Review Lenovo Thinkpad T14s

T-series Lenovo sudah mencapai 20 tahun karirnya, sampai saat ini T-series masih dinobatkan sebagai laptop yang cocok untuk para pekerja kantoran. T14s Gen 1 merupakan keluaran laptop paling unggul diantara jajaran ThinkPad lainnya. T14s Gen 1 ini merupakan penerus dari T-series T490.

Lenovo ThinkPad T14s memasok dua unit Windows Central, satu dengan CPU vPro Intel Core i5-10310U dan satu lagi dengan AMD Ryzen 7 PRO 4750U. Kedua model ini mencakup RAM DDR4 16 GB (disolder) dan drive solid-state (SSD) PCIe M.2 512 GB, juga didukung layar sentuh 1080p 14 inci. Versi AMD dibanderol harga 9,8 jutaan, sedangkan versi Intel dibanderol harga hingga 20 jutaan.

Selamat datang di RuangLaptop, berikut review serta spesifikasi lengkap Lenovo Thinkpad T14s:

  • Prosesor: AMD Ryzen 7 PRO 4750U 1.7 GHz
  • RAM: 16 GB DDR4
  • GPU: AMD Radeon Graphics
  • Penyimpanan: 512GB SSD
  • Layar: 14 inch Full HD (1920×1080) touchscreen
  • Dimensi: 0.66 x 12.9 x 8.9 inch
  • Bobot: 1.27 kg
  • Sistem Operasi: Windows 10 Pro
  • Daya tahan baterai: 12:51

Desain

Lenovo Thinkpad T14s rata

Dibandingkan dengan ThinkPad T490s yang telah dikeluarkan tahun 2019, T14s memiliki dimensi dan berat yang hampir sama persis. Laptop ini menggunakan layar 14 inci yang ramping dan ringkas, sehingga tidak akan memakan banyak ruang di dalam ransel atau tas kerja.

Kedua laptop seri T tersebut telah melalui pengujian ketat, proses tersebut untuk memastikan ketahanan bahan aluminium dan polimer serat karbon yang digunakan. Pada Versi AMD, ThinkPad hanya menyediakan varian warna hitam, sedangkan pada versi Intel kamu bisa mendapat warna perak.


Port

Lenovo Thinkpad T14s port kiri

Port yang ada pada kedua versi AMD ataupun Intel hampir sama namun dengan sedikit perbedaan. Pada versi intel, di sisi kiri kamu akan menemukan USB-C 3.2, Thunderbolt 3, adaptor ekstensi Ethernet, USB-A 3.2, HDMI 1.4, dan jack audio 3.5mm. Di sisi kanan kamu akan menemukan satu USB-A 3.2 dan slot kunci Kensington.

Begitu juga dengan port pada versi AMD, meskipun tidak memiliki Thunderbolt 3, namun versi AMD memiliki dua USB-C 3.2. Dan juga HDMI yang digunakan pada versi AMD adalah 2.0, bukan 1.4.

Disisi belakang laptop Thinkpad ini, kamu akan menemukan kombinasi microSD card reader dan slot SIM untuk menambahkan kartu sim berkualitas 4G LTE. Lalu, terdapat Smart Card Reader opsional yang dapat kamu tambahkan pada laptop jika memang diperlukan.

Lihat juga: Pilihan laptop 3 jutaan terbaik


Konektivitas

Lenovo Thinkpad T14s SIM slot

Selain bisa menambahkan sim card 4G LTE pada laptopmu, laptop ini memiliki Wi-Fi 6 yang dapat memberikan koneksi internet lebih kuat dibanding laptop yang marak beredar sekarang. Versi AMD didukung dengan Bluetooth 5.1, sedangkan versi Intel memiliki Bluetooth 5.0. Perbedaan kualitas bluetooth yang ada pada laptop ini tentu bukan masalah, apalagi jika kamu sudah mendapatkan Wi-Fi 6.

ThinkPad sendiri sangat terkenal dengan fitur keamanan, dan laptop ini memberikan beberapa opsi keamanan agar kamu terus merasa aman. Webcam yang ada pada laptop ini mendukung fitur facial recognition, yang menjadi nilai plus untuk kemanan namun juga memiliki sisi gelapnya sendiri.

Pada laptop ini, versi AMD-nya didukung dengan IR, sedangkan versi Intel tidak. Kedua laptop ini pun disupport dengan pemindai sidik jari yang bekerja dengan baik, dan terletak pada sisi kanan laptop.


Speaker

Speaker 1W down-firing yang digunakan pada laptop ini menjadikan kualitas suara Thinkpad terasa lebih besar dan jelas. Body laptop yang tipis dan ringan, ternyata juga didukung oleh bass dan hampir tidak terdistorsi ketika kamu akan meninggikan volume. Satu permasalahan dari speaker down-firing adalah suara yang rusak kalau laptop diletakkan di permukaan empuk, entah itu kasur, dipangkuan, atau sofa.

Pemakaian Dolby Audio pun sudah tidak diragukan lagi untuk memberikan kamu pengalaman mendengar yang lebih baik. Sedangkan untuk kameranya, kombinasi IR dan 720p dalam model AMD tampaknya menawarkan gambar yang lebih baik meskipun tidak masuk kategori ‘luar biasa’.


Keyboard dan touchpad

Lenovo Thinkpad T14s keyboard touchpad

Versi AMD dan Intel memiliki sedikit perbedaan dari segi layout keyboard, yaitu tombol Fn dan Ctrl yang ditukar. Kalau kamu pengguna setia Thinkpad, kamu tidak akan asing lagi dengan ‘feel’ menggunakan keyboard laptop ini. Dan kalaupun kamu pengguna baru seri T, kamu akan dengan mudah beradaptasi.

Touchpad yang digunakan pada laptop ini menurut kami bekerja sangat baik, serta tidak membuatmu kesusahan dalam menggunakannya.


Display

Lenovo Thinkpad T14s kamera

Kalau kamu banyak berurusan dengan grafik, baik itu desain grafik, video/photo editing, kami tidak sarankan menggunakan laptop ini karena kualitas layar nya yang masih dibawah standar desainer profesional.

ThinkPad T14s menggunakan WVA 14 inci. Versi AMD hadir dengan pilihan Full HD 250-nit (non-touchscreen), 300-nit (touchscreen), 400-nit (touchscreen), dan juga 500-nit (touchscreen). Layar Thinkpad juga dilengkapi dengan lapisan anti-silau yang memudahkanmu menatap layar walaupun dalam dibawah sinar  matahari langsung.

Jika kamu mau memiliki laptop yang berlayar 4K, maka kamu mungkin akan lebih tertarik dengan versi Intel. Masih dengan layar WVA, versi Intel ini mencakup Dolby Vision HDR 400 dengan tingkat kecerahan 500-nit.

Kualitas warna pada laptop ini menurut kami lumayan. Tampilan versi AMD hanya mencapai 62% sRGB, 46% AdobeRGB, dan 46% DCI-P3, dengan kecerahan hingga 337 nits. Tampilan versi Intel tidak jauh lebih baik, kualitas mencapai 65% sRGB, 49% AdobeRGB, dan 48% DCI-P3, dengan kecerahan hingga 342 nits.


Performa dan baterai

Lenovo Thinkpad T14s amd vs intel 2 copy

Lenovo Thinkpad T14s sudah tidak memakai CPU Ryzen 4000, tapi digantikan dengan varian Ryzen 7 Pro. Selain itu T14s ini pun dilengkapi dengan fitur keamanan, manajemen ekstra, serta kemampuan multithreading yang memberikan kinerja ekstra pada laptop.

Baterai 57Wh yang menyokong laptop ini pun bekerja dengan baik di kedua versi (AMD dan Intel). Pada versi Intel yang memakai CPU i5, laptop bertahan hingga 11 jam 3 menit dengan penggunaan sehari-hari dan tingkat kecerahan 60%. Lalu pada versi AMD yang menggunakan CPU Ryzen 7 Pro, daya tahan nya sedikit lebih kecil yaitu 10 jam 43 menit dengan kecerahan 60% di penggunaan sehari-hari.

Lenovo Thinkpad T14s ini memang memiliki kelebihan dan kelemahan yang seimbang di setiap versinya. Tapi jika dilihat dari kualitasnya, Thinkpad T14s ini lebih cocok untuk pekerja kantoran yang memerlukan laptop yang menyala selama berjam jam, dan tidak disarankan untuk pekerja grafik dan desainer karena kualitas warna yang kurang mendukung.

Kredit: MobileTechReview, PCMag

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
1 Comment
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
1
0
Ikut berkomentarx
()
x