10 Tips WordPress yang Wajib Diketahui & Cocok Bagi Pemula

Biasanya dibutuhkan waktu berbulan-bulan, bahkan tahunan untuk membuat situs web dengan biaya yang mahal, tapi sekarang tidak lagi. Membangun situs web sendiri kini bukan lagi impian semata.

Lebih dari 500 situs web dibuat setiap harinya menggunakan WordPress, 26% situs web di seluruh dunia telah menggunakan WordPress dan masih terus bertambah di setiap tahunnya.

Meskipun tidak diperlukan kemampuan khusus untuk melakukan modifikasi pada situs WordPress, namun tetap saja banyak yang gagal mencoba membuat situs web menggunakan WordPress.

Selamat datang di RuangLaptop, dan berikut adalah 10 tips yang akan membantu situs WordPress anda menjadi lebih baik!


1. Pilih Hosting yang Mendukung WordPress Sepenuhnya

WordPress sebagai content management system, sederhananya hanyalah sebuah tools untuk membuat dan mengelola situs web. Tool ini dapat digunakan untuk keperluan apapun dari e-commerce hingga blog pribadi tanpa dikenakan biaya sepeserpun.

Akan tetapi biasanya para pemula sering mengira wordpress sebagai satu paket lengkap mulai dari server sampai website. WordPress sendiri sebenarnya hanya CMS, dan tetap membutuhkan layanan hosting khusus untuk mengeluarkan performa terbaiknya.

Ambil contoh Exabytes, penyedia hosting yang cukup populer ini menyediakan WordPress Hosting Exabytes yang mendukung 100% WordPress dan direkomendasikan oleh ribuan pelanggan setianya.

Hosting WordPress ini dilengkapi dukungan PHP 7.3 atau lebih tinggi, MySQL versi 5.6 atau lebih tinggi, MariaDB 10.1 atau lebih tinggi, dan yang lebih penting sudah gratis HTTPS / SSL.

Terlebih lagi, penggunaan plesk panel UI dibagian backend akan mempermudah waktu instalasi dan pengelolaan situs web WordPress.


2. Pilih Tema Berkualitas WordPress (Gratis)

Sudah berkualitas dan gratis? Ya, lebih dari 10.000 tema berkualitas dan gratis bisa digunakan secara gratis pada platform WordPress.

Sayangnya banyak orang melakukan kesalahan dengan terburu-buru memilih tema WordPress. Perlu dicatat, salah memilih tema akan menyebabkan situs web anda menjadi lebih lambat karena bisa saja tema tersebut tidak cocok dengan keperluan anda, atau bisa jadi tidak kompatibel dengan paket hosting yang digunakan.

Di dalam paket penjualan hosting wordpress poin pertama tadi, hal tersebut telah dioptimalkan dengan menggunakan panel plesk dimana anda bisa memilih tema yang sesuai dengan keperluan.

Tema Berkualitas WordPress

Untuk keperluan komersil atau kustomisasi, anda bisa mengunjungi Group WordPress Developer di Facebook untuk meminta jasa pembuatan tema, atau jasa pembelian tema yang terkenal di themeforest.

Tapi perlu diingat juga, untuk mendapatkan tema berkualitas anda perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Saat memilih tema pastikan tema tersebut cocok dengan tujuan anda membuat situs web. Contohnya tema untuk blog dan tema untuk toko online akan berbeda. Dimana yang satu akan cenderung ke arah bagaimana tulisan dapat dibaca dengan enak, yang satu lagi untuk fokus kepada penjualan.

Itulah kenapa baiknya anda selalu mencoba tema terlebih dahulu sehingga anda mendapatkan gambaran bagaimana situs web anda akan tampil dengan memilih live demo. Yang menjadi catatan terakhir adalah, pastikan tema yang anda pilih mobile-responsive. Tanpa itu, tema tersebut akan sia-sia.


3. Pasang Google Analytics

Rasanya hampir tidak mungkin Google Analytics tidak dibenamkan di dalam situs web anda.

Anda tidak mempunyai informasi seberapa banyak pengunjung website, dan metrik-metrik lain yang menjadi tolak ukur keberhasilan. Platform WordPress juga tidak memberikan informasi ini.

Dari sekian banyak plugin untuk Google Analytics, MonsterInsights adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

MonsterInsights

Plugin ini telah digunakan oleh lebih dari 2 juta pemakai aktif, oleh karena itu plugin ini dapat anda percayai sebagai penyedia data traffic dan metrik-metrik lain.

Keuntungan utama memakai plugin ini adalah kemudahan melihat setiap metrik yang anda perlukan hanya dalam satu dasbor saja. Tidak perlu pindah ke situs web lain seperti membuka website Google Analytics.


4. Pasang Plugin SEO

Tambahan plugin selanjutnya adalah plugin SEO, dimana plugin ini akan membantu situs web anda terindex dengan mudah oleh Google.

Seperti yang anda tahu, 90% pencarian internet di Indonesia sangat mengandalkan Google. Dengan bantuan plugin anda bisa mengoptimalkan setiap konten yang ada di situs web anda. Untuk pilihan plugin SEO, kami wajibkan memasang Yoast. Tidak ada yang lain.

instal plugin yoast seo

Anda tidak bisa berasumsi, lepas tangan, dan pasrah menunggu konten yang anda tulis akan terindex dengan baik di Google. Plugin ini akan membantu menganalisa konten dan kata kunci yang ada di situs web anda, beserta tips bagaimana mengoptimalkan judul dan permalink.


5. Jangan Gunakan Plugin Terlalu Banyak

Berbanding terbalik dengan tips sebelumnya dimana anda diharuskan memasang plugin, tapi jangan gunakan terlalu banyak plugin karena ini akan membebani kinerja server.

Bijak menggunakan plugin adalah tips terbaik dalam menggunakan WordPress. Berikut ini adalah plugin yang biasa digunakan:

  • Cache
  • Formulir
  • Direktori
  • Pemesanan
  • Keanggotaan
  • Pop Up
  • Cadangan
  • Keamanan

Meski banyak plugin gratis dan bervariasi, tapi tetap saja banyak plugin yang tidak perlu digunakan.

Jika situs web anda memerlukan pop up untuk mendapatkan leads, anda bisa gunakan plugin leads seperti Sumo. Akan tetapi jika bisnis anda tidak memerlukan fitur pemesanan, baiknya tidak menggunakan plugin tersebut karena hanya membebani server.

Semua plugin akan menambah baris kode yang ada di WordPress, dengan begitu kinerja dari server akan lebih tinggi yang menyebabkan situs web anda berjalan lebih lambat.

Plugin yang tidak lagi dirawat oleh pembuat plugin bisa menjadi faktor penyebab tidak kompatibelnya plugin tersebut dengan WordPress anda. Dan yang lebih buruk, plugin yang tidak dirawat biasanya memiliki celah untuk hacker meretas masuk ke situs web anda.


6. Kompres gambar

Ini adalah yang kadang sering dilupakan sebagian orang yang ingin membangun WordPress. Gambar dalam ukuran besar adalah faktor utama yang akan membuat situs web anda menjadi lambat diakses oleh pengunjung.

Di Indonesia, tren pengaksesan situs web melalui mobile kian meningkat, tapi kecepatan internetnya tetap lambat. Anda dituntut bijak untuk menggunakan gambar dalam resolusi tinggi.

Selalu lakukan kompres gambar sebelum melakukan upload gambar ke WordPress. Direkomendasikan untuk menggunakan Compressor.io.

Compressor io

Seperti yang anda lihat diatas, Compressor.io mengurangi ukuran file sebesar 64%. Website ini dapat menangani semua kompresi gambar, tanpa memaksa anda memasang perangkat lunak apa pun.

Jika lebih suka melakukan ini di WordPress, anda harus memasang plugin seperti Smush atau menggunakan layanan CDN.


7. Modifikasi Permalink

Pernah mendengar atau sudah familiar dengan permalink?

Ini adalah bagian dari sebuah alamat situs web yang dituliskan setelah nama domain, alias alamat atau rujukan untuk setiap pos blog dan halaman situs web anda.

Setiap anda membuat halaman atau pos baru di WordPress. WordPress otomatis membuatkan permalink baru. Perlu dicatat permalink ini perlu diubah sebelum menekan tombol publish.

Permalink yang bagus akan memudahkan pengunjung situs web anda mengerti tentang apa halaman itu, tanpa harus membaca konten terlebih dahulu.

Permalink menjaga semuanya terorganisir, dan dapat digunakan oleh mesin pencari (Google Search) dan pengunjung situs untuk mengakses konten dari URL.

Untuk memodifikasi permalink, arahan ke opsi “Pengaturan” dari dasbor. Dari sini terlihat tombol “Permalinks”. Opsi “Nama Posting” adalah opsi yang menurut kami paling enak dilihat.

Peringatan: Jangan ubah permalink post atau halaman yang sudah lama anda gunakan. Jika ingin melakukan perubahan, pastikan telah melakukan redirection 301 ke URL baru agar trafik dari halaman tersebut tidak hilang.


8. Amankan WordPress

Anda telah berbicara banyak tentang banyak keunggulan WordPress, tapi tetap saja ancaman peretasan situs web selalu akan mengintai setiap situs web yang tidak menambal celah keamanan. Nah di dalam paket penjualan WordPress hosting Exabytes telah tersedia enkripsi SSL yang disediakan gratis.

Anda juga perlu melakukan update WordPress segera setelah perilisan WordPress terbaru. Hal ini dapat dilakukan dengan Plesk Panel dan WordPress Hosting Exabytes. Hanya dengan menekan satu tombol saja, core WordPress bisa langsung di update.

Yang terakhir perlu anda lakukan adalah selalu melakukan backup setiap 2 minggu sekali, atau paling lambat sebulan sekali. Jika terjadi masalah, anda bisa mengembalikan situs web ke kondisi terakhir dengan mudah.


9. Optimalkan Title dan Meta Description

Dibawah ini adalah contoh pengoptimalan tag heading dan meta. Pasti anda pernah melihatnya ketika melakukan pencarian di Google:

Optimalkan Tag Heading dan Meta

Title dan Meta Description digunakan dalam konten anda. Misalnya, dalam contoh diatas ada title “WordPress Hosting Cepat, Mudah & Aman Gratis Domain…” Baik Title dan Meta Description mengandung kata-kata “WordPress Hosting”. Ini bisa membantu mesin pencari memahami maksud dari konten anda.

Meskipun begitu, bukan berarti anda harus memasukkan keyword sebanyak-banyaknya ke title, meta description, atau konten. Ini disebut keyword stuffing dan justru akan menghancurkan segi SEO website anda.

Tanpa plugin, anda harus mengedit barisan kode HTML di setiap halamannya. Namun dengan adanya plugin seperti Yoast SEO, anda bisa mengoptimalkan title dan meta description dengan mudah.


10. Konsistensi Desain

WordPress memberi anda banyak pilihan kustomisasi seperti pilihan untuk memasukkan iklan, spanduk, dan widget di seluruh halaman.

Namun, semua tambahan ini hanya akan menambah kerumitan pada situs web. Ini membuat halaman terlihat kurang bisa dipercaya dan berkesan tidak profesional.

Menambahkan terlalu banyak elemen ke situs web juga sangat mengganggu pengunjung situs web. Itu membuat mereka sulit untuk fokus, yang berarti konten anda tidak akan dibaca dan anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan pengunjung setia.

Meskipun anda mungkin tergoda mengambil keuntungan dari segudang fitur yang ditawarkan WordPress, konsistensi desain adalah salah satu kunci keberhasilan membangun sebuah situs web WordPress.

WordPress masih merupakan Content Management System terbaik di pasaran saat ini. WordPress mudah digunakan dan sangat fleksibel untuk hampir setiap jenis situs web.

Segudang fitur, fungsi, dan tema yang bervariasi terkadang bisa sangat menggoda. Tapi jangan biarkan diri anda terpengaruh, tetaplah fokus dan keep it simple.

Perlu dicatat, anda juga perlu mengelola situs web secara aktif dan bijak. Bantuan paket penjualan WordPress Hosting Exabytes tentu akan menjadi nilai tambah dan bisa dimulai dengan Rp 48.000/bulan.

Ikuti 10 tips WordPress yang wajib diketahui & cocok bagi pemula yang telah diuraikan diatas, dijamin situs web anda akan bekerja sempurna!

Baca juga:

Summary
Author Rating
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4.5 based on 5 votes
Software Name
WordPress
Operating System
Unix, Windows, Linux
Software Category
Content Management System
Price
IDR 0

ruanglaptop

RuangLaptop menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of