Review Microsoft Surface Book 3 (15 inch)

Surface Book yang di buat oleh Microsoft ini merupakan salah satu seri laptop yang memiliki keunggulan tersendiri. Device ini bisa digunakan sebagai Laptop atau juga tablet, dan ia digadang-gadang hadir untuk menggantikan Surface Book 2 yang hadir 2 tahun lebih dulu.

Satu hal yang menjadi pertimbangan saat membeli laptop ini adalah harga Surface Book 3 yang sedikit mahal. Surface Book 3 dengan ukuran layar 15 inchi memiliki harga mulai dari 30 jutaan. Tapi, kalau biaya tidak menjadi masalah dan kamu memang ingin laptop hybrid, Surface Book 3 adalah pilihan terbaik.

Desain dari bodi laptop ini terlihat sangat premium, dan keyboardnya bisa digunakan dengan sangat nyaman. Daya tahan baterai pada laptop ini pun patut diacungi jempol. Seperti apa spesifikasi lain yang dimiliki oleh Surface Book 3 ini? Yuk simak lebih lanjut!


Spesifikasi Umum

Microsoft Surface Book 3 (15 inch) tutup

  • CPU: Intel 10th Gen Core i7-1035G7 quad-core CPU
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1660 Ti Max-Q
  • RAM: 32GB
  • Layar: 15-inch PixelSense, 3240 x 2160, 260ppi
  • Penyimpanan: 512GB SSD
  • Port: 2 x USB 3.1 Type-A, 1 x USB 3.1 Type-C, 3.5mm headphone jack, UHS-II SD card reader, Surface Connect
  • Kamera: 8-megapixel 1080p kamera belakang, 5-megapixel 1080 kamera depan
  • Konektivitas: Wi-Fi 6, Bluetooth

Surface Book 3 memiliki ukuran layar 15 inch. Prosesor yang digunakan pada laptop ini adalah CPU Intel Core i7-1065G7 Quad Core dengan kecepatan Base Clock 1,3 GHz. GPU yang digunakan pada laptop ini yaitu Nvidia GeForce GTX 1660 Ti yang dapat menghandel segala urusan grafik yang berat. Selain itu, laptop ini juga disokong dengan memory 32GB dan SSD 512 GB.

OS yang ada pada laptop ini adalah Windows 10 Home yang sudah otomatis terinstall. Wi-Fi yang digunakan pada laptop ini adalah Wi-Fi 6 (802.11ax), ini adalah peningkatan untuk Surface Book 3 karena sebelumnya Surface Book 2 memakai Wi-Fi 6 802.11ac. Laptop ini juga didukung dengan Bluetooth 5.0 untuk kamu yang (seperti kami) masih mengandalkan bluetooth untuk berkirim file.

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan TheVerge, export video 4K berdurasi 5.5 menit dengan Adobe Premiere Pro membutuhkan waktu 4 menit 28 detik. Enam menit lebih cepat dari MacBook Pro 16! (Core i9, Radeon Pro 5500M)


Desain

Microsoft Surface Book 3 (15 inch) hinge

Surface Book 3 memakai bahan Magnesium untuk melapisi case-nya. Magnesium yang digunakan bertekstur lembut dan akan terasa seperti kertas. Desain yang dipakai terlihat simpel, namun futuristik dan sangat kokoh walaupun kamu bisa melepas layar dari badan keyboard untuk digunakan sebagai tablet.

Logo Microsoft yang ada pada tengah tutupnya pun memberikan kesan yang simpel. Selain itu, kamu akan menemukan sedikit lengkungan pada setiap tepi deck dan juga ada notch di tepi depan, yang dapat memudahkan kamu untuk mengangkat layar laptop.

Dimensi laptop ini 35,8 x 23,6 x 1,7 cm dan dengan berat 1,9 kg. Bukan berada pada kategori laptop yang light and thin, tapi ini bukan masalah karena laptop ini memiliki banyak keuntungan yang harus kamu lihat.

Seperti model Surface Book sebelumnya, fitur yang paling meninjol dari laptop ini adalah layar yang bisa dilepas seenaknya. Dengan menekan sebuah tombol, maka kamu akan melepas layar 15 inch dan menggunakannya sebagai tablet yang terpisah, lalu dapat dipasangkan lagi dengan cara mensejajarkan konektornya dengan konektor yang ada pada deck.


Keyboard & Touchpad

Microsoft Surface Book 3 (15 inch) keyboard

Keyboard yang ada pada laptop ini terlihat kecil, namun sangat nayman saat digunakan dan tidak ada hambatan yang berarti. tombol akan terasa kokoh saat ditekan dan sandaran tangan pun terasa luas, ini akan membuatmu nyaman saat menggunakan laptop untuk mengetik sepanjang waktu.

Ada sedikit kelemahan pada desain yang dipilih untuk keyboard ini, Microsoft memilih font yang kurang kontras dengan warna keycaps-nya. Sehingga, ini bisa menjadi sedikit masalah untuk kamu yang ingin menulis cepat namun masih perlu melihat keyboard.

Touchpad yang digunakan memiliki ukuran pas dan juga berjalan dengan baik. Tidak ada pembatas untuk tombol kanan dan kiri pada touchpad-nya, sehingga pengguna harus meraba sisi bawah touchpad untuk memilih tombol kanan dan kiri.


Display

Microsoft Surface Book 3 (15 inch) depan

Layar yang digunakan berukuran 15 inch, memiliki resolusi native 4k (3240×2160 px) dengan Panel Technology IPS yang memiliki Refresh rate 60Hz. Tentunya laptop ini mendukung Touch Screen karena ia bisa digunakan di mode tablet.

Layarnyame nggunakan rasio 3:2 seperti seri produk Surface lainnya. Graphics Processor yang digunakan pada laptop ini adalah Nvidia GeForce GTX 1660Ti (Max-Q) 6GB yang dapat dimanfaatkan untuk bermain game-game terkini di settingan grafik tinggi.

Surface Book 3 dilengkapi dengan 2 kamera didalamnya. Satu kamera yang berada di dalam laptop memiliki resolusi 5 megapixel, berguna untuk IR Sensor juga dapat di gunakan sebagai Facial Recognition yang dapat kamu gunakan untuk Security Lock. Satu lagi kamera berada pada dibelakang layar laptop yang terletak disebelah kiri memiliki resolusi hingga 8 megapixel. Masing-masing kamera memiliki kualitas video hingga 1080p.


Audio dan Port

Microsoft Surface Book 3 (15 inch) port kanan

Speaker yang mendukung laptop ini berada di dua sudut atas layar. Surface Book 3 tidak meletakkan speaker-nya pada Keyboard Dock seperti model laptop pada umumnya, ini dikarenakan speakernya harus tetap ada ketika kamu menggunakannya di mode tablet.

Audio yang dihasilkan juga mengagumkan. Untuk sebuah tablet, suara yang dikeluarkan cukup keras untuk didengar dari jarak yang jauh.

Konfigurasi dan Port yang ada pada laptop Surface Book 3 ini tidak selengkap laptop dengan harga kisaran 30 jutaan pada umumnya. Port USB-C tunggal rasanya tidak cukup untuk menyokong lapttop berukuran 15 inch, dan yang lebih buruk lagi pengguna Surface Book 3 ini tidak dapat menikmati Thunderbolt 3 yang multiguna.

Pada sisi kiri laptop, kamu akan menemukan beberapa Port seperti dua USB 3.1 dan juga SD Card Reader yang dapat digunakan untuk mengupgrade memori pada laptop. Pada sisi kanan laptop kamu akan menemukan satu USB Port yang bersebelahan dengan Surface Connect. Di bagian bawah laptop kamu akan menemukan Surface Connect dan juga headphone jack yang terletak di sebelah kanan tablet.


Baterai dan Performa

Dengan menggunakan CPU Intel Core i7-1065G7 dan disandingkan dengan RAM 32 GB, Surface Book 3 ini memang memberika performa yang sangat baik. Tidak ada jeda sedikit pun dan juga buffering yang dirasakan walaupun kamu menggunakannya ini untuk multitasking, gaming berat, hingga editing video.

Ketahanan baterai Surface Book 3 ini juga sangat bisa diandalkan. Laptop akan bertahan hingga 11 jam 10 menit jika digunakan untuk Web Browsing dengan menyalakan Wi-Fi dan kecerahan 150 Nits. Namun, di mode tablet kamu akan mendapatkan 3 jam saja untuk penggunaan Web Browsing.

Surface Book 3 bisa bertahan hingga 16 jam jika digunakan untuk menonton video dengan kualitas 720P dengan 50% cahaya dan juga menghidupkan Airplane Mode.

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x