Semua Pertanyaan Umum Seputar Instagram (FAQ)

Sebagai salah satu platform media sosial paling populer, Instagram saat ini digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari sekadar tempat menyimpan foto-foto dan memori pribadi, tempat untuk berbisnis, hingga tempat bagi seseorang untuk mencari ketenaran.

Tapi jujur saja, ketika awal-awal menggunakan Instagram pasti kamu pun agak kesulitan. Untungnya Instagram telah merilis daftar panjang mengenai pertanyaan umum seputar Instagram atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah FAQ (Frequently Asked Questions).

Akan tetapi begitu panjangnya daftar tersebut membuatnya agak sulit dibaca, nah untuk itulah kami coba merangkum beberapa pertanyaan umum seputar Instagram yang penting dan wajib kamu ketahui!

Lompat ke bagian:


Pertanyaan Seputar Profile dan Posting Instagram

Di dalam bagian pertama ini, kami akan banyak membahas seputar pertanyaan yang paling mendasar yang biasanya akan ditanyakan oleh para pengguna Instagram yang masih baru dan masih awam.

Beberapa bagian khususnya yang akan kami bahas terutama seputar pengaturan di dalam profile serta beberapa hal terkait posting yang tentu harus kamu pahami agar bisa menikmati Instagram dengan ‘benar’.

Bila belum memiliki followers / following, bagaimana cara menemukan teman yang dikenal?

Sebagai pengguna Instagram, tentu saja kamu ingin menemukan dan saling berbagi dengan teman-teman yang kamu kenal bukan? Kalau kamu benar-benar masih baru di Instagram, ikuti cara mudah di bawah ini agar kamu bisa langsung terhubung dengan orang yang benar-benar kamu kenal:

  1. Buka Profile dari akunmu lalu ketuk Menu ( ≡ )
  2. Lalu kamu bisa ketuk pilihan Temukan Orang / Discover People yang terletak di bagian paling bawah.
  3. Setelah itu kamu bisa klik pilihan Hubungkan / Connect di sebelah kanan Hubungkan Kontak / Connect Contacts. Setelah itu ketuk Izinkan Akses / Allow Access.
  4. Secara otomatis Instagram akan mencari orang di dalam Kontak ponselmu yang memiliki akun Instagram.
  5. Kamu cukup ketuk Ikuti / Follow di samping kanan akun orang ataupun teman yang ingin anda ikuti.

Dengan cara ini secara otomatis kontak-kontak yang ada di dalam ponsel yang kamu punya akan tersinkron dengan akun Instagram yang kamu punya. Setelah itu kamu bisa dengan bebas menentukan apakah ingin mengikuti temanmu atau tidak.

Apabila terlanjur, dan kamu tidak ingin melakukan sinkronisasi, maka lakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka Profile dari akunmu lalu ketuk Menu ( ≡ )
  2. Ketuk pilihan Pengaturan / Settings, lalu ketuk pilihan Akun / Account.
  3. Di dalam menu tersebut pilihlah pilihan Sinkronisasi Kontak / Contact Syncing.
  4. Di sebelah pilihan Hubungkan Kontak / Connect Contacts geser pilihannya sehingga tombol geser yang tadinya berwarna biru menjadi abu.
  5. Ketuk Putuskan / Disconnect.

Kamu bisa melakukan pemutusan dan sinkronisasi ini kapan pun kamu mau. Silahkan lakukan sesuai dengan langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas ini.

Bagaimana cara melakukan update informasi di profile Instagram?

Untuk bisa melakukan update seputar informasi dasar di profile Instagrammu, tentu pertama-tama kamu harus memiliki akun Instagram dan melakukan login dengan menggunakan akun tersebut.

Setelah itu ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka profil Instagram milikmu.
  2. Ketuk pilihan Edit Profil.
  3. Ada beberapa informasi yang bisa kamu ubah di dalamnya, diantaranya adalah Nama, Username, Link Website (bila punya), Bio, serta pilihan Switch to Professional / Personal / Business Account dan Personal Information Settings.
    • Bila kamu ingin mengubah alamat email, nomor ponsel, jenis kelamin, dan tanggal lahir maka kamu bisa mengetuk pilihan Personal Information Settings.
    • Bila sudah kamu bisa tekan back atau kembali ke menu sebelumnya.
    • Adapun Switch to Professional / Personal / Business Account akan mengubah jenis akun yang kamu gunakan.
  4. Bila sudah kamu bisa langsung ketuk Selesai bila menggunakan iPhone, tanda Ceklis pada Android, atau Send / Kirim bila menggunakan Komputer.

Bagaimana cara mengetahui orang yang ingin follow akun Instagram saya? Apakah saya bisa menolak atau menyetujuinya?

Untuk yang satu ini, kamu perlu mengubah jenis akunmu dari akun Creator, akun Bisnis, ataupun akun Publik menjadi akun Pribadi / Private Account. Adapun cara untuk mengubah akun menjadi Akun Pribadi / Private Account adalah sebagai berikut ini:

  1. Buka Profile dari akunmu lalu ketuk Menu ( ≡ )
  2. Ketuk pilihan Pengaturan / Settings, lalu ketuk pilihan Akun Privasi / Privacy.
  3. Lalu ketuk tombol geser di samping tulisan Akun Pribadi / Private Account.
  4. Bila tombol menjadi berwarna abu-abu artinya akun anda masih menjadi akun publik dan akan menerima follow secara langsung. Apabila tombol sudah berwarna biru muda, maka saat ini akun anda sudah menjadi akun pribadi.

Ketika akunmu sudah menjadi akun pribadi maka setiap orang yang ingin mengikutimu harus menunggu persetujuanmu terlebih dahulu. Selain itu mereka pun tidak bisa melihat isi dari akunmu apabila tidak mengikutimu.

Apakah profil Instagram Business membantu?

Jawabannya adalah tergantung, karena ketika kamu memilih untuk mengubah akunmu menjadi akun bisnis, akan ada beberapa konsekuensi yang harus kamu terima. Seperti pilihan agar followers mu untuk bisa langsung mengontakmu dari bio mu, untuk menjalankan iklan, serta mendapatkan akses mengenai followers mu.

Adapun beberapa keuntungan mengubah profile Instagram menjadi profile bisnis adalah sebagai berikut ini:

  1. Jumlah karakter bio lebih dari 150, yang tentu akan sangat bermanfaat bila kamu ingin berjualan.
  2. Fitur link in bio, dimana followers mu bisa langsung terhubung hanya dengan klik link
  3. Pilihan untuk menjalankan iklan via laman Facebook dan Instagram Business Profile.
  4. Mendapatkan data statistik followers yang mencakup impresi mingguan, tujuh post terbaik, reach, engagement, jadwal terbanyak followers mu aktif di Instagram, hingga demografi

Meski demikian ada beberapa kerugian yang harus kamu pertimbangkan sebelum benar-benar mengubah akunmu menjadi akun bisnis. Berikut ini adalah beberapa kerugian dari menjadi akun bisnis Instagram:

  1. Mengurangi engagement, mengapa? Instagram memiliki algoritma tersendiri dan ketika kamu memutuskan untuk menjadi akun bisnis mereka secara otomatis akan mengganggapmu sebagai entitas bisnis. Salah satu dampaknya adalah postinganmu yang justru akan lebih jarang muncul di timeline dari followers

Nah pada akhirnya kamulah yang menentukan apakah ingin mengubah akun Instagrammu menjadi akun bisnis ataupun tetap menjadi akun pribadi.

Bagaimana cara memberikan keterangan lokasi di dalam foto atau video?

Menambahkan lokasi di Instargam bukanlah suatu keharusan, namun dengan menambahkan lokasi maka kamu akan memberikan impresi yang lebih baik kepada para followers mu. Adapun cara menambahkan lokasi adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama unggah foto atau video yang ingin ditambahkan lokasinya.
  2. Kamu cukup ketik pilihan tambahkan lokasi yang ada di menu mengunggah foto ataupun video tersebut.
  3. Cari lokasi sesuai dengan tempat dimana foto tersebut di Ambil, atau dimana pun kamu ingin menandai.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung membagikan foto tersebut dengan mengetuk Bagikan / Share.

Adapun cara untuk menambahkan atau mengedit lokasi di foto dan video yang telah kamu unggah sebelumnya adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama-tama kamu harus membuka foto atau video yang ingin kamu tambahkan lokasi di dalamnya.
  2. Lalu ketuk ( … ) bagi pengguna iPhone atau ( ⁞ ) bagi pengguna Android, tombol ini terletak di bagian atas foto ataupun video tersebut.
  3. Ketuk pilihan
  4. Ketuk pilihan Tambahkan Lokasi / Add Location untuk kemudian kamu cari lokasi sesuai dengan keinginanmu.
    • Adapun kamu yang ingin mengubah lokasi tersebut sebelumnya bisa ketuk Hapus Lokasi / Delete Location atau langsung ketuk Ubah Lokasi / Change Location untuk pengguna iPhone.
    • Lalu cari lokasi yang baru sesuai dengan keinginanmu.
  5. Bila sudah, kamu langsung bisa pilih pilihan Selesai ataupun Ceklis untuk menyudahi.

Lokasi sebenarnya tidak harus selalu diberikan, dan tidak harus selalu menunjukkan dimana foto ataupun video yang kamu punya tersebut diambil. Akan tetapi bila memberikan lokasi sesuai dengan tempat foto atau video tersebut diambil kamu akan bisa memberikan kenangan lebih terhadap foto ataupun video tersebut.

Bisakah melakukan edit foto di dalam aplikasi Instagram?

Jawabannya adalah bisa, Instagram sudah membekali aplikasi mereka dengan filter dan efek bawaan. Akan tetapi memang tentu saja hasilnya jauh apabila dibandingkan kamu melakukan editing dengan menggunakan aplikasi lain di ponsel ataupun laptopmu.

Beberapa fitur edit yang bisa kamu lakukan diantaranya mengubah foto menjadi vertikal atau horizontal, mengatur brightness, mengatur contrast, meningkatkan detail dan tekstur, mengubah ‘suhu’, mengatur saturation, mengatur warna, mengatur exposure, menyesuaikan fokus, menggelapkan atau menerangkan tepi foto, menambah ketajaman, hingga memberikan perspektif ruang.

Selain itu salah satu fitur penting yang ada di dalam menu edit ini adalah kamu dimungkinkan untuk melihat versi asli dari foto tersebut serta versi yang telah di edit sehingga bila kurang sreg foto tersebut tidak perlu kamu post.

Baca: Berapa ukuran foto dan video yang pas di Instagram?

Bagaimana cara menghapus ataupun mengedit posting yang telah saya keluarkan sebelumnya di Instagram?

Kalau kamu salah mengupload, atau sekiranya ingin menghapus posting yang telah dirilis kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Pertama-tama ketuk foto atau video yang ingin dihapus dari profile mu.
  2. Setelah itu ketuk ( … ) bagi pengguna iPhone atau ( ⁞ ) bagi pengguna Android di bagian atas dari posting tersebut.
  3. Lalu ketuk Hapus / Erase untuk menghapus postingan tersebut.

Adapun bagi kamu yang hanya ingin mengedit Caption atau keterangan dari postingan tersebut bisa mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama ketuk foto atau video yang ingin dihapus dari profile mu.
  2. Setelah itu ketuk ( … ) bagi pengguna iPhone atau ( ⁞ ) bagi pengguna Android di bagian atas dari posting tersebut.
  3. Lalu ketuk Edit, dan kamu akan masuk ke dalam menu editing dari foto tersebut. Kamu bisa menghapus atau bahkan mengubah Caption foto tersebut sebelumnya.

Cek juga: Cara download video dari Instagram


Pertanyaan Seputar Komentar di Instagram

Salah satu bentuk interaksi yang bisa kamu dapatkan di dalam Instagram adalah berupa komentar di setiap postingan. Nah berikut ini adalah beberapa pertanyaan mengenai komentar yang seringkali ditanyakan oleh pengguna baru Instagram.

Bagaimana cara menghapus spam atau komentar mengganggu di Instagram?

Nah bila kamu merasa ada komentar-komentar yang mengganggu, komentar spam, ataupun komentar iklan yang tidak kamu kehendaki di salah satu posting Instagram yang kamu punya maka kamu bisa menghapusnya dengan cara di bawah ini:

  1. Pertama-tama ketuk logo comment yang berada di bawah postinganmu.
  2. Setelah itu ketuk komentar yang ingin dihapus tersebut bagi pengguna Android, atau usap ke kiri komentar yang ingin dihapus bagi penguna iPhone.
  3. Setelah itu ketuk logo Hapus yang berbentuk tong sampah.

Akan tetapi bila kamu merasa terlalu banyak komentar yang mengganggu di dalam satu postingan Instagram-mu, maka kamu bisa saja mematikan kolom komentar dengan cara di bawah ini:

  1. Pertama-tama cari postingan yang ingin kamu matikan komentarnya.
  2. Setelah itu ketuk ( … ) bagi pengguna iPhone atau ( ⁞ ) bagi pengguna Android di bagian atas dari posting tersebut.
  3. Lalu pilih Nonaktifkan Komentar.

Bagaimana cara memfilter komentar yang tidak ingin saya tampilkan di profile Instagram?

Lebih jauh lagi, Instagram saat ini sebenarnya sudah cukup cerdas dan bisa melakukan filter baik secara otomatis ataupun filter kata-kata manual sesuai keinginan pengguna. Sehingga kemudian orang-orang tidak bisa komentar beberapa sesuai dengan filter tersebut.

Nah apabila ingin melakukan filter terhadap komentar orang-orang. Kamu bisa melakukan hal di bawah ini:

  1. Pertama-tama kamu bisa buka Profile Instagram milikmu dan ketuk pilihan Menu ( ≡ ) di bagian pojok atas.
  2. Setelah itu ketuk Pengaturan / Settings.
  3. Di dalam menu tersebut kamu bisa langsung memilih Privasi / Privacy dan lalu ketuk pilihan Komentar / Comment.
  4. Setelah itu kamu bisa ketuk Sembunyikan Komentar yang Menyinggung / Hide Offensive Comments untuk mematikan atau menyalakan filter komentar.
    • Bila ingin melakukan filter terhadap beberapa kata-kata khusus secara manual maka kamu bisa ketuk pilihan Filter Manual / Manual Filter.
    • Masukkan kata-kata, frasa, angka, atau bahkan emoji tertentu di kolom kotak teks yang tidak ingin muncul di kolom komentarmu.

Pertanyaan Seputar Iklan dan Bisnis di Instagram

Jujur saja, saat ini sangat banyak orang yang menggunakan Instagram sebagai media untuk berbisnis. Salah satu komponen penting saat berbisnis adalah memasang iklan, nah berikut ini adalah serba-serbi Instagram Ads yang perlu kamu ketahui.

Selain itu kami pun akan mencoba menjelaskan beberapa pertanyaan tersering yang muncul ketika seseorang memutuskan untuk menjalankan bisnis-bisnis mereka melalui platform Instagram.

Bagaimana cara menjalankan iklan di Instagram?

Iklan merupakan salah satu faktor penting yang bisa memengaruhi keberhasilan bisnis yang kamu punya. Instagram sendiri memiliki iklan yang mereka beri nama dengan Instagram Ads atau iklan Instagram Shopping.

Iklan yang seringkali kamu lihat di Instagram pada dasarnya merupakan postingan dari akun tertentu yang sengaja dipilih oleh si pemilik akun untuk diiklankan di Instagram. Nah kamu pun bisa melakukannya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tentukan konten yang ingin kamu jadikan iklan di Instagram
    • Konten yang dimaksud bisa konten yang sebelumnya telah ada di dalam Instagram milik mu. Pilhlah konten yang memiliki engagement paling tinggi.
    • Bisa pula konten baru yang dibuat secara khusus.
    • Atau menggunakan postingan gambar tunggal atau carousel.
  2. Buka Pengelola Iklan / Ads dan kemudian ketuk pilihan Buat.
  3. Setelah itu kamu bisa langsung memilih tujuan dari iklan yang ingin kamu buat tersebut:
    • Pilih brand awareness, jangakauan, interaksi postingan, klik tautan, konversi tersedia untuk format ini.
    • Pilih pemirsa, atau siapa yang kira-kira ingin kamu tampilkan.
  4. Pilih Edit Penempatan dan kamu bisa langsung pilih Beranda Instagram atau Jelajahi Instagram sebagai satu-satunya penempatan iklan.
    • Di pilihan level set iklan, pilih lah pilihan Gunakan Postingan yang Ada.
    • Setelah itu pilihlah postingan yang ingin kamu jadikan iklan
  5. Lengkapi detil iklan dan pilih Lanjutkan.

Bagaimana cara membaca insights Instagram dan menentukan pasar yang tepat?

Salah satu fitur di Instagram yang sangat kami sukai adalah insight dimana kamu bisa memanfaatkannya untuk membaca pemirsa / audience dari akun Instagram yang kamu miliki. Dari sanalah kemudian kamu bisa menentukan pasar untuk iklan dan menjual produk.

Tapi sebenarnya bagaimana sih cara membaca insights Instagram itu?

Pertama-tama kamu harus memahami apa itu Instagram Insights. Insights merupakan fitur yang diberikan oleh Instagram secara cuma-cuma mengenai perilaku user terhadap akun serta posting dari si pemilik akun.

Harapannya dari data ini kamu bisa mendapatkan:

  1. Pola interaksi yang disukai oleh followers Misalnya ketika kamu membandingkan postingan dengan jenis yang ceria dengan postingan serius, ternyata lebih banyak followers yang menyukai dan berkomentar di postingan yang lebih serius. Artinya kamu bisa menyimpulkan bahwa kebanyakan followers mu menyukai postingan semacam itu.
  2. Demografi dan lokasi followers dan orang-orang yang berinteraksi dengan akunmu. Insights akan memberikan mulai dari jenis kelamin, usia, dan lokasi tempat orang mengakses akun, profile, hingga postingan di akunmu.
  3. Menilai langkah selanjutnya dari followers atau users Misalnya berapa banyak yang setelahnya keluar dari akunmu, klik website yang kamu berikan, atau malah mencari posting yang lain.
  4. Mendapatkan informasi mengenai salah satu postingan, darimana mereka menemukan postinganmu?
    • Bisa dari home, dari profile, dari explore, ataupun klik langsung yang biasanya ditandai dengan from other.
    • Selain itu kamu juga biasanya akan diberitahu secara spesifik berapa jumlah users yang membuka posting tersebut, dengan berapa jumlah nya dalam persentase yang tidak mengikutimu.

Dari seluruh data yang sangat lengkap ini seharusnya kamu bisa membaca kira-kira target pasarmu seperti apa. Setelah itu kamu bisa menentukan langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan akun Instagram yang kamu punya.


Pertanyaan Seputar Masalah Login

Nah salah satu jenis pertanyaan yang juga seringkali dipertanyakan oleh para pengguna Instagram adalah seputar masalah yang ditemukan ketika login. Apalagi bila mengakibatkan mereka kesulitan login.

Bagaimana bila lupa kata sandi Instagram?

Lupa kata sandi merupakan hal yang sangat wajar, apalagi bila kamu memang memiliki banyak akun sekaligus. Nah ada beberapa langkah penting yang bisa kamu lakukan apabila kamu mengalami lupa kata sandi atau password Instagram:

  1. Melakukan reset dengan email, nomor telepon, ataupun akun Facebook:
    • Bagi pengguna Android, ketuk pilihan Dapatkan bantuan login, lalu pilihlah Gunakan Nama Pengguna atau Email, Kirim SMS, atau Login dengan Facebook. Bila sudah memilih salah satu cukup masukkan informasi yang kamu punya dan tinggal ikuti saja petunjuk di layar.
    • Adapun kamu yang menggunakan iPhone ketuk pilihan Lupa Kata Sandi. Lalu kamu bisa langsung ketuk Nama Pengguna atau Telepon, masukkan informasi yang diminta dan ketuk Berikutnya.

Apabila kemudian kamu memilih email namun tidak menerima email recovery kata sandi dari Instagram maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan:

  1. Cobalah untuk memeriksa email dari Instagram di dalam folder Spam.
  2. Cobalah untuk mengirimkan email recovery untuk kedua kalinya.
  3. Apabila masih belum menemukannya maka kamu bisa mencari di bagian Search Bar dengan kata kunci ‘Instagram’ dan carilah email yang sesuai.
  4. Apabila masih tidak menemukannya kamu bisa melakukan cara lain, misalnya menggunakan nomor telepon ataupun via akun Facebook.

Setelah menerima email recovery untuk mengganti password akun Instagram tersebut, kamu bisa langsung klik email tersebut. Nah tapi ada kemungkinan kamu tidak bisa me-reset akunmu dengan email tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

  1. Pastikan bahwa kamu benar melakukan recovery melalui email, dan akun yang dimaksud sudah benar.
  2. Lakukan langkah diatas sekali lagi, karena mungkin email yang sebelumnya tersebut sudah kadaluwarsa.

Cek juga: Bagaimana cara hapus akun instagram permanen?

Bagaimana bila akun Instagram saya diretas?

Salah satu kemungkinan terburuk yang bisa dialami oleh seseorang di Instagram adalah peretasan akun. Apalagi bila akun tersebut memiliki banyak pengikut dengan value akun yang sangat tinggi.

Untuk masalah yang satu ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, tentunya bila kamu benar-benar yakin bahwa akun Instagram yang kamu punya benar-benar diretas. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama pastikan bahwa Instagram mengirim email yang berisi bahwa alamat email terah diubah. Biasanya para peretas akan mengubah email yang terdaftar terlebih dahulu untuk meretas akun.
    • Kamu bisa melakukan undo atau mengembalikan perubahan ini agar alamat email tidak diubah.
    • Sayangnya tentu bila email yang kamu punya juga diretas, langkah ini menjadi tidak bisa dikerjakan.
  2. Bila langkah pertama sudah tidak bisa dilakukan, langkah kedua adalah dengan menggunakan ponselmu.
    • Pertama masuk ke layar Login dan ketuklah pilihan Lupa kata sandi? bila menggunakan iOS ataupun dapatkan bantuan login bila kamu menggunakan Android.
    • Setelah itu pilih nomor telepon untuk dikirimi tautan login, dan ketuk Berikutnya.
    • Ikuti petunjuk yang ada di layar.
  3. Bila sudah melakukan langkah-langkah di atas, salah satu langkah penting yang harus kamu lakukan adalah melaporkan akun tersebut. Caranya adalah sebagai berikut ini:
    • Pertama masuk ke layar Login dan ketuklah pilihan Lupa kata sandi? bila menggunakan iOS ataupun dapatkan bantuan login bila kamu menggunakan Android.
    • Masukkan username, email, atau nomor telepon dan lalu ketuk pilihan berikutnya.
    • Setelah itu kamu bisa langsung klik Perlu bantuan lain?
    • Ikutilah seluruh petunjuk yang diberikan oleh Instagram di layar ponselmu.
  4. Nantinya pihak Instagram akan melakukan verifikasi identitas dengan beberapa langkah:
    • Kamu akan diminta untuk melakukan foto diri sambil memegang kertas yang berisi kode yan dikirimkan pihak Instagram.
    • Bila tidak bisa, pihak Instagram akan meminta alamat email atau nomor ponsel yang digunakan untuk mendaftar beserta jenis perangkat yang kamu gunakan untuk mendaftar.

Peretasan memang merupakan salah satu momok yang sangat ditakuti oleh orang-orang yang menggunakan media sosial. Entah bagi orang-orang yang hanya menggunakan untuk pribadi, untuk berjualan, atau malah bagi selebgram.

Peretasan akun bisa dialami oleh siapa saja, dan biasanya dari satu akun yang diretas seringkali si peretas akan mendapatkan banyak informasi berharga yang kemudian akan digunakan untuk meretas akun-akun lainnya.

Oleh karena itulah saran kami, agar kamu selalu mengubah kata sandi atau password dari akun Instagram yang kamu punya secara berkala. Selain itu jangan pernah menggunakan satu kata sandi yang sama untuk seluruh akun media sosial yang kamu punya, dan jangan pernah menaruh informasi seputar kartu kredit yang kamu punya di dalam akunmu meski di-private.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x