5 Tips Merawat Memory Card Android Agar Awet

Seperti halnya perangkat gadget lainnya, memory card memerlukan perawatan khusus agar lebih awet. Kerusakan pada memory card tentu sangat merepotkan, terlebih jika data penting anda semuanya disimpan pada memori eksternal ini.

Memory card, lebih spesifiknya SD card, memang memiliki kondisi yang relatif rapuh, terutama pada bagian plat kuningnya. Jika terlalu sering tergores, ia akan cepat rusak.

Oleh sebab itu anda mesti tahu bagaimana cara merawat memory card dengan baik sehingga tidak membuatnya cepat rusak.

Sebenarnya merawat SD Card tidaklah sulit, yang diperlukan adalah ketelatenan sehingga kondisi perangkat satu ini awet lebih lama. Berikut ini beberapa tips merawat memory card pada smartphone android:


1. Pilih memori card dengan kualitas terbaik

Sebelum membeli memori card, sebaiknya cari tahu kualitas dan track record nya terlebih dulu. Sebaiknya pilih dari merk yang sudah benar-benar teruji agar peformanya tidak mengecewakan.

Sesuaikan dengan budget anda, jika memungkinkan pilih memori yang memiliki harga mahal agar kualitasnya tetap terjamin. Memori card dari merk ternama akan menjamin kita dengan kualitasnya yang sudah teruji.


2. Lakukan ‘eject’ sebelum mengeluarkan SD Card

Baik itu dari Android maupun komputer, sebaiknya lakukan proses eject sebelum mencopot SD Card. Proses eject akan mencegah memori card mengalami masalah.

Peluang kehilangan data juga akan sangat berkurang jika anda selalu klik ‘eject’ sebelum mencopot kartu memori.

Masuk ke menu pengaturan, pilih penyimpanan, lalu pada tab kartu SD, tekan pilihan ‘Lepaskan Kartu SD’, kemudian barulah anda bisa mencopot memori card tersebut.

Baca juga : Cara Menghemat Paket Data di HP Android


3. Jangan terlalu sering memindahkan kartu memori penyimpanan

Terlalu sering memindahkan memori card akan menyebabkan file corrupt, error, hingga kerusakan pada memori card itu sendiri. Selain itu ancaman virus dan kerusakan permanen pun sulit dihindari.

Oleh sebab itu, hindari dan minimalisir memindahkan kartu memori agar SD card anda lebih awet dan data terlindungi dari kerusakan.


4. Gunakan card reader kualitas terbaik

Jika ingin menggunakan card reader, pilihlah yang berkualitas baik supaya transfer data menjadi lebih aman serta file pun tidak mengalami corrupt.

Masalah file corrupt biasanya terjadi karena card reader memiliki suhu yang terlalu panas. Pilih card reader berkualitas baik untuk meminimalisir kondisi memori card yang rusak.

Lihat: Fitur Tersembunyi Android Marshmallow Yang Perlu Anda Ketahui


5. Jangan sembarangan menyambungkan dengan komputer

Biasanya terlalu sering dan sembarangan menyambungkan memori eksternal dengan komputer akan menyebabkan perangkat tersebut cepat rusak.

Sebaiknya pilih-pilih komputer mana yang bisa anda sambungkan perangkat satu ini. Pasalnya virus yang ada pada komputer bisa masuk ke dalam memori card dan bisa menyebabkan data rusak atau tidak bisa diakses.

Selain list diatas, faktor bawaan pabrik juga bisa menyebabkan memori penyimpanan ini cepat rusak. Oleh sebab itu, sangatlah penting memilih SD Card yang benar-benar berkualitas.

Itulah tadi beberapa tips merawat memori card di android agar lebih awet tanpa khawatir data rusak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of