Review Laptop Dell XPS 17 (2020)

Laptop saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang boleh dikatakan, nyaris menjadi kebutuhan primer. Hampir semua orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga para pekerja membutuhkan laptop untuk kebutuhan harian mereka.

Bahkan saat ini kamu bisa memilih laptop mulai dari yang berharga murah lamun dengan performa lumayan hingga laptop dengan harga yang lebih dari sepeda motor hingga ratusan juta rupiah.

Laptop yang akan kami review kali ini adalah laptop pabrikan Dell yang juga dikenal sebagai brand dengan reputasi ciamik. Laptop ini adalah Dell XPS 17 tahun 2020.

Berikut review lengkapnya.


Overview

Dell XPS 17 (2020) keyboard

Spesifikasi

  • CPU: 2.30 GHz Intel Core i7-10875H 16 MB cache, up to 5.1 GHz
  • RAM: 32 GB DDR4-2933 mGz
  • GPU: Nvidia GeForce RTX 2060 Max-Q 6GB GDDR6
  • Memori: 1 TB PCI3 NVMe SSD
  • Layar: 17 inch touch, 3840 x 2400
  • Colokan: Thunderbolt 3 (4 buah), DP Port (1 buah), SD Card reader v6.0 (1 buah), 3.5 mm audio jack (1 buah)
  • Dimensi: 14,74 x 9,76 x 0,77 inch
  • Berat: 2.75 kg

Keunggulan: Layar yang luar biasa ciamik di kelasnya, performa tinggi, daya tahan baterai tinggi, desain yang premium dan berkesan elegan.

Kekurangan: Harganya cukup mahal, webcam tidak terlalu baik untuk laptop di kelasnya.

Alasan Untuk Membeli: Kamu yang menginginkan laptop dengan tampilan menawan, elegan, dan prestise harus membeli laptop ini. Selain itu menurut kami laptop ini jelas didesain dan dibuat untuk seorang content creator!


Keunggulan Dell XPS 17 (2020)

Boleh dibilang sejujurnya secara opini kami sangat menyukai laptop ini. Karena ada banyak kelebihan yang kami sukai. Selain itu barangkali memang laptop ini didesain secara lebih ‘serius’ oleh Dell untuk mengalahkan pesaingnya seperti MacBook Pro 16.

Kelebihan pertahanan bisa disebutkan adalah layar yang menurut kami paling baik untuk laptop di kelasnya. Mulai dari body to screen ratio, tingkat kecerahan, hingga akurasi warna yang sudah lebih dari cukup.

Selain itu untuk laptop di kelasnya, performa yang ditawarkan oleh laptop ini pun sangat menakjubkan. Kamu bisa memainkan berbagai macam game saat ini di setingan yang cukup tinggi dengan menggunakan Dell XPS 17.

Lebih jauh lagi kamu yang memiliki profesi sebagai desainer grafis, videografer, dan fotografer yang membutuhkan kemampuan rendering 3D yang baik di dalam bekerja, seharusnya sudah cukup puas apabila menggunakan laptop ini.

Terakhir, menurut kami laptop ini juga menawarkan desain yang sangat elegan serta memberikan kesan premium dan mahal. Dell XPS 17 sangat cocok dibeli bagi kamu yang memang membutuhkan tentengan yang cukup prestise.


Kekurangan Dell XPS 17 (2020)

Dell XPS 17 (2020) on lap

Kekurangan yang paling mungkin dapat kami Sebutkan terkait laptop ini adalah harganya yang menurut kami cukup mahal, sehingga memang perlu dipikirkan lagi apakah memang kamu benar-benar membutuhkan laptop dengan performa semacam ini.

Tapi kembali lagi memang apabila kamu mempunyai uang dan ingin memiliki laptop yang cukup prestise, namun kamu bukan seorang Apple fanboy. Maka kami cukup setuju apabila kamu membeli laptop ini.

Selain itu kekurangan yang menurut kami perlu disebutkan di sini adalah laptop ini memiliki webcam yang tidak terlalu canggih dan tidak terlalu baik. Padahal untuk harga segini masih banyak pilihan yang bisa kamu beli yang menawarkan webcam yang lebih canggih.

Tapi yah tetap saja, karena memang tidak semua orang menggunakan webcam bawaan yang ada di laptop untuk pekerjaan harian. Apalagi ini bukan masalah besardan toh saat ini banyak sekali webcam berkualitas yang bisa kamu beli dengan harga yang cukup murah.


Review Lengkap Dell XPS 17 (2020)

Ulasan tadi adalah gambaran umum mengenai laptop ini. Sekarang mari kita bahas laptop ini secara lebih detail mulai dari desain nggak performa serta kelebihan dan kekurangannya secara lebih dalam.

Ulasan tadi adalah gambaran umum mengenai laptop ini. Sekarang mari kita bahas laptop ini secara lebih detail mulai dari desain hingga performa serta kelebihan dan kekurangannya secara lebih dalam.

Desain

Bagi kamu yang sudah menggunakan Dell sejak lama, pasti tidak heran kalau Kamu melihat laptop ini memiliki desain yang serupa dengan pendahulunya yakini Dell XPS 13 serta Dell XPS 15.

Salah satu keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri dari laptop ini adalah desain yang begitu elegan serta bentuknya yang sangat ramping serta ringan meski dijejali dengan layar berukuran 17 inci.

Bahkan ketika kamu membandingkan laptop ini dengan kedua pendahulunya, kamu akan mendapati bahwa laptop ini memiliki dimensi yang lebih kecil serta berat yang juga lebih ringan dibandingkan pendahulunya tersebut.

Belum lagi screen to body ratio nya yang mencapai angka 93,7% yang merupakan angka yang sangat luar biasa. Apalagi di zaman sekarang kebanyakan konsumen menuntut penampilan laptop yang juga meningkatkan nilai prestise.

Meski demikian kami tetap perlu menyebutkan bahwa laptop ini tetap lebih berat dan lebih tebal dibandingkan pesaing lainnya. Apabila dibandingkan dengan pesaingnya seperti Razer Blade Pro 17 dan the MacBook Pro 16 inch, meski memang layar keduanya lebih kecil secara ukuran.

Bahan yang digunakan oleh Dell pun tidak main-main karena pabrikan ini sukses menawarkan bahan dengan kesan premium serta cukup solid. Belum lagi konektivitasnya yang mencakup colokan Thunderbolt 3  serta colokan headphone dan mikrofon.

Kesimpulannya dari segi desain laptop ini pun sangat cocok digunakan bagi kamu yang merupakan eksekutif muda ataupun bagi kamu seorang pebisnis, meskipun memang tidak secantik MacBook.

Layar

Salah satu keunggulan lain yang perlu kami sebutkan di sini adalah layar yang disematkan kepada laptop Dell XPS 17 2020 ini. Pertama screen to body ratio yang telah kami Sebutkan berada di angka 93,7% sudah menarik hati kami.

Selanjutnya dengan aspek rasio 16:10 laptop ini pun memiliki sedikit ruang untuk layar dibandingkan kebanyakan laptop dengan layar widescreen pada umumnya yang memiliki aspek rasio 16:9.

Belum lagi resolusi 4K Ultra HD plus 3840 x 2400 yang tentu saja mengalahkan beberapa pesaingnya. Bahkan dengan MacBook Pro 16 yang hanya menawarkan resolusi 3072  x 1920 saja, Dell XPS 17 masih unggul di segi densitas pikselnya.

Lebih jauh lagi layar yang diberikan oleh Dell juga sudah mendukung 100% Adobe RGB dan 94% DCI-P3 color gamut. Artinya laptop ini sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang bekerja di bidang desain ataupun fotografer serta videografer.

Performa

Dell XPS 17 (2020) port kiri

Laptop ini memang dihadirkan dengan berbagai seri namun salah satu seri tertingginya yang dibekali Intel Core i7-10875 H dengan RAM 16 GB serta SSD 1 TB dan ditambah pula dengan GPU Nvidia RTX2060, sudah lebih dari cukup.

Prosesornya saja sudah merupakan prosesor generasi 10 Comet Lake, yang memiliki 8 inti dan 16  threads dengan base clock 2.3 GHz dan maksimal clock 5.1 GHz. kesimpulannya dengan performa semacam ini kamu nyaris bisa melakukan apapun dengan laptop ini.

Bicara soal GPU Tentu saja tidak perlu ada yang kamu khawatirkan karena memang sudah dibekali RTX 2060 yang boleh dikatakan termasuk yang tertinggi untuk saat ini di kelasnya. Kartu grafis ini bahkan sudah cukup untuk memainkan banyak game-game saat ini dengan settingan yang cukup tinggi.

Lebih lanjut lagi dengan kartu grafis semacam itu tentu saja bagi kamu yang bekerja sebagai desainer ataupun fotografer dan videografer sudah bisa mengandalkan laptop ini secara penuh untuk pekerjaan harianmu.

Tapi di sini lagi surut letak lucunya, karena laptop ini memang bukan dibuat sebagai laptop gaming. Namun dengan jeroan semacam ini tentu saja laptop ini sangat layak untuk dijadikan laptop untuk memainkan berbagai macam game kelas wahid saat ini.

Kalau kamu masih merasa laptopnya terlalu mahal tunggu sampai kami membahas audio yang dimiliki oleh laptop ini. Dibekali dengan Waves Nx 3D audio laptop ini bisa menghasilkan suara yang sangat berkualitas, meski sejujurnya memang agak cukup tipis.

Kesimpulannya dari segi performa menurut kami tidak ada yang perlu kamu khawatirkan. Laptop ini sangat layak digunakan bagi kamu yang bekerja sebagai profesional dibidang videografer, fotografer, editor, serta bagi kamu yang merupakan seorang content creator.

Usia baterai

Apabila kamu membaca beberapa ulasan kami mengenai dapur pacu serta performa laptop yang dibuat oleh Dell ini, kamu pasti menyangka kalau laptop ini sangat banyak memakan energi.

Untungnya kamu salah, karena laptop ini ternyata memiliki daya tahan baterai yang cukup baik untuk performa yang sedemikian rupa. Bahkan ketika dibiarkan memutar video dengan resolusi 1080 piksel dengan kecerahan 50% laptop ini tahan selama 12 jam dan 43 menit.

Untuk laptop yang tergolong sebagai ultrabook, angka ini sebenarnya cukup mencengangkan. Bahkan kamu bisa membawa laptop Ini dari rumah, digunakan untuk bekerja, dan tetap masih bisa menyalakan laptop ini tanpa melakukan charging setelah pulang dari kerja.

Kesimpulan

Kamu boleh membeli laptop ini Apabila kamu memang menginginkan laptop dengan layar yang ukurannya besar sehingga bisa nyaman digunakan ketika kamu sedang bekerja ataupun sedang bermain game.

Selain itu laptop ini juga sangat cocok dibeli apabila kamu memiliki pekerjaan sebagai seorang profesional di bidang desain grafis, videografer, fotografer serta tentu saja sebagai seorang content creator.

Terakhir laptop ini sangat layak dibeli apabila kamu mencari laptop yang memiliki baterai dengan kemampuan dan daya tahan yang tinggi. Sehingga kamu bisa menggunakan Laptop ini sepanjang hari tanpa harus sering-sering melakukan charging.

Tapi jangan membeli laptop ini Apabila kamu menginginkan laptop yang portable, pekerjaanmu tidak membutuhkan laptop dengan performa tinggi, serta apabila kamu menginginkan laptop gaming.

Karena untuk harga segini tentu saja masih banyak laptop gaming yang jauh lebih layak untuk kamu beli dan bahkan dari merk Dell itu sendiri. Daerah sih terserah kamu, kalau memang nyangkut di hati silakan beli laptop ini.

0 0 vote
Article Rating

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments