam yang berfungsi dengan baik.

Dengan menggunakan GPU dari Intel atau Intel HD Graphics 620, laptop ini akan menghasilkan kualitas warna dan pencahayaan yang cukup, apalagi dengan adanya anti-glare yang sudah terpasang pada layar, akan memudahkan pengguna untuk menggunakan laptop di ruangan terbuka tanpa adanya gangguan pantulan refleksi.

Selayaknya laptop kelas menengah pada umumnya, laptop Asus X441U ini belum di lengkapi dengan mode touch screen.

Bezel yang ada pada layar tergolong sangat tebal, namun ini bukan masalah karena masih nyaman untuk digunakan. Pada bagian atas bezel terdapat webcam dan ada logo Asus pada bezel bagian bawah.


Keyboard dan Touchpad

Keyboard yang digunakan adalah model chiclet yang berbentuk pipih disetiap tuts-nya, keyboard bekerja dengan baik dan lancar tanpa hambatan. Key travel yang sangat pas, meminimalisir kemungkinan pengguna melakukan typo pada saat mengetik.

Lalu, touchpad yang ada pun berukuran tidak begitu besar, sesuai dengan ukuran touchpad pada umumnya dengan posisi sedikit menjorok ke kiri laptop dan memiliki sensitivity yang baik.


Port

Asus X441U port kiri

Port yang ada pada laptop ini bisa dibilang lengkap. Pada sisi sebelah kiri kamu akan menemukan satu Audio Combo Jack, satu VGA, satu USB 3.1 Type-C, satu USB Type-A 3,0 (USB 3.1 Gen 1), satu USB 2,0, RJ45 LAN, HDMI dan Adapter Plug.

Pada sisi kanan, pengguna akan menemukan slot untuk DVD Rom dan pada bagian depan akan menemukan Micro SD Card Memory untuk menambah ruang penyimpanan. Semua Port yang ada berasa sangat lengkap, walaupun kamu tetap akan kecewa kalau mengharapkan adanya Thunderbolt 3 pada laptop kelas menengah ini.

Asus X441U port kiri belakang


Performa dan Baterai

Kinerja laptop ini sangat memumpuni untuk laptop kelas menengah. Dengan prosesor Intel i3 laptop ini bisa bekerja dengan baik di penggunaan ringan. Selain dengan prosesor Intel i3, laptop ini juga dilengkapi dengan Nvidia Geforce 920 MX.

Dengan adanya kartu grafik diskrit, laptop ini dapat juga digunakan untuk bermain game dengan resolusi low to medium, dan juga dapat digunakan untuk mengedit video dengan kapasitas ringan. Pengguna juga dapat menambah memori laptop dengan mengisi 4 sodimm yang disediakan, untuk meningkatkan kinerja laptop.

Untuk baterai, laptop Asus X441U ini dibekali dengan baterai 35W dan juga mengklaim bahwa daya baterai akan hemat daya hingga belasan jam, dengan pemakaian ringan tentunya.


Audio

Asus X441U ini mengklaim bahwa laptop ini dirancang untuk memberikan pengalaman multimedia yang mendalam. Mengapa begitu? Jika dilihat dari Audio yang digunakan oleh laptop ini Asus X441U memang di desain untuk itu.

Teknologi Audio yang digunakan antara lain ASUS SonicMaster yang digabungkan dengan ICEPower, ASUS Splendid dan juga ASUS Tru2 Life Video yang dapat membuat kualitas film atau video yang dibuat atau ditayangkan terasa lebih hidup.

Posisi speakers yang ada di laptop ini terletak tepat di atas keyboard, berbentuk lingkaran dan ditempatkan di sisi kiri juga kanan. Suara yang dihasilkan terasa lebih kencang jika dibandingkan dengan laptop lain yang menempatkan speakernya dibawah.


Webcam

Webcam pada laptop ini sudah berfungsi dengan baik, walaupun begitu jangan terlalu berharap bisa mengambil gambar kualitas tinggi. Kualitas kamera yang hanya VGA, membuat pengguna mendapatkan hasil yang jelas pada gambar namun memiliki noise disetiap sisi gambar.

Sangat diharapkan memakai webcam external jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik.

Dengan harga 5 jutaan laptop ini sangat mumpuni untuk digunakan dengan pemakaian ringan. Laptop dengan spesifikasi yang oke dan daya baterai yang hemat, sangat sesuai untuk para pelajar dan pekerja kantoran. Asus X441U juga memberikan garansi selama satu tahun penuh untuk para penggunanya, garansi ini bisa digunakan di setiap gerai ASUS di Indonesia.

Kredit: GadgetIn

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
Asus X441U
Price
IDR 5199000
Product Availability
Out of Stock

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x