Review Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch)

Microsoft seri Surface sepertinya sedang gemar merilis laptop terbaru. Surface Laptop 3 dengan layar 13,5 inch menjadi salah satunya, laptop ini menawarkan beberapa kelebihan dan juga sistem performa yang berkualitas tinggi untuk memanjakan penggunanya.

Perubahan yang terjadi pada Surface Laptop 3 dengan model terdahulunya adalah prosesor yang telah diupdate menjadi Intel Core generasi 10, yang memiliki kualitas kecepatan computing dan grafis yang memumpuni. Selain itu laptop ini sudah menggunakan metal case dengan pilihan warna yang lebih fresh dan juga sudah didukung dengan USB-C Port!

Laptop ini dijamin cocok untuk kamu para pelajar dan juga pebisnis. Gimana spesifikasi lainnya? Yuk, simak ulasannya lebih lanjut!


Spesifikasi Umum dan Harga

  • CPU: Quad-core 1.3GHz Intel Core i7-1065G7
  • GPU: Intel Iris Plus
  • RAM: 16GB LPDDR4X, 3733MHz (non-upgradable)
  • Penyimpanan: 256GB (up to 1TB M.2 NVME SSD)
  • Layar: 13.5-inch, 2256 x 1504 touchscreen, 3:2 aspect ratio
  • Densitas Pixel: 201 PPI
  • Port: 1 USB-C, 1 USB-A, 3.5mm headphone jack, Surface Connect
  • Konektivitas: Wi-Fi 802.11ax (Wi-Fi 6), Bluetooth 5.0 (no LTE)
  • Dimensi: 308 x 223 x 14.5 mm

Selain beberapa spesifikasi diatas, laptop ini memberikan pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Berikut adalah pilihan dengan beberapa spesifikasinya:

CPUGPURAMSSDWarnaHarga
Quad-core, 1.2GHz Intel Core i5-1035G7Intel Iris Plus8 GB128 GBPlatinum13 jutaan
Quad-core, 1.2GHz Intel Core i5-1035G7Intel Iris Plus8 GB256 GBSandstone, Black, Cobalt Blue, Platinum.17 jutaan
Quad-core, 1.3GHz Core i7-1065G7Intel Iris Plus16 GB256 GBSandstone, Black, Cobalt Blue, Platinum.21 jutaan
Quad-core, 1.3GHz Core i7-1065G7Intel Iris Plus16 GB512 GBSandstone, Black, Cobalt Blue, Platinum.27 jutaan
Quad-core, 1.3GHz Core i7-1065G7Intel Iris Plus16 GB1 TBSandstone, Black, Cobalt Blue, Platinum.32 jutaan

Baca juga: Pilihan laptop 10 jutaan paling berkualitas


Desain

Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch) desain

Laptop berdimensi 30,7 x 22,3 x 1,5 cm dengan bobot 1,3 kg ini menggunakan bahan baku Alcantara atau logam dan memiliki banyak pilihan warna. Laptop ini juga tergolong ringan untuk kamu bawa kemana pun.

Surface Laptop 3 ini memiliki bentuk yang mengerucut, dari bagian belakang deck laptop yang berukuran 14,5mm hingga ke depan deck laptop menjadi lebih tipis yaitu 10 mm. Laptop ini memiliki estetika yang terlihat ramping dan juga minimalis dengan lekukan halus di setiap sisi.

Layar yang dihadirkan pada laptop ini memiliki ukuran 13.5 inch, dibatasi dengan bezel yang tidak terlalu tipis. Namun, masih sangat nyaman untuk dipandang. Pada bezel bagian atas, terdapat webcam yang berfungsi dengan baik.

Elemen terbaru dari desain Surface Laptop 3 adalah adanya SSD yang bisa di upgrade. Tapi, untuk ini Microsoft menyatakan bahwa upgrade mesin SSD tidak bisa dilakukan sendiri, pengguna harus melakukannya di gerai microsoft atau dengan profesional yang telah berkualifikasi.

Cek juga: Laptop 7 jutaan terbaik yang bisa kamu beli


Keyboard dan Touchpad

Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch) keyboard touchpad

Keyboard yang ada pada setiap laptop Microsoft seri ‘Surface’ ini selalu menggunakan kualitas terbaik. Memang tidak ada yang mewah pada desain keyboard, tapi tata letak yang berjarak pas ini sangat nyaman untuk mengetik.

Keyboard juga dilengkapi dengan mode backlight, yang bisa membantumu untuk mengetik dalam keadaan gelap.

Selain itu, touchpad yang digunakan memiliki kualitas yang sangat sangat baik. Dengan dimensi 11,4 x 6,4 cm touchpad berjalan mulus tanpa kendala, bahkan touchpad ini tidak memerlukan tombol kiri dan kanan yang biasanya terdapat pada laptop lain. Laptop ini berfungsi dengan baik untuk sekedar menekan tombol kanan dan kiri.


