kapan mendapatkan android marshmallow

Android 6 Marshmallow: kapan bisa saya dapatkan?

Android Marshmallow sudah tersedia untuk beberapa smartphone android, misalnya Nexus 5,6,7,9 serta Nexus Player.

Android Marshmallow meningkatkan performa baterai, kemudahan kontrol keamanan apilkasi, dukungan fingerprint scanner, kontrol volume yang lebih akurat, USB-C dan fitur terbaru Google Now. Semua ini tentu sangat menarik, tapi akankah ponsel anda mendapatkannya?

Proses rilis update untuk Android lebih rumit ketimbang iOS, dan hanya karena update nya sudah rampung belum tentu anda akan mendapatkannya. Semua tergantung merk ponsel anda. Di amerika, perusahaan ponsel menghabiskan cukup banyak waktu dengan software OS barunya, sebelum merilis ke pasaran untuk anda download.

Bagaimana dengan ponsel saya?

Berikut beberapa ulasan yang kami buat dari beragam sumber informasi

Nexus

Nexus adalah smartphone pertama yang mendapat upgrade Android Marshmallow (mengingat Nexus adalah milik Google), Nexus 5X dan Nexus 6P hadir dengan Marshmallow yang sudah terinstall, tapi update ini akan segera muncul di ponsel lain.

Sekarang, Nexus 5, Nexus 6, Nexus 7, Nexus 9, Nexus Player dan semua smartphone Android One telah mendapat update Android Marshmallow. (Beli smartphone anda disini)

Samsung

Samsung bisa dengan cepat mendapatkan Android Lollipop, tapi sepertinya tidak demikian dengan Marshmallow. Berdasarkan jadwal, Samsung Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge+ akan mendapat update terbarunya di Desember 2015.

Sumber lain mengatakan bahwa Marshmallow akan dirilis untuk samsung di akhir tahun 2015. Tidak ada kabar mengenai Galaxy S6 Edge+.

Jadwal dari Samsung mengatakan bahwa Samsung Galaxy S6  dan S6 Edge akan di-update pada Januari 2016. Samsung Galaxy Note 4 dan Galaxy Note Edge akan menyusul bulan februari.

Samsung Galaxy Alpha dan Galaxy S5 juga dijadwalkan akan mendapat update ini, tapi belum ada tanggal pasti. Belum jelas juga apakah perangkat sebelum Galaxy S5 akan mendapat Marshmallow atau tidak.

Gambar Galaxy S6 dengan update terbarunya sudah beredar, dan tidak banyak perubahan dari segi visual.

Tidak ada tanggal pasti untuk rilisnya Marshamllow di S6, tapi dari banyak sumber, kemungkinan terbesar adalah Januari 2016.

Untuk tablet, Samsung Galaxy Tab S sudah diupdate ke Android 5.0, dan berpeluang besar untuk update Marshmallow.

Meskipun tergolong baru, Samsung Galaxy Note 10.1 (2014) masih menggunakan Android KitKat. Ada kemungkinan bahwa Lollipop akan di skip dan langsung ke Marshmallow.

HTC

Beberapa minggu yang lalu, HTC men-tweet list ponsel yang akan mendapat update marshmallow, seperti HTC One M9 dan HTC One M8 yang dijadwalkan untuk akhir tahun ini.

Tipe lain yang akan mendapat update antara lain HTC One M9+, HTC One E9, HTC One ME, HTC One E8, HTC One M8 EYE, HTC Butterfly 3, HTC Desire 826, HTC Desire 820 dan HTC Desire 816. Tidak ada kabar pasti mengenai tanggal rilis, tapi kemungkinan besar pada tahun 2016.

Sony

Sony telah merilis daftar ponsel yang akan mendapat update Marshmallow, namun sayangnya, Xperia Z1 tidak termasuk dalam daftar ini. Daftar lengkapnya:: Xperia Z5, Xperia Z5 Compact, Xperia Z5 Premium, Sony Xperia Z3+, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3 Compact, Sony Xperia Z4 Tablet dan Sony Xperia Z3 Tablet Compact.

Xperia Z2, Xperia Z2 Tablet, Xperia M5, Xperia C5 Ultra, Xperia M4 Aqua dan Xperia C4 juga akan mendapat update Marshmallow.

Mengenai apa yang ditawarkan oleh update ini, kami telah melihat konsep pertama untuk Z3 dan Z3 Compact. Tap to wake — ketukan dua kali pada layar akan membangunkan ponsel yang sedang tidur — akan diaktifkan, beserta konektivitas perangkat MIDI melalui USB.

Keyboard baru juga akan digunakan untuk meningkatkan akurasi ketikan anda. Tidak ada kepastian mengenai tanggal rilis, tapi Sony dikenal melakukan hal seperti ini secara perlahan — setidaknya konsep sudah ada, berarti update nya sedang dikerjakan.

LG

LG adalah perusahaan pihak ketiga yang pertama mendapat Marshmallow. Di Eropa, LG G4 sedang diupdate ke Android 6.0 Marshmallow.

Polandia, Jerman, Portugal, Spanyol, Romania, Austria, Swiss, Hungaria, Kroasia, dan Turki juga akan mendapat update Marshmallow dalam waktu singkat.

Update ini akan segera rilis di US, namun belum ada kepastian tipe apa saja, serta kapan.

Ketika anda mendapat update ini, akan ada fitur seperti dua mode Do Not Disturb dan mode Doze, yang menghemat baterai dengan cara menghentikan aplikasi backround saat ponsel sedang dalam mode sleep.

LG G3 tidak mendapat Android 5.1, tapi tampaknya ia akan mendapat Android 6. Kabar mengenai ini dapat dilihat di halaman support LG Korea.

Marshmallow untuk LG dikemas dalam arsip berekstensi .zip berukuran 1GB, dan tampaknya akan dirilis sekitar tahun baru 2016.

Asus

Asus biasanya tidak begitu cepat dalam hal merilis update. Zenfone 6, Zenfone 5, dan Zenfone 4 baru saja mendapat Android Lollipop

Seorang administrator di forum Asus mengatakan bahwa ada rencana mengupgrade PanFoneS, ZenFone2, ZenFone2 Deluxe, ZenFone2 Laser dan ZenFone Selfie. Tidak ada kabar pasti mengenai tanggal rilisnya.


Fitur Marshmallow

Sementara anda menunggu Android 6.0 Marshmallow, ada baiknya anda mempelajari fitur fitur baru yang akan diberikan oleh update ini. Kami telah mencoba OS ini untuk beberapa waktu, dan berikut adalah fitur-fitur favorit kami

Android Pay

Anda tentu dapat menggunakan Android Pay tanpa Marshmallow, tapi ada beberapa keuntungan dari OS baru ini. Marshmallow menyediakan fitur sensor sidik jari untuk pertama kalinya, jadi anda bahkan tidak perlu membuka aplikasinya, cukup buka kunci ponsel anda dengan jari, dan letakkna di terminal pembayaran

Sensor Sidik Jari

Kita semua telah melihat smartphone yang menyediakan fitur sensor sidik jari, tapi Android Marshmallow menyempurnakannya di platform ini.

Anda dapat menggunakan scanner sidik jari untuk membuka kunci ponsel dan melakukan pembayaran di Google Play Store. Scanner sidik jari ini juga terbuka untuk developer, yang berarti anda dapat membuat aplikasi sendiri yang berbasis sensor sidik jari

Kontrol Suara

Android 6.o membuka jalan untuk peningkatan kontrol menggunakan suara, yang memungkinkan para developer untuk membangun kontrol suara didalam aplikasi mereka.

Ini berarti pengguna Android Marshmallow akan bisa bicara ke aplikasi , dan aplikasi akan menjawab, dengan suara juga.

Satu contoh yang pernah ditunjukkan Google adalah TuneIn. User dapat berkata”OK Google, listen to music on TuneIn”, dan aplikasi TuneIn akan dibuka. Tidak hanya itu, ia akan bertanya “What genre of music would you like to listen to?”

User kemudia membalas dengan mengatakan genre music yang ingin dia dengarkan. Cara natural untuk berinteraksi dengan ponsel ini dapat merubah cara kita semua menggunakan smartphone di masa depan.

Daya Tahan Baterai

Google telah melakukan banyak pekerjaan rumah untuk meningkatkan performa baterai.

Pertama, Google telah mengembangkan fitur Doze. Smartphone anda akan menggunakan sensor gerakan untuk mendeteksi ketika ia sedang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, lalu berganti mode ke sleep mode yang lebih dalam untuk menghemat baterai

android-doze-650-80

Dalam mode ini, bukan berarti ponsle anda akan sepenuhnya diam. Doze mode tetap membiarkan alarm dan notifikasi penting untuk bunyi.

Google melakukan tes di dua Nexus 9, satu menggunakan Lollipop dan satu lagi Marshmallow. Hasilnya adalah Nexus 9 yang menggunakan Marshmallow bertahan dua kali lebih lama dibanding Lollipop.

Now on Tap

Fitur ini adalah asisten cerdas yang memungkinkan anda untuk mengakses informasi, tidak peduli apa yang sedang anda lakukan. Pengguna dapat menyentuh tombol home dan menahannya beberapa detik, untuk membuka box informasi mengenai apa yang ada di layar ponsel anda.

Misalnya, teman adna mengirim email berisi ajakan nonton film. Anda dapat membuka Now on Tap untuk melihat info film, rating, bahkan membeli tiket.

Lebih Banyak Fitur

Google telah mempermudah kontrol volume di Android Marshmallow, dengan kontrol yang lebih akurat di berbagai pengaturan suara di perangkat anda.

Seleksi kata juga dipermudah, dengan Marshmallow, mem-blok dan mengedit kalimat dapat dilakukan lebih cepat dengan pilihan copy, cut dan paste yang berada didekat kalimat yang anda blok, bukannya di bagian atas layar.

Selain fitur fitur diatas, ada banyak lagi software yang tentunya mempermudah penggunaan ponsel anda. Sekarang kita tinggal menunggu untuk menerima update google terbaru ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *