Review HP Pavilion x360 14 LTE (2020)

Desain laptop semakin dinamis. Beberapa produsen membuat produk 2-in-1 (laptop dan tablet dalam satu perangkat) untuk segmen bisnis dan traveler. Salah satu yang terbaik di kategori tersebut adalah HP Pavilion x360 14 LTE. Produk ini berbeda dari seri sebelumnya karena ia dilengkapi slot untuk koneksi LTE.

Biasanya, Anda harus menggunakan Wi-Fi untuk koneksi internet. Masalahnya adalah Anda mungkin tidak selalu berada di area dimana wifi tersedia, sebagai solusi, jaringan internet dari ponsel bisa jadi penyelamat dengan cara tethering. Tapi bagaimana kalau tiba tiba smartphone tidak bisa diandalkan, entah rusak atau lainnya? Disinilah HP memberikan solusi yaitu langsung menyediakan slot untuk jaringan LTE didalam laptop.

Satu kekurangan utama laptop ini mungkin kecepatan clock dari prosesornya, yaitu hanya 1 Ghz. Untungnya, penggunaan laptop 2-in-1 biasanya memang bukan untuk software berat.

Layar di perangkat ini sangat jernih dengan level kecerahan baik serta tersedia fitur kalibrasi warna. Untuk berganti ke mode tablet, Anda cukup memutar bagian layar hingga ke belakang. Ada dua engsel untuk memenuhi fitur tersebut. Berikut pembahasan lengkap laptop HP Pavilion x360 LTE 2020.

Spesifikasi

  • CPU: Intel Core i5-1035G1 1.0 GHz
  • RAM: 8 GB
  • GPU: Intel UHD Graphics
  • Memori: 256 GB SSD
  • Layar: 14 inch touch, 1920×1080 (FHD) 60Hz
  • Dimensi: 0.74 x 12.8 x 8.7 inch
  • Berat: 1.61 kg
  • Daya tahan baterai: 9:40
  • OS: Windows 10 Home

Desain

HP Pavilion x360 14 LTE (2020)

Dari sisi tampilan, laptop ini mengusung tema elegan dan dinamis. Anda melihat bagian cover dengan bahan aluminium yang kokoh. Bagian ini memakai anti gores dan jejak tangan sehingga tampak bersih meskipun sering disentuh. Kualitas material secara keseluruhan memang sangat bagus dan terkesan mewah.

Ukuran laptop masih normal dan mudah dimasukkan ke dalam tas atau sekedar dibawa dengan tangan. Beratnya sekitar 1,7 kg, dan jika dibandingkan dengan laptop sejenis, laptop ini sedikit lebih berat. Akan tetapi selisih 100 atau 200 gram tentunya tidak terasa signifikan.


Spesifikasi Utama

Spesifikasi Utama

HP adalah produsen yang jarang membuat banyak varian. Hal yang sama juga berlaku untuk HP Pavilion x360 14 LTE. Produk ini menggunakan processor Intel Core i5 generasi kesepuluh khusus untuk produk laptop konvertibel. Kapabilitas sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan dasar hingga menengah.

Selanjutnya, laptop ini menyediakan dukungan RAM dengan kapasitas 8GB. Angka ini termasuk basic karena mayoritas laptop di segmen yang sama juga menggunakan RAM tersebut. HP menambahkan penyimpanan SSD dengan kapasitas 256GB.

Dari performa, laptop buatan HP ini sudah mumpuni. Anda bisa mengakses menu dan fitur di Windows 10 tanpa kendala. Semua pekerjaan dapat selesai selama tidak menggunakan sumber daya berlebihan. Processor hanya memiliki speed kurang dari 2.0 ghz. Akan tetapi, performa semakin cepat karena ada SSD generasi terbaru. Kapasitasnya cukup untuk penyimpanan file penting dan install beberapa software.


Colokan

HP Pavilion x360 14 LTE (2020) port kanan

Perangkat ini memiliki beberapa colokan yang tersebar di bagian kanan dan kiri. Anda akan menemukan USB-A dan jack audio di sisi kiri. Port USB ini berguna untuk koneksi ke flash drive atau mouse termasuk perangkat eksternal lain yang kompatibel dengan port tersebut. Apabila ingin mendengarkan musik atau audio melalui headphone, Anda cukup memakai jack audio termasuk microphone.

Bagian kanan adalah port USB-A, HDMI slot card reader, USB-C, dan colokan untuk charger. Sisi kanan lebih lengkap karena tidak ada saluran udara. Anda memakai USB-A dan USB-C untuk koneksi atau data transfer. Jika ingin terhubung ke monitor atau proyektor, port HDMI siap melakukannya. Card reader di laptop ini adalah untuk microSD.


