Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android

Mungkin hampir semua pekerjaan sekarang butuh setidaknya sedikit koneksi internet. Kalau kamu bisa pakai WiFi gratisan sih enak, tapi bayangkan kalau kamu harus pakai kuota sendiri, ditambah sekarang semuanya harus lewat internet. Bisa boncos deh uang bulanan kamu habis cuma untuk kuota.

Menghemat penggunaan kuota internet pun jadi ilmu yang mahal karena irit kuota sama saja irit duit. Apakah provider internet menginginkan hal ini? Tentu tidak, mereka justru senang kalau kamu boros kuota karena artinya kamu harus beli dan beli lagi nonstop sampai uang habis.

Semoga tidak dibaca pihak provider, tapi berikut kami sudah rangkum beberapa cara dan trik untuk irit kuota internet di hp!

Cek juga: Cara menghemat kuota internet di game online


1. Aktifkan Data saver

Data saver adalah fitur canggih yang ada di hampir semua smartphone android, gunanya untuk memangkas penggunaan data secara keseluruhan.

Cara mengaktifkannya, masuk ke Settings > Connections > Data usage > Data saver > aktifkan data saver. Selesai, dengan cara ini harusnya kamu bisa irit kuota cukup signifikan.

data-saver-android

Sedikit peringatan, dengan mengaktifkan Data saver berarti ponsel kamu akan memutus koneksi internet yang berjalan di background. Dampak buruknya, notifikasi bisa tidak masuk kalau aplikasinya tidak dibuka. Ini bisa jadi masalah untuk aplikasi chat. Di hp si pengirim chat pun cuma akan ceklis satu, karena sama saja hp kamu ada di mode offline.

Cara pertama ini sangat efektif, tapi apakah ia satu-satunya cara? Tentu tidak, masih banyak cara lain yang bisa kamu kombinasikan supaya sangat irit kuota. Lanjutkan baca!

2. Gunakan Lite Mode di Chrome

Di browser Chrome terdapat fitur Lite Mode yang berfungsi memotong penggunaan kuota internet kamu. Aktifkan fitur tersebut untuk memangkas pemakaian kuota berlebih.

Caranya, buka Chrome > klik titik tiga di pojok kanan atas > Masuk ke Settings > Scroll kebawah dan pilih Lite mode > Aktifkan Lite mode.

lite-mode-chrome

Kalau sudah, chrome akan menghemat besarnya kuota yang digunakan ketika browsing. Kamu akan bisa melihat statistiknya di halaman yang sama.

3. Identifikasi aplikasi penyedot kuota

Langsung saja kami tembak: Instagram, Tiktok, Facebook, Bigo, Tinder, Bumble, hingga Twitter semuanya sangat agresif menyedot kuota internet kamu (terutama instagram da tiktok).

Untuk cek aplikasi mana-mana saja yang menghabiskan kuota, masuk ke Settings > Data usage > Mobile data usage. Disini kamu bisa lihat semua aplikasi yang memakai kuota, dan seberapa banyak kuota yang dipakai.

Penggunaan kuota per aplikasi bisa dibagi jadi dua jenis lagi: foreground da background. Kuota Foreground berarti kuota yang dipakai ketika kamu sedang membuka aplikasinya. Sementara kuota background adalah kuota yang dipakai ketika aplikasi sedang tidak kamu buka (iya mereka tetap menyedot kuota).

Untuk menonaktifkan penggunaan kuota background, masih di halaman tadi klik salah satu aplikasi (misal instagram), lalu matikan Allow background data usage.

Ada baiknya kamu menonaktifkan akun instagram tidak hanya supaya irit, tapi juga menjaga privasi yang sedang trend belakangan ini.

4. Auto update hanya kalau terhubung WiFi

Seharusnya secara default, setiap smartphone android sudah melarang auto update kalau tidak terhubung ke WiFi. Tapi andaikan tidak, kamu kena masalah besar karena ponselmu akan update software secara otomatis menggunakan kuota. Ukurannya bukan main-main terkadang bisa ratusan MB hingga hitungan GB.

Untuk mengaktifkan auto update hanya lewat WiFi, masuk ke menu Settings > Software update > nyalakan Auto download over WiFi.

Lihat juga: 10 Negara Dengan Internet Tercepat!

5. Aktifkan peringatan dan pembatasan kuota

Fitur peringatan dan pembatasan kuota berfungsi untuk memperingatkan kamu kalau penggunaan data sudah melampaui batas. Fitur tersebut akan mengerem kamu supaya tidak terlalu berlebihan mengakses internet.

Cara mengaktifkannya adalah masuk ke menu Settings > Connections > Data usage > Billing cycle and data warning. Disini kamu bisa klik Set data warning dan Set Data limit. Set Data warning adalah mengaktifkan peringatan kalau kamu sudah melebihi pemakaian jumlah tertentu, sementara Set Data limit akan langsung men-stop akses internet kalau penggunaan data kamu sudah melebihi jumlah tertentu.

Atur masing masing batas data untuk warning maupun limit, dan jangan lupa atur Start billing cycle on ke tanggan dimana kamu mau perhitungan data dimulai. Mudahnya sih set saja ke tanggal 1 setiap bulan. Dengan begini ponsel akan mencatat penggunaan data terhitung sejak tanggal 1, kemudian di-reset setiap tanggal 1 lagi.

6. Nonaktifkan sinkronisasi

Sinkronisasi berarti aplikasi akan menyuruh ponsel kamu untuk mengakses server aplikasi tersebut secara berkala, untuk mengecek apa ada sesuatu yang baru atau tidak.

Apakah sinkronisasi ini penting? Jawabannya Ya untuk aplikasi chat, dan Tidak untuk yang lainnya. Untuk aplikasi chat, tentunya kamu butuh aplikasi selalu memberi notifikasi setiap ada pesan masuk, kan? Disinilah sinkronisasi realtime dibutuhkan.

Tapi untuk kebanyakan aplikasi lain, sinkronisasi bisa kamu nonaktifkan, atau kurangi interval waktunya. Misal yang tadinya satu menit sekali, buatlah jadi 5 jam sekali. Atau bisa juga kamu nonaktifkan total, sehingga ia hanya akan melakukan sinkronisasi kalau kamu buka aplikasinya.

Caranya, masuk ke Settings > Accounts and backup > Manage accounts > Scroll ke paling bawah > Matikan Auto sync data. Lagi lagi kami ingatkan, ini agak berbahaya karena kamu jadi tidak bisa menerima notifikasi chat secara reealtime.

Nah itu dia beberapa tips agar kamu bisa lebih menghemat kuota internet. Selamat mencoba, semoga tips diatas bermanfaat!

Dimas Bimawan

Digital marketer lulusan Fisika ITB. Mengerjakan SEO untuk beberapa perusahaan teknologi.

guest
3 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
JSG1998
JSG1998
2 tahun yang lalu

Facebook dan ig yg banyak abisin kuota itu

3
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x