Display dan Audio

Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch) layar

Layar yang dihadirkan pada laptop ini memiliki ukuran 13,5 inch dengan resolusi 2256 x 1504 dan juga 201ppi pixel density. Sekilas, layar laptop ini terlihat agak kotak, ini karena aspect ratio yang digunakan 3:2 ketimbang 16:9 yang digunakan kebanyakan laptop.

Aspect Ratio 3:2 mulai merebak secara mendadak di laptop keluaran 2020. Kami duga selain karena nyaman digunakan untuk kerja, perubahan tren aspect ratio ini adalah gimmick marketing untuk memberikan konsumen ilusi ‘pembaruan’ produk laptop yang selama ini mirip-mirip saja.

Walaupun bukan memakai display 4K, tapi laptop ini memiliki brightness yang mumpuni yaitu 348 nits dan juga 121% sRGB, yang dapat memberikan hasil display lebih vivid seperti laptop premium.

Layar pada laptop tidak di support anti-glare, sehingga kamu akan merasakan sedikit gangguan pantulan cahaya jika laptop ini digunakan dii luar ruangan, dan juga bezel sedikit tebal yang sangat berbeda dengan laptop keluaran 2020 pada umumnya. Namun, ini bukan masalah ketika kamu bisa menggunakan laptop dengan mode touch screen yang sangat responsive.

Selain itu, audio pada laptop ini juga sangat mengesankan. Dengan penempatan speaker dibelakang keyboard, suara yang dihasilkan sangat jernih dan juga kencang.


Port

Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch) port kiri

Surface Laptop 3 rupanya tidak memberikan banyak Port pada laptopnya. Port yang ada sangat terbatas, namun terbilang cukup.

Pada sisi kiri laptop, kamu akan menemukan Port USB 3.1 Type-A, Port USB Type-C dan juga headphone atau mic jack. Pada sisi kanan, kamu hanya akan menemukan Surface Connect Port untuk pengisi daya baterai atau untuk menghubungkanmu ke Surface Dock.

Thunderbolt 3 tidak dihadirkan pada laptop ini. Sangat disayangkan karena semua laptop keluaran terbaru pasti memasukan Thunderbolt 3 ke dalam list Port-nya.

Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch) port kanan


Webcam

Surface Laptop 3 ini bisa dibilang memiliki kamera webcam terbaik dari semua PC Windows yang ada. Kameranya sendiri memiliki resolusi 720P.

Walaupun hasilnya memiliki sedikit noise dibeberapa bagian, namun kamera ini memiliki kelebihan yang lain. kamera webcam ini bisa menangkap objek-objek kecil dengan detail, kemampuan ini sangat jarang kita jumpai di laptop lain.

Selain itu, kamera webcam Surface Laptop bisa digunakan sebagai IR sensor yang bisa membantumu untuk masuk ke akun Windows 10 dengan menggunakan sistem Facial Recognition. Ini tentunya dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan, namun ternyata facial recognition juga punya sisi gelap yang perlu kamu pahami agar tidak menjadi korban kejahatan dunia maya.


Panas

Jangan takut kalau laptop ini akan mengalami overheat. Karena setelah Surface Laptop 3 ini digunakan selama 15 menit dengan memutar video berkualitas 1080P, laptop ini hanya mencapai suhu 32 derajat celcius saja.

Setiap sisi laptop pun tidak terasa panas sama sekali, touchpad hanya mengalami kenaikan suhu 27 derajat celcius, dan area tengah keyboard hanya 30 derajat saja.


Baterai

Baterai laptop ini tergolong hemat daya. Pengujian dengan baterai full charge, menyalakan mode hemat, mematikan Wi-Fi, menyalakan mode pesawat, brightness 50%, volume suara 100% dan menyalakan video hingga kualitas 720p, laptop bertahan hingga 15 jam 34 menit.

Tentu angka diatas hanya berlaku di settingan uji coba, dan hanya digunakan untuk perbandingan dengan laptop lain. Angka diatas termasuk tinggi, lebih tinggi dari Asus Zenbook 13, namun tidak mampu mengalahkan MacBook Pro 13-inch 2019.

Untuk penggunaan normal pun, tidak ada yang perlu kamu kuatirkan karena laptop ini bisa tahan seharian penuh untuk dipakai kerja.


Software dan Garansi

Surface Laptop 3 ini menggunakan OS Windows 10 Home dan menginstall beberapa aplikasi yang mungkin tidak kamu butuhkan, tapi kamu bisa me-uninstall nya dan mengganti dengan aplikasi lain yang bisa kamu download dengan mudah di Windows Store. Surface Laptop 3 juga didukung dengan Microsoft satu tahun garansi.

Demikian ulasan lengkap beserta kelebihan dan kekurangan Microsoft Surface Laptop 3 (13.5 inch). Ketik pertanyaan kamu dibawah!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
Microsoft Surface Laptop 3 (13.5-inch)
Price
IDR 22655511
Product Availability
Available in Store Only

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x