Pertanyaan Umum Seputar Facebook (FAQ)

Siapa sih yang tidak kenal Facebook? Media sosial yang dibangun oleh Mark Zuckerberg ini sukses menjadi salah satu platform dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia saat ini, termasuk di Indonesia.

Selain itu semakin hari pengguna Facebook pun semakin banyak, apakah itu untuk akun pribadi, akun korporasi, atau bahkan menggunakan Facebook sebagi salah satu media untuk berbisnis dan berjualan. Nyaris segala hal bisa kamu jual melalui akun Facebookmu saat ini.

Oleh karena itulah ada sangat banyak pengguna baru setiap harinya, dan mungkin kamu salah satunya. Nah bagi kamu yang masih baru dan masih banyak bingung mengenai Facebook, kami telah merangkum pertanyaan umum seputar Facebook yang paling populer.

Hal pertama yang harus kamu ketahui tentu saja pertanyaan-pertanyaan seputar login, akun, serta profile Facebook yang kamu punya. Berikut beberapa pertanyaan populer yang harus kamu ketahui.

Cek juga: Pertanyaan seputar instagram yang harus kamu ketahui


Apa yang Harus Dilakukan Kalau Tidak Bisa Login?

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan kalau mendadak tidak bisa login ke dalam akun Facebook yang kamu punya:

  1. Pertama lakukanlah recovery akun Facebook dengan cara membuka link www.facebook.com/login/identify dan ikuti petunjuk yang ada di sana.
    • Sebisa mungkin gunakan perangkat yang sama, yang sebelumnya pernah login ke dalam akun Facebook mu tersebut.
    • Nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email yang masih aktif ataupun nomor telepon yang kamu gunakan untuk mendaftarkan akun Facebookmu tersebut.
    • Kalau ada indikasi peretasan, kamu bisa meminta tolong temanmu untuk membuka profil akun yang kamu punya dan membuka bagian Tentang / About di profilmu. Kalau alamat email ataupun nomor ponsel sudah terganti, artinya akunmu diretas dan kamu bisa memberi tahu pihak Facebook.
  2. Carilah akun Facebook yang ingin kamu pulihkan tersebut. Untuk melakukan pencarian akun, bisa berdasarkan nama akun, alamat email yang digunakan akun yang hilang tersebut, ataupun dengan menggunakan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftarkan akun tersebut.
    • Kalau tidak menemukan nama pengguna milikmu, kamu bisa meminta tolong kepada temanmu dan mencarinya secara manual. Atau langsung membuka profilmu dengan menggunakan URL yang telah dipersonalisasi.
    • Ini agak tricky, apalagi kalau ada indikasi serangan cyber alias peretasan. Kamu harus bersabar untuk mencari akunmu. Selama si peretas tidak memutuskan hubungan dengan akun temanmu tersebut, seharusnya kamu bisa mencari akunmu.
  3. Setelah itu cukup mengikuti langkah-langkah recovery yang diminta oleh pihak Facebook.

Kalau langkah-langkah di atas masih belum bisa memulihkan akunmu tersebut, kamu bisa melakukan pemulihan akun dengan menggunakan akun orang lain yang kamu kenal. Lakukanlah langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk dengan menggunakan akun lain yang bertautan dengan akunmu di Facebook. Misalnya dengan menggunakan akun teman atau anggota keluargamu.
  2. Gunakan laptopmu atau PC, masuklah ke dalam profil akunmu yang tidak bisa login tersebut.
  3. Klik tombol (…) yang berada di bawah foto profil dari akunmu tersebut.
  4. Kemudian pilihlah pilihan Cari dukungan atau laporkan profile.
  5. Setelah itu klik pilihan Hal Lain, klik Berikutnya.
  6. Setelah itu kamu bisa memilih Pulihkan akun ini.
  7. Nantinya Facebook akan memberikan kamu beberapa instruksi yang bisa kamu lakukan untuk melakukan recovery atau pemulihan akun tersebut. Cukup ikuti instruksi tersebut.

Bagaimana kalau akun saya diretas oleh orang lain?

Kemungkinan terburuk yang bisa dipikirkan kalau kamu tidak bisa melakukan login dan telah melakukan berbagai cara untuk masuk ke dalam akun tersebut, dan tetap tidak bisa, adalah akunmu diretas.

Kalau kamu benar-benar yakin bahwa akunmu diretas kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pastikan bahwa akun Facebook yang kamu punya benar-benar diretas. Ada beberapa indikasi yang bisa menunjukkan bahwa akun yang kamu punya diretas, berikut diantaranya:
    • Ada perubahan email ataupun kata sandi, yang tidak kamu ingat.
    • Ada perubahan nama ataupun tanggal lahir ketika kamu membuka profile akunmu menggunakan akun temanmu atau akun keluargamu.
    • Ada permintaan pertemanan yang tidak kamu kehendaki dan terlihat teman-teman yang berubah ketika kamu membuka profile akunmu menggunakan akun temanmu atau akun keluargamu.
    • Mengirim pesan-pesan, yang kadang berisi penipuan kepada temanmu.
    • Terdapat postingan yang tidak kamu buat dan terlihat ketika kamu membuka profile akunmu menggunakan akun temanmu atau akun keluargamu.
  2. Kalau seluruh atau salah satu indikasi di atas terpenuhi maka sangat besar kemungkinan akun yang kamu punya telah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
    • Untuk menindaklanjutinya kamu bisa masuk ke link yang telah disediakan Facebook secara khusus di https://www.facebook.com/hacked.
    • Setelah itu kamu cukup mengikuti perintah yang ada di sana.

Baca: Kaitan erat media sosial dan cyber bullying


Bagaimana agar akun saya terjaga keamanannya?

Sebenarnya pihak Facebook sendiri telah memberlakukan beberapa lapis pengamanan yang tidak memungkinkan akunmu diretas dengan begitu mudahnya. Tapi biar bagaimanapun tetap saja ada celah-celah kemanan yang bisa diakses oleh para peretas.

Berikut ini adalah beberapa tips agar akun Facebook mu tetap terjaga keamanannya.

Melindungi kata sandi – salah satu tips yang paling jelas tentu saja untuk selalu melindungi kata sandi dari akun Facebookmu. Diantaranya adalah dengan menggunakan kata sandi yang sulit ditebak dan menggunakan kombinasi angka, huruf, dan mungkin simbol.

Selain itu jangan pernah memberikan kata sandi Facebook yang kamu punya secara cuma-cuma kepada orang lain, serta jangan pernah menggunakan kata sandi Facebook yang sama dengan kata sandi di situs atau media sosialmu yang lain.

Hati-hati penipuan login – salah satu modus pencurian sandi yang paling sering dilakukan adalah dengan memanfaatkan website palsu yang memiliki tampilan serupa dengan Facebook dan kemudian memintamu untuk melakukan login menggunakan email Facebook lengkap dengan kata sandinya.

Untuk yang satu ini sih memang kamu sendiri yang harus teliti, karena seringkali para penipu menggunakan URL ataupun alamat situs yang mirip dengan www.facebook.com sehingga orang bisa terkecoh, semisal www.facebook.id, www.faceboook.com, dan sebagainya.

Selain itu ada pula modus penipuan berupa pesan-pesan via e-mail yang entah mengapa mengharuskan kamu untuk memasukkan nama akun Facebook dan kata sandi dari akunmu tersebut.

Percayalah, tidak mungkin Facebook meminta kata sandi selain ketika kamu melakukan login dari laman email Facebook tersebut. Intinya hal-hal semacam ini adalah phising dan pahami secara jelas berbagai modusnya sehingga kamu bisa terhindar.

Jangan lupa logout – salah satu hal sepele yang menyebabkan tercurinya akun Facebook adalah lupa melakukan logout setelah login akun Facebook dengan menggunakan perangkat milik orang lain, seperti milik teman misalnya.

Nah kadang-kadang bisa saja perangkat tersebut dipinjam kembali kepada orang lain dan secara tidak sengaja mereka menemukan akun Facebookmu tidak di logout. Kalau ada niat jahat tentu saja mereka bisa dengan mudah mencuri akun tersebut.

Software pencuri – di era saat ini sangat banyak modus-modus pencurian akun dengan menggunakan perangkat lunak ataupun software yang biasa dikenal oleh orang-orang awam sebagai virus, spyware, dan sebagainya.

Sebisa mungkin lindungi laptop dan perangkat yang kamu gunakan untuk melakukan login ke dalam Facebook, dengan antivirus yang juga saat ini sudah banyak tersedia di luar sana. Mulai dari yang berbayar dengan harga mahal hingga yang gratis.

Memanfaatkan fitur two factor authentification nah salah satu fitur yang menurut kami sangat bermanfaat yang diluncurkan oleh Facebook dan berbagai macam media sosial di era sekarang adalah fitur two factor authentification.

Dengan melakukan aktivasi fitur two factor authentification, setiap kali ada orang yang mencoba login dengan menggunakan perangkat yang sebelumnya tidak pernah digunakan untuk login akun tersebut, kamu akan diminta konfirmasi.

Adapun cara untuk mengaktivasi fitur two factor authentification adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama kamu bisa langsung membuka menu Pengaturan Keamanan dan Login di dalam profile Facebook yang kamu miliki.
  2. Lalu carilah pilihan Gunakan autentikasi dua faktor dan lalu kamu bisa klik pilihan Edit.
  3. Setelah itu kamu bisa memilih metode keamanan sesuai dengan kehendakmu.
    • Kamu bisa menggunakan kode SMS yang bisa dikirimkan setiap kali ada aktivitas login yang mencurigakan ke akun Facebookmu.
    • Kamu juga bisa memanfaatkan kode login dengan menggunakan aplikasi autentikasi third party yang sesuai dengan standar Facebook.
  4. Setiap kali ada aktivitas yang mencurigakan kamu akan diberikan pilihan, diantaranya:
    • Menyetujui percobaan login dengan perangkat tesebut, dan kemudian menggunakan salah satu kode pemulihan yang kamu miliki.
    • Tidak menyetujui percobaan login tersebut.

Baca: Cara mengenal dan mengatasi penipuan di dating online


Bagaimana cara meminta verified badge di akun Facebook?

Pertanyaan yang juga cukup sering ditanyakan adalah mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan verified badge  alias centang biru di samping nama akun ataupun profile Facebook yang kamu miliki.

Langkah pertama adalah untuk memenuhi beberapa kriteria yang diminta oleh Facebook. Adapun beberapa kriteria yang diminta oleh Facebook agar bisa mendapatkan centang biru adalah sebagai berikut ini:

  • Orisinil atau Otentik, dimana akun Facebook yang kamu punya tersebut haruslah mewakili orang, bisnis, ataupun entitas lainnya yang terdaftar secara legal. Beberapa entitas yang legal misalnya berbentuk organisasi non profit hingga yayasan.
  • Unik, dimana akun Facebook yang kamu punya tersebut benar-benar hanya ada satu dan benar-benar mewakili satu entitas yang diverifikasi. Beberapa akun yang mewakili komunitas yang cukup umum atau mencakup minat tertentu tidak bisa diverifikasi oleh Facebook, misalnya akun “Meme Kocak” dan sebagainya.
  • Lengkap, untuk bisa diverifikasi kamu harus bisa melengkapi seluruh informasi yang diminta mulai dari About, Profile Picture, serta minimal memiliki setidaknya satu buah postingan.
  • Asli, selain itu perhatikan pula bahwa akun palsu jelas tidak bisa diverifikasi oleh Facebook. Lebih jauh lagi bahkan ketika akunmu sudah terverifikasi dan Facebook mendapatimu melakukan pemalsuan, maka lencana verifikasi tersebut bisa dicabut oleh Facebook.

Nah setelah itu kembangkanlah akunmu secara organik sehingga kemudian bisa memiliki teman dan jaringan yang sangat luas. Dengan cara itulah perlahan akunmu nantinya bisa mendapatkan verifikasi oleh Facebook.

Adapun saat ini kamu tidak bisa secara khusus meminta verifikasi oleh Facebook, dan berhati-hatilah terhadap penipuan yang meminta bayaran agar akun yang kamu miliki diverifikasi oleh Facebook.

Salah satu hal yang juga sering dianggap mengganggu oleh para pengguna Facebook adalah notifikasi yang seringkali masuk. Ada beberapa orang yang menganggap hal tersebut cukup mengganggu. Ini dia beberapa pertanyaan seputar notifikasi.


Bagaimana cara menonaktifkan notifikasi otomatis?

Untuk melakukuan penyesuaian terhadap notifikasi otomatis, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pertama kamu bisa memilih Menu ataupun ketuk (≡) yang berada di atas layar, dan lalu kamu bisa pilih Pengaturan dan Privasi.
  2. Di dalam menu tersebut, kamu bisa langsung memilih pilihan Pengaturan.
  3. Setelah itu kamu bisa memilih Pengaturan Notifikasi.
    • Di dalam sana kamu bisa memilih cara untuk mendapatkan notifikasi serta bagaimana cara kamu mendapatkan notifikasi.

Namun secara umum ada beberapa notifikasi dasar yang bisa kamu terima di berbagai perangkat yang kamu gunakan untuk Facebook:

  • Notifikasi utama yang paling mungkin kamu dapatkan adalah pesan di chat dari orang yang berteman denganmu di Facebook.
  • Permintaan berteman oleh seseorang yang tahu akun Facebookmu.

Adapun beberapa pesan yang dianggap spam secara otomatis akan dikeluarkan dari notifikasi Facebook di perangkatmu. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan terganggu oleh pesan-pesan yang mengganggu.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Facebook merupakan salah satu media promosi yang sangat efektif. Oleh karena itulah seringkali bermunculan iklan-iklan yang, menariknya seringkali sesuai dengan minatmu di saat yang bersamaan.


Bagaimana cara kerja iklan di Facebook?

Salah satu cara kerja iklan di Facebook sebenarnya mirip dengan bagaimana Google Ads bekerja. Misalnya di saat yang sama kamu ingin mencari sepeda baru dan kemudian kamu mulai mencari sepeda di laptop dan ponselmu, maka Facebook akan membaca itu.

Setelah itu algoritma mereka akan berfikir kalau kamu sedang tertarik dengan sepeda, sehingga kemudian menampilkan berbagai iklan yang menarik mengenai sepeda ataupun hal-hal yang berhubungan dengan sepeda kepada kamu.


Bagaimana cara mengontrol iklan di Facebook?

Iklan memang merupakan salah satu hal yang cukup esensial di Facebook. Akan tetapi kamu selalu bisa mengatur iklan tersebut, apalagi kalau iklan tersebut dirasa mengganggu. Karena menurut Facebook pun, mereka selalu menaati aturan mengenai periklanan yang ada di belahan dunia manapun.

Mudahnya kalau kamu merasa terganggu dengan iklan-iklan yang masuk di dalam Facebook, kamu bisa langsung mengaturnya melalui menu preferensi iklan yang ada di dalam Facebook, yakni menggunakan link https://www.facebook.com/ads/preferences/edit/.

Selain itu kamu selalu bisa langsung klik (X) di pojok kanan atas iklan yang tidak ingin kamu lihat. Setelah itu kamu cukup klik pilihan Saya tidak ingin melihat ini dan kemudian iklan yang sama tidak akan muncul lagi.

Sayangnya kamu tidak akan pernah bisa melakukan blokir terhadap seluruh iklan yang ada di dalam Facebook, dan kamu hanya bisa menyesuaikannya. Karena iklan-iklan inilah yang membuat Facebook tetap bisa beroperasi dengan gratis.

Nah kali ini kami akan masuk ke bagian yang barangkali cukup dicari-cari oleh orang, yakni mengenai Facebook Business Manager. Apakah itu sebenarnya, bagaimana cara mengaktivasinya, dan bagaiman mengelolanya?


Apakah itu Facebook Business Manager?

Facebook Business Manager pada dasarnya merupakan salah satu fitur pengelolaan bisnis yang dimiliki oleh Facebook yang bisa membantumu mengatur serta mengelola manajemen bisnis yang sedang kamu jalani.

Untuk bisa membuat akun pengelola bisnis Facebook, tentunya kamu harus memiliki akun Facebook pribadi. Karena nantinya akun inilah yang akan bisa digunakan untuk melakukan login ke akun bisnismu.


Bagaimana cara membuat Facebook Business Manager?

Adapun langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat akun pengelola bisnis Facebook adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama kamu harus memiliki akun Facebook pribadi.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung membuka tautan Facebook Bisnis di www.business.facebook.com/overview.
  3. Kemudian kamu bisa pilih pilihan Buat Akun.
  4. Setelah itu putuskanlah nama bisnis, nama pribadimu, serta email konfidensial ataupun alamat email kantor yang ingin kamu gunakan sebagai email di akun Facebook bisnis tersebut.
  5. Klik Berikutnya.
  6. Setelah itu Facebook akan meminta beberapa detil terkait bisnis yang kamu jalankan, isilah dengan jujur. Setelah itu kamu bisa klik Kirim.

Setelah itu ada beberapa pengaturan khusus yang dimiliki Facebook Business Manager, diantaranya adalah login bersama. Adapun cara untuk mengatur login bersama adalah sebagai berikut ini:

  1. Bukalah halaman bisnis Facebook yang telah kamu buat sebelumnya.
  2. Kemudian kamu bisa memilih Pengaturan di menu bar sebelah kanan.
  3. Setelah itu kamu cukup memilih Login Bersama  dan kemudian kamu cukup memasukkan email serta sandi dari orang yang ingin kamu masukkan untuk login bersama.
  4. Setelah itu klik pilihan Tambahkan Masuk Bersama.

Selain itu salah satu fitur yang menurut kami cukup menarik di dalam Facebook Business Manager adalah fitur Manajer yang stratanya memang lebih tinggi, sesuai dengan struktur organisasi sebenarnya di perusahaanmu.

Adapun cara yang bisa dilakukan oleh admin untuk menambahkan manajer di Facebook Business Manager adalah sebagai berikut ini:

  1. Pertama kamu bisa membuka halaman bisnis Facebook yang telah dibuat sebelumnya tersebut.
  2. Setelah itu kamu bisa langsung klik pengaturan yang berada di atas.
  3. Di menu bar yang berada di sebelah kiri, klik pilihan Orang, lalu klik pilihan Tambahkan Orang Baru.
  4. Nah masukkan alamat email yang ingin dijadikan manajer, dan jangan lupa untuk memilih pilihan Tambahkan Sebagai Pengurus Pengelola Bisnis.

Secara umum ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pengurus dan tidak bisa dilakukan karyawan, diantarnya adalah mengubah pengaturan, mengambah atau menghapus karyawan, mengelola izin karyawan, dan mengelola akun iklan.


Apakah manfaat menggunakan Facebook Business Manager?

Facebook meluncurkan fitur ini bukan tanpa alasan, dan percayalah ada banyak orang yang mendapatkan manfaat dari sini. Beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan kalau menggunakan fitur ini diantaranya adalah sebgai berikut ini:

  • Pengelolaan media sosial bisnis yang jauh lebih praktis karena kamu bisa mengelola akun Facebook, Instagram, serta terkait iklan hanya dari satu dashboard ataupun satu akses saja.
  • Bisa memberikan tingkat akses (permission) yang berbeda-beda kepada akun yang berbeda-beda berdasarkan manajemen bisnis.
  • Akun bisnis Facebook juga akan terkait dengan akun sumber dana yang nantinya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan pembayaran.

Intinya sih keuntungan yang paling bisa kamu rasakan kalau memanfaatkan fitur ini di Facebook adalah kepraktisan penuh. Karena di era digital seperti sekarang ini media sosial untuk berbisnis nampaknya adalah hal yang penting dan esensial.

Sayangnya tidak semua perusahaan cakap di dalam bermedia sosial, dan seringkali justru menyewa jasa konsultan media sosial yang tidak murah. Adapun kamu yang masih memulai bisnis, ataupun sedang bertumbuh bisa belajar menggunakan fitur dari Facebook ini.

Harapannya tentu saja pengelolaan media sosial bisnis yang akan lebih optimal dan bisa menjadi lebih maksimal hasilnya.


Fitur apa saja yang dimiliki oleh Facebook Business Manager?

Ada beberapa fitur penting yang perlu kamu ketahui sehingga bisa memilih Facebook Business Manager ini, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Fitur Pengelolaan Bisnis, beberapa fitur pengelolaan bisnis yang berbeda dengan fitur pada akun personal menurut kami cukup bermanfaat. Berikut adalah diantaranya:
    • Kamu bisa menjalankan serta melacak campaign iklan dari produk yang kamu miliki.
    • Kamu bisa melakukan pengelolaan aset mulai dari halaman serta akun iklan yang dimiliki oleh perusahaanmu.
    • Kamu  bisa menambahkan partner marketing ataupun agency yang sengaja kamu hire untuk membantu perusahaanmu mengelola bisnismu.
    • Selain itu dengan memiliki akun ini kamu bisa memisahkan kehidupan kerja serta ruang pribadimu. Karena orang yang kamu kenal sekalipun tidak bisa melihatmu disini, kecuali terhubung dengan akun bisnismu.
  2. Fitur akun pengelola bisnis, ada beberapa jenis akun yang harus kamu ketahui yang bisa kamu kelola dengan menggunakan Facebook Business Manager. Berikut ini adalah diantaranya:
    • Akun Iklan, akun Instagram, akun WhatsApp, Lini Bisnis, Akun dagang lainnya.
    • Aplikasi terkait.
    • Grup aset bisnis.
  3. Sumber data, nah salah satu fitur yang menurut kami paling bermanfaat di dalam Facebook Business Manager adalah ini. Karena kamu bisa mendapatkan berbagai macam insight mengenai Market Behaviour yang kemudian bisa membantumu dan perusahaanmu untuk mengambil langkah strategis di dalam berbisnis.
  4. Akun yang memiliki keamanan lebih.
    • Autentifikasi dua faktor.
    • Akses akun yang bisa dikelola secara lebih rapi.
    • Akses admin yang bisa diatur.
    • Melakukan pemeriksaan status verifikasi bisnis serta melihat informasi mengenai bisnis yang kamu jalankan.
  5. Creator Studio, satu lagi fitur di Facebook yang sangat bermanfaat yakni fitur Creator Studio.
    • Dengan menggunakan fitur ini kamu bisa membuat, menerbitkan, dan mengelola konten serta interaksi di semua media sosial yang terhubung dengan Facebook Business Manager.
    • Selain itu kamu bisa memantau insight video atau konten-konten yang kamu buat sehingga bisa mengambil langkah-langkah selanjutnya.
    • Terakhir dengan melakukan manajemen konten yang lebih rapi menggunakan Creator Studio diharapkan kamu bisa menghasilkan uang jauh lebih banyak dengan monetisasi konten.
    • Untuk bisa memulainya kamu bisa langsung klik tautan dari Facebook Creator Studio ini https://business.facebook.com/creatorstudio/.

Apakah saya bisa mendapatkan uang dari Facebook?

Jawabannya adalah bisa, yakni dengan cara memonetisasi konten yang ada di dalam Facebook. Namun memang ada banyak sekali hal yang perlu kamu ketahui untuk memonetisasi konten yang berada di Facebook. Kami akan coba bahas secara simpel.

Pertama-tama kamu harus memahami bahwa halaman serta akun-akun yang rajin mengeluarkan konten dengan audience yang sangat besar merupakan salah satu bagian penting Facebook, yang membuat Facebook tetap hidup serta menambah value perusahaan.

Nah Facebook kemudian membuat fitur monetisasi dimana individu ataupun organisasi dan perusahaan yang sukses membuat konten-konten semacam ini mendapatkan pendapatan yang bisa dibilang lumayan dan tentu berkelanjutan.

Cara monetisasi Facebook – adapun beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan uang dari Facebook adalah melalui Iklan In-Stream, memanfaatkan langganan dari fans (subscribe), kerjasama dengan produk, serta membuat grup langganan berbayar.

Iklan In-stream merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan uang, yakni dengan menaruh iklan pendek baik sebelum mulai video, di tengah video, hingga di akhir video yang kamu buat.

Nantinya berdasarkan siapa yang melakukan iklan serta jumlah tayangan iklan akan dikalkulasi berapa penghasilan yang bisa diberikan kepadamu sebagai pembuat konten. Kira-kira mirip Adsense yang kesohor di Youtube.

Nah adapun video yang cocok mendapatkan penghasilan dari iklan In-Stream ini misalnya adalah video-video dengan durasi yang cukup panjang, serta dengan konten-konten khusus yang cocok dan sesuai dengan produk pengiklan.

Akan tetapi ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi kalau ingin menaruh iklan-iklan di konten yang kamu punya, diantaranya:

  • Melakukan penerbitan video langsung dari Halaman dan bukan dari Profile.
  • Memenuhi seluruh kebijakan monetisasi partner Facebook yang bisa kamu baca langsung di https://www.facebook.com/business/help/169845596919485?id=2520940424820218.
  • Memiliki setidaknya 30.000 kali tayang selama 1 menit minimal, pada video yang minimal berdurasi 3 menit.
  • Memiliki setidaknya 10.000 followers di Halaman yang kamu buat.
  • Terdaftar di negara yang disupport.
  • Durasi video minimal 3 menit.

Kalau merasa mendapatkan uang dari iklan In-Stream masih terlalu susah untukmu, maka kamu bisa menambahkan langganan yang berbayar ke Halaman yang kamu buat. Namun pastikan kamu memang memiliki pengikut yang loyal, percuma membuat konten berbayar kalau tidak memiliki pengikut yang loyal bukan?

Selain itu kamu juga bisa melakukan kerjasama dengan produk-produk ternama alias endorsement. Hal ini tidak dilarang oleh Facebook, namun memang kamu tentu harus terkenal dan memiliki nama terlebih dahulu.

Kalau sudah mencapai titik inilah baru akan banyak berdatangan endorsement yang menurut kami juga bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Tapi tentu untuk mencapai kesana kamu membutuhkan waktu yang lama.

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia dengan lebih dari 4 tahun pengalaman di dunia content marketing.

guest
1 Komentar
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
lissa
lissa
30 hari yang lalu

kebanyakan nyepam isinya orang promosi berdagang semua gk ky twitter

1
0
Tulis komentar.... Bebas!x