Display

HP Pavilion x360 14 LTE (2020) touch

Pembahasan selanjutnya adalah display. Ukuran layarnya adalah 14 inch sehingga masih tergolong normal untuk laptop. Layar ini memanjang hingga ke bagian tepi sehingga bezel lebih kecil. Kondisi ini membuat laptop lebih kecil dari model HP ukuran 14 inch yang lain.

Layarnya menggunakan resolusi 1920 x 1080 pixel. Fitur lain adalah backlit di sekitar layar tersebut sehingga lebih cerah. Selanjutnya, ada tambahan fitur anti-reflective. Fungsinya mirip anti-glare yaitu mengurangi intensitas cahaya masuk saat berada di luar dan meningkatkan kecerahan dari layar itu sendiri.

Tapi meskipun dengan fitur tersebut, laptop ini sangat sulit digunakan di luar ruangan karena menurut kami layarnya masih memantulkan terlalu banyak cahaya.

Walau resolusinya tidak sampai UHD atau 4K, Anda masih bisa menikmati film dengan kualitas lebih lebih dari 1080p. Tentu saja, setting grafik harus tepat sehingga tidak memberatkan layar tersebut.


Konektivitas

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, fitur paling mencolok dari HP Pavilion x360 14 LTE adalah konektivitas. Laptop ini mampu menangkap jaringan LTE dari broadband layaknya sebuah smartphone. Ini adalah terobosan baru karena Anda jarang menemukannya di produk lain.

Konektivitas lainnya adalah konektivitas Wi-Fi dengan teknologi terbaru yang berguna untuk terhubung ke internet. Hal ini sangat penting karena laptop 2-in-1 tentunya harus mampu bekerja secara penuh dengan internet. Oleh karena itu, HP melakukan upgrade untuk model terbaru ini dengan fitur penunjang tersebut.


Grafik

Kemampuan grafik di laptop ini adalah tentu saja rendah karena tidak memakai kartu grafik diskrit (Nvidia atau AMD). Satu satunya siasat adalah mengubah setting baterai ke level high performance yang tentunya bisa menambah sedikit performa dengan bayaran daya baterai yang disedot lebih cepat.

Laptop ini menggunakan Intel UHD Graphics, yaitu grafik bawaan dari Intel yang terintegrasi dengan processor. Kartu grafik terintergrasi ini terkenal dengan ketidakmampuannya menghandle program-program 3D seperti game dan editing, namun ia sangat irit baterai (sangat dibutuhkan untuk laptop 2-in-1)


Baterai

Tujuan utama memakai laptop seperti ini adalah bekerja lebih fleksibel. Karena hal tersebut, laptop ini membutuhkan baterai yang efisien dan optimal. Anda dapat menggunakan laptop ini untuk jangka waktu 9 jam nonstop dengan fitur normal.

Apabila dipakai untuk menjalankan aplikasi berat, tentunya daya tahan baterai lebih cepat disedot . Anda harus siap charger jika ingin laptop-an lebih dari 10 jam.


Audio dan Kamera

Kualitas speaker dan audio langsung dari laptop buatan HP ini termasuk yang bagus. Suara masih jernih meskipun sudah di setting ke volume maksimal. Tentu saja, Anda lebih baik memakai speaker eksternal atau headphone jika memang ingin mendengar suara atau audio yang keras.

Keunggulan lain adalah kamera 720p yang memiliki penutup untuk perlindungan privasi. Fitur ini kami rasa sangat penting dan seharusnya diterapkan di semua laptop, mengingat privasi jadi hal yang sangat sulit didapat di era internet.


Touchpad dan Keyboard

HP Pavilion x360 14 LTE (2020) keyboard touchpad

Touchpad sudah ergonomis dan dapat diakses dengan mudah. Anda mampu menjalankan aplikasi dan menerapkan mode gesture yang bervariasi. Laptop tetap responsif dan sensitif. Berikutnya adalah keyboard yang sangat khas milik HP. Komposisinya sangat penuh dengan sedikit celah di antara keys. Apabila Anda mengakses tanpa mouse, tambahan keys di sebelah kanan untuk navigasi sangat membantu.

Jika Anda membutuhkan laptop yang fleksibel, mumpuni, canggih, dan handal maka salah satu yang layak dipertimbangkan adalah HP Pavilion x360 14 LTE. Terlepas dari kekurangan yang ada, keunggulan laptop ini membuat kapabilitas dan performa sangat tinggi.

Kredit: PCMag, TheVerge, Techradar, LaptopMag

Summary
Author Rating
1star1star1star1stargray
Aggregate Rating
5 based on 2 votes
Brand Name
HP
Product Name
Review HP Pavilion x360 14 LTE (2020)
Price
IDR 10213000
Product Availability
Available in Store Only

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
1 Comment
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
1
0
Ikut berkomentarx
()
x