Review Dell Latitude 9510, Laptop hybrid untuk Kerja Seharian

Masa PSBB yang masih terus berlanjut di berbagai kota besar di Indonesia menuntut para profesional untuk dapat bekerja dari rumah. Namun tak semua orang betah duduk lama di depan PC Desktop yang kaku. Para profesional muda biasanya dituntut bekerja cepat, dinamis, dan seringkali harus memadukan antara work dan play.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan laptop yang memiliki perpaduan antara performa kerja, fungsi yang dinamis, dan sentuhan desain premium. Laptop jenis convertible atau 2-in-1 biasanya menjadi pilihan yang tepat, salah satunya adalah Dell Latitude 9510. Apakah Dell Latitude 9510 cocok untuk Anda? Mari kita bahas.


Desain

Dell Latitude 9510

Dell Latitude 9510 adalah laptop 2-in-1 yang dapat dilipat dalam berbagai mode, misal mode laptop biasa, mode tablet, dan mode “tenda”. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai jenis aktivitas secara praktis, mulai dari mengetik, membaca presentasi, mencatat, atau menonton video.

Untungnya, Dell Latitude 9510 memiliki desain yang cukup ramping. Dengan dimensi 34 x 21,6 x 1,5 cm, laptop ini tetap mudah digunakan dalam berbagai mode lipatan tersebut dan tetap mudah dimasukkan ke dalam ransel. Namun, dengan bobot sekitar 1,7 kg, tangan Anda mungkin akan sedikit pegal bila terlalu lama mengganggamnya dalam mode tablet.

Latitude 9510 memiliki desain yang terlihat premium sehingga tetap keren ketika Anda harus membawanya untuk presentasi atau bekerja di tempat umum. Meski tidak dilapisi carbon fiber seperti laptop Dell seri XPS, tetapi alluminium alloy yang digunakan Latitude 9510 juga tak kalah premium.

Pilihan warna abu-abu yang digunakan terlihat profesional dan elegan, tetapi mungkin agak terlalu konservatif bagi Anda yang suka tampil beda. Meski begitu, bekas sidik jari Anda tidak mudah tertinggal di permukaan laptop ini sehingga Anda tidak perlu khawatir harus sering membersihkannya.


Layar

Dell Latitude 9510 screen

Dari segi layar, laptop berlayar 15 inchi ini terlihat ringkas berkat ukuran bezel-nya yang hanya 4 mm. Hal ini merupakan ciri khas desain layar laptop modern. Dengan begitu, Anda bisa memiliki ukuran layar maksimal dengan dimensi laptop seminimal mungkin.

Jenis layar yang digunakan adalah AU Optronics B150HAN, IPS, 15 inchi, 1920×1080. Layar sentuh FullHD ini memiliki kualitas gambar yang tajam, meskipun tidak setajam layar 4K seperti yang ada pada Thinkpad X1 Carbon sebagai pesaingnya.

Dengan waktu response layar yang lebih lambat dibandingkan laptop lain di kelasnya, Dell Latitude 9510 ini mungkin kurang maksimal untuk para gamers kelas berat dan video editor. Namun sebagai laptop bisnis, hal tersebut bukan masalah besar. Kualitas gambarnya tetap sangat memuaskan untuk digunakan menonton Netflix setelah seharian lelah bekerja.


Performa

Dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7-10810U vPro, RAM 16 GB, dan penyimpanan SSD sebesar 512 GB, Anda dapat mengharapkan performa kelas atas untuk bekerja dan multitasking.

Prosesor Intel Core i7-10810U vPro yang tertanam pada Dell Latitude 9510 ini memiliki kinerja yang dapat mengungguli pesaingnya, seperti Thinkpad X1 Carbon yang menggunakan Core i7-10610U. Meski begitu, keunggulan performa tersebut tidak begitu stabil sehingga Core i7-10810U ini lebih cocok digunakan dalam pola kerja berat dalam satu waktu, daripada kerja dalam jangka waktu lama.

Performa laptop ini juga didukung oleh software Dell Optimizer. Alih-alih menjadi bloatware, Dell Optimizer ini ternyata sangat mendukung performa Anda sehari-hari. Software ringan ini mampu mempelajari pola kerja Anda dan menggunakan datanya untuk mengoptimalkan baterai dan RAM.

Telah lolos uji 17 MIL-STD 810G, Latitude 9510 memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu ekstrem. Pengelolaan suhu internalnya pun cukup baik dan merata. Area panas terletak di sebelah atas-tengah keyboard. Dengan demikian, permukaan laptop yang bersentuhan dengan telapak tangan Anda akan tetap dingin meski Anda sedang bekerja berat.

Selain itu, ventilasi kisi-kisi yang terdapat di sebelah atas keyboard juga membantu pengelolaan suhu.


Baterai

Dell Latitude 9510 jeroan

Dell Latitude 9510 dikenal memiliki daya tahan baterai yang luar biasa, mengalahkan para kompetitornya seperti Thinkpad X1 Carbon dan HP Envy x360. Dengan kapasitas baterai 88 Wh, Anda bisa menggunakan laptop ini untuk bekerja hingga 18 jam, bahkan lebih.

Tentunya ini sudah cukup untuk menemani jam kerja Anda seharian. Namun jika Anda memang sangat workaholic, dikejar deadline, atau ingin maraton menonton serial drama, Anda bisa mengisi baterai laptop ini lagi dengan cepat. Pengisian dari nol hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam.


Webcam

Pada masa WFH, webcam menjadi komponen penting dalam sebuah laptop. Berbagai rapat dan pertemuan digantikan dengan virtual meeting yang tentunya membutuhkan webcam yang mumpuni.

Sebagai laptop bisnis dengan harga yang lumayan, sayangnya webcam yang ditawarkan Latitude 9510 termasuk biasa saja. Kamera beresolusi 720p yang ditawarkan tidak lebih baik dibandingkan laptop pada umumnya. Untungnya terdapat fitur proximity sensor yang berguna untuk kunci otomatis dan login menggunakan Windows Hello.


Port dan Konektivitas

Dell Latitude 9510 port kiri

Port dankonektivitas merupakan faktor yang juga penting dalam sebuah laptop bisnis. Sayangnya banyak laptop modern yang seringkali mengorbankan konektivitas ini demi ukuran dan gaya.

Laptop Dell Latitude 9510 dilengkapi dengan berbagai port di sisi kanan dan kiri, sementara depan dan belakang dibiarkan mulus. Di sisi kanan, Anda akan menemukan wedge lock, 3,5 mm audio dan USB 3.2. Di sisi kiri, terdapat lubang HDMI, 2 buah port USB 3.2 dengan Thunderbolt 3, dan Micro SD reader.

Dell Latitude 9510 port kanan

Meski tidak sempurna, setidaknya semua itu sudah cukup untuk bekal Anda bertukar data dan melakukan presentasi.


Audio

Terdapat empat buah speaker yang mengarah ke atas pada dua sisi di sebelah keyboard. Untuk ukuran laptop bisnis 2-in-1, speaker yang terdapat pada Dell Latitude 9510 bisa dibilang cukup bagus. Suara yang keluar cukup nyaring untuk digunakan dalam ruangan ukuran menengah serta memiliki bas dan trebel yang seimbang.

Untuk keperluan Zoom Meeting dengan tim kecil atau menonton Netflix, speaker ini sudah cukup memuaskan.


Keyboard dan Touchpad

Dell Latitude 9510 keyboard

Dell Latitude 9510 menggunakan keyboard backlight dengan suara ketikan yang tidak terlalu nyaring. Dari segi ukuran, ukuran keyboard dan touchpad setara dengan laptop 14 inch pada umumnya, tetapi mungkin bisa lebih besar lagi seandainya tidak dibatasi oleh ukuran minimalis dan posisi speaker. Touchpad cukup besar, tetapi tidak memiliki tombol khusus.


Kesimpulan

Dell Latitude 9510 tersedia dengan harga mulai dari US$ 1.799 atau sekitar Rp27 juta rupiah untuk spesifikasi dasar. Untuk laptop bisnis dengan daya tahan baterai yang luar biasa serta kualitas layar dan speaker yang memuaskan, harga ini cukup layak untuk perusahaan yang ingin memfasilitasi tenaga profesionalnya.

Kelebihan

  • Daya tahan baterai yang luar biasa
  • Kualitas audio yang memuaskan
  • Performa optimal didukung software Dell Optimizer
  • Desain premium

Kekurangan

  • Bobot agak berat untuk digenggam dalam mode tablet
  • Harga masih cukup tinggi untuk pembelian pribadi
0 0 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments