Review HP Pro C640 Chrome Enterprise

Laptop ini masih memegang tahta sebagai laptop Chrome Enterprise 14-inch paling tipis di dunia. Hal ini menjadikan HP Pro c640 pilihan tepat untuk para pebisnis yang butuh laptop ultra-portabel yang bisa menemani perjalanan bisnis kemanapun dan dimanapun.

Keyboard yang nyaman serta daya tahan baterai yang kuat 11-jam juga menjadi faktor pendukung. Sayangnya, dibalik semua kelebihan, layar laptop chromebook ini kurang cerah dan secara umum masih dibawah rata-rata laptop lainnya.

Untuk tahu lebih dalam tentang laptop ini, simak ulasan berikut.

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Core i7-10610U
  • GPU: Intel UHD Graphics
  • RAM: 16GB
  • Penyimpanan: 128GB eMMC
  • Layar: 14-inch Full HD (1920 x 1080)
  • Baterai: 11:07 jam
  • Dimensi: 12.8 x 8.07 x 0.65 inch
  • Bobot: 1.49 kg

Desain

HP Pro C640 Chrome Enterprise depan

Chromebook mulai naik daun setelah Google secara khusus mengembangkan sistem operasi yang terintegrasi dengan laptop. Keunggulannya adalah lebih ringan dan tipis sehingga mudah untuk dibawa kemanapun. Hal yang sama juga tampak dari produk terbaru ini.

Desain masih menggunakan ciri khas HP dengan ikon di bagian depan. Dimensinya 32,5 cm untuk panjang, 20,5 cm untuk lebar, dan tebal 1,65 cm. Dari ukuran tersebut, laptop ini memang sangat tipis bahkan melebihi model HP lainnya.

Desainnya mengadopsi konsep dinamis dan portabel, sehingga laptop tidak terlalu kecil atau besar ketika dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, Anda juga tidak kerepotan saat harus mengetik di luar ruangan dimana tidak tersedia meja yang memadai. Beratnya pun hanya 1.5 kg sehingga lumayan ringan dijinjing.


Layar

Produk ini berbeda dari model HP untuk laptop umum. HP sengaja memberikan beberapa opsi untuk layar atau display. Customer bisa memilih salah satu dari empat pilihan. Semuanya menggunakan ukuran 14 inch akan tetapi fitur di layar dan kapabilitasnya berbeda.

Untuk model biasa, layarnya menggunakan HD SVA dengan fitur anti-glare, LED backlit , dan resolusi 1366 x 768. Varian selanjutnya adalah FHD IPS dengan anti-glare dan LED backlit, resolusinya pun lebih tajam yaitu 1920 x 1080. Selain itu, masing-masing versi layar tersebut memiliki varian dengan fitur touchscreen.


Spesifikasi utama

Pembahasan laptop ini belum lengkap tanpa processor. HP menggunakan produk Intel generasi 10. Sama seperti display, produk tersedia dengan tiga pilihan yaitu menggunakan Intel i3, i5, dan i7. Anda cukup memilih versi yang dibutuhkan. Jika ingin performa lebih baik, pilih versi i5 dan i7.

Perlu Anda ketahui, processor ini dikembangkan khusus untuk laptop. Cara termudah untuk mengenalinya adalah adanya huruf U dibelakang versi processor tersebut. Selanjutnya, ada lagi varian keempat yaitu laptop dengan processor Intel Pentium Gold 6450u.

Untuk urusan grafis, processor dengan basis Intel tersebut menggunakan Intel UHD Graphic. Ini adalah versi kartu grafis yang sudah terintegrasi. Anda dapat melihat kapabilitasnya langsung saat memutar film dengan resolusi UHD bahkan 4K. Processor mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Spesifikasi yang penting lain adalah RAM. HP memberikan pilihan dua varian yaitu laptop dengan ram 8 GB dan 16 GB. Pengguna 8 GB dapat menambah slot ram hingga 16 GB.

Anda bisa memilih versi ram kecil jika memang belum membutuhkan laptop dengan performa tinggi. Ketika memory ingin ditambah, sudah ada slot dan tinggal menambahkan secara langsung.

Untuk media penyimpanan, Anda bisa memilih 32 GB emmc, hingga yang terbesar, 128 GB. Untuk hal ini, pengguna tidak bisa menambah penyimpanan internal. Untuk mengantisipasi hal ini, pihak HP sudah menyiapkan slot card reader. Laptop dapat menyimpan lebih banyak file di media penyimpanan eksternal tersebut.


Port

HP Pro C640 Chrome Enterprise kiri port

Pembahasan selanjutnya adalah port atau colokan. Banyak orang mengeluh kekurangan port dan slot ketika mendapatkan produk laptop yang sangat tipis. Sebenarnya, yang paling kentara adalah hilangnya tempat untuk DVD. Laptop jaman sekarang biasanya sudah tidak butuh DVD drive lagi karena semua instalasi dan lainnya sudah terbantu dengan flash drive.

HP Pro C640 Chrome Enterprise memiliki beberapa port untuk menunjang aktivitas. Bagian kanan, Anda akan melihat USB-A, HDMI, USB-C, dan lock slot. Sebelah kiri adalah card reader untuk Micro SD, 3.5 jack audio, USB-C, USB-A.

Port USB-A berguna saat ingin menghubungkan dengan printer, smartphone, USB flash drive, dan lainnya. Cara lain adalah memakai USB-C jika memang perangkat lain mendukung dan kompatibel.

HDMI masih tersedia untuk koneksi ke monitor, proyektor, dan lainnya. Selanjutnya, Anda bisa mendengarkan lagu dan suara dari jack audio termasuk juga microphone. Tentunya ada juga slot Micro SD apabila anda membutuhkan penyimpanan lebih besar.


Baterai

HP Pro C640 Chrome Enterprise bawah dibongkar

Laptop ini tampak tipis sehingga banyak orang mengira kapasitas baterai tidak cukup untuk jangka panjang. Sebaliknya, HP justru membuat baterai yang mampu menunjang kegiatan bekerja selama 12 jam di aktivitas normal, dengan laptop yang terus terkoneksi ke internet dan Wi-Fi sedang menyala.

Kapabilitas baterai ini termasuk yang terbaik. Akan tetapi, Anda perlu menyiapkan charger ketika sudah mencapai 20%. Laptop memiliki fitur setting penggunaan baterai sehingga bisa menghemat daya jika dibutuhkan. Charger dan kelengkapannya tersedia di paket pembelian.


Keyboard dan Touchpad

HP Pro C640 Chrome Enterprise keyboard

Selanjutnya, laptop ini menggunakan keyboard dan touchpad yang ergonomis. Anda akan merasa nyaman untuk mengetik dalam jangka waktu lama. Keyboard tersebut sangat responsif sehingga cukup ditekan dengan daya normal. HP termasuk pilihan pertama jika Anda membutuhkan laptop dengan keyboard yang nyaman.

Touchpad sangat intuitif. Anda bisa melakukan akses normal tanpa kendala. Jika varian yang dibeli adalah mode layar touchscreen, anda bisa mengkombinasikannya dengan touchpad. Fitur lain adalah sensor sidik jari di sebelah kanan yang berguna untuk keamanan.


Webcam

Laptop ini memiliki kamera untuk kebutuhan video call dan rekaman. Posisinya berada di bagian atas tengah, termasuk juga LED nya.  Ketika kamera aktif, lampu akan menyala untuk indikator. HP menambahkan fitur privacy kamera yang berfungsi untuk memberikan perlindungan privasi. Untuk mengaktifkan kamera, Anda cukup mengakses setting.


Audio

Laptop ini memiliki dua stereo speaker yang terletak di atas. Posisinya di bagian kanan dan kiri dari kamera. Suara yang keluar sudah lumayan terutama untuk volume kecil hingga sedang. Penggunaan loudspeaker dengan volume keras sangat tidak direkomendasikan karena dekat dengan kamera.

Anda sebaiknya menggunakan headset atau speaker eksternal jika ingin menikmati musik dalam jangka waktu lama. HP bekerjasama dengan B&O sebagai supplier perangkat speaker tersebut.


Software dan Sistem Operasi

Seperti yang sudah dijelaskan, laptop ini menggunakan software dan sistem operasi dari Google. Anda akan memakai Chrome OS terbaru. Semua software penunjang dapat diakses secara penuh ketika tersambung ke internet.

Akan tetapi, ada fitur offline dan sinkronisasi. Pengguna masih bisa mengerjakan pekerjaan meskipun tidak ada internet. Sistem menerima update secara otomatis dari Google Ketika terhubung ke internet.


Kesimpulan

HP Pro C640 Chrome Enterprise kanan

Setelah baca penjelasan di atas, Anda kini sudah paham spesifikasi dan performa HP Pro C640 Chrome Enterprise. Ini bukan laptop windows sehingga kurang cocok bagi anda yang belum terbiasa. Namun, mayoritas software dan aplikasi Chrome OS sudah kompatibel dengan file-file dari sistem operasi lain.

Keunggulan utama laptop ini adalah portabilitas sehingga bisa dibawa kemana saja, dan performanya bagus sehingga anda bisa bekerja dengan cepat berkat dukungan processor, memory, dan media penyimpanan yang mumpuni. Fitur penunjang juga sudah lumayan termasuk keamanan.

Lihat: Review Dell Latitude 9410 2-in-1

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x