5 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Desain Grafis

Di era keterbukaan informasi saat ini, banyak ilmu-ilmu yang dahulunya amat mahal dan eksklusif, namun saat ini menjadi terbuka luas dan diminati banyak orang. Salah satunya adalah dunia desain dimana dahulu dunia desain hanyalah dunia yang eksklusif hanya untuk para desainer dengan laptop mereka yang tentunya amat mahal dan mahasiswa desain komunikasi visual.

Namun di masa sekarang amat banyak orang-orang yang mampu melakukan hal desain dan boleh dikatakan tidak kalah dengan desainer-desainer handal yang tersohor. Ditambah lagi laptop-laptop yang mumpuni untuk design saat ini boleh jadi sudah mulai banyak yang dijual denga harga terjangkau.

Sekali lagi meski akses ilmu desain kini tidak terbatas, namun peralatan-peralatan layaknya laptop, notebook, hingga desktop khusus untuk desain tidaklah murah. Apalagi bagi mahasiswa-mahasiswa penghobi desain. Untuk itulah kami disini akan mengupas tuntas beberapa laptop mulai dari yang termewah, terbaik, hingga yang budget friendly!


Pilihan Laptop Untuk Graphic Designer

1. Apple Macbook Pro dengan Touch Bar

Macbook Pro With Touchbar

CPU Dual-core Intel™ Core i5-i7 | Grafis Intel™ Iris Plus Graphics 640-650| RAM 8-16GB | Penyimpanan 256GB-1TB | Layar 13,3” (2560×1600) IPS | Harga Rata-Rata (Agustus 2018) Rp 26.000.000,-

(+) Macbook Pro terbaik yang pernah dikeluarkan Apple

(+) Performa sangat cepat

(+) Tampilan Premium

(-) Harga relatif mahal

(-) Baterai cepat habis

Kami memang bukan fanboy Apple, namun jika kami ditanya laptop terbaik untuk para desainer maka kami sepakat menyebutkan Apple Macbook Pro With Touch Bar! Memang nama yang cukup panjang untuk sebuah laptop, tapi ini menakjubkan!

Dengan dimensi yang persis sama seperti tahun sebelumnya, Apple berhasil merilis Macbook Pro dengan berbagai perbaikan di sana sini. Performa? Tidak perlu ditanya, khusus untuk lini Macbook Pro kami berpendapat sejak awal bahwa lini ini merupakan salah satu laptop terbaik yang dapat dijadikan workstation anda, dan khususnya para desainer.

Dengan kartu grafis ciamik, para desainer tidak perlu merasa khawatir dalam melakukan desain menggunakan laptop ini. Lantaran keakuratan warna yang dimiliki Macbook Pro saat ini merupakan yang terbaik di pasaran.

Namun begitu, pasti anda pun paham kekurangan dari laptop ini: mahal! Meski demikian kami tidak ragu menempatkan laptop ini di top of the list laptop, toh laptop ini bukan yang termahal kok diantara laptop desain lainnya.


2. Microsoft Surface Book 2

microsoft surface book 2 15 inches

CPU Dual-core Intel™ Core i7-8650U 1.9GHz | Grafis Intel™ UHD Graphics 620, Nvidia GeForce 1050 2GB GDD5 VRAM| RAM 8-16GB | Penyimpanan 256GB-1TB | Layar 13,5” (3000×2000) PixelSense Display | Harga Rata-Rata (Agustus 2018) Rp 26.000.000,-

(+) Baterai awet

(+) Termasuk laptop yang kuat

(+) Dapat digunakan sebagai tablet

(-) Harga Mahal

(-) Surface Pen tidak termasuk

Sebagaimana judulnya Surface Book 2 merupakan notebook ciamik yang bisa anda-anda para desainer fungsikan sebagai tablet. Dengan kata lain notebook ini merupakan notebook yang cocok dimiliki oleh anda yang memang memiliki mobilitas tinggi, serta banyak melakukan pertemuan dengan klien di luar.

Selain kepraktisannya Microsoft juga menawarkan kekuatan yang boleh kami katakan luar biasa. Sebut saja Lenovo, Apple, hingga Gigabyte, kami tidak ragu mengatakan Surface Book 2 boleh jadi sejajar bahkan melebihi merk-merk tersebut.

Namun sebagaimana pesaing di nomor 1, harga notebook ini terbilang mahal. Jadi kami mungkin tidak menyarankan bagi mahasiswa desain untuk membeli laptop ini, kecuali memang kalian memiliki dana berlebih layaknya para desainer kondang.


3. HP ZBook Studio G4 DreamColor

zbook studio g4

CPU Intel™ Xeon CPU | Grafis Nvidia Quadro M1200 4GB VRAM| RAM 32GB | Penyimpanan 512GB SSD | Layar 15,6” (3840×2160) | Harga Rata-Rata (Agustus 2018) Rp 35.000.000,-

(+) Spesifikasi di atas rata-rata

(+) Kecepatan tinggi

(-) Mahal

(-) Keyboard terlalu mungil

(-) Baterai cepat habis

(-) Suhu relatif tinggi ketika pemakaian

Dua kata utama yang mampu menggambarkan notebook ciamik untuk desainer ini adalah workstation dan mahal! Yah memang jika anda cari-cari ulasan di seantero internet, seluruh kata-kata workstation umumnya akan disandingkan dengan kata mahal jadi tidak perlu kaget kan?

Untuk workstation seharga 35 juta rupiah, tidak banyak ulasan yang bisa kami berikan. Dari spesifikasinya saja kami yakin anda para desainer sudah bisa membayangkan nikmatnya bekerja menggunakan notebook ini.

Satu fakta menarik, berdasarkan tes 3DMark Ice Storm Unlimited kami temukan bahwa laptop ini unggul di atas rata-rata laptop sekelasnya. Untuk itulah kami nobatkan notebook ini sebagai workstation yang tentu sah-sah saja digunakan untuk desain.


4. Asus Pseries P2540UA-AB51

asus p2540ua

CPU Intel™ Core i5-7200 2.5-3.1 GHz (Turbo Boost) | Grafis Intel™ HD Graphics 620| RAM 8GB | Penyimpanan 1TB | Layar 15,6” (1920×1080) with Antiglare and TN Display Tech | Harga Rata-Rata (Agustus 2018) Rp 12.000.000,-

(+) Harga relatif murah

(+) Desain oke untuk harga yang ditawarkan

(-) Performa relatif di bawah laptop khusus desain lainnya

Dengan harga yang relatif lebih murah dibanding para juara di bidang laptop desainer ini, kami merekomendasikan laptop ini khusus bagi para mahasiswa penghobi desain, maupun desainer-desainer dengan keterbatasan dana.

Meski spesifikasi yang ditawarkan tidak sementereng yang lain, toh kami yakin menggunakan laptop ini anda tidak perlu emosi untuk menunggu terbukanya program-program desain yang terkenal berat. Terlebih lagi kami pun yakin anda tidak perlu khawatir pekerjaan anda terganggu dengan performanya.

Secara keseluruhan laptop ini merupakan laptop (bukan khusus desain) yang memiliki harga terjangkau namun kemampuan mumpuni untuk dijadikan laptop desain.


5. Dell XPS 15 2-in-1

dell xps 15 2 in 1

CPU Intel™ Core i5-i7 | Grafis Radeon RX Vega M GL Graphics 4GB HMB2 Graphics Memory| RAM 8GB | Penyimpanan 512GB PCIe SSD | Layar 15,6” (3.840×2.160) InfinityEdge Anti-Reflective Touch Display | Harga Rata-Rata (Agustus 2018) Rp 22.000.000,-

Dengan bobot 2 kg saja Dell merlis salah satu laptop hybrid yang amat mumpuni. Dell sendiri melabeli XPS 15 2-in-1 ini sebagai ultrabook flagship mereka. Nah dari sini saja anda harusnya paham bahwa laptop ini merupakan salah satu lini utama yang memang dikeluarkan untuk orang-orang yang memiliki kebutuhan tinggi.

Dengan harga yang ‘murah’ Dell banyak menawarkan teknologi-teknologi mutakhir yang mungkin para pesaingnya saat ini belum bisa menerapkannya di laptop-laptop mereka.

Sebut saja pemberian prosesor generasi ke-8 intel yang disandingkan dengan grafik AMD Vega. Kemudian kemewahan ini dilengkapi pula oleh keyboard magnetis dan sistem pendingin yang mutakhir. Hasil akhirnya? Powerhouse kekinian dengan performa mumpuni namun bobot, dimensi, serta kepraktisan yang tinggi.

Akhir kata, laptop ini menurut kami layak untuk dibeli baik bagi para desainer profesional, ataupun mahasiswa dan desainer berkantung relatif tipis. Saran kami, sedikit menabung untuk membeli laptop ini tidaklah rugi. Karena dari segi rasio kualitas dan harga, menurut kami Dell XPS lah juaranya!

Baca juga: Berbagai Cara Untuk Screenshot di Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *