Ciri-Ciri Domain Murah yang Baik untuk Anda Pilih!

Domain berperan sebagai alamat agar pengunjung dapat menemukan sebuah website

Ada banyak sekali domain murah yang bisa dipilih, dan tentunya bagus untuk website anda. Hal ini sangat penting, mengingat domain adalah nama yang harus diingat dan menempel di kepala pengunjung atau pelanggan anda. Jika nama domain sulit diingat, maka orang orang akan kesulitan mengakses website Anda.

Nah untuk yang belum paham betul tentang domain, baca dulu artikel kami seputar penjelasan domain. Dan kalau sudah siap beli domain, lanjutkan scroll untuk beberapa tips memilih domain yang baik!


1. Nama Domain Pendek

Applecom

Tidak perlu nama domain yang panjang ejaannya. Semakin pendek nama domain, maka semakin mudah diingat dan semakin mudah dikunjungi oleh pengunjung. Kesimpulannya? Semakin singkat semakin baik. Usahakan nama domain website Anda tidak lebih dari 3 suku kata.

Domain yang pendek memang lebih baik, karena itu pula semakin pendek nama domainnya, semakin mahal harganya.

Pilihlah nama domain yang pendek, unik, mudah dibaca, dan tidak terlalu mahal (memang susah, dibutuhkan kreatifitas). Selain itu, jangan lupa untuk meneliti nama website yang ingin anda buat, apakah sudah dimiliki domain lain atau belum. Anda akan kesulitan jika nama domain yang Anda miliki ternyata mirip atau bahkan sudah dimiliki oleh website lain.


2. Jangan Tambahkan Kata Sambung, Angka, dan Simbol

ruanglaptop dash

Selain pendek dan ringkas, domain yang baik juga tidak memiliki kata sambung, paduan angka, dan simbol

Adanya kata sambung membuat banyak pengunjung melupakan kata sambung dan hanya mengingat kata utamanya saja. Akibatnya pengunjung tidak dapat mencapai lokasi yang tepat untuk domain website Anda. Karena itu penggunaan kata sambung lebih baik dihindari.

Selain itu, penggunaan angka juga menjadi hal yang patut dihindari juga. Paduan angka akan menyulitkan pengunjung untuk mengingatnya dan terkadang bingung harus mengetikkan menggunakan angka atau huruf. Hal ini sangat perlu dihindari apalagi jika website Anda merupakan website yang baru dan masih rendah trafiknya.


3. Pilih Nama yang Mudah Diingat serta Dieja

Nama yang sederhana akan lebih mudah diingat orang dibanding dengan yang ejaannya sulit serta tidak familiar, terutama yang berbau bahasa asing. Anda perlu menghindari domain seperti ini.

Semakin sederhana, maka semakin banyak orang ingat dengan domain Anda. Semakin banyak orang ingat, semakin banyak pengunjung.

Selain itu, dari segi ejaan juga perlu diperhatikan. Ejaan yang simpel namun unik akan gampang diingat diketik. Namun, jika tulisannya sulit untuk diketikkan atau dieja, maka pengunjung akan seringkali kesulitan mengakses website anda karena lupa cara penulisannya.


4. Berekstensi .com

dotcom

Ekstensi .com lebih mudah diingat daripada ekstensi lainnya.

Mengapa? Karena ekstensi ini cukup populer dan banyak digunakan oleh para pengguna dan pemilik website. Selain itu, dibanding dengan .co.id, .org, .pizza dan lain lain, .com lebih singkat dan terdengar familiar.

Banyak sekali website yang memilih menggunakan ekstensi .com dibandingkan dengan ekstensi lain. Karena itu, kebanyakan orang akan mengetikkan .com untuk hampir semua website tanpa berpikir panjang.

Misalnya anda bilang ke teman anda kalau nama website ini “ruanglaptop”. Kemungkinan besar ketika pertama kali mencoba, teman anda akan mengetikkan ruanglaptop.com ke kolom URL, bukannya ruanglaptop.org , ruanglaptop.pizza atau lainnya.

Ekstensi .com akan membuat website Anda lebih mudah diingat karena ekstensi .com banyak dipakai oleh banyak website lokal maupun internasional, sehingga banyak orang secara otomatis menganggap internet dan ekstensi .com sebagai satu kesatuan.


5. Deksriptif

Sebuah nama memiliki arti dan makna tersendiri tentunya. Karena itu, domain murah lainnya yang bisa Anda pilih adalah domain yang memiliki makna tersendiri yang mudah diingat dan dieja. Semakin jelas namanya, maka semakin besar kesempatan dan kemungkinan website Anda dikunjungi. Karena itu, pilihlah nama yang sesuai dengan isi dari website Anda.

Misalnya jika Anda ingin menyajikan website mengenai pakaian, Anda bisa menggunakan nama nama yang berkaitan dengan fashion agar mudah dikunjungi dan mudah dicari di mesin pencarian. Kenapa? Karena tentu saja orang cenderung lebih percaya dengan situs yang domainnya berhubungan dengan isinya.

Cara-cara memilih domain diatas dapat Anda terapkan dalam menamai domain Anda. Ingat bahwa banyak orang akan mencari website tertentu dengan pola yang sama, oleh karena itu Anda perlu riset kecil untuk mengetahui kebiasaan orang dalam menggunakan mesin pencari.

Bisa juga Anda cek website yang sudah populer, dan amati upaya apa yang ia lakukan mulai dari domain, desain, konten, dan lain sebagainya. Nah, domain tidak akan berguna tanpa adanya server alias hosting. Jika Anda hendak membeli hosting, saran kami Anda bisa cek hosting disini.

Anda bisa menggunakan domainesia untuk mendapatkan domain yang menarik untuk website Anda. https://www.domainesia.com/domain/ bisa membantu Anda untuk menentukan domain yang mudah diingat, tentunya dengan harga terjangkau. Selamat membuat website!

Cek juga: 3 Hal Penting Sebelum Memulai Bisnis Pulsa Online

 

ruanglaptop

RuangLaptop menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of