Review HP Envy 17 (2020)

Saat ini, laptop pada umumnya berukuran 13 hingga 15 inchi (33-38 cm). Sementara untuk kelas 17 inchi (43 cm) sendiri sangat tak lazim dijumpai kecuali edisi laptop gaming.

Nah, untuk menghadirkan variasi laptop non-gaming dengan display berukuran besar, HP meluncurkan salah satu variannya yaitu HP seri Envy 17.

HP Envy 17 2020 adalah laptop yang cocok untuk pekerja atau pelajar, yang lebih suka menghabiskan waktunya dirumah tanpa berpindah-pindah. Ukurannya yang besar membuatnya sangat nyaman digunakan, namun hampir mustahil dibawa kemana-mana.

Berikut spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan review lengkapnya.

Spesifikasi

  • Ukuran layar: 17.2 inchi (43.7 cm)
  • Resolusi: 4K (3.840×2160 pixel)
  • CPU: Intel Core i&-1065G7
  • RAM: 16GB 3200 MHz DDR4
  • Grafik: 2GB Nvidia GeForce MX330
  • Penyimpanan: 512GB SSD, slot kartu SD
  • Port: 1 USB-C, 3 USB-A, 1 HDMI, 1 Audio
  • Jaringan: Intel AX201 WiFi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
  • Sistem operasi: Microsoft Windows home (1909)
  • Berat: 2.7 kg

Kelebihan

  • Memiliki banyak port
  • Suara nyaring
  • Performa grafis yang baik
  • Kesan mewah, gaya minimalis, dan terancang apik
  • Keyboard yang nyaman
  • Layar 4K

Kekurangan

  • Berat
  • Cukup mahal
  • Tak terdapat port Thunderbolt 3

Desain

HP Envy 17 (2020) desain

Dari segi desain, HP Envy 17 tampil dengan bentuk yang sangat menawan. Sebuah perpaduan ciamik antara konsep minimalis unik dan dekorasi modern. Sehingga menghasilkan laptop dengan kesan rapi, mulus, dan mewah yang melekat.

HP Envy 17 adalah laptop pekerja yang stylish dan cocok digunakan pada aktivitas sehari-hari, terutama kegiatan belajar ataupun bekerja di rumah. Karena ukuran layarnya yang besar, Anda dapat secara efektif meletakkan tiga kolom worksheet bahkan lebih pada display.

Hal tersebut akan membantu Anda yang memiliki masalah dengan penglihatan dapat beraktivitas di depan layar dengan lebih mudah dan nyaman. Terlebih dengan beratnya yang mencapai 2.7 kg dan berdimensi 0.76×15.7×10.2 inchi atau 1.9x40x30 cm (tinggi, diagonal, dan panjang), laptop ini akan cukup merepotkan jika dipakai berpindah-pindah tempat.

Tak heran penggunaan di rumah ataupun tempat kerja adalah pilihan yang paling tepat.

Baca juga: Review HP Pro C640 Chrome Enterprise


Layar

HP Envy 17 (2020) layar

Sementara itu, daya tarik terbesar dari HP Envy 17 sendiri adalah display LED-backlit berukuran 17.3 inchi serta tersedia dalam pilihan full-HD (1920×1080 pixel) ataupun 4K (UHD). Layar tersebut akan memanjakan mata karena kejernihan visualnya, bahkan hingga jarak beberapa meter.

Namun demikian, layar beresolusi tinggi ini tak didukung dengan warna high-dynamic range (HDR) ataupun teknologi OLED. Sehingga hal ini menjadi salah satu saran utama bagi HP untuk memperbaiki seri laptop ini.


Prosesor dan Kartu Grafik

Pada dapur pacu, HP Envy 17 ditopang oleh Intel Core i&-1065G7 dan PC Memory hingga 16GB (3200 MHz DDR4), kombinasi yang memang kurang tepat jika dipasarkan sebagai gawai produksi media yang berat ataupun gaming.

Adanya fitur Nvidia GeForce MX330 pada laptop ini juga bahkan hanya diutamakan sebagai support display 4K saja. Namun berkat kartu grafis diskrit tersebut, Envy 17 lebih mumpuni untuk menangani grafis 3D dan video editing daripada laptop pada umumnya yang juga dilengkapi fitur solusi grafis terintegrasi besutan Intel.

Secara umum temperatur laptop ini akan berkisar 80-90oC. Namun jika laptop terasa lebih panas, sebaiknya lakukan beberapa tips langsung dari website HP untuk mencegah overheating, seperti memberikan sirkulasi udara yang cukup serta membersihkan kipas secara teratur.

Cek juga: Review Asus ROG Strix Scar G15!


Keyboard dan Touchpad

HP Envy 17 (2020) keyboard touchpad

Di bagian keyboard, terdapat barisan numeric keypad dan fitur-fitur utama pengganti PC desktop yang tertata rapi serta terintegrasi sehingga menambah kesan estetik yang clean.

Sementara itu pada touchpad, terdapat satu hal yang menjadi perhatian utama, yaitu touchpad yang tiba-tiba bergerak atau clicking tak disengaja saat mengangkat laptop. Hal tersebut tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan jika suatu saat Anda melakukan presentasi dan tiba-tiba laptop ini memutar ataupun menghentikan audio / video tanpa Anda kehendaki.


Konektivitas, Penyimpanan dan Port

HP Envy 17 (2020) hinge

Untuk konektivitas, laptop HP ini dibekali WiFi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.0, fitur konektivitas terkini untuk laptop saat ini. Kapasitas RAM HP Envy 17 pun bisa mencapai 32GB. Dengan kapasitas minimal yang disarankan yaitu 16GB agar Anda dapat memperoleh pengalaman yang terbaik dengan budget yang cukup.

Untuk penyimpanan, laptop ini menggunakan 512GB SSD serta dapat menambahkan slot kartu SD.

HP Envy 17 (2020) port kiri

Sementara itu terkait port, laptop ini dibekali cukup banyak port jika dibandingkan dengan laptop standar, yaitu terdapat 1 USB-C, 3 USB-A, 1 HDMI, 1 Audio dan slot kartu SD. Sebuah nilai tambah bagi Anda yang memiliki banyak ‘kebutuhan’ saat bekerja dengan laptop.

Fitur video webcam pun nya terlihat cukup biasa. Anda akan terlihat kusam pada cahaya minim, dan cukup cemerlang pada ruangan dengan pencahayaan memadai.


Baterai

Baterai HP Envy 17 diisi daya dengan menggunakan port USB tipe C dan mampu beroperasi hingga 9 jam. Tawaran yang menarik untuk laptop yang harus menyalakan sebuah layar berukuran jumbo. Terlebih karena didukung pengisian daya dengan cepat, dalam waktu 45 menit saja laptop ini dapat terisi hingga 50%.


Harga dan Kesimpulan

Dibanderol dengan harga mulai $1199.99 atau 17 juta-an, audio laptop ini memiliki fitur dual speaker yang mampu menghasilkan suara nyaring dan jernih, sangat cukup untuk menyemarakkan ruangan berukuran cukup besar.

Secara keseluruhan, HP Envy 17 layak dipertimbangkan sebagai laptop yang cocok digunakan untuk pekerjaan di rumah ataupun kantor dengan kesan sleek dan elegan. Terlebih dengan ukuran layar raksasa, HP Envy 17 (2020) ini adalah pilihan tepat untuk menghabiskan berjam-jam waktu dengannya.

0 0 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments