Cara Membuat Lokasi Palsu di Android

Shareloc, check-in sosmed, tag lokasi instagram, dan navigasi Google Maps sudah menjadi hal wajib untuk menunjang kehidupan nyata (dan maya) sehari-hari.

Dulu, kebiasaan berbagi dan cek lokasi ini dimulai dari Foursquare yang meledak di Twitter, terus berlanjut ke aplikasi media sosial lainnya yaitu, Path dan Instagram.

Salah satu aplikasi sharing dan cek lokasi pada smartphone adalah GPS. Saat ini, fitur GPS ini sudah pasti dimiliki oleh semua jenis merk ponsel pintar yang beredar di masyarakat. Fitur GPS ini memungkinkan kalian berbagi informasi mengenai lokasi keberadaan, secara realtime dan dengan akurasi yang nyaris sempurna.

Tentunya ada beberapa situasi yang memaksa anda membuat lokasi palsu di android, baik itu sekedar pamer ke teman, main tinder, gmaps, gojek, membohongi pacar, main Pokemon GO, atau alasan-alasan lainnya (kami paham).

Nah untuk itulah, disini kami akan membahas aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat lokasi palsu. Beberapa aplikasi tersebut ada yang membutuhkan akses root, yang tentunya sudah kami bahas di artikel lain.

Tapi sebelumnya kalian perlu paham dulu segala sesuatu tentang GPS. Yuk disimak!

Baca: Cara menyadap hp pacar atau istri!


Apa Itu GPS?

GPS atau Global Position System adalah sebuah sistem navigasi menggunakan satelit yang dirancang agar dapat menyediakan posisi keberadaan kalian secara instan, cepat dan menginformasikan waktu di hampir semua tempat, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun.

Alat untuk menerima sinyal satelit yang digunakan oleh setiap pengguna GPS dinamakan GPS Tracker atau GPS Tracking, alat-alat ini memungkinkan kalian, yang termasuk para pengguna GPS, untuk melacak posisi ponsel, kendaraan, armada maupun mobil kalian dalam keadaan Real Time alias detik itu juga.

Baca: Kegunaan airplane mode yang jarang diketahui


Bagaimana Cara Kerja GPS?

Saat ini, terhitung ada 24 unit satelit untuk sistem navigasi GPS yang berada di orbit bumi atau ruang angkasa. Semua satelit tersebut memancarkan sinyalnya ke bumi yang kemudian ditangkap oleh alat penerima sinyal atau GPS Tracker.

Terdapat tiga sistem lain yang saling berhubungan selain satelit, sehingga terjadi tiga bagian penting dalam sistem GPS. Ketiga bagian tersebut ialah, GPS bagian control (Control Segment), GPS bagian angkasa (Space Segment) dan yang terakhir, GPS bagian pengguna (User Segment).


Apa Kegunaan dan Fungsi GPS?

Berikut adalah beberapa kegunaan dan fungsi dari GPS yang terbagi kedalam 5 poin penting, diantaranya:

1. GPS untuk Militer

Dalam sistem yang digunakan untuk mengetahui lokasi seseorang, sistem pertahanan militer pun dapat memanfaatkan fitur GPS ini. Lebih jauh lagi, GPS yang dimanfaatkan militer bisa memantau pergerakan musuh pada saat terjadi peperangan dan bisa menjadi penuntun arah jatuhnya suatu bom sehingga tidak salah sasaran.

2. GPS untuk Navigasi

Ketika kalian sedang berkendara entah itu motor, mobil, sepeda bahkan berjalan kaki, kebutuhan akan sistem GPS sangat membantu ketika kalian ingin menuju suatu tempat namun tidak mengetahui rutenya.

Dengan adanya GPS Tracker yang terpasang pada ponsel, maka kalian akan dibuat nyaman dalam perjalanan karena rutenya bisa diketahui dengan mudah. GPS akan mengirimkan posisi kendaraan kalian serta rute yang harus dilalui dalam bentuk peta digital.

3. GPS untuk Sistem Informasi Geografi

Fungsi dan kegunaan GPS yang lain ialah untuk keperluan sistem informasi geografis. Pada pembuatan peta, mengukur jarak perbatasan dan referensi pengukuran suatu wilayah, GPS selalu digunakan untuk mempermudah semua proses tersebut.

4. GPS untuk Sistem Pelacakan Kendaraan

Pelacakan kendaraan ini mirip dengan navigasi. Untuk navigasi, GPS akan mendeteksi lokasinya menggunakan satelit, kemudian dikembalikan ke GPS itu sendiri sehingga bisa kalian cek di alat yang sama.

Sementara untuk pelacakan kendaraan, hanya pendeteksi lokasi sajalah yang terpasang di kendaraan. Alat pengeceknya ada di tangan anda, yang jauh dari kendaraan tersebut.

Sebagai contohnya, kalian bisa mengetahui lokasi kendaraan yang hilang dengan melihat titik koordinat yang ditampilkan dari alat yang terpasang di dalam kendaraan tersebut. Di tahun 2019 ini, smartphone adalah salah satu alat yang populer untuk mengecek lokasi kendaraan.

5. GPS untuk Memantau Gempa

Saat ini teknologi GPS sedang ditingkatkan dari segi keakuratan dan ketelitian tingkat tinggi, sehingga nantinya akan bisa mengetahui dan memantau pergerakan tanah di bawah bumi.

Dengan kegunaan yang bisa memantau pergerakan lempeng tanah di bawah bumi, nantinya para ahli Geologi akan dapat memperkirakan kemungkinan kapan terjadinya gempa pada suatu wilayah, sehingga kedepannya dapat memperingatkan peringatan kepada para warga yang daerah nya akan mengalami gempa sedini mungkin.


5 Pilihan Aplikasi Untuk Memalsukan Lokasi

Dengan menggunakan GPS, kalian bisa dengan mudah mencari, berbagi dan bahkan bisa juga melacak keberadaan lokasi dari pengguna ponsel lain. Berikut adalah beberapa aplikasi beserta langkah-langkah tentang bagaimana cara menggunakan GPS untuk memalsukan lokasi:

1. Aplikasi Fake GPS GO Location Spoofer Free

Fake GPS GO Location Spoofer Free

Aplikasi Fake GPS GO Location Spooferini bisa membuat para penggunanya membuat lokasi palsu dari posisi aslinya pada peta, penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah kalian harus mengaktifkan Lokasi Mock pada Opsi Developer terlebih dahulu.

Setelah selesai melakukan penyetingannya, kalian bisa langsung memilih koordinat yang diinginkan pada peta secara suka-suka atau istilahnya memalsukan lokasi ketika kalian berada.

Selanjutnya, setelah selesai memalsukan titik koordinat yang diinginkan pada peta, kalian cukup memencet tombol yang berwarna jingga pada kanan bawah aplikasi ini, setelah itu aplikasi ini akan berjalan untuk memberikan informasi GPS palsu

2. Aplikasi Fake GPS Location

Selanjutnya, aplikasi Fake GPS GO Location ini juga mempunyai fitur-fitur canggih yang bisa digunakan untuk memalsukan lokasi di peta pada ponsel kalian.

Fungsi aplikasi ini sama dengan pada aplikasi Fake GPS Location Spoof, kalian bisa mengatur posisi lokasi kalian di peta, jadi kalian bisa membuat rute pada peta sesuka hati kalian. Fitur ini sama dengan yang dimiliki oleh aplikasi Google Maps.

Fake GPS Location

Fitur pada aplikasi ini bisa digunakan juga sebagai penunjuk arah seperti pada aplikasi GPS yang normal, baik untuk berkendara ataupun berjalan kaki dari titik A ke titik B. Sebuah fitur yang tidak bisa dijumpai pada aplikasi Fake GPS sejenisnya.

Untuk cara penggunaannya, kalian tinggal mengunduh terlebih dahulu aplikasi ini di Google PlayStore, kemudian kalian tinggal pilih lokasinya dengan memasukkan koordinat atau alamat, dan berikan izin aplikasi untuk mengubah lokasi tiruan yang akan kalian tuju.

3. Aplikasi Fake GPS Fake Location

Selanjutnya, aplikasi Fake GPS – Fake Location ini juga mempunyai fitur bisa memalsukan lokasi titik poin koordinat pada peta, sebagai contoh apabila kalian tidak memiliki uang yang cukup untuk ke jalan-jalan keluar negeri misalnya kalian ingin berada di Milan, Madrid, Jeddah, Mekkah ataupun berada di belahan dunia lainnya.

Cara penggunaannya sama seperti aplikasi Fake GPS lannya, yang perlu kalian lakukan terlebih dahulu ialah, aktifkan terlebih dahulu Lokasi Mock pada Opsi Developer.

Kalian tinggal membuka aplikasinya dan pilih lokasi yang diinginkan. Untuk mengecek apakah aplikasi Fake GPS berfungsi dengan baik, kalian bisa cek di Google Maps dan lihat apakah kalian sudah ada di lokasi palsu atau belum. Simak gambar berikut yang menggunakan Fake Bogor:

Fake GPS - Fake Location

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur lannya yaitu Street View. Untuk memaksimalkan para pengguna fitur pada aplikasi ini, agar semua menu dan fitur yang ada pada aplikasi ini dapat berfungsi, kalian bisa membeli versi yang berbayar, efeknya ialah tidak akan ada iklan yang muncul pada layar ponsel, sehingga bisa dengan mudah mengubah lokasi secara Real-Time, tanpa harus menjeda dan memulai dari awal.

4. Aplikasi Fake GPS

Fake GPS

Aplikasi untuk memalsukan titik koordinat pada peta berikutnya ialah aplikasi Fake GPS. Dengan aplikasi ini, kalian bisa dengan sebebas-bebasnya memalsukan titik lokasi dengan memasukkan titik koordinat yang kalian inginkan di peta. Kalian bisa dengan mudah mengganti lokasi pada GPS dengan lokasi lain.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah, kalian cukup menulis alamat berupa nama lokasi, namun akan lebih akurat jika kalian menggunakan garis bujur atau garis lintang.

Setelah selesai pilih lokasi yang dituju, tekan tombol Mulai. Selanjutnya aplikasi ini akan meminta konfirmasi developer options.

5. Aplikasi Fake GPS Location

Fake GPS Location

Kemudian, yang terakhir, bagi kalian yang ingin memalsukan titik koordinat pada peta, maka kalian akan cocok dengan aplikasi Fake GPS Location ini, kalian bisa download app ini secara gratis, dan tidak ada iklan di dalam aplikasi. Akan tetapi, untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini, ponsel android uang kalian gunakan harus memiliki akses Root.

Mengapa di Root? Karena hampir mustahil bagi kalian yang ingin menyembunyikan Mock Location tanpa Root.

Cara penggunaannya sama seperti aplikasi sebelum-sebelumnya, kalian tinggal memilih dan cari saja tempat yang ingin kalian tuju, kemudian kalian tekan tombol Mulai dan pilih lokasi GPS yang kalian inginkan, nantinya kalian akan diminta untuk melakukan penyetingan dari pengaturan para pengembang.

Itulah tadi daftar aplikasi, tutorial, dan penjelasan lengkap mengenasi GPS dan lokasi palsu yang perlu kalian ketahui. Satu pesan kami adalah, jangan gunakan ilmu ini untuk hal yang negatif. Tetap semangat, dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *