Review Lenovo ThinkPad X1 Yoga (5th Gen, 2020)

Laptop dengan desain 2-in-1 sedang tren. Beberapa perusahaan komputer dan teknologi memproduksinya, salah satunya adalah Lenovo. Produk untuk segmen ini adalah ThinkPad X1 Yoga generasi kelima.

Secara sepintas, ini bukan produk baru jika Anda hanya melihat bagian luar. Desain tidak banyak berbeda kecuali tambahan metal di bagian cover. Namun, Lenovo menambahkan spesifikasi mumpuni dan canggih. Selain itu, update dan upgrade membuat laptop generasi kelima ini lebih gahar dibandingkan pendahulunya.

Laptop ini bukan untuk entry level karena Lenovo menempatkannya sebagai perangkat bisnis. Desain ergonomis dan elegan ditambah spesifikasi teknologi membuat laptop ini mampu menjalankan aplikasi level berat sekalipun. Untuk mengetahui apa saja yang ada di Lenovo ThinkPad X1 Yoga, simak ulasan berikut ini.


Desain

Lenovo ThinkPad X1 Yoga (5th Gen, 2020)

Anda menyandingkan produk ini dengan generasi keempat. Perbedaan tidak banyak dari sisi luar dan tampilan. Lenovo masih mengadopsi pendekatan fungsional dan praktikal. Hal ini tampak dari lekukan tajam di sudut sehingga tidak ada ruang yang terbuang.

Bagian layar membentang hingga pinggir sehingga bezel di tepi sangat kecil. Namun, area atas dan bawah masih cukup lebar. Meskipun kurang simetris, desain ini tetap elegan dan dinamis. Selain itu, engsel juga diintegrasikan dengan baik. Anda akan kesulitan melihatnya, kecuali layar diputar ke sisi sebaliknya.

Laptop ini dapat membentuk tablet, anda tinggal melipat terbalik hingga bagian cover menempel dengan sisi belakang. Saat mode seperti ini, anda akan menggunakan layar sentuh.

Di pinggir laptop, ada tempat untuk menyimpan stylus pen. Stylus akan anda dapatkan secara gratis karena merupakan bagian dari paket penjualan.


Spesifikasi Utama

Pembahasan selanjutnya adalah spesifikasi utama. Ini bagian yang sangat penting apalagi laptop tersebut adalah produk untuk segmen bisnis dan premium. Lenovo memberikan dua pilihan processor yaitu Intel Core i5-10310U dan Core i7-10610U.

Anda cukup memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. Versi i5 sudah lebih dari cukup untuk aktivitas bisnis bahkan menyelesaikan pekerjaan yang butuh sumber daya. Tentu saja, untuk anda yang mungkin butuh performa lebih untuk task-task berbau grafik atau proses, pilih versi i7.

Semua versi untuk laptop buatan Lenovo ini memiliki 16GB untuk RAM. Ada varian dengan RAM 8GB tetapi dijual terbatas karena tidak diproduksi lagi.

Jika harus memilih antara 8 atau 16GB, Anda sebaiknya membeli yang versi RAM lebih besar. RAM yang kecil akan mempengaruhi performa prosesor juga karena prosesor harus sering-sering mengolah data yang dimasukkan dibuang dari RAM. Beda hal kalau RAM nya besar kan?

Untuk penyimpanan, Anda bisa memilih 256GB dan 512GB SSD. Lenovo melakukan update untuk bagian ini karena sangat penting saat menyimpan banyak file dan install software.

Di jaman sekarang, rasanya memakai SSD itu wajib karena jauh lebih cepat ketimbang Hard Disk. Contohnya? Booting Macbook yang sangat cepat karena semua Mac menggunakan SSD. Dengan laptop SSD, anda hanya butuh waktu kurang dari 10 detik untuk booting.

Untuk sistem operasi, produk ini memakai windows 10 dan dukungan software bawaan Lenovo.


Display

Lenovo ThinkPad X1 Yoga (5th Gen, 2020) stylus

Layar atau display laptop ini berukuran 14 inch. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagian sisi kiri dan kanan seolah melebar sehingga menyisakan sedikit bezel. Sebagai laptop kelas bisnis, Lenovo membuat display dengan teknologi terbaru.

Anda bisa memilih opsi resolusi 1080p dan 4K. Keduanya tersedia terpisah dan memberikan hasil yang berbeda. Layar dengan resolusi 1080p sangat tepat untuk pemakaian normal, dan juga tidak terlalu berat di GPU.

Jika pekerjaan membutuhkan kapabilitas layar lebih tinggi, opsi terbaik adalah versi 4K. Ini adalah resolusi yang mampu menjalankan grafik hingga level FHD dan UHD. Anda bisa melihat perbedaan kedalaman warna secara langsung jika disandingkan dengan layar 1080p.

Tapi balik lagi, menurut kami untuk sebagian besar orang, layar 4K tidak dibutuhkan.


Grafik

Untuk keperluan grafik, laptop ini menggunakan kartu grafik terintegrasi bawaan intel. Anda mungkin agak kecewa mengenai hal ini. Namun, kapabilitas dan kualitasnya masih mumpuni untuk keperluan pekerjaan desain.

Kemampuan grafik ini sebanding dengan processor yang dipakai. Anda akan mendapatkan hasil lebih baik ketika memilih versi intel core i7.

Perlu diingat, laptop ini adalah perangkat untuk bisnis dan bekerja, bukan untuk hiburan dan game. Oleh karenanya, kemampuan grafik integrated intel ini sudah cukup untuk target pasarnya.


Colokan

Bagian selanjutnya adalah port atau colokan. Untuk menunjang aktivitas, Lenovo memberikan beberapa colokan. Bagian kiri terdiri dari Thunderbolt 3, USB-A, jack audio, HDMI, dan port untuk jaringan. Colokan Thunderbolt berguna untuk charger. Anda bisa menghubungkan laptop ke layar eksternal seperti proyektor atau monitor tambahan dari port HDMI.

Sebelah kanan terdiri dari lock slot dan USB-A tipe 3.2. Area ini hanya dilengkapi sedikit port, sebab terdapat saluran untuk mengatur suhu dan udara. Selain itu, ada tempat untuk meletakkan stylus seperti lubang kecil di bagian kanan atas dekat dengan engsel.


Keyboard dan Touchpad

Salah satu desain ikonik buatan Lenovo adalah titik merah di keyboard yang letaknya antara huruf G dan H. Ini adalah mouse model lama yang tampaknya masih digunakan oleh Lenovo di beberapa produk terbarunya. Di bagian keyboard terdapat backlit berwarna merah yang membantu ketika di ruangan gelap.

Touchpad mudah dipakai karena sangat responsif. Anda bisa melakukan mode apa saja karena mirip dengan layar sentuh. Selain itu, ada fitur sidik jari untuk meningkatkan keamanan.


Baterai

Pembahasan selanjutnya adalah baterai. Anda bisa bekerja hingga 11 jam nonstop dengan koneksi wi-fi yang terus menyala. Kapabilitas ini tersedia untuk laptop versi layar 1080p. Kemampuan baterai akan berkurang hingga 7 jam dengan aktifitas yang sama saat menggunakan versi layar 4K.

Perbedaan tersebut terjadi karena layar dengan resolusi tinggi membutuhkan daya lebih besar. Jika Anda ingin mendapatkan daya baterai yang lanjang, beberapa fitur dan aplikasi yang tidak dibutuhkan sebaiknya dimatikan.


Suara dan Kamera

Laptop ini memiliki speaker di bagian tengah. Kualitas audio cenderung medium dan cocok untuk memainkan suara dengan volume menengah. Anda akan mendengar suara yang pecah jika dipaksakan untuk volume tinggi. Salah satu alasan mengapa bezel bagian bawah lebih besar karena ada speaker.

Kamera tersedia di bagian atas dengan penutup untuk menjaga privasi. Saat sedang aktif, laptop LED akan menyala. Kamera mampu merekam dan mengambil foto dengan resolusi maksimal 720p. Kapasitas yang cukup untuk keperluan bisnis misalnya video call.


Kesimpulan

Anda sudah mengetahui spesifikasi laptop Lenovo ThinkPad X1 Yoga. Dari sisi desain, laptop ini menunjukkan bagaimana produk bisnis selanjutnya. Material menggunakan bahan berkualitas tinggi termasuk cover untuk menahan panas, debu, angin, dan air.

Sebagai laptop untuk kategori bisnis, spesifikasi termasuk yang sangat mumpuni apalagi memilih versi layar 4K dan processor Intel Core i7. Semua pekerjaan berlangsung cepat dengan dukungan RAM dan SSD yang optimal.

Desain laptop 2-in-1 dibuat agar lebih portabel ketika dibawa ke manapun. Anda bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Kendala baterai mungkin perlu perhatian khusus sebab Anda hanya punya waktu sekitar 10 hingga 11 jam dengan penggunaan normal.

Jika laptop mengerjakan job lebih berat, periode daya baterai akan berkurang. Satu lagi yang perlu dipikirkan adalah harga karena laptop ini lumayan mahal.

0 0 vote
Article Rating

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments