Review MSI GF63 (2020)

Membeli laptop yang dirilis 1 hingga 2 tahun lalu memang bisa menjadi sebuah pertaruhan besar. Apalagi bagi kamu yang memang mengincar laptop-laptop gaming dengan kekuatan yang cukup oke tapi dengan harga yang miring.

Tapi bukan berarti kami tidak merekomendasikan hal diatas lho, apalagi mengingat saat ini kebanyakan laptop gaming memiliki harga yang cukup mahal. Hal ini wajar lantaran memang kebanyakan harga komponen yang melambung tinggi.

Salah satu laptop yang cukup kami rekomendasikan untuk kamu beli adalah MSI GF63 yang dirilis di akhir 2019. Meski sudah cukup lawas, tapi laptop ini memiliki kemampuan yang tidak kalah dari laptop dengan harga yang setara lho!


Spesifikasi Umum (9RCX-622ID)

  • Layar: 15,6 inch FHD (1920 x 1080), IPS level, 60 Hz, anti glare
  • CPU: Intel Core i7 9750H 6 cores 12 threads @2.60 GHz up to 4.50 GHz
  • Memori: RAM 8 GB DDR4 2666 up to 32 GB
  • Kapasitas: SSD NVMe M.2 PCIe 256 GB, SATA 2.5” slot
  • GPU: NVIDIA GeForce GTX 1050Ti 4 GB, Intel UHD Graphics 630
  • Port: 1x DC in, 3x USB 3.2 Type A Gen 1, 1x Kensington Lock, 1x Gigabit Ethernet port, 1x USB 3.2 Gen 1 Type C, 1x audio out, 1x microphone in, 1x Port HDMI
  • Dimensi: 359 mm x 254 mm x 21,7 mm
  • Baterai: 51 WHr
  • Bobot: 1,78 kg + 470 g (charger)
  • Harga: Rp 12.899.000,-

Kelebihan price to performance sangat baik, kualitas layar tergolong baik di harganya, port sangat lengkap, bobot ringan.

Kekurangan kualitas suara minim, suara kipas yang agak berisik bahkan saat idle

Memiliki sebuah laptop gaming memang menjadi impian banyak orang, khususnya bagi banyak orang yang baru pertama kali bekerja. Hal ini lantaran harga dari sebuah laptop gaming yang cukup mahal.

Sudah bukan rahasia lagi kalau untuk mendapatkan sebuah laptop gaming berkualitas tinggi kamu harus mengeluarkan uang seharga motor matic saat ini. Tentu harga yang cukup mahal untuk ‘hanya’ sebuah laptop saja.

Akan tetapi saat ini sudah banyak pilihan laptop gaming murah di kelas entry-level. Tapi toh bagi sebagian orang harga laptop gaming kelas entry level tersebut masih tergolong mahal.

Bagi kamu yang masih penasaran dengan laptop-laptop gaming, tapi memiliki budget yang terbatas, salah satu solusi yang kami tawarkan adalah dengan membeli laptop gaming yang berusia cukup tua (1-2 tahun ke belakang).

Salah satu seri laptop yang cukup kami rekomendasikan adalah laptop MSI GF63 yang dirilis sekitar dua tahun terakhir ini. Laptop ini diketahui memiliki performa yang cukup tinggi, tapi dengan harga yang boleh dikatakan cukup miring.

Akan tetapi, sebaik apakah price to performance yang ditawarkan oleh MSI GF63 ini?


Harga dan Ketersediaan

MSI-GF63-(2020)-miring

Sejak awal kemunculannya, MSI GF63 ini memang dirilis dengan harga yang sangat miring. Untuk sebuah laptop gaming dengan kemampuan yang mumpuni, apalagi mengusung nama besar MSI, laptop seri GF63 ini diual dengan harga sekitar 10 hingga 12 jutaan saja.

Setidaknya ada 3 jenis SKU yang dijual oleh MSI dari seri ini. Seri yang pertama diberi kode nama MSI GF63 9RCX-622 yang menggunakan Intel i5 9300H dan dipadukan dengan NVIDIA Geforce GTX 1050Ti yang dibanderol dengan harga Rp 10.799.000,-

Untuk seri menengah dari laptop ini diberi kode nama MSI GF63 9SC-621 memiliki CPU Intel Core i5 9300H yang dipadukan dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 serta SSD NVMe PCIe 256 GB. Laptop seri ini dibanderol dengan harga Rp 12.599.000,-

Adapun seri yang tertinggi dari laptop ini diberi yang diberi kode nama MSI GF63 9RCX-622ID memiliki CPU Intel Core i7 9750H yang dipadukan dengan GPU NVIDIA GeForce GTX 1050Ti serta SSD 256 GB NVMe PCIe yang dibanderol dengan harga Rp 12.899.000,-

Harga yang ditawarkan oleh MSI ini memang menjadi angin segar, khususnya bagi orang-orang yang sedang ingin mencoba beralih dari menggunakan laptop konvensional atau laptop biasa menjadi laptop gaming. Khususnya di kelas entry level.

Hal ini lantaran usia dari laptop ini yang sudah nyaris mencapai 2 tahun sejak awal peluncurannya. Hal ini terlihat dari komponen yang digunakan oleh laptop ini, khususnya CPU nya yang masih menggunakan Intel Core i7 generasi ke-9.

Akan tetapi tentu saja menurut kami hal tersebut tidak menjadi alasan bagi kamu untuk tidak membeli laptop ini. Mengingat kemampuan yang dimiliki oleh CPU dan GPU dari laptop ini masih sangat mumpuni untuk digunakan bermain game kelas AAA.

Oleh karena itulah kami tetap membahas laptop ini, sebagai salah satu laptop dari generasi 2 tahun terakhir yang menurut kami masih sangat layak untuk dibeli. Khususnya bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan laptop gaming dari kelas entry level.


Desain

MSI-GF63-(2020)

Menariknya, meski memiliki harga yang cukup miring, tapi MSI GF63 ini sudah memiliki bahan baku yang berkualitas. Dimana MSI memadukan polikarbonat alias plastik dengan logam di bagian casing yang membuat laptop ini semakin cantik.

Aksen logam yang ditempelkan dengan logo MSI Dragon yang khas ini membuat laptop MSI GF63 ini tampak seperti laptop gaming yang memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan mungkin orang tidak menyangka kalau laptop ini bisa didapatkan dengan harga 10 jutaan saja.

Warna yang dimiliki oleh laptop ini hanyalah warna black matte yang merupakan warna klasik dan khas yang dimiliki oleh laptop-laptop gaming MSI. Tentu saja dengan MSI Dragon yang ditempelkan, sebagaimana yang kami jelaskan tadi.

Warna black matte yang dimiliki oleh MSI GF63 ini kemudian dipadukan pula dengan aksen-aksen gaming berwarna merah serta tarikan-tarikan garis yang membuat laptop ini memiliki ciri khas body laptop gaming, meski berukuran compact dan tipis.

Adapun ukuran yang dimiliki oleh laptop MSI GF63 ini adalah 359 x 254 x 21,7 mm yang boleh dikatakan cukup tipis. Apalagi mengingat bahwa laptop ini dirilis nyaris 2 tahun yang lalu.

Selain itu laptop MSI GF63 ini juga memiliki bobot yang cukup ringan yakni hanya 1,78 kg dengan charger berbobot 470 gram atau total 2,25 kg. Tentu laptop yang cukup ringan dan compact untuk dibawa kemana-mana.

Pada akhirnya, meski dirilis di akhir tahun 2019, laptop ini memiliki ukuran, bentuk, ataupun bobot yang cukup ringkas serta tetap layak untuk kamu beli. Aspek desain yang dimiliki oleh laptop ini pun tidak ketinggalan zaman kok, jadi jangan khawatir ya!


Display

MSI-GF63-Thin-9RCX

Memiliki bezel yang cukup tipis membuat laptop ini semakin menarik saja. Meski demikian memang bezel dari MSI GF63 ini agak tebal di bagian atasnya. Mengingat terdapat sebuah webcam yang tentunya membutuhkan space yang cukup.

Adapun spesifikasi layar yang dimiliki oleh laptop ini adalah berukuran 15,6 inch FHD 1920 x 1080 p dengan IPS level serta refresh rate 60 Hz. Selain itu layar yang dimiliki oleh laptop ini pun sudah dilapisi dengan lapisan anti glare.

Memang spesifikasi yang dimiliki oleh laptop ini bukanlah yang terbaik yang bisa kamu temukan di dalam sebuah laptop gaming. Akan tetapi untuk kisaran harga ini tentu kualitas yang dimiliki sudah cukup baik.

Adapun refresh rate yang dimiliki laptop ini, walaupun hanya 60 Hz tapi menurut kami sudah cukup kok. Memang ada beberapa pilihan laptop gaming saat ini yang memiliki panel dengan refresh rate 120 Hz dan bahkan 144 Hz, tapi 60 Hz juga sudah cukup untuk laptop gaming kelas entry level ini.

Untuk kualitas dari laptop ini sendiri bahkan setara dengan Dell g5 15 5590 serta Lenovo IdeaPad L340. Adapun kalau dibandingkan dengan beberapa laptop gaming kelas entry level lainnya seperti HP Omen 15 dan Acer Nitro 5, tentu kualitasnya masih sedikit di bawahnya.

Meski demikian bahkan untuk laptop gaming kelas tinggi sekalipun, kadang kamu masih bisa menemukan layar dengan refresh rate 60 Hz saja. Meski demikian tentu saja untuk laptop ini akurasi warna yang dimiliki tidak sebaik laptop gaming berharga puluhan juta rupiah.

Menurut kami apa yang ditawarkan oleh MSI GF63 ini sudah sangat cukup untuk bermain game, apalagi untuk kamu yang seorang occasional gamers yang hanya bermain game sesekali saja.


Keyboard

MSI-GF63-(2020)-keyboard

Memiliki layout dan font yang sangat gaming, MSI GF63 memiliki keyboard yang menurut kami cukup nyaman saat digunakan. Fakta bahwa laptop ini cukup tipis tidak memengaruhi travel yang dimiliki oleh keyboard dari MSI GF63 ini.

Setiap tombol dari keyboard MSI GF63 dilengkapi dengan aksen berwarna merah menyala di bagian bordernya. Warna merah ini bahkan bisa menyala dengan tiga tingkat kecerahan yang bisa kamu atur sesukamu.

Meski demikian, memang di laptop gaming 10 jutaan (lebih sedikit) ini kamu tidak mendapatkan backlighting RGB yang bisa diatur sesuka hatimu. Tapi menurut kami pribadi RGB backlight bukanlah hal yang esensial di dalam keyboard laptop.

Adapun touchpad yang dimiliki oleh MSI GF63 ini, berada tepat di bawah tombol space serta berukuran tidak terlalu besar sehingga menurut kami tidak terlalu mengganggu ketika digunakan untuk mengetik.

Untuk urusan bermain game, tentu saja kami menyarankan kamu untuk membeli mouse yang bisa mendukungmu. Lagipula rasa-rasanya sulit bukan untuk bermain game dengan menggunakan touchpad.

Selain itu perlu diingat pula bahwa laptop ini belum memiliki biometric security, jadi kamu tidak akan menemukan sensor pembaca sidik jari di dalam laptop ini. Tapi toh memang fitur ini tergolong langka untuk laptop di kelas ini.


Port dan Konektivitas

MSI-GF63-Thin-9RCX-port

Salah satu kelebihan yang kami sukai dari laptop ini adalah jumlah port ataupun colokan yang sudah cukup lengkap. Bahkan laptop ini memiliki port yang sangat lengkap untuk ukuran laptop gaming di kelas ini.

Di sisi kiri kamu bisa menemukan 1x DC in dan 1x USB 3.2 Type A Gen 1. Adapun di sisi kanan kamu bisa menemukan 1x Kensington Lock, 1x Gigabit Ethernet port, 1x USB 3.2 Gen 1 Type C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type A, 1x audio out, 1x microphone in.

Terakhir, yang menurut kami cukup unik adalah kamu bisa menemukan 1x Port HDMI di sisi belakang dari laptop ini. Barangkali hal ini dibuat sebagai salah satu bentuk kompensasi dari laptop yang cukup compact ini.

Adapun konektivitas yang dimiliki oleh laptop ini menurut kami sudah cukup kekinian dimana MSI GF63 ini sudah menggunakan Intel Wireless AC-9560 yang mendukung MU-MIMO, dengan Bluetooth 5.0 yang juga kencang tentunya.

Kesimpulannya untuk laptop seharga ini, konektivitas serta port yang ditawarkan menurut kami sudah sangat cukup. Bahkan sudah lebih dari cukup karena memang konektivitas yang ada di dalam laptop ini tergolong cukup kencang.


Baterai dan Performa

MSI-GF63-(2020)-charger

MSI GF63 sebagaimana laptop gaming lainnya dari MSI, sudah dilengkapi dengan software MSI Dragon Center. Dari software inilah kamu bisa mengatur berbagai macam hal yang berhubungan dengan performa laptop ini.

Software MSI Dragon Center salah satunya bisa digunakan untuk mengatur preset dengan pilihan ECO, comfort, sport, hingga turbo mode yang masing-masing akan mengatur overclocking GPU.

Selain itu kamu juga bisa mengatur kecepatan kipas, dengan pilihan auto, basic, advanced, ataupun bahkan dengan pengaturan cooler boost dimana kipas akan berputar dengan performa 100% terus menerus.

Terakhir, dengan menggunakan software MSI Dragon Center ini kamu juga bisa mengatur setting pengisian baterai. Dimana kamu bisa memilih pengaturan best for mobility, balance, hingga best for battery.

Yuk kita masuk ke bagian pengujian performa laptop ini!

Pertama-tama saat dilakukan pengujian (setting laptop sport dengan fan cooler boost) dengan menggunakan Cinebench R15 maka didapatkan skor 1109 dengan rata-rata skor sekitar 970 hingga 980.

Adapun performa dari GPU yang dimiliki oleh MSI GF63 ini sendiri, saat dilakukan pengujian dengan menggunakan 3DMark FireStrike didapatkan skor sekitar 6069 poin. Nilai yang tidak terlalu besar namun cukup untuk bermain game.

Saat dilakukan pengujian untuk bermain game di mode sport dengan fan cooler boost, bermain DOTA 2 1080p fastest 100% render didapatkan hingga 120 FPS, dan saat RAM ditambahkan 2×8 GB didapatkan 180 FPS.

CSGO 1080p low didapatkan hingga 330 FPS, GRID 2019 1080p high didapatkan 60 FPS dan saat RAM 2×8 GB didapatkan 60 FPS, SOTR 1080p low didapatkan 50 FPS dan saat RAM 2×8 GB didapatkan sekitar 50 FPS.

Adapun ketika laptop ini diuji dengan menggunakan Adobe Premiere Pro untuk konversi video 4K60 2 menit ke Youtube 4K didapatkan waktu 33:56 (CPU Only), 30:57 (GPU Acceleration OpenCL), 6:27 (GPU Acceleration CUDA).

SSD yang dimiliki oleh laptop ini memiliki kapasitas read 1700an MBps, write sekitar 800 MBps. Tergolong lambat untuk sebuah laptop gaming namun sudah lebih dari cukup dibandingkan hanya menggunakan HDD SATA saja.

Adapun daya tahan baterai dengan brightness 50% dan mode comfort, ketika dilakukan video playback 1080p didapatkan sekitar 6,5 jam. Adapun ketika dilakukan browsing web dengan menggunakan Google Chrome bisa didapatkan waktu hidup hingga 7 jam.

Terakhir, untuk lama pengisian daya laptop MSI GF6 ini sendiri dari 0% hingga 100% dibutuhkan waktu hampir 3 jam. Memang tergolong cukup lambat namun sudah oke untuk ukuran laptop seharga ini.


Webcam

MSI-GF63-Thin-9RCX-layar

Webcam yang dimiliki oleh MSI GF63 ini tergolong biasa-biasa saja. Dimana laptop ini memiliki webcam dengan kualitas 720p @30, yang menurut kami tidak terlalu baik apalagi kalau digunakan dalam situasi low light.

Oleh karena itulah bagi kamu yang cukup sering menggunakan webcam di dalam keseharianmu, misalnya untuk melakukan webinar ataupun melakukan online meeting kami sarankan untuk membeli webcam eksternal agar kualitasnya tetap terjaga.

Akan tetapi sebenarnya untuk laptop seharga ini, wajar saja kualitas webcam yang diberikan pun ‘hanya segini’. Sehingga menurut kami dari sisi webcam saja laptop ini masih layak untuk kamu pertimbangkan untuk digunakan sebagai laptop harian.


Audio

Speaker yang dimiliki oleh MSI GF63 ini merupakan jenis downfiring yang berada di kaki kanan dan kaki kiri dari laptop ini. Sejujurnya secara pribadi kami sendiri tidak terlalu menyukai jenis speaker downfiring semacam ini.

Hal ini lantaran pada laptop dengan speaker downfiring semacam ini, kualitas dari suara yang dimiliki akan sangat dipengaruhi dari permukaan tempat laptop ini diletakkan. Tentu saja kualitasnya bisa jauh menurun.

Untungnya laptop ini sudah dilengkapi dengan Nahimic sound tracker yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan suara. Hal inilah yang kemudian bisa mengkompensasi kualitas speaker downfiring dari laptop ini.

Selain itu Nahimic yang dimiliki oleh laptop ini pun bisa memberi overlay radar sumber suara, dimana kamu bisa melihat sumber suara (misalnya step saat bermain game FPS). Curang? Well kamu bisa menilainya sendiri.

Kesimpulannya kualitas dari suara yang dimiliki oleh MSI GF63 ini biasa saja, tapi tergolong baik mengingat harganya hanya sekitar 10-12 juta rupiah saja. Tapi kami tetap menyarankan pakai headphone saat bermain game menggunakan laptop ini ya.


Panas

MSI-GF63-Thin-9RCX-jeroan

Adapun manajemen panas pada laptop ini menggunakan tiga buah heat pipe dengan dua buah area pelepasan panas yakni ke sisi kiri dan sisi belakang kiri. Tapi sayangnya, MSI GF63 ini hanya menggunakan satu buah fan saja.

Adapun suhu inti saat dilakukan uji performa maksimal didapatkan CPU berada di kisaran 70-75C, sementara GPU bisa bertahan di sekitar 90-95C. Cukup tinggi memang, tapi sepertinya ketika digunakan untuk bermain game seharusnya suhu inti tidak akan mencapai setinggi ini ya.

Adapun suhu permukaan tertinggi berada kira-kira di atas keyboard dimana suhu permukaan disana bisa mencapai sekitar 45C, adapun suhu tombol ASWD hanya berada di sekitar 33-37C, sementara suhu palm rest hanya mencapai 27-33C saja.


Kesimpulan

Laptop ini merupakan salah satu laptop yang layak untuk dibeli meskipun dirilis sekitar 2 tahun ke belakang. Dengan performa seperti ini, kamu masih bisa memainkan game-game kelas AAA di tahun 2020 ke atas.

Walaupun dengan catatan performa yang bisa dicapai tentu saja amat terbatas, akan tetapi masih tetap playable kok. Pada akhirnya memang MSI GF63 diciptakan untuk kamu yang seorang occasional gamer dan bukan seorang enthusiast.

Selain itu laptop ini juga cocok dibeli bagi kamu yang saat ini masih menggunakan laptop biasa (non gaming), dan memutuskan untuk mencoba menggunakan laptop gaming untuk pertama kalinya.

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
MSI GF63 9RCX-622ID
Price
IDR 12899000
Product Availability
Available in Store Only

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia dengan lebih dari 4 tahun pengalaman di dunia content marketing.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x