Review MSI Prestige 14 (2020)

Di zaman media sosial seperti sekarang, banyak sekali orang yang bercita-cita menjadi seorang content creator, khususnya pada platform Youtube. Hal ini tentu saja dipicu oleh banyaknya Youtuber yang sukses dan dicitrakan memiliki kekayaan yang melimpah.

Tidak salah memang untuk menjadi seorang content creator, apalagi kalau kamu memiliki bakat dan ide yang cemerlang. Eits, tapi tunggu dulu. Karena bakat dan ide yang cemerlang saja tidak cukup, karena kamu membutuhkan peralatan yang mumpuni.

Setidaknya laptop deh! Saat ini banyak sekali laptop yang diproduksi dengan membawa embel-embel ‘untuk content creator’. Seperti laptop dari MSI ini, MSI Prestige 14 memang digadang-gadang sebagai salah satu laptop content creator terbaik. Apakah benar begitu?


Spesifikasi

  • CPU: Intel Core i7 10710U (6 cores 12 threads, 12 MB cache, up to 4,7GHz turbo)
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q, VRAM GDDR5 4GB
  • RAM: 16 GB LPDDR3 2113 MHz soldered dual channel
  • Layar: 14″ UHD (3840×2160), 4K Thin Bezel, Adobe RGB 100%, 60 Hz referesh rate, anti glare
  • Kapasitas: 1TB NVMe PCIe Gen3x4 SSD
  • Jack: USB Type A 2.0 2 buah, USB Type C Gen 3 Thunderbolt 2 buah (1 untuk port charging), Micro SD Card Reader, audio combojack
  • Bobot: 1,29 kg
  • Dimensi:  215 mm x 320 mm x 15,9 mm
  • Harga: Rp 29.899.000,- untuk seri tertinggi white version

Kelebihan | Akurasi warna yang paling tinggi di kelasnya, laptop yang sangat ringkas dan tipis namun sangat powerful, kemampuan komputasi laptop yang tergolong tinggi

Kekurangan | harga tergolong mahal, tidak bisa digunakan untuk bermain game kelas AAA, posisi tombol delete menyatu pada keyboard

Kesan pertama yang kami dapatkan ketika pertama kali melakukan review ini adalah bahwa laptop ini merupakan laptop yang sangat mewah. Apalagi dengan pilihan warna putih semacam ini yang agaknya jarang didapatkan di tempat lain.

Tapi memang untuk mendapatkan varian special ini kamu harus merogoh kocek cukup dalam, yakni mencapai nyaris Rp 30 juta untuk satu unitnya. Tapi toh kami yakin, kamu yang memang menyiapkan budget sebesar itu layak mendapatkan laptop MSI Prestige 14 seri tertinggi ini.

Belum sampai laptopnya, baru membuka packagingnya saja kami yakin kamu akan terkesan. Biasanya packaging yang ada ketika kita memberi laptop terkesan seadanya, hanya berupa kardus cokelat dengan busa di dalamnya.

Alih-alih membuat kemasan yang standar macam itu, MSI memberikan kemasan yang sangat special berwarna putih dengan tulisan “for the gifted” di bagian atasnya. Kemudian kamu harus membuka tutupnya terpisah dengan body dari kemasannya.

Ketika dibuka, untuk varian tertinggi dari laptop ini kamu akan mendapatkan dongle, laptop sleeve, serta keyboard skin. Memang sih untuk gap harga yang cukup jauh nampaknya ada banyak hal yang bisa didapatkan, walaupun tidak memengaruhi performanya.

Laptop super tipis dan ringan ini sudah dibekali dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1650 Max Q VRAM GDDR5 3 GB serta CPU Intel Core i7 generasi ke-10 Comet Lake yang pastinya sudah sangat mumpuni untuk produktivitas harian.

Bahkan faktanya laptop ini menurut kami sangatlah powerful apabila digunakan harian. Lalu salah satu kegilaan lain yang dimiliki oleh MSI Prestige 14 ini adalah akurasi warnanya yang luar biasa tinggi.

Laptop ini memiliki angka Adobe RGB 100% dengan delta E kurang dari 2 saja! Nilai yang menurut kami sangat sulit untuk dicapai oleh laptop-laptop lainnya yang sekelas dengan MSI Prestige 14 ini.

Artinya laptop ini nampaknya memang sengaja diciptakan sebagai salah satu laptop untuk content creator. Mulai dari performa yang luar biasa powerful hingga akurasi dan kemampuan grafis yang di atas rata-rata.

Selain itu perlu diingat pula bahwa memang MSI nampaknya benar-benar meninggalkan kesan gaming pada laptop ini. Meski memang masih bisa digunakan untuk bermain game, laptop ini tidak memiliki nyala-nyala logo RGB.

Selain itu layout keyboard dari MSI Prestige 14 ini juga tampak lebih kalem dengan huruf sans serif, alih-alih menggunakan huruf yang cenderung tegas yang biasanya kita lihat pada laptop-laptop MSI gaming.

Lebih jauh lagi laptop ini memiliki keyboard yang terasa pas, dengan travel yang oke, responsive, dan ukurannya yang cenderung kecil juga kami sukai. Intinya selain untuk creator video, laptop ini cocok pula digunakan bagi kamu yang senang mengetik.

Akan tetapi salah satu hal yang kurang kami sukai adalah lokasi tombol power yang menyatu dengan keyboard. Yah kami tahu memang layout seperti ini sudah digunakan oleh beberapa laptop lain sebelumnya, tapi yang jelas kami tidak suka.

Engsel yang dimiliki oleh laptop ini juga menurut kami patut diacungi jempol karena bisa mengangkat bagian keyboard hingga ke posisi yang cukup ergonomis. Apalagi bisa dibuka dengan satu tangan saja, yang berarti dari segi build quality laptop ini cukup kokoh.

Tapi sebenarnya bagaimana sih kemampuan, desain, dan apakah MSI Prestige 14 ini benar-benar layak untuk kamu beli?


Desain

MSI Prestige 14 (2020) desain

Desain laptop MSI Prestige 14 ini sejujurnya merupakan salah satu yang terbaik, paling elegan, dan sesuai dengan namanya, paling prestise yang pernah kami temui. Untuk laptop dengan harga 20 jutaan.

Sebelum bicara soal build quality dari laptop ini, kami akan mengapresiasi keseriusan MSI dalam menggarap laptop premium ini. Terbukti dari box nya yang sangat istimewa dan berbeda dengan kebanyakan packaging laptop lainnya.

Laptop yang berwarna putih ini memang tidak dilengkapi dengan logo MSI RGB yang warna warni, alih-alih MSI hanya memberikan secuil logo mereka di bagian atas casing laptop ini. Tapi itu sudah cukup!

Dari segi build quality pun MSI tidak tanggung-tanggung karena membekali laptop ini standar yang sangat tinggi yakni dengan menggunakan military grade std-810gv yang sangat kokoh. Walaupun hanya berbobot 1,29 kg saja!

Kami juga cukup senang dengan hinge atau engsel dari laptop ini karena bisa diangkat hingga 180 derajat, dan lebih dari itu laptop ini bisa mengangkat keyboard beberapa derajat hingga posisi mengetiknya menjadi lebih ergonomis.

Bezel yang dimiliki oleh laptop MSI Prestige 14 ini pun tergolong sangat tipis, karena memang bezel tipis adalah kunci bukan? Meski demikian kamu tetap akan mendapatkan webcam yang menariknya sudah support face recognition.

Pada akhirnya laptop MSI Prestige 14 ini merupakan salah satu laptop super kencang yang sangat praktis yang kamu inginkan untuk dipakai sehiari-hari. Bobot total laptop ini bersama charger yang hanya 1,62 kg membuatnya menjadi laptop powerful paling ringan yang bisa kamu beli!


Layar

Review MSI Prestige 14 (2020) layar

Layar yang dimiliki oleh laptop ini pun tidak perlu ditanyakan, untuk seri MSI Prestige 14 yang paling tinggi ini kamu akan mendapatkan layar dengan kualitas 4K UHD IPS dengan referesh rate 60 Hz. Referesh rate yang kecil ini wajar, karena memang branding laptop ini memang untuk content creator dan itu sudah cukup.

Branding laptop MSI Prestige 14 sebagai laptop pilihan bagi content creator semakin kuat karena kualitas warna yang dimiliki oleh laptop ini. Di varian tertingginya laptop ini memiliki color gamut Adobe RGB 100% dengan delta E < 2 yang berarti sudah nilainya tinggi, simpangannya sangat rendah pula!

Artinya warna yang dihasilkan oleh laptop MSI Prestige 14 2020 ini sangatlah akurat, dan distorsi warnanya sangat minimal. Tentu hal ini sangat dibutuhkan bagi kamu yang berprofesi sebagai content creator atau berkutat dengan dunia desain.


Keyboard dan Touchpad

MSI Prestige 14 (2020) keyboard

MSI Prestige 14 ini juga mengusung layout keyboard yang lebih halus dan elegan, serta tidak kaku selayaknya laptop MSI Gaming di harga yang setara dengan MSI Prestige 14 ini. Hal ini semakin menguatkan bahwa laptop ini memang bukan untuk gaming, meski sangat powerful.

Lebih jauh lagi laptop MSI Prestige 14 ini juga memiliki ukuran keyboard yang sangat ideal dan pas bagi tangan orang Asia, khususnya Indonesia. Travelnya oke, responsif, dan cukup empuk bila ditekan. Membuat kami merasa laptop ini pun sangat typist friendly.

Akan tetapi memang ada satu kritik kami terhadap layout keyboard dari laptop MSI Prestige 14 ini, dimana mereka menempatkan tombol power di bagian pojok kanan atas, tepat di atas tombol delete. Yah subjektif sih, tapi kami memang kurang suka.

MSI Prestige 14 ini juga memiliki touchpad yang terbilang agak lebar untuk ukurannya, oleh karena itu mungkin kamu memerlukan sedikit saja penyesuaian untuk menggunakan touchpad laptop ini.

Selain itu kamu juga akan menemukan fingerprint sensor yang berada tepat di pojok kiri atas touchpad. Dari segi keamanan biometrik, yah, tentu saja laptop MSI Prestige 14 ini sudah sangat baik mengingat adanya kombinasi sidik jari dengan face recognition.


Port dan Konektivitas

Review MSI Prestige 14 (2020) port

Untuk konektivitasnya memang hanya sedikit, dimana terdapat audio combojack, 2 buah USB 2.0 di sisi kanan, serta 2 buah USB 3.2 type C thunderbolt 3 (support fast charging) di sisi kiri dan pembaca micro SD di sisi kiri. Sudah cukup kok, terutama dengan keberadaan thunderbolt 3.


Performa

Untuk MSI Prestige 14 seri tertinggi ini kamu akan mendapatkan kombinasi GTX 1650 Max Q dengan intel Core i7 10710U, RAM 16 GB LPDDR3 yang bisa dibilang merupakan salah satu kombinasi terbaik di harga 20 jutaan ini.

Penggunaan RAM 16 GB yang ‘hanya’ LPDDR3 juga masih bisa dimaklumi karena barangkali memang MSI ingin menjaga suhu dari laptop ini ketika sedang digunakan dengan performa tinggi. Selain itu hal ini pun bisa menambah daya tahan baterai.

Tapi intinya untuk laptop yang hanya berbobot 1,29 kg saja MSI Prestige 14 adalah yang paling kuat, paling baik kualitas warnanya, yang bisa kamu gunakan saat ini. Meski memang kamu harus merogoh kocek sangat dalam.

Bahkan saat dilakukan tes Benchmark menggunakan Firestrike dan Skydiver, laptop MSI Prestige 14 ini sukses mendapatkan skor yang sangat tinggi. Sayangnya memang performa yang tinggi itu menghasilkan suhu permukaan yang tinggi, mencapai 41 hingga 43 derajat celcius.

Kualitas hard disk yang dimiliki oleh laptop ini juga tergolong luar biasa baik dimana kecepatan SSD yang dimiliki oleh MSI Prestige 14 ini bisa mencapai 3420 MB/s. Yah tapi wajar sih karena memang laptop ini sudah menggunakan SSD PCIe Gen3x4.

Sedikit pembahasan mengenai konektivitas, salah satu hal yang patut diacungi jempol dari MSI Prestige 14 ini adalah karena sudah support WiFi 6AX serta sudah support pula Bluetooth 5.0 yang artinya sudah memiliki ‘kecepatan’ yang tinggi.


Speaker

Terakhir speaker downfiring yang dimiliki oleh MSI Prestige 14 ini juga sudah cukup oke kok. Terlepas dari posisinya yang menghadap ke bawah, kualitas suara yang dimiliki oleh laptop ini sudah patut diacungi jempol.

Akan tetapi memang perlu kalian ingat, dimana salah satu kelemahan tipe speaker downfiring macam ini adalah kualitas suara yang dihasilkan akan sangat tergantung dari permukaan di bawahnya, nah!


Baterai

Klaim resmi dari pihak MSI adalah MSI Prestige 14 bisa digunakan secara 10 jam nonstop tanpa di-charge apabila digunakan untuk ‘produktivitas’. Tentunya waktu yang sangat impresif.

Dari hasil pengujuan yang dilakukan memang sangat bervariasi dan banyak sekali faktor yang bisa memengaruhi. Namun normalnya penggunaan MSI Prestige 14 dengan layar 4K bisa menghabiskan baterai sekitar 6 jam, dan layar FHD dalam 7,5 jam.

Memang agaknya pendek, namun salah satu kelebihan yang dimiliki oleh MSI Prestige 14 ini adalah fast charging. Bahkan MSI mengklaim bahwa laptop in bisa digunakan dalam performa normal sekitar 1,5 jam setelah di-charge selama 15 menit.

Selain itu salah satu fitur yang sangat kami sukai terkait manajemen daya pada laptop ini adalah, dimana kamu bisa melakukan charging ketika menyambungkan laptop ini dengan monitor, meski daya masuknya hanya sekitar 60 Watt saja.


True color

Memang salah satu kelebihan yang sangat diunggulkan oleh pihak MSI terhadap laptop ini adalah akurasi warnanya yang luar biasa tinggi. Bahkan mencapai color gamut Adobe RGB 100% dengan simpangan yang sangat kecil.

Selain itu MSI Prestige 14 juga menyediakan beberapa fitur seperti true color misalnya. Fitur-fitur macam ini sangat menarik, khususnya bila memang kamu bekerja sehari-hari di depan laptop untuk men-desain.

Karena dengan fitur semacam ini kamu bisa melakukan pengaturan warna yang dikeluarkan oleh laptop MSI Prestige 14 ini. Kamu bisa menyesuaikan warna yang keluar dengan penggunaan saat itu.

Pada akhirnya memang laptop ini benar-benar didesain, dicitrakan, serta dijual untuk segmen khusus. Yakni segmen content creator, ataupun orang-orang yang berkecimpung di dunia desain yang membutuhkan laptop dengan warna yang akurat.


Harga dan Ketersediaan

Review MSI Prestige 14 (2020) back

Laptop khusus bagi para content creator ini memang tampaknya sengaja dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Untuk seri paling rendahnya saja laptop ini dibanderol dengan harga Rp 19.999.000,-

Adapun seri tertinggi yang dimiliki oleh laptop ini dibanderol dengan harga Rp 29.999.000,- untuk yang edisi special berwarna putih ataupun Rp 25.999.000,- untuk MSI Prestige 14 yang berwarna biasa.

Tapi memang satu yang perlu kamu ingat bahwa untuk kedua seri di atas ini, MSI Prestige 14 memiliki angka Adobe RGB 100%, dan untuk seri yang paling rendah kamu akan mendapatkan nilai gamut close to 100% sRGB.

Tapi toh seluruh seri ini menggunakan CPU Intel Core i7 10710U yang dipadu padankan dengan GPU Nvidia GeForce GTX 1650 MaxQ. Tentunya memang ada perbedaan harga yang sangat jauh, yang barangkali bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk kamu.


Kesimpulan

Review MSI Prestige 14 (2020) keyboard

Sebagaimana yang telah kami ulang-ulang di atas, laptop ini menurut kami sangat cocok dibeli hanya jika kamu memang membutuhkan laptop yang memiliki akurasi warna yang sangat tinggi, ataupun bagi kamu yang membutuhkan laptop ringkas namun powerful.

Untuk kamu yang sangat mobile, namun memiliki kebutuhan tinggi terhadap laptop yang sangat powerful memang MSI Prestige 14 pilihannya. Tidak terlalu banyak alternatif lain untuk kamu yang seperti ini.

Namun sekali lagi harga yang harus kamu bayarkan untuk sebuah MSI Prestige 14 ini memang sangatlah tinggi, sehingga tentu harga bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi kamu yang ingin membeli laptop ini.

Terakhir laptop ini tentunya tidak cocok dibeli bagi kamu yang tidak banyak bekerja dengan desain grafis, ataupun bagi kamu yang berharap memiliki laptop untuk bekerja yang bisa digunakan untuk bermain game kelas AAA.

Karena sejujurnya laptop ini sepertinya memang tidak dibuat untuk kamu yang memiliki minat terhadap game-game kelas atas. Lagipula untuk harga 29 juta rupiah, ada banyak pilihan laptop gaming yang lebih menarik.

Belum lagi layar dari laptop MSI Prestige 14 ini yang masih 60 Hz referesh rate nya. Tentu cukup untuk desain, namun sayangnya memang tidak cukup bagi kamu yang seorang gamers. Apalagi gamers enthusiast!

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
51star1star1star1star1star
Product Name
MSI Prestige 14
Price
IDR 29899000
Product Availability
Available in Store Only

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia dengan lebih dari 4 tahun pengalaman di dunia content marketing.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x