Review Lenovo Yoga C740 (14-inch)

Lenovo sebagai produsen laptop ternama, kembali mencoba merilis laptop dari series Yoga yang multiguna sekaligus elegan yaitu Lenovo Yoga C740 (14-inch).

Laptop yang dirilis pada 2020 ini sudah memiliki spesifikasi yang cukup untuk digunakan para pebisnis. Selain memiliki dimensi yang kecil dan juga ringan, desain yang ditampilkan juga sangat good looking kalau kamu bawa untuk meeting.

Layar touch screen nya memiliki ukuran 14 inch (satu tingkat dibawah versi 15-inch), dan resolusi full HD dengan refresh rate 60Hz. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan penyimpanan yang terbatas, karena Lenovo Yoga C740 ini memiliki ruang penyimpanan NVMe SSD 512 GB yang bisa diupgrade hingga 2TB.

Lenovo Yoga C740 14-inch ini adalah laptop ter-elit dari jajaran laptop 2-in-1 Lenovo lainnya, dan berada pada kisaran harga dibawah 20 jutaan. Berikut ulasan lengkapnya.


Spesifikasi Umum

Lenovo Yoga C740 port kiri

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Core i7-10710U
  • GPU: Intel GPU UHD Graphic 620
  • RAM: 16 GB DDR4 2666MHZ On Board
  • Layar: 14.0” (1920 x 1080) 60Hz Touch Screen
  • Kapasitas: 512 GB / 1 TB  SSD NVMe
  • Port: USB 3.1 Type C, Combo Jack Audio, USB 3.1 Type A
  • Bobot: 1,4 kg tanpa charger
  • Dimensi: 32.8 x 21.46 x 1,49 cm

Laptop Lenovo Yoga C740 (14-inch) ini menggunakan prossesor Intel Core i7-10710U yang memiliki speed hingga 4,7 GHz. RAM yang terpasang pada laptop ini adalah 16 GB DDR4 2666MHZ On Board yang tidak bisa di upgrade lagi.

Penyimpanan pada laptop ini berkapasitas hingga 512 GB / 1 TB  SSD NVMe yang dapat di upgrade hingga 2TB. Info tambahan untuk kamu yang paham laptop: power adapter nya 65W.

Laptop ini menggunakan sistem grafik integrated (menyatu dengan prosesor) yaitu Intel GPU UHD Graphic 620. Cukup untuk kebutuhan normal namun tentunya tidak bisa dipakai gaming.

Layar yang digunakan memiliki ukuran 14.0” Full HD (1920 x 1080) 60Hz IPS dan dilengkapi dengan Touch Screen. Kualitas warna yang dihasilkan sangat bagus dan juga memiliki tingkat kecerahan layar yang bisa diandalkan saat berada diluar ruangan.

Di laptop ini sudah ter-install Windows 10 Home dan juga Office 2019 OHS permanen. Ia juga di support dengan Stylus Pen yang bisa menunjang produktivitas kamu saat memakai mode Touch Screen.

Cek juga: Rekomendasi laptop 4 jutaan yang berkualitas


Port

Lenovo Yoga C740 port kanan

Sayangnya, laptop ini memiliki Port yang kurang lengkap dibandingkan dengan laptop lainnya. Ini bisa jadi kelemahan terbesar laptop Lenovo Yoga C740 (14-inch).

Pada sisi kiri, kamu akan menemukan USB 3.1 Type C (yang bisa difungsikan untuk Port Charger dan Display Port), LED Power Indicator Charger, dan juga Combo Jack Audio.  Beralih ke sisi sebalah kanan Laptop ini hanya menyediakan tombol Power, LED Power Indicator Charger dan USB 3.1 Type A.


Performa dan Baterai

Untuk kebutuhan desain, multitasking, membuka puluhan tab di browser, kerja, hingga streaming video, laptop ini mampu bekerja dengan baik berkat CPU Intel Core i7-10710U dan RAM besar.

Untuk main game? Laptop ini hanya mampu mengoperasikan beberapa game ternama dengan kualitas low. Ini dikarenakan kartu grafiknya yang terintegrasi, dengan kata lain laptop ini tidak memiliki kartu grafik diskrit. Laptop Lenovo Yoga C740 ini tidak direkomendasikan untuk kamu yang ingin bermain game berat.

Meskipun kualitas baterai laptop menurut kami bagus (dan sangat cukup), ia tertinggal jika dibandingkan dengan ultrabook lainnya yang baru-baru ini rilis. Baterai Lenovo Yoga C470 memiliki daya 51 Wh dan dapat bertahan 9 jam jika digunakan untuk memutar video dan juga web browsing dengan menyalakan mode power saver.


Desain

Lenovo Yoga C740 top

Namanya juga laptop hybrid, tentunya ia bisa kamu gunakan di dua mode yaitu mode desktop dan juga mode tablet. Dimensi laptop Lenovo Yoga C740 ini 32.8 x 21.46 x 1,49 cm. Laptop memiliki berat 1,4 kg tanpa charger, charger nya pun didesain dengan ukuran kecil serta ringan jadi tidak akan memberatkan tas-mu.

Salah satu kelebihan dari Lenovo Yoga C740 ini berada pada desainnya yang mewah dan juga elegan. Pada layar, kamu hampir tidak melihat adanya bezel, ini dikarenakan touchscreen melebar hingga pinggir monitor sehingga semuanya tampak seperti layar.

Pada bagian atas layar terdapat Privacy Shutter Webcam yang menyatu dengan bezel. Privacy Shutter Webcam sendiri sudah marak digunakan disetiap laptop keluaran tahun 2020.

Lihat: Sisi gelap facial recognition yang berbahaya

Tombol power berada di samping kanan laptop, sangat mudah ditemui dan juga tidak menyatu dengan keyboard. Kamu juga akan melihat paduan yang sangat bagus.

Warna case yang digunakan memberikan kesan elegan, dan bahan baku dari case Lenovo Yoga C740 (14-inch) ini adalah alumunium premium sunglassted yang membuat laptop ini kuat dan kokoh. Back Cover laptop terlihat sederhana, dengan menampilkan logo “Yoga” di sisi kiri atas.

Laptop ini menggunakan single fan dan juga dua hexos yang terletak dibelakangnya, sehingga kalau digunakan nonstop untuk program berat, laptop ini bisa terasa panas. Usahakan selalu meletakkan laptop di permukaan keras dan ruangan dengan sirkulasi baik dan suhu adem.


Keyboard dan Touchpad

Lenovo Yoga C740 keyboard

Keyboard yang digunakan pada laptop ini berfungsi dengan baik dan juga terasa sangat nyaman, apalagi dibantu dengan adanya backlit sehingga mempermudah kamu dalam mengetik di situasi gelap.

Backlit yang ada pada laptop ini pun bisa dengan mudah kamu setting ke dalam 3 mode berbeda. Dengan cara menekan tombol fn + spasi kamu langsung bisa mengatur backlit sesuai kebutuhan seperti, mode mati, mode menyala sedang, atau mode menyala terang.

Key travel dari keyboard pun tergolong luas, sehingga bisa mengurangi kesalahan saat kamu mengetik. Touchpad yang terdapat pada laptop ini pun memiliki sensor yang berfungsi dengan baik. Di bawah keyboard kamu akan mendapatkan fitur finger print yang dapat memudahkan kamu untuk mengakses laptop dan juga terdapat logo Lenovo sebagai pemanis.

Secara keseluruhan, tidak ada keluhan terhadap keyboard dan touchpad di laptop ini.


Audio

Posisi speaker pada laptop ini sangat bagus, Lenovo C470 menempatkan dua speakers-nya pada sisi kanan dan kiri keyboard yang menghadap keatas. Konfigurasi speaker seperti ini semakin kesini semakin marak digunakan berkat suara yang langsung terdengar ke kuping anda.

Audio pada laptop ini sudah didukung oleh Dolby Atmos, sehingga kualitas suara sudah tidak diragukan lagi.

Jadi, Jika kamu sedang mencari dan membutuhkan laptop dengan spesifikasi ultrabook elit, solid, fitur yang lengkap, jago multi tasking dan juga kualitas suara yang bagus.

Lenovo Yoga C740 ini bisa masuk ke daftar wishlist laptop kamu! Untuk harganya, laptop ini berada pada kisaran harga 17 juta untuk SSD 512 GB dan 17,9 juta untuk SSD 1TB.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Lenovo Yoga C740 (14-inch)
Price
IDR 17999999
Product Availability
Available in Store Only

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x