Review MSI Prestige 15 (2020)

Di tahun 2021 ini, ada banyak produsen laptop yang berlomba-lomba dalam merilis laptop berkekuatan tinggi namun dengan desain yang elegan. Banyak brand kemudian mengeluarkan seri laptop powerful yang diklaim bisa digunakan untuk bermain game sekaligus produktivitas harian.

Lebih jauh lagi pilihan yang ada pun saat ini sangat beragam, kamu sebagai konsumen diberikan pilihan untuk membeli laptop. Baik laptop yang berukuran besar, bulky, dan cenderung berat ataupun memilih laptop yang ramping, elegan, stylish, dan tampak mewah.

Laptop yang akan kami review kali ini adalah MSI Prestige 15 (2020) yang digadang-gadang sebagai salah satu laptop terbaik yang bisa dibeli oleh para content creator ataupun para editor video. Belum lagi penampilannya yang ramping dan stylish, sesuai namanya prestige!


Spesifikasi

  • CPU: 1.1 GHz Intel Core i7-10710U (Comet Lake-U, up to 4.7 GHz)
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q 4096 MB GDDR5
  • RAM: 32 GB DDR4
  • Layar: 15.6 inch 4K 282 PPI, IPS, anti glare
  • Kapasitas: 1TB NVMe SSD
  • Port: 2x USB-A 3.1, 2x USB-C (Thunderbolt 3), HDMI, Mini DisplayPort, Micro SD, Ethernet, Audio
  • Bobot: 1,76 kg
  • Dimensi: 356 x 233 x 159 mm

Kelebihan | Bobot laptop yang cenderung ringan untuk laptop di kelasnya, desain yang sangat atraktif, layar yang ciamik dengan resolusi 4K, performa yang sangat powerful, usia baterai yang sangat baik untuk laptop sekuat ini.

Kekurangan | Desain speaker cukup nyeleneh yakni menghadap ke bawah sehingga kualitasnya berbeda-beda tergantung posisi laptop, webcam kurang oke (banyak grain).

Boleh dibilang laptop yang dibekali Intel Core i7 10710U, 32GB RAM, serta 1 TB NVMe SSD ini merupakan salah satu yang worth it untuk dibeli. Belum lagi dengan Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q yang menempati urutan 127 di peringkat semua kartu grafik pc dan laptop.

Namun memang apabila dibandingkan dengan beberapa laptop lain di kelasnya seperti Dell XPS 15 dan Lenovo ThinkPad X1 Extreme dengan OLEDnya, atau Razer Blade 15 Studio Edition dengan prosesor i9 yang mereka miliki, tentu laptop ini masih kalah.

Akan tetapi harga yang ditawarkan jauh lebih murah dan terjangkau dibandingkan seluruh lawan-lawannya yang memiliki i9 dengan layar dan kartu grafis yang sangat wah. Oleh karena itulah laptop ini cukup direkomendasikan bagi banyak editor.

Dari segi berat yang hanya sekitar 1,73 kg pun laptop ini lebih ringan dibandingkan dengan laptop powerful lainnya dari Acer, Dell, atau Razer yang memiliki bobot rata-rata 2,3 hingga 2,5 kg. Atau dengan kata lain laptop ini jauh lebih compact dan mudah dibawa-bawa.

Meski demikian, dengan segala kepraktisannya laptop ini sudah melewati standar MIL-STD 810G dimana artinya laptop ini sudah tahan terhadap guncangan, getaran, atau bahkan suhu yang ekstrim sekalipun.

Meski belum memiliki fitur kamera pengenal wajah, kamu tetap bisa kok mempersingkat log ini dengan memanfaatkan fitur pembaca sidik jari. Jadi kamu tidak perlu repot-repot di dalam mengetik password untuk masuk ke dalam laptop tersebut.

Dari segi konektivitas pun laptop ini menurut kami sudah cukup lengkap. Dimana MSI telah membekali laptop ini dengan dua colokan Thunderbolt 3, colokan HDMI, colokan audio, serta dua buah colokan USB Type-A 3.2 dan colokan MicroSD.

Ditilik dari segi desain pun laptop ini tidak kalah dengan laptop yang berharga hingga dua kali lipat di atasnya. Bezel yang tipis dan monitor yang bisa diputar hingga 180 derajat, dengan keyboard backlight yang memiliki layout sempurna, laptop ini sangat layak untuk kamu beli.


Desain

msi prestige 15

Laptop ramping berukuran 356 x 233 x 159 mm ini dibalut dengan form factor Clamshell dari bahan alumunium. Walhasil laptop yang (memang sudah) berdesain langsing ini semakin compact karena bobotnya yang menjadi lebih ringan, yakni 1,73 kg saja!

Sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya, laptop ini memang ringan namun tidak ringkih. Karena MSI sendiri sudah menyertakan sertifikasi MIL-STD-810G yang menyatakan bahwa laptop ini tahan terhadap guncangan, getaran, serta suhu yang ekstreme sekalipun.


Layar

Layar yang disematkan oleh MSI ke dalam laptop ini adalah layar berukuran 15,6 inch dengan teknologi MSI True Pixel Display IPS Level serta resolusi yang mencapai 4K. Adapun refresh rate dari laptop ini adalah sebesar 60Hz.

Layar yang ciamik ini dibalut dengan desain bezel tipis yang membuatnya tampil sangat elegan, belum lagi permukaan layar yang sudah dibekali teknologi anti glare yang bisa meminimalisir pantulan cahaya yang bisa mengganggu bila kamu menggunakan laptop ini di tempat terang.

Bila menurutmu layar tersebut masih kurang oke, tunggu sampai kamu dengar kalau kamera yang disematkan ke dalam laptop MSI Prestige 15 ini sudah memiliki kemampuan 720p dengan 30 FPS, serta kemampuan engsel layar yang bisa dibuka hingga 180 derajat.


Audio

Audio yang dimiliki dari laptop ini pun cukup unik karena desainnya yang menghadap ke bawah. Untuk alasan inilah tentu saja kualitas suara yang dihasilkan dari laptop ini amat bergantung dari dasar atau alas dimana laptop tersebut kamu gunakan.

Memang sih, kami pun cukup mempertanyakan desain dari MSI ini. Meski demikian kamu tetap bisa melakukan pengaturan profil suara kok karena laptop ini sudah dibekali dengan software Nahimic. Jadi yah bukan masalah yang terlalu besar.


Port

Konektivitas yang cukup oke juga menurut kami merupakan salah satu nilai jual dari MSI Prestige 15 ini. Karena saat ini sudah dilengkapi port Thunderbolt 3.0 (2 buah), HDMI (1 buah), audio combo jack 3.5 mm (1 buah) di sisi kiri.

Sementara di sisi kanan laptop kamu bisa menemukan slot MicroSD Card Reader (1 buah), USB Type-A 3.2 Gen 2 (2 buah) serta colokan kensington. Terakhir tentu saja laptop ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi AX dan bluetooth v5.1, lengkap!


Keyboard dan Touchpad

Desain atau layout keyboard dari laptop ini pun menurut kami sudah pas. Mengusung desain khas MSI Prestige dengan ukurang tombol yang cukup besar, travel distance yang cukup, serta permukaan touchpad di tengah yang sangat luas.

Belum lagi laptop ini sudah dibekali dengan Windows Precision Driver, sehingga akurasi dari touchpad yang ada sangat tinggi.


Performa

msi prestige 15 gaming

Berbekal 1.1 GHz Intel Core i7-10710U Comet Lake, dengan RAM 32GB, laptop ini sudah lebih dari cukup untuk kamu yang berprofesi sebagai editor grafis. Bahkan laptop ini bisa ber-multitasking secara luar biasa.

Kasarnya bahkan kamu masih tetap bisa membuka hingga 40 tab Google Chrome, sambil memainkan beberapa video Youtube dengan resolusi 1080p, sambil melakukan pekerjaan lain, dan laptop ini akan tetap stabil.

Dari segi hard drive nya pun laptop ini sudah memiliki kecepatan yang luar biasa. Berbekal 1TB NVMe PCIe SSD, laptop ini bahkan bisa meng-copy sebanyak 5 GB data hanya dalam waktu kurang dari 10 detik saja.

Meski demikian, walaupun memang cepat sayangnya kami tetap harus memberi tahumu bahwa kecepatan ini masih kalah bila dibandingkan dengan rata-rata kecepatan transfer data di kelasnya. Tapi toh masih lebih baik dari Dell XPS 15 dan HP Spectre x360 15 inch.

Karena kami sudah berkoar-koar kalau laptop ini memang didesain untuk para pembuat konten rasanya tidak afdol apabila kami sama sekali tidak membahas kartu grafis yang disematkan ke dalam laptop ini.

MSI sendiri memasangkan Nvidia GeForce GTX 1650 Max-Q yang masih cukup di tahun 2021 ini. Untuk bermain game saja, laptop ini bisa melahap berbagai macam game berat dengan settingan rendah-menengah.

GPU dan CPU yang begitu kuat tentu saja harus disematkan sebagai salah satu bentuk keseriusan MSI di dalam membuat laptop khusus bagi orang-orang yang bekerja sebagai editor dan content creator.


Daya tahan baterai

Menariknya dengan performa yang luar biasa tersebut, laptop ini mampu mempertahankan usia baterai dengan sangat panjang. Bahkan ketika dicoba melakukan browsing internet menggunakan WiFi dan kecerahan 150 nits saja laptop ini bertahan hampir 8 jam tanpa charging!

Memang boleh dibilang kemampuan ini bukanlah yang terbaik di kelasnya. Namun mengingat laptop ini memiliki performa yang luar biasa, dengan layar yang juga cukup mumpuni tentu saja hasil ini tidak mengecewakan.


MSI Creator Center

Salah satu fitur menarik yang perlu diulas di dalam laptop ini adalah software bawaan yang memiliki tajuk MSI Creator Center atau Dragon Center versi laptop content creation milik MSI.

Beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan di dalam software Creator Center ini diantaranya adalah Creator Mode yang bisa mengoptimalisasi performa (auto tuning) saat kamu menggunakan software pengedit content seperti Adobe Premiere, Power Director, Corel Draw, hingga Adobe Photoshop.

Selain itu software ini pun bisa melakukan monitoring kondisi laptop secara penuh, melakukan pengaturan performa laptop secara penuh, serta fitur yang bisa digunakan untuk memantau kesehatan dan kalibrasi baterai dari laptop itu sendiri.


Harga dan Ketersediaan

Bicara soal harga, laptop ini memang nampaknya sengaja dibuat untuk menarik minat banyak orang yang menginginkan laptop powerful namun dengan harga yang masih reasonable.

Harga yang ditawarkan oleh MSI untuk bisa dibeli olehmu berkisar diantara RP 20.000.000,- hingga Rp 30.000.000,- saja. Menurut kami rentang harga ini masih tergolong sangat masuk akal dan masih bisa dibeli oleh banyak orang.

Apalagi memang kebanyakan yang membutuhkan laptop semacam ini adalah orang-orang yang berkutat di bidang edit video, edit grafis, hingga bagi orang-orang yang bekerja sebagai pembuat konten ataupun content creator.


Kesimpulan

msi prestige 15 logo

Laptop ini merupakan salah satu leptop yang sangat kami rekomendasikan, khususnya bagi kamu yang bekerja sebagai content creator ataupun bagi kamu yang bekerja sebagai editor baik video, gambar, atau semacamnya.

Selain itu laptop ini sangat cocok dibeli bagi kamu yang suka desain tipis, elegan, dan tentu saja membawa kesan prestise. Tanpa (tentu saja) harus mengeluarkan uang yang terlalu besar, karena untuk kelas ini harga yang bisa kamu keluarkan cukup besar (biasanya).

Summary
Review Date
Reviewed Item
Laptop
User Rating
41star1star1star1stargray
Product Name
MSI Prestige 15 A10SC-079ID
Price
IDR 27999000
Product Availability
Available in Store Only

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x