Nokia 9 Pureview: Ponsel dengan 5 kamera belakang

Nokia masih hidup (dan sehat), setidaknya itu yang perlu kita pahami.

Tidak pernah berubah, merk asal Finlandia ini memang senang membuat keramaian di pasar gadget. Tidak tanggung tanggung, Nokia mencoba comeback dengan dengan memanfaatkan momentum dunia visual alias Instagram dan Youtube.

Caranya? Rilis saja ponsel dengan 5 kamera belakang.

Kalau kebetulan anda sedang mencari smartphone yang memiliki berbagai macam keunggulan di sektor kamera, jujur saja Nokia 9 Pureview ini bisa jadi salah satu pertimbangan.

Ponsel ini memang menonjolkan segi kameranya sebagai nilai jual. Bagaimana tidak, bagian belakangnya dilengkapi dengan 5 lensa kamera untuk menjamin kualitas foto setara DSLR.

Selamat datang di Ruanglaptop, dan berikut adalah review Nokia 9 Pureview yang perlu anda ketahui.


5 Kamera Belakang

Soal kameranya, Nokia 9 Pureview didukung dengan lisensi Nokia terbaik yang pernah ada. Nokia 9 Pureview merupakan eksperimen besar karena merupakan suatu handphone atau smartphone pertama yang hadir dengan dukungan 5 buah kamera utama.

Yang unik, kamera – kamera tersebut tidak menghadirkan kemampuan optical zoom atau variasi sudut pandang yang lagi hits. Wujudnya juga cenderung rata tanpa adanya bagian yang menonjol sama sekali.

5 kamera itu terdiri atas 3 buah kamera monokrom 12 Megapixel, dan 2 kamera RGB 12 MP. Semuanya hadir dengan aperture f/1.8 dan focal length sebesar 28 mm. Kameranya juga dilengkapi LED flash dan sensor time-of-flight untuk depth mapping.

Seluruh kamera tersebut dirancang untuk mengambil data sebanyak-banyaknya, dimana data ini menjadi bahan pengolahan HDR dengan fotografi berbasis pemetaan ruang. Perpaduan teknologi komputasi dengan dukungan kamera inilah yang menjadi titik keunggulan terbesar Nokia 9 Pureview.

Baca: Review LG G8S ThinQ: harga & fitur unggulan

Ponsel ini tidak memiliki fitur optical zoom (komponen lensa bergerak) seperti kamera lainnya. Lalu bagaimana kalau mau zoom?

Ini juga satu hal yang menarik. Anda tidak perlu optical zoom untuk nge-zoom dari hp ini, karena hasil foto yang dijepret sudah memiliki data kedalaman ruang, sehingga andame bebas lakukan zoom-in dan zoom-out bahkan setelah foto disimpan di memori hp.

Satu foto yang diambil dari ponsel ini bisa menghasilkan lebih dari 1200 lapisan data dengan kedalaman ruang. Jadi bukan seperti kamera biasa yang hasilnya cuma gambar rata ya.

Kamera di ponsel ini memotret minimal dengan 5 eksposur yang berbeda. Anda bisa memotret dengan di 60 MP sampai dengan 240 MP, lalu mengacilkan lagi ke 12 MP. Anda juga dapat memotret dengan format RAW DNG.

Format ini dibuat juga dengan perpaduan berbagai gambar yang hasil jepretannya berada pada seluruh kamera. Masing – masing file berukuran sekitar 30 MB.


Didukung Teknologi tercanggih

Pada sektor teknologinya, Nokia 9 Pureview sama sekali tidak punya zoom optic. Seperti yang juga sudah disebutkan, anda akan menemukan dukungan focal length yang dibuat seragam pada kisaran 28 mm.

Soal kamera yang banyak pada Nokia 9 Pureview, ternyata terdapat tujuan secara khusus. Nokia 9 Pureview diharapkan dapat menjadi sebuah ponsel yang bisa merekam lebih banyak data tentang gambar dan sektor pencahayaan.

Untuk mengolahnya, Anda perlu menggunakan dukungan teknologi HDR atau high dynamic range. Selain teknologi HDR, Nokia 9 Pureview juga memiliki teknologi komputasi yang akan memperhitungkan kedalaman ruang.

Simpelnya, di ponsel ini terdapat suatu teknologi khusus yang dapat menjadikan foto bokeh berkualitas tinggi sehingga terlihat lebih alami dan jauh lebih presisi. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan Nokia 9 Pureview.

Ponsel ini bekerjasama dengan Zeiss dan Light untuk menghasilkan kualitas foto yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain berkontribusi pada desain teknologi, Light juga menyematkan sebuah prosesor khusus bernama Lux Capacitor yang berguna untuk mengolah gambar yang dihasilkan kamera.

Nokia 9 Pureview juga memiliki dukungan prosesor qualcomm snapdragon 845 yang menjadi otak dapur pacunya, sehingga urusan menjalankan aplikasi tidak dikelola oleh Lux Capacitor. HMD Global juga menyatakan bahwa Nokia 9 Pureview adalah edisi terbatas yang hanya akan dijual di kurun waktu tertentu.

Salah satu negara yang dipastikan akan kebagian kabarnya adalah Amerika Serikat (tentu saja). Soal harga, Nokia 9 Pureview ini harus kami akui memang mahal, jadi untuk anda yang mau coba keganasan kameranya, silakan siapkan budget ekstra terlebih dahulu.

Produk Nokia 9 Pureview dibanderol dengan harga USD 699 atau sekitar 9,8 juta rupiah. Smartphone ini hanya hadir dengan satu varian warna saja yaitu midnight blue.

Baca: Kegunaan airplane mode yang jarang diketahui

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of