Review DynaBook Portege X30L-G

Portabilitas menjadi semakin penting dari hari ke hari. Baik Gadget maupun laptop memiliki spesifikasi dan desain tertentu, dan banyak pengguna laptop memiliki desain impian pada laptop yang akan dibelinya. Salah satu tipe desain yang sedang tren belakangan ini adalah tren laptop tipis.

Kalau memang kamu mencari laptop tipis dengan performa yang memadai, kamu harus kenalan dengan laptop yang satu ini. DynaBook atau yang dulu kita lebih kenal dengan merk “Toshiba” mengeluarkan produk berukuran tipis dan ringan, namun dengan perfoma yang tidak bisa diragukan.

Portege dulunya merupakan series laptop dari Toshiba yang dikenal berukuran tipis, ringan, dan ditujukan untuk mobilitas tinggi. Namun, setelah Toshiba menjual seluruh saham bisnis laptopnya ke Sharp, banyak teknologi ala Sharp yang disematkan ke dalam laptop Portege, seperti teknologi IGZO.

Salah satu produk terbaik dari DynaBook adalah DynaBook Portege X30L-G. Berikut ulasan lengkapnya!


Desain dan Spesifikasi

DynaBook Portege X30L-G kanan

DynaBook sendiri mengklaim, kalau DynaBook Portege X30L-G merupakaan laptop dengan layar 13,3” yang memiliki berat paling ringan di dunia, hanya 826 gram!

Jika dilihat dari spesifikasi awal, tentu sangat jelas bahwa laptop ini sangat pantas disebut laptop bisnis yang mengutamakan desain tipis dan ringan juga konektivitas yang sangat memadai. Apakah laptop ini juga bisa tahan untuk dipakai sehari-hari pekerjaan para pebisnis?

Bahan baku yang digunakan untuk chasis pada laptop ini adalah Magnesium Alloy, yang sepertinya memang diperuntukkan agar bodi laptop tetap ringan (tapi terasa seperti plastik).

Material Bodi yang dipakai oleh DynaBook Portege X30L-G ini juga sudah melewati pengujian dan memenuhi standar US Millitary Grade MIL-STD 810G. Pengujian ini meliputi tes jatuh, tes temperatur, tes kelembapan, dan tes tahan debu. Hal ini untuk membuktikan kekuatannya dalam memenuhi tantangan bisnis masa kini. Bisa disimpulkan, kalau laptop ini tergolong kedalam laptop yang tahan banting!

DynaBook Portege X30L-G belakang

Untuk warna, DynaBook Portege X30L-G memakai warna Onyx Blue dan dimensi 30.8 x 21.1 x 1.79 cm. Charger yang dikeluarkan untuk melengkapi laptop ini pun tak kalah ringan yaitu memiliki berat hanya 143 gram. Jika ditotal pun masih dibawah 1 kilogram!

DynaBook Portege X30L-G memakai Intel Core i5-10210U Quad Core (1.6GHz up to 4.2GHz, 6M Cache), dan memiliki beberapa varian lainnya. RAM yang dipakai adalah 8GB SDRAM DDR4 on board dan memiliki slot sodimm kosong, yang bisa kamu gunakan untuk upgrade hingga 24 GB (8+16) yang otomatis menjadi dual channel.

SSD yang digunakan adalah 256 GB dan sistem grafis yang dipakai adalah Intel UHD Graphics 620 yang tujuannya hanya untuk mobilitas saja.

Spesifikasi lengkap:

  • Prosesor: Intel® Core™ i5-10210U Quad Core Processor (1.6GHz up to 4.2GHz, 6M Cache)
  • RAM: 8GB Onboard SDRAM DDR4 2666MHz
  • GPU: Intel UHD Graphics 620
  • Penyimpanan: 256 GB PCIe NVMe SSD
  • Layar: 13.3″ Full HD Anti-Glare Display up to 470 NIT brightness (Sharp IGZO low power consumption screen)
  • Port: 2x USB 3.0 (1x Sleep & Charge), 1x USB 3.1 Type-C™ Gen 1 (supporting power delivery, data transfer and display), HDMI-out, RJ-45,
    Headphone/Microphone Combo, microSD Card Reader
  • Baterai: 4-cell, 42Whr Lithium Ion Polymer

Display

DynaBook Portege X30L-G depan

Bezel pada layar sudah cukup tipis dengan lebar 8mm pada setaip samping kanan dan kiri laptop, namun masih tebal dibagian atas dan bawah untuk. Kamera 720P 30FPS di laptop ini sangat cocok untuk bisnis ataupun meeting zoom call karena kualitasnya cukup tajam.

Layar menggunakan desain IPS dan menggunakan teknologi Sharp yaitu Sharp IGZO Technology. Laptop ini memiliki daya konsumsi yang rendah dan cocok kamu bawa traveling.

Layarnya berukuran 13.3” dengan kualitas Full HD (1920 x 1080), 470 Nits dan anti-glare sehingga kamu tidak akan mendapatkan pantulan kalau berada diluar ruangan.


Audio dan Port

DynaBook Portege X30L-G port

Konektor yang meyokong laptop ini memang lengkap. Di sisi kiri akan terlihat adanya Port DC-IN, USB 3.1 gen 1 Type-C, HDMI, Audio Jack Combo 3,5mm, dan MicroSD card reader. Kemudian di sisi kanan kamu akan menemukan 2 Port tambahan USB 3.1 Gen 1, Ethernet lalu ada Kensington Lock.

Dari segi konektivitas, laptop ini menggunakan Wi-Fi 6, Support MU-MIMO dan Bluetooth versi 5.

DynaBook Portege X30L-G memiliki audi yang berada dibawah laptop, satu di sisi kanan dan satu di sisi kiri. Melihat audio dan sisi letaknya, hasil audio akan lebih bagus jika kamu meletakkan laptop diatas permukaan keras. Kalau laptopnya kamu pangku, atau diletakkna di atas permukaan empuk, suara yang keluar akan rusak.

Tentunya kualitas audio di laptop ini tidak sebagus laptop-laptop lain yang lebih tebal. Tapi, perlu diingat kalau laptop ini memiliki tujuan utama di segi portabilitas.

DynaBook Portege X30L-G keyboard

Laptop ini ini menggunakan keyboard Chiclet, Spill Resistant, dan Backlit keyboard.


Baterai

Kapasitas baterai laptop ini adalah 42 Wh. Tentunya bukan kelompok laptop dengan kapasitas baterai besar.

Untuk menguji ketahanan baterai, kami menggunakan laptop ini untuk web searching test dan playback video di kualitas 1080P, brightness 50%, dan Volume 25%. Laptop dapat bertahan hingga 9 jam 30 menit.

Hasil dari test ini tergolong cukup baik untuk laptop sekelasnya, karena laptop ini memiliki kecerahan yang sangat terang wlaupun tingkat brightness hanya berada pada tingkat 50% saja.

Lalu untuk charging ketika laptop dalam keadaan menyala, airplane mode, dan brigthness 10%, laptop ini dapat mengisi daya hingga 43% dalam waktu 30 menit. Sementara untuk mengisi daya hingga penuh kamu harus menunggu 130 menit. Jika dilihat dari uji pengisian daya yang dilakukan, hasilnya sangat sesuai dengan klaim DynaBook, yaitu setiap charge 30 menit kamu akan mendapat daya selama 4 jam.

DynaBook Portege X30L-G yang kami review disini dijual dengan harga 26 juta. Sangat pricey, tapi perlu diingat kalau laptop ini merupakan laptop khusus yang didesain untuk bisnis.

Mengapa dikatakan spesial dan khusus untuk bisnis? Ini dikarenakan pemilihan dari opsi prosesor yang ada pada laptop ini adalah Core i5-10210U, Core i5-10310U vPRO, Core i7-10510U, Core i710610U vPRO dan Core i7-10810U Vpro (6c/12t).

Untuk storage, tersedia SSD PCIe NVMe dengan pilihan256 GB, 512 GB dan 1TB.

Fitur keamanan yang tersedia pun opsional, ada infra red camera dan fingerprint scanner. Salah satu alasan yang membuat DynaBook Portege X30L-G ini memiliki harga yang mekambung tinggi adalah karen aia menggunakan Windows 10 PRO, garansi carry-in internasional selama 3 tahun yang gak akan ngeribetin kamu saat berpergian keluar negeri, dan ada opsi upgrade garansi on-site serta garansi yang bisa di upgrade hingga 5 tahun kedepan!

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
3 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
3
0
Ikut berkomentarx
()
x