Suara Laptop Hilang? Mungkin Ini Penyebabnya

Laptop merupakan salah satu peralatan yang saat ini nyaris menjadi barang kebutuhan primer. Coba saja perhatikan, mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, hingga para pekerja saat ini setiap hari selalu membawa laptop mereka.

Akan tetapi ada beberapa masalah pada laptop yang para pemakainya mungkin tidak tahu penyebab maupun solusinya, misalnya suara laptop yang hilang.

Suara mati mendadak pada laptop merupakan salah satu permasalahan yang cukup sering ditemui. Alasannya karena penyebab dari suara mati ini, bisa bersumber dari piranti keras hingga piranti lunak alias sistem dari laptop anda sendiri.

Terlebih lagi bagi anda yang menyambungkan laptop anda ke speaker eksternal. Sepanjang pengalaman kami, orang-orang yang menggunakan speaker eksternal baik speaker dengan kabel maupun speaker nirkabel, umumnya lebih sering menjumpai permasalahan ini.

Nah artikel ini cocok bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait penyebab maupun tips dan trik terkait laptop yang mendadak mati suaranya.

Tapi sebelumnya kami ingin memperingatkan anda agar berhati-hati dalam menjalankan beberapa tips dan trik dari kami, terutama yang berkaitan dengan otak-atik sistem maupun perangkat keras anda.

Pastikan anda mengerti apa yang anda lakukan, agar laptop anda tidak mengalami kerusakan lebih lanjut. Selamat membaca!

Baca: Kenapa laptop saya lemot?


Periksa Kontrol Volume Laptop Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika laptop tidak ada suaranya secara mendadak adalah dengan memeriksa kontrol volume laptop anda. Kedengarannya lucu dan sepele, akan tetapi hal ini seringkali dilewati loh oleh orang-orang banyak.

Seringkali orang-orang secara tanpa sadar menekan tombol mute hingga ketika ingin memutar video atau lagu, laptop anda tidak bisa mengeluarkan suara. Maka dari itu sebelum anda mencari penyebab suara mati pada laptop anda lebih jauh, silahkan pertama-tama anda buka kontrol volume pada laptop anda.

Kemudian jika anda menggunakan speaker eksternal, pastikan pula volume yang ada pada speaker tersebut tidak berada di posisi mati. Karena pada umumnya di setiap speaker eksternal, ada “tombol” dial volume nya. Pastikan anda naikkan volume speaker anda.

Selain itu, masih bagi para pengguna speaker eksternal yang mengalami suara laptop mati mendadak, silahkan cek kabel colokan speaker anda. Seringkali kabel colokan alias jack speaker anda terlalu longgar sehingga tidak ada suara yang dikeluarkan dari speaker anda.

laptop plug ins

Percayalah meskipun beberapa penyebab dan solusi ini tampak sepele dan lucu, ada banyak orang-orang yang mengalami hal semacam ini.

Baca juga: Cara ganti password Wi-Fi Indihome, Biznet, dan MyRepublic


Periksa Volume di Aplikasi Terkait

Permasalahan sepele kedua yang sering terjadi terkait laptop yang mengalami suara mati mendadak adalah terkait kontrol volume di dalam aplikasi tertentu. Sebut saja ketika anda membuka Spotify, Youtube, atau bahkan Media Player di laptop anda.

spotify volume control

Terkadang tanpa sadar anda menekan tombol mute, ataupun tanpa sengaja anda menurunkan volume aplikasi tersebut ke posisi nol. Jika anda sudah mengecek kontrol volume di aplikasi yang anda buka, dan anda dapati hal tersebut maka mudah saja. Silahkan matikan tombol mute, dan naikkan volume di aplikasi terkait.

Baca juga: Cara melihat spesifikasi laptop


Pastikan Perangkat Suara Anda Sudah di Enabled

Setelah memastikan pengaturan volume anda tidak bermasalah, anda bisa kembali melakukan cara sederhana yang ketiga. Yakni memastikan perangkat suara yang terhubung di laptop anda sudah di “enabled”.

Untuk melakukan hal ini, anda bisa masuk ke control panel dan kemudian masuklah ke menu sound yang memiliki logo speaker berkuran besar di sampingnya.

Kemudian di dalam menu sound tersebut anda bisa menemukan tulisan disabled ataupun enabled. Jika sudah tertulis enabled diamkan, namun jika tertulis disabled, klik kanan dan pilihlah enable, lalu klik ok.

Baca: Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi


Lakukan Restart Laptop

Windows 10 Restart

Cara keempat ini bisa dibilang merupakan cara sapu jagat. Kami yakin anda setuju dengan pendapat kami. Nyaris seluruh permasalahan yang terjadi di laptop maupun komputer anda bisa anda selesaikan dengan cara merestart laptop anda, bahkan tanpa anda tahu penyebab dari permasalahan yang dialami laptop anda tersebut.

Sebenarnya bila anda bisa menyelesaikan masalah suara mati pada laptop anda dengan cara ini, kemungkinan besar masalah tersebut disebabkan oleh sistem operasi itu sendiri. Nah jadi anda tidak perlu bingung lagi kan jika mengalami kasus seperti ini?


Periksa Driver Suara

Untuk memeriksa driver suara, anda bisa melakukannya melalui device manager. Untuk masuk ke device manager anda bisa klik start dan cukup ketikkan device. Kemudian di dalam device manager tersebut anda bisa pilih menu dropdown sound, video, and game controllers.

Device Manager

Setelah itu secara otomatis device manager akan menampilkan driver suara yang anda gunakan untuk laptop anda. Jika sudah menemukannya, kami minta anda perhatikan apakah ada tanda peringatan berwarna kuning atau merah di samping tulisan driver suara anda.

Jika anda menemukan tanda tersebut, bisa jadi anda mengalami missing driver. Namun apabila anda tidak menemukan tanda peringatan tersebut, ada baiknya anda melakukan update driver suara anda secara manual. Untuk melakukan hal ini, pertama-tama anda harus melihat pabrikan dan model speaker anda di device manager. Setelah itu anda bisa cari versi terakhir dari driver tersebut di internet.


Gunakan Microsoft FixIt Troubleshooters

Sebelum menggunakan fitur ni, pertama-tama pastikan dulu bahwa sistem operasi yang anda gunakan di laptop anda adalah sistem operasi windows. Kemudian pastikan pula bahwa sistem operasi windows yang terinstall di laptop anda adalah sistem operasi asli dan bukan bajakan.

Untuk memanfaatkan fitur ini, anda bisa menyambungkan laptop anda ke internet dan bukalah laman https://support.microsoft.com/en-us/help/2970908/how-to-use-microsoft-easy-fix-solutions. Kemudian anda bisa pilih pilihan find and fix playing sounds. Di dalamnya ada beberapa pilihan lagi, dan pilihlah find and fix problems with device and hardware, lalu biarkan mereka bekerja secara otomatis.

Selain itu sebenarnya anda bisa memanfaatkan fitur ini tanpa harus terhubung ke internet. Anda bisa klik start dan carilah troubleshoot dan masuklah ke sana. Di dalam sana anda bisa langsung pilih playing audio sehingga laptop anda secara otomatis akan mencari dan menyelesaikan permasalahan yang ada terkait suara mati mendadak yang dialami laptop anda.


Update BIOS Laptop

Update BIOS juga merupakan salah satu cara sapujagat selain dari restart laptop. Seringkali beberapa laptop mengalami permasalahan suara mati akibat BIOS yang belum diupdate, sebut saja beberapa seri laptop yang dikeluarkan oleh Sony dan Toshiba.

ROG BIOS update

Seringkali permasalahan ini muncul bagi anda yang upgrade sistem operasi Windows ke sistem yang paling mutakhir, namun anda tidak mengupgrade BIOS anda. Menurut pengalaman kami hal ini merupakan salah satu penyebab suara mati pada laptop yang cukup sering dialami oleh para pengguna laptop.

Untuk mengunduh BIOS versi terbaru, anda bisa masuk ke laman website pabrikan laptop anda. Biasanya anda akan diberikan pilihan sesuai dengan jenis laptop yang anda miliki. Jika sudah menemukan laptop anda, silahkan unduh BIOS versi terbaru tersebut dan kemudian lakukanlah update.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of