Tips Aman dan Nyaman Berselancar di Internet

Banyak pengguna internet yang terancam keamanan dan kenyamanannya dalam berselancar di internet.

Seperti yang kita tahu, bahwa pengguna internet untuk saat ini bukan hanya didominasi oleh kaum milenial dan anak muda, akan tetapi orang tua yang belum paham sepenuhnya dengan dunia internet juga ikut terjun di dalamnya.

Bukan hal yang mustahil bagi sebagian hacker untuk berbuat nakal saat ini. Pencurian akun ini tentunya didasari oleh tindakan jahat yang ingin dilakukan selanjutnya, jadi Anda sebagai pengguna internet perlu mewaspadainya.

Untuk itu, kami disini memberikan tips aman dan nyaman berselancar di internet. Dengan adanya info ini, tentu Anda akan jauh lebih aman kedepannya.

Lihat juga: Cara Menghapus Cache, History dan Cookie Browser


1. Gunakan banyak kata sandi

password

Facebook, email, toko online, dan banyak lainnya pasti mewajibkan kata sandi.

Ya, kata sandi adalah salah satu hal penting yang dapat melindungi data atau informasi Anda di situs web. Tetapi apakah Anda sudah menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap akun? Kata sandi yang berbeda untuk setiap akun akan membuat akun Anda lebih aman dan sulit dicuri

Misal anda sign up ke sosmed bernama TokTik, dengan password ABC123. Nah suatu hari si pemilik TokTik ini berniat jahat dan ingin mengintip password anda. Ia tinggal cek ke database dan melihat password anda. Sesimpel itu.

Nah kalau semua akun online anda (Facebook, Google, Instagram dll) menggunakan password ABC123, si pemilik TokTik tadi tentunya bisa masuk ke semua akun anda.

Cek juga: Berbagai Macam Penyimpanan File Online (Cloud)

Masalah utama dari memiliki banyak password adalah lupa. Untuk mengatasinya, simpan semua password yang berbeda tadi didalam akun email.

Pastikan anda menggunakan password super susah untuk akun email itu, dan pastikan anda tidak akan lupa. Jadi kesimpulannya anda hanya perlu mengingat satu password yang sangat susah, yaitu password email.


2. Belanja di situs yang aman

ruanglaptop shop

Waktu semakin maju, mungkin Anda ingin melakukan sesuatu hanya dari dalam rumah. Ingin barang ini atau makan itu, pesan saja dari Go-Food, Grab Food, Tokopedia, atau Bukalapak di ponsel anda. (Cek juga cara jadi mitra gofood)

Berbelanja di Internet itu menyenangkan, menarik, dan sekali lagi, tidak perlu pergi ke luar rumah. Tetapi berbelanja di Internet juga tidak boleh ceroboh, jangan biarkan orang lain menipu Anda dan membuat Anda kehilangan sejumlah uang.

Bagi Anda yang sering berbelanja online, pastikan situs yang anda kunjungi bukan “http://” melainkan “https://“. Ini disebut dengan SSL, yang menjamin data yang dikirim dan diterima hanya bisa dibuka oleh pengirim dan penerima. Anggap seperti paket yang disegel dengan gembok, dan kuncinya hanya dipegang oleh pengirim dan penerima.

Baca juga: Cara Upload Foto ke Instagram Lewat PC

Untuk memastikan apakah transaksi anda dilakukan lewat HTTPS, pastikan kolom URL di browser memiliki ikon gembok. Ini berarti situs yang Anda kunjungi adalah situs yang aman dan terenkripsi untuk melindungi data sensitif Anda. Dengan demikian, kecil kemungkinan orang jahat dapat menggunakan data Anda.

Pastikan juga situs tempat anda bertransaksi sudah terpercaya, jangan mau transaksi di situs yang tidak jelas dan kurang terkenal.


3. Hati-hati dengan Wi-Fi gratis

free wifi bahaya

Sulit untuk hidup tanpa koneksi internet. Dengan Internet kita dapat mengikuti berita terbaru, anda mungkin juga membagikan informasi dengan orang lain, mengobrol dengan teman dan lainnya.

Bayangkan ketika tidak ada internet, sepertinya kita akan sangat sedikit menerima informasi terkini. Ada saat-saat ketika kita tidak memiliki koneksi Internet, hal ini mungkin disebabkan oleh jaringan yang berada di luar area jangkauan, atau paket Internet telah habis.

Solusinya adalah menemukan kafe terdekat dengan Wi-Fi gratis alias publik. Nah untuk menjaga keamanan akun Anda, Anda perlu hati-hati ketika menggunakan Wi-Fi gratis. Wi-Fi gratis memungkinkan peretas untuk mengakses akun Anda karena mereka bisa memotong komunikasi yang dikirim lewat jaringan Wi-Fi itu.

Hati-hati login ke akun pribadi lewat Wi-Fi gratis, terutama bagi Anda yang sering belanja online.

Baca: Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android


4. Jangan berikan kata sandi ke orang terdekat

nanya password

Username dan kata sandi akun hanya boleh dimiliki oleh Anda. Dengan demikian, nama pengguna harus dibuat seunik mungkin, dan kata sandi serumit mungkin, tetapi Anda masih dapat mengingatnya. Ini bagus untuk melindungi informasi Anda, misalnya, melalui email atau di jejaring sosial.

Lebih baik Anda tidak memberikan nama pengguna dan kata sandi Anda kepada siapa pun. Bahkan kepada suami, istri, anak-anak, dan teman-teman. Ini untuk memastikan bahwa informasi penting Anda tidak digunakan untuk hal-hal buruk.

Jangan kesal dulu, bukan berarti mencurigai mereka akan meretas akun anda. Namun manusia sering lalai, mungkin lupa log-out, mencatat username dan password di tempat yang bisa diakses, keceplosan bilang ke orang lain, atau mereka tidak tahu bahaya-nya login akun anda dengan wifi publik.

Menarik: Cara Membuat Lokasi Palsu di Android


5. Jangan berikan informasi asli

mesin duit

Ada bahaya yang mengikuti jika Anda tidak berhati-hati dengan data pribadi. Informasi penting Anda, seperti alamat, nama lengkap, kode pos, negara, nomor telepon, adalah hal-hal penting yang harus Anda jaga kerahasiaannya.

Jika jatuh pada orang yang tidak tepat, ia dapat menggunakannya dan melakukan penipuan. Ambil saja contoh jejaring sosial seperti Facebook. Facebook adalah jejaring sosial paling populer dan banyak pengguna.

Di Facebook ada bagian untuk memposting informasi Anda, seperti negara, tempat tinggal, pendidikan, dan banyak lagi. Saran kami adalah jangan diisi secara benar, lebih baik jangan diisi atau isilah dengan informasi yang salah.

Sangat berbahaya jika Anda datang untuk berbagi hal-hal pribadi di jejaring sosial, baik itu facebook atau sosial media baru lainnya. Ingatlah bahwa tidak semua orang di Internet itu baik, dan apa pun bisa dilakukan.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of