Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android

Penggunaan kuota internet anda terasa lebih boros padahal penggunaannya terbilang normal? Mungkin saja kondisi itu disebabkan karena beberapa faktor yang tidak kita sadari, misalnya sinkronisasi yang terlanjur aktif, tidak mengaktifkan fitur data saver, hingga berbagai penyebab lainnya.

Menghemat kuota internet tentu sangat penting agar untuk pengeluaran dalam membeli paket data tidak terlampau boros. Tanpa perlu aplikasi khusus pun kita tetap bisa hemat kuota dengan beberapa langkah sederhana.

Beberapa cara umum untuk menghemat penggunaan kuota adalah dengan mengaktifkan beberapa fitur penghemat data di aplikasi browser, sistem, dan aplikasi lainnya. Mengidentifikasi aplikasi yang dicurigai menyedot banyak kuota juga penting agar kita bisa mempertimbangkan apakah tetap perlu memasang atau mencopot aplikasi tersebut.

Bagi anda yang ingin lebih hemat kuota internet di android, anda perlu mencoba beberapa tips menghemat kuota internet dibawah ini:

Cek juga: Cara menghemat kuota internet di game online


1. Gunakan fitur Chrome Data Saver untuk browsing

Di browser Chrome terdapat fitur Data Saver yang berfungsi memotong penggunaan kuota internet anda. Aktifkan fitur tersebut untuk memangkas pemakaian kuota berlebih.

Caranya, masuk ke menu pengaturan di Chrome kemudian klik Data Saver, selanjutnya tap ON. Pemakaian data akan terkompres hingga 50% sehingga browsing lebih hemat kuota.

Cek juga: Cara mengaktifkan TalkMania untuk irit pulsa telepon


2. Nonaktifkan sinkronisasi

Pada akun chatting biasanya terdapat pilihan untuk sinkronisasi. Anda bisa memilih akun yang tidak ingin anda sinkronisasikan agar pemakaian kuota internet lebih hemat.

Masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Akun, setelah itu pilih akun chatting mana saja yang tidak ingin anda sinkronisasikan. Menonaktifkan sinkronisasi akan menghemat penggunaan data hingga 50%.


3. Batasi dan aktifkan peringatan penggunaan mobile data

Fitur data usage waring dan limit sistem di android berfungsi untuk memperingatkan anda jika penggunaan data sudah melampaui batas.

Fitur tersebut akan mengerem anda agar tidak terlalu berlebihan mengakses internet. Cara mengaktifkan fitur tersebut dengan masuk ke menu Settings kemudian pilih Data Usage. Tap Celular data dan Set cellular data limit.


4. Identifikasi aplikasi penyedot kuota

Beberapa jenis aplikasi berpotensi menyedot banyak kuota internet. Untuk mengetahui aplikasi mana yang paling banyak menyedot data, anda bisa masuk ke menu Settings, kemudian pilih Data Usage dan scroll kebawah. Disinilah anda bisa menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota internet.

Jika aplikasi tersebut tidak terlalu penting atau memiliki alternatif lain, baiknya uninstall saja agar penggunaan kuota internet lebih hemat. Dua aplikasi populer yang paling menyedot kuota adalah Instagram dan Facebook. (Baca: Cara menghapus akun instagram anda)


5. Atur update aplikasi hanya jika terhubung dengan Wifi

Update aplikasi secara otomatis akan membuat kuota internet anda cepat habis. Untuk mengantisipasinya, anda bisa membatasi update aplikasi jika hanya terhubung dengan jaringan Wifi.

Dengan cara ini maka kuota internet anda terselamatkan. Masuk ke menu pengaturan kemudian pilih Auto update apps, lalu tekan Auto update apps over Wifi Only. Jadi jika ponsel anda terhubung dengan jaringan Wifi maka secara otomatis aplikasi akan terupdate.

Nah itu dia beberapa tips agar anda bisa lebih menghemat kuota internet. Selamat mencoba dan semoga tips diatas bermanfaat.


3
Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
JSG1998
Guest
JSG1998

Facebook dan ig yg banyak abisin kuota itu