Review Lenovo Chromebook 3 (11-Inch)

Lenovo menghadirkan Chromebook 3 yang berukuran 11 inci sebagai tambahan varian lini OS Chrome dari brand Lenovo.

Dibekali dengan prosesor Intel Celeron N4020, produk Lenovo Chromebook 3 ini seakan menjadi bukti nyata bahwa dengan budget minim kamu tetap bisa mendapatkan laptop kokoh dengan daya baterai yang awet.

Berikut kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan ulasan lengkap Lenovo Chromebook 3 (11-inch) supaya kamu tidak salah beli.

KELEBIHAN:

  • Harga dibawah 3 juta
  • Ringan
  • Kualitas material dan keyboard yang sesuai harga
  • Terdapat SD card reader
  • Daya baterai awet

KEKURANGAN:

  • Layar beresolusi rendah
  • Touchpad yang kurang akurat
  • Storage minim (32GB)

SPESIFIKASI:

  • Kelas Laptop: Chromebook
  • Prosesor: Intel Celeron N4020
  • RAM: 4GB
  • Layar: 11.6 inci
  • GPU: Intel UHD Graphics 600
  • Dimensi: 0.71×11.28×8.09 inci
  • Berat: 1kg
  • Baterai: 18:54 jam

Desain

Lenovo Chromebook 3 (11-Inch) belakang miring

Dari segi desain, Chromebook 3 ini tampil cukup bergaya, lewat kombinasi warna-warni logo Google Chrome yang dipadukan warna Onyx Black sehingga tampil kokoh pada keseluruhan bagian luarnya.

Saat dipegang, laptop ini akan terasa cukup solid dan amat ringan karena memang hanya berbobot sekitar 1.12 kg saja, sebuah opsi laptop yang tepat untuk beraktivitas dinamis.

Walaupun begitu, kalau dibandingkan dengan Chromebook 13.3 inci, Chromebook 3 akan terasa lebih gendut akibat ukuran dimensinya, yaitu 0.71×11.3×8.1 inci atau 1.8×28.7×20.6 cm.


Layar

Lenovo Chromebook 3 (11-Inch) 2

Kalau kamu merupakan tipikal pengguna Chromebook yang memiliki aktivitas menonton video ataupun browsing di internet, maka layar pada laptop Chromebook 3 akan sangat terasa kekurangannya.

Secara umum, layar berukuran 11.6 inci tersebut merupakan fitur terlemah dari Lenovo Chromebook 3. Hal tersebut dikarenakan layar yang terasa terasa sesak dan kecil akibat pembatas plastik yang berukuran terlalu lebar.

Selain itu, layarnya juga terasa redup dengan skor backlight hanya sekitar 250 nits dan resolusi 1366×768 piksel. Tak heran, bagian layar mungkin akan meninggalkan kesan yang paling tak nyaman dari keseluruhan laptop ini.


Performa

Dari segi performa, Chromebook 3 menggunakan prosesor Intel Celeron N4020 dan memori 4GB yang sudah cukup mumpuni untuk Chromebook standar. Bahkan terasa lebih baik kalau dibandingkan dengan benchmark yang menggunakan prosesor berbasis ARM.

Walaupun, tentu saja Celeron ini tak akan seperkasa Intel Core i3 ataupun Core i5, yang umumnya terdapat di laptop dengan harga mulai dari $500 atau Rp 7.4 juta-an ke atas.


Baterai

Untuk keperluan daya, Lenovo Chromebook 3 menggunakan baterai 3-cell 42Wh dan adapter AC 45W. Dan mungkin karena dapur pacu yang digunakan cukup standar serta backlight yang redup, secara umum laptop ini tak membutuhkan daya terlalu banyak.

Bahkan, dengan penggunaan pada kecerahan 50%, Lenovo Chromebook 3 ini mampu bertahan hingga 19 jam.


Keyboard

Lenovo Chromebook 3 (11-Inch) keyboard

Lenovo Chromebook 3 menawarkan pengalaman mengetik yang nyaman dengan tombol yang kokoh. Sebuah kelebihan yang mungkin bisa dipertimbangkan saat membeli laptop ini, terutama untuk kamu yang membutuhkan laptop ketik yang on-budget.

Dengan fitur ketahanan baterai yang bisa diandalkan, Lenovo Chromebook 3  bisa menjadi partner terbaik untuk mengetik seharian tanpa khawatir pengisian daya berulang kali.


Touchpad

Tak seperti keyboard yang cukup mengesankan, touchpad Lenovo Chromebook 3 yang terbuat dari plastik ini justru terasa lamban, sehingga membutuhkan tekanan ekstra guna memindahkan kursornya. Hal tersebut mungkin menjadi sisi negatif yang turut mengurangi nilai jual keseluruhan laptop.


Audio

Output audio Lenovo Chromebook 3 sebenarnya sudah cukup layak, namun sayangnya kualitas audio yang dihasilkan masih terasa seperti megaphone. Oleh karena itu, penambahan speaker eksternal sangat disarankan.


Port

Lenovo Chromebook 3 (11-Inch) port kiri 2

Laptop ini dilengkapi dengan beragam port untuk menghubungkan dengan mouse eksternal dan headphone. Kamu akan mendapatkan dua USB-A dan dua USB-C pada kedua sisi laptop. Di sisi kiri terdapat sebuah audio jack dan microSD card reader.

Untuk pengisian daya, Chromebook ini menggunakan USB tipe C. Satu-satunya kekurangan pada port yang terasa adalah absennya port HDMI.

Untuk konektivitas, Lenovo Chromebook 3 telah dibekali Wi-Fi 802.11ac dan Bluetooth 4.2. Kedua fitur tersebut sudah standar untuk laptop dengan budget minimalis.


Webcam

Dengan resolusi mencapai 720p, webcam yang terletak di atas layar Lenovo Chromebook 3 menawarkan kualitas video yang baik, walaupun dari segi warna yang ditampilkan terasa sedikit pudar.

Secara umum, webcam tidak ada masalah dan bisa digunakan untuk segala keperluan.


Temperatur

Seperti produk Chromebook lainnya, Lenovo Chromebook 3 ini juga menghasilkan panas atau perubahan temperatur hingga level tertentu. Namun demikian, panas tersebut tidak begitu mengganggu, sehingga kamu tetap bisa nyaman menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama.

Lenovo Chromebook 3 memang cukup standar dan tidak menawarkan sesuatu yang menarik ataupun spesial. Namun demikian, laptop dengan budget minim ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk keperluan laptop sang buah hati ataupun perangkat pengganti dari laptop utama kamu.

Terutama untuk kamu yang membutuhkan ‘mesin ketik’ dengan daya baterai awet, pembelian laptop ini sudah cukup baik. Performa dapur pacu Intel Celeron N4020 dan memori 4GB pun sudah layak untuk laptop tipe Chromebook.

4 1 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments