15 Smartphone Terburuk Sepanjang Masa

Saat ini, hampir setiap smartphone memiliki bentuk yang sama, persegi panjang dengan touchscreen dan fitur memadai dari mulai navigasi GPS, sampai NFC.

Namun, smartphone juga mengalami sejarah dan masa transisi yang cukup unik. Beberapa smartphone jaman dulu hadir dengan bentuk yang variatif, tapi tak cukup pintar. (Baca 5 Model HP Terburuk Sepanjang Sejarah)

Produsen smartphone seringkali malah menambahkan fitur baru yang tidak berguna, dan malah menghilangkan fitur yang sebenarnya penting. Smartphone semacam ini pernah mampir di kehidupan kita, dan mungkin saja kita tidak menyadari kalau sebenarnya smartphone tersebut memiliki kualitas buruk.

Nah, kebetulan banget. Kali ini kami akan memberikan ulasan tentang smartphone terburuk sepanjang masa. Penasaran? Simak langsung informasinya di bawah!


1. Blackberry Storm (2008)

Saat Steve Jobs meluncurkan iPhone pada Januari 2007, Research in Motion (pembuat BlackBerry), tidak menganggap serius perangkat baru Apple ini.

Akhirnya pada 2008, RIM merilis BlackBerry Storm, dengan model yang aneh. Storm tidak memiliki keyboard fisik seperti jenis BlackBerry yang lain. Ketika kamu menekan layarnya, semua tampilannya seperti ikut diklik dan ini tentu saja sangat menyebalkan.

Ponsel ini nampaknya patut mendapat peringkat pertama sebagai salah satu smartphone terburuk sepanjang masa berkat fiturnya yang serba ‘nanggung’ dan modelnya yang kolot.


2. Nokia N-Gage (2003)

Upaya untuk mengambil alih Game Boy Advance dari Nintendo dengan ponsel dan sistem permainan berbasis Symbian hibrida ini jelas merupakan tindakan gegabah yang diambil oleh Nokia.

N-Gage tiga kali lipat jauh lebih mahal dari Nintendo. Ponsel ini juga dilengkapi dengan tata letak tombol yang aneh dan rasio aspek tinggi yang membuat game apa pun seperti kurang menyenangkan untuk dimainkan.

N-Gage juga hanya diluncurkan dengan enam game saja, berbanding dengan Game Boy Advance yang kompatibel dengan seluruh katalog Game Boy Nintendo.

Selain itu, N-Gage juga memiliki speaker dan lubang suara yang berada di sepanjang tepi atas N-Gage yang tentu saja membuat kamu kesulitan untuk berbicara saat mau mengangkat telfon.

Baca Juga : 10 Rekomendasi HP Khusus Outdoor 2020


3. Motorola ROKR E1 (2005)

Dalam upaya untuk mengikuti antusiasme yang didapatkan oleh Apple iPod, Motorola pun sok ide dengan menciptakan Rokr E1, telepon dengan pemutar musik Apple iTunes berlisensi resmi, tetapi dengan kesepakatan berbatas, yaitu hanya diizinkan untuk menyimpan 50 lagu dalam satu waktu.

Dirilis pada tahun 2005, Rokr E1 tersedia di toko-toko pada waktu yang hampir bersamaan dengan Apple meluncurkan iPod Nano, perangkat yang lebih kecil yang mampu menyimpan musik hingga 4GB.

Sudah bisa ditebak selanjutnya akan ada apa, ya tentunya ponsel keluaran Motorola ini mesti berakhir dengan nasib ‘tidak laku’. Wah, kasian banget ya handphone yang satu ini.


4. Nokia 7280 (2004)

Nokia 7280 benar-benar jadi ponsel unik yang masuk ke dalam daftar smartphone terburuk sepanjang masa.

Di 7280, Nokia mengganti keypad numerik dengan tombol putar, yang membuat ponsel jadi berbentuk seperti lipstik.

Dengan estetika yang artsy, 7280 bisa jadi pemenang. Tapi dalam segi fungsi, jelas tidak.

Tombol putar memang kelihatan bagus, tetapi menulis pesan SMS dan menavigasi menu di ponsel ini bisa jadi mimpi buruk yang sulit dilupakan.

Baca Juga : 9 Rekomendasi HP Nokia di 2020


5. Samsung Galaxy Note 7 (2016)

Tidak seperti ponsel lain dalam daftar ini, Samsung Galaxy Note 7 bisa menjadi handset terbaik karena mendapatkan pujian dari semua orang, bahkan sebelum peluncurannya di bulan Agustus 2016.

Namun, ini juga jadi satu-satunya ponsel dalam daftar ini yang dilarang dibawa ke pesawat oleh Administrasi Penerbangan Federal, karena baterainya rusak sehingga rentan terbakar, atau yang terburuk, meledak.

Karena kejadian ini lah Samsung menghentikan produksi Galaxy Note 7 untuk selamanya.


6. Blackberry Z10 (2013)

Z10 adalah ponsel pertama yang menjalankan sistem operasi BlackBerry 10, sebuah modernisasi ponsel BlackBerry untuk era layar sentuh. Meskipun bentuknya cukup bagus, kekurangan BlackBerry 10 nampaknya terlalu fatal karena sistem operasinya yang bekerja dengan buruk.

Z10 akhirnya jatuh dengan status jelek, disusul dengan hancurnya Blackberry secara keseluruhan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tablet Terbaik di 2020


7. ZTE Open (2013)

ZTE Open merupakan ponsel yang sangat lambat, tidak responsif, dan sama sekali tidak bisa diandalkan. Bukan cuma itu, ponsel ini juga dapat nilai buruk dalam telepon, foto, dan tugas dasar lainnya.


8. Motorola Aura R1 (2009)

Motorola Aura R1 memiliki tampilan bulat yang tidak fungsional dan dan sangat buruk dalam menampilkan apa pun dari sudut manapun.

Motorola memang terpaku pada gagasan untuk membuat telepon yang terasa seperti jam tangan yang mewah, Aura bahkan memiliki layar yang bisa diputar.

Walaupun begitu, spesifikasi dan fiturnya tetap dipertanyakan karena posisi Motorola berhasil disingkirkan oleh iPhone yang sudah mengubah pasar ponsel untuk selamanya.

Baca Juga : 9 Rekomendasi HP Nokia di 2020


9. HTC Surround (2010)

HTC Surround memang jadi ponsel yang gagal memenuhi ekspektasi Anda. Dengan beberapa ruang yang dipakai untuk menyimpan speaker, kualitas audio yang HTC Surround buat masih saja bernilai buruk.

Nilai buruk dari handphone ini dikombinasikan dengan aplikasi dan fitur yang kurang, alhasil handphone ini pun tidak bertahan lama di pasaran.


10. HTC First (2013)

HTC First adalah ponsel pertama yang dilengkapi dengan aplikasi Facebook tambahan. Idenya menarik, tetapi membuat handphone jadi kurang berguna daripada hanya dibuat untuk memuat Facebook dengan benar.

HTC jenis ini memiliki kamera di bawah standar, yang merupakan pilihan tidak menguntungkan untuk ponsel yang nilai jual utamanya berkisar pada berbagi foto.


11. Nokia 8800 (2005)

8800 dibanderol dengan harga yang cukup mahal pada masanya, tapi hanya memiliki serangkaian fitur sederhana.

Meskipun pilihan bahan dan kualitas rakitannya luar biasa, Nokia tidak harus memberikan harga yang fantastis untuk handphone yang satu ini.


12. LG Chocolate (2006)

LG Chocolate adalah salah satu ponsel yang punya fitur biasa tapi dibuat seakan-akan luar biasa. Handphone yang satu ini juga memiliki bentuk yang aneh dan tidak jelas. Handphone ini pun langsung terjun bebas dan tidak laku di pasaran.

Baca Juga : 10 Rekomendasi HP Samsung Terbaru


13. Samsung Continuum (2010)

Samsung Continuum menghadirkan kinerja ponsel dan model yang sangat buruk. Dihadirkan dengan RAM yang terbatas membuat ponsel ini tidak bisa ditambahkan aplikasi lain.

Dan sebagian besar info yang disajikan pada tampilan juga begitu padat karena ukuran handphone yang terbatas. Handphone ini pun langsung mendapat review buruk di hari pertama peluncurannya.


14. LG-DoublePlay (2011)

LG-DoublePlay terlihat jauh lebih berguna daripada Samsung Continuum yang disebutkan di atas. Walaupun begitu, tetap saja semuanya terasa dipaksakan.

Alih-alih ingin menghadirkan pengalaman mengetik yang intuitif, kamu mungkin akan pusing melihat tampilan keyboard QWERTY yang dipasang seperti terbelah dan tentunya malah semakin sulit digunakan.


15. Motorola Razr2 V9 Special Edition Ferrari (2008)

Motorola dan Ferrari sama-sama berusaha untuk mendapatkan keuntungan besar dengan menghadirkan Razr2 pada akhir tahun 2008.

Meskipun kelihatannya fantastis, handphone ini nyatanya tidak lebih dari handphone biasa dengan fitur yang serba terbatas. Yah, Razr2 mungkin diciptakan memang untuk jual nama brandnya saja.

5 1 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments