Apa itu URL?

Apakah URL sama dengan domain? Cukup mengejutkan, jawabannya tidak. Masih banyak yang tertukar antara URL, domain, dan alamat situs, sehingga bisa dipahami kenapa hanya sedikit orang yang tahu apa itu URL sebenarnya.

URL adalah singkatan Uniform Resource Locator, yaitu seperti alamat lengkap suatu file atau direktori di sebuah jaringan komputer. Domain adalah bagian dari URL.

Supaya lebih paham, lihat ilustrasi dibawah:

Domain dan URL

Seperti dijelaskan di artikel penjelasan domain, setiap komputer di jaringan internet memiliki alamat IP yang berbeda. Alamat IP ini digunakan komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Namun manusia akan kesulitan menghafalnya, oleh karena itu domain berperan sebagai ‘nama panggilan’ untuk setiap alamat IP tersebut.

Bagian-Bagian URL

URL terdiri dari 2 bagian, yaitu Protocol Identifier dan Resource Name.

  • Protocol Identifier menunjukkan protokol apa yang digunakan. Biasanya di internet ada 2 protokol yang populer, HTTP dan HTTPS. Protokol ini dipisahkan dari Resource Name dengan titik dua + 2 garis miring.
  • Resource Name adalah lokasi file atau halaman tujuan. Di kolom URL browser, Resource Name dimulai setelah dua garis miring.

Ambil contoh satu URL dibawah:

https://kutanam.com

Dari contoh diatas, protokolnya adalah HTTPS, dan resource nya kutanam.com

Fungsi URL

Fungsi URL yang pertama adalah mengidentifikasi lokasi suatu file di jaringan. Namun kegunaan yang tak kalah penting adalah mengarahkan user ke lokasi tersebut hanya dengan satu klik, alias menggunakan hyperlink.

Hyperlink adalah tulisan, gambar, atau media apapun yang bisa anda klik dan mengarahkan ke URL berbeda.

Aturan Penulisan URL

Penulisan URL tidak bisa sembarangan, ada yang namanya URL Syntax Rule. Hanya huruf, angka, dan karakter ( ) ! $ – ‘ _ * + . yang diizinkan dalam URL. Penulisan karakter selain barusan harus diterjemahkan menjadi kode agar dapat dipahami komputer. Spasi juga tidak diperbolehkan didalam URL.

Selain itu, anda mungkin sering menjumpai URL seperti ini:

https://www.google.com/search?q=ruanglaptop

Tanda tanya pada URL diatas memerintahkan Google untuk menjalankan sebuah skrip, dalam kasus ini skrip pencarian. Bagian “q=” sering digunakan oleh website untuk menandakan input ke skrip, dalam kasus ini berarti menginput ruanglaptop ke skrip pencarian, yang artinya Google akan melakukan pencarian “ruanglaptop” di situsnya.

Itulah penjelasan singkat dan super padat mengenai URL. Semoga kita semua semakin pintar, dan tetap semangat!

Penting: Cara cek IP address di laptop dan hp

0 0 vote
Article Rating

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments