Review Dell Latitude 9410 2-in-1

Pada kategori laptop bisnis, bersaing dengan Lenovo ThinkPad X1 Carbon ataupun HP Elite Dragonfly bukanlah hal yang mudah. Terlebih kedua produk tersebut telah memberikan standar yang tinggi untuk bisa disaingi.

Namun, Dell mampu membuktikan bahwa seri Dell Latitude 14 9410 2-in-1 layak disejajarkan, lewat kekokohan dan penampilannya yang mulus serta dilengkapi ketahanan baterai yang tak tertandingi.

Berikut kelebihan, kekurangan, serta ulasan lengkap Dell Latitude 9410 2-in-1.

Kelebihan:

  • Daya baterai luar biasa
  • Premium dan terbuat dari aluminium
  • Performa yang cepat
  • Dilengkapi kamera IR dengan sensor jarak dekat
  • Didukung stylus dan LTE

Kekurangan:

  • Tanpa opsi 4K
  • Temperatur lebih panas
  • Tanpa penutup webcam
  • Lebih berat daripada kompetitornya

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Core i7-10610U (vPro)
  • GPU: Intel UHD
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 512GB
  • Display: 14-inchi, 1080p
  • Baterai: 16:54
  • Ukuran: 12.6×7.9×0.6 inchi
  • Berat: 1.36kg

Desain

Dell Latitude 9410 lipat

Secara desain, Dell Latitude 9410 dirancang dengan model sleek dan stylish. Pada bagian penutup warna silvernya terdapat logo Dell dalam lingkaran yang khas. Dengan ukuran dimensi 12.6×7.9×0.6 inchi (31.9×19.9×14.9 cm) dan berat hingga 1.36kg, laptop ini akan terasa ringan dan tipis seperti Acer New Swift 5, sehingga membuat perangkat ini cukup ideal digunakan beraktivitas di berbagai tempat.

Display tunggalnya tersedia dengan ukuran 14-inchi (35.6cm) dengan layar sentuh 1080p disertai anti-silau dan pelapis anti kotor. Secara grafis, UHD Latitude 9410 ini memang akan sulit dibandingkan dengan benchmark gaming, dan walaupun bukan panel tercerah, namun grafis video tetap terlihat tajam dan menghasilkan warna yang kaya serta akurat.

Panel sentuhnya juga berfungsi dengan sempurna, baik untuk menggeser ataupun mengetuk. Latitude 9410 ini juga mendukung penggunaan stylus Wacom (dijual terpisah), sehingga Anda dapat menuangkan ide-ide kreatif ke dalam bentuk virtual dengan sempurna.


Performa

Mengandalkan prosesor Intel Core i7-10610U dan RAM 16GB, Latitude 9410 adalah salah satu seri yang terbaik untuk menangani pekerjaan ekstra. Laptop ini bahkan mampu mendapatkan skor 3.78 dari tes Geekbench 5.0 dengan perbandingan ThinkPad X1 Carbon yang berada di 3.913. Sehingga bisa dipastikan laptop ini bisa diandalkan menangani tugas keseharian Anda.

Kekurangan dari notebook bisnis ini adalah saat digunakan untuk pekerjaan berat, temperaturnya bisa mencapai 40 derajat C. Walaupun pada bagian touchpad cenderung normal untuk disentuh, yaitu sekitar 28.8 derajat C.

Cek juga: Review Asus ProArt StudioBook 15


Port

Dell Latitude 9410 belakang

Sebagai laptop yang portabel, Latitude 9410 memiliki jenis port yang cukup baik. Di sisi kanan, terdapat USB-A, slot kartu mikro SD, slot kartu SIM, lock slot, serta audio. Sementara di bagian kirinya terdapat USB tipe A dengan fungsi berbagi daya, sebuah HDMI 2.0, dan dua port Thunderbolt 3, yang salah satunya digunakan sebagai pengisi daya.

Untuk keperluan konektivitas, Latitude 9410 menggunakan Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.1.


Keyboard

Keyboard pada laptop ini terasa sangat nyaman digunakan untuk menulis laporan panjang ataupun input data dalam spreadsheet yang panjang. Sementara itu, touchpad Dell Latitude 9410 berfungsi dengan cukup baik.

Secara keseluruhan, keyboard dan touchpad nya menawarkan ruang gerak yang nyaman dan clicking yang solid sehingga mampu memberikan pengalaman yang lebih baik daripada laptop ultraportable lainnya. Walaupun akan sedikit lemah jika dibandingkan dengan seri keyboard terbaik pada ThinkPad X1 Yoga.


Baterai

Dell Latitude 9410 bawah

Di website resminya, Dell mengklaim daya tahan baterai Latitude 9410 ini mencapai 27 jam 23 menit. Pada saat dilakukan tes melibatkan beragam jelajah internet dengan Wi-Fi pada kecerahan 150 nits, laptop ini membuktikan ketahanan dayanya dengan mampu menyala hingga durasi 16 jam 54 menit. Sebuah rekor daya baterai tingkat dewa untuk perangkat laptop.

Daya baterai hingga 17 jam tersebut bahkan menjadikannya sebagai laptop dengan battery life terbaik saat ini.


Audio & Webcam

Dilengkapi dengan speaker dual stereo, audio pada Latitude 9410 ini sangat bagus dan nyaring walaupun berada di bawah laptop. Namun demikian, suara laptop ini akan tetap kesulitan untuk memenuhi sebuah ruang tamu, sehingga Anda mungkin membutuhkan speaker tambahan jika menginginkan kemampuan audio yang lebih baik.

Untuk webcam, Latitude 9410 sudah mencapai resolusi 720p, sehingga bisa dikategorikan baik walaupun tanpa disertai dengan penutup kamera. Saat mengambil foto selfie di suasana redup, terdapat beberapa visual noise yang terjadi, namun detail seperti warna kulit dapat tertangkap dengan baik.

Fitur keamanan yang mumpuni juga dimiliki oleh Latitude 9410, yang memang dipasarkan untuk laptop bisnis, dimana penyimpanan beragam data-data penting menjadi krusial. Termasuk fitur kamera IR yang mampu melakukan sensor jarak dekat untuk login ketika pengguna berada di dekatnya, dan otomatis log out ketika pengguna sedang jauh, serta sensor sidik jari untuk verifikasi biometrik.

Secara umum, Dell Latitude 9410 yang dijual mulai dari $1569 atau sekitar 23.3 juta ini merupakan laptop bisnis dengan performa luar biasa. Dan seperti laptop bisnis kebanyakan, Latitude 9410 ini juga memiliki custom yang beragam, sehingga dapat disesuaikan kebutuhan. Terlebih keunggulan daya baterai yang mengesankan serta disenjatai dapur pacu Intel Core i&-10610U dan RAM hingga 16GB, Latitude 9410 adalah salah satu produk unggulan untuk dunia kerja yang membutuhkan laptop dengan beban ekstra.

5 1 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments