Review Samsung Galaxy Buds Live: Pesaing AirPods

Apple nampaknya sekali lagi sukses menjadi trendsetter setelah kemunculan Air Pods beberapa tahun lalu. Seolah latah, banyak brand-brand ponsel ternama kemudian mengikuti jejak Apple mengeluarkan produk earbuds berbasis Bluetooth nirkabel serupa dengan Air Pods.

Mulai dari yang harganya murah hingga yang cukup mahal saat ini bisa kamu temukan di toko-toko online. Nah kali ini kami akan membahas salah satu yang terbaik yang bisa kamu dapatkan di pasaran, yakni Samsung Galaxy Buds Live.

Bahkan tidak berlebihan kalau kami bilang Samsung lagi-lagi memenangkan pertarungan antar gadget dengan mengeluarkan Samsung Galaxy Buds Live ini. Bahkan saat pertama kali diluncurkan beragam komentar positif langsung bermunculan.

Tapi apakah Samsung Galaxy Buds Live ini benar-benar worth it untuk dibeli?


Overview

samsung galaxy buds live kuping

  • Usia Baterai: 5,5 jam / 20 jam dengan case (Active Noise Cancellation/ ANC + Bixby); 6 jam / 21 jam (ANC); 8 jam / 29 jam (ANC dan Bixby off)
  • Kompatibilitas: Android 5,0 ke atas atau pengguna iPhone 7 ke atas
  • Sertifikasi: IPX2 Water Resistance
  • Ukuran Earbuds: 16,5 mm x 27,3 mm x 14,9 mm
  • Ukuran Casing: 50 mm x 50,2 mm x 27,8 mm
  • Bobot Earbuds: 5,6 g
  • Bobot Casing: 42,2 g
  • Harga: Rp 1.600.000,-

Salah satu earbud nirkabel terbaik yang bisa kamu beli sudah hadir! Samsung nampaknya sangat serius menggarap proyek yang satu ini. Mulai dari desain yang berbeda dari Air Pods dan kebanyakan earbud nirkabel, hingga beragam fitur yang ada.

Salah satu yang paling kami apresiasi adalah fitur Active Noise Cancellation (ANC) yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah bahkan dari sebuah Apple Air Pods Pro. Perbedaan harganya pun bisa mencapai 1 juta rupiah.

Meski demikian tentu saja perbedaan harga ini pun mencermikan perbedaan kualitas yang dimiliki. ANC yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Buds Live boleh dikatakan masih kalah bila dibandingkan dengan ANC yang dimiliki oleh Apple atau bahkan Sony.

Akan tetapi dari segi price to performance, menurut kami Samsung Galaxy Buds Live merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu pilih setidaknya untuk saat ini, sampai mungkin nanti muncul pesaing-pesaing baru.

Berbeda dengan beberapa pabrikan yang mengeluarkan earbuds nirkabel yang cenderung colorful dan memiliki kesan ceria, alih-alih Samsung justru mengeluarkan earbuds dengan kesan premium dengan warna-warna elegan.

Baca: Rekomendasi smartphone 3 jutaan terbaik


Harga dan Ketersediaan

samsung galaxy buds live tokopedia

Dirilis pertama kali tanggal 6 Agustus, Samsung Galaxy Buds Live saat ini sudah bisa kamu nikmati dengan mudahnya. Tentu saja dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan kebanyakan earbuds yang tersedia di pasaran.

Harga yang harus kamu bayarkan untuk sepasang Samsung Galaxy Buds Live saat ini adalah sekitar Rp 1.600.000,- yang tentu saja sangat murah mengingat beberapa fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh earbuds ini.

Dengan harga yang relatif ‘murah’ tersebut kamu sudah bisa mendapatkan earbuds yang cukup prestise ini. Apalagi warna-warna yang ditawarkan dan tersedia saat ini cukup premium dibandingkan dengan kebanyakan earbuds yang ada.

Samsung menawarkan lima jenis warna yang seluruhnya (entah mengapa) diberi nama mystic. Mulai dari mystic bronze, mystic blue, mystic black, mystic red, hingga mystic white yang sejujurnya lebih cocok bila disebut warna-warna metalik.

Yang jelas seluruh warna yang tersedia tentu bisa kamu dapatkan di toko-toko resmi milik Samsung. Belum lagi ekstra cashback dan beragam promosi yang bisa kamu nikmati apabila kamu membelinya secara langsung di toko milik Samsung.


Desain Produk

samsung galaxy buds live tangan

Salah satu hal yang paling menarik yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Buds Live adalah desainnya yang menyerupai kacang mete, atau menurut kami pribadi sangat mirip dengan ginjal. Mungkin agar kamu ingat kalau harga dari earbuds ini cukup menguras kantong.

Meski demikian desain yang (akhirnya) tidak menyerupai air pods seperti kebanyakan earbuds di pasaran saat ini, menurut kami tetap memberikan kesan yang elegan dan tentu tidak memalukan bila digunakan.

Desain yang menyerupai kacang ini membuat banyak orang lebih nyaman dalam pemakaiannya. Tidak seperti air pods yang cenderung longgar dan membuatnya mudah lepas, Samsung Galaxy Buds Live cukup pas di dalam telinga penggunanya.

Bahkan merujuk kepada beberapa reviewer yang cukup terkenal, Samsung Galaxy Buds Live benar-benar mendapatkan apresiasi karena bentuknya yang membuat ia benar-benar fit di dalam telinga penggunanya.

Jujur saja, saking fit nya earbuds milik Samsung ini. Ketika kamu sedang menggunakannya, bisa-bisa kamu kelupaan sedang menggunakannya. Karena seolah-olah tidak ada benda apapun yang ‘nyangkut’ di telingamu.

Beragam warna yang disediakan oleh Samsung pun membuat kami merasa produk ini benar-benar ingin menjadi berbeda dengan air pods yang dikeluarkan oleh Apple. Selain itu warna yang dipilih pun warna-warna elegan.


Fitur dan Aplikasi

samsung galaxy buds live aplikasi

Salah satu keunggulan lain yang membuat kami menyukai Samsung Galaxy Buds Live adalah kelengkapan fitur serta apps yang menurut kami cukup mutahkir dan lebih bagus dibandingkan beberapa pesaingnya.

Untuk bisa melakukan kustomisasi kamu harus mengunduh aplikasi Samsung Galaxy Wearable App baik untuk kamu yang menggunakan ponsel Android ataupun bagi kamu yang menggunakan ponsel iOS.

Nah kemungkinan untuk kustomisasi bahkan tanpa harus menggunakan ponsel Samsung inilah yang juga kami apresiasi. Kamu bisa melakukan pairing dan kustomisasi menggunakan iPhone yang tentu merupakan keunggulan besar.

Misalnya dibandingkan dengan airbuds keluaran OnePlus yang secara eksklusif hanya bisa dikustomisasi maksimal oleh pengguna ponsel OnePlus atau Pixel Buds 2 yang kustomisasinya terbatas hanya pada pengguna Android.

Hanya saja memang ada beberapa keunggulan yang hanya bisa kamu nikmati apabila kamu memiliki sebuah perangkat Galaxy. Diantaranya adalah hands-free Bixby control, minimalisasi latensi suara (gaming mode), serta pilihan agar notifikasi dibacakan kepada user.

Meski demikian, tanpa menggunakan gaming mode pun latensi yang dimiliki Samsung Galaxy Buds Live ini sudah cukup rendah. Hal ini lantaran perangkat ini sudah menggunakan Bluetoot 5.0 yang membuatmu bahkan cukup nyaman menonton video dengan earbuds nirkabel ini.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengaktivasi fitur Active Noise Cancelling (ANC), fitur Find My Earbuds yang bisa digunakan bila kamu kehilangan earbuds mu, serta melakukan kustomisasi long-press control untuk masing-masing earbuds.

Lebih jauh lagi bahkan kamu bisa membuat enam preset audio mulai dari normal, boost bass, soft, dynamic, clear, hingga boost treble dari earbuds yang kamu miliki. Salah satu fitur yang pastinya sangat disukai oleh bayak pengguna Samsung Galaxy Buds Live.


Performa Samsung Galaxy Buds Live

performa samsung buds live

Hal pertama yang barangkali akan kami bahas adalah Active Noise Cancelling yang dimiliki oleh earbuds ini. Hal in ibegitu penting karena memang fitur ANC biasanya sangat dibutuhkan, terutama bagi orang yang menggunakan earbuds di lokasi ramai, misalnya saat commuting.

Meski demikian memang ANC yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Buds Live ini menurut kami masih belum terlalu baik. Misalnya saja bila kamu gunakan di luar, dimana banyak terdapat suara bising kendaraan lalu lalang, maka kamu tidak akan terlalu merasakan fitur ANC dari earbuds ini.

Intinya ANC yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Buds Live ini cukup baik untuk digunakan di ruang-ruang yang tidak terlalu ramai, selain itu fitur ini pun membantumu mendengar podcast atau ketika menerima panggilan.

Akan tetapi yang jelas fitur ini menurut kami tidak terlalu bermanfaat apabila digunakan di jalan raya dengan suara yang cukup bising.

Selain itu menurut kami Samsung masih harus banyak berbenah dari segi touch control untuk earbuds mereka. Hal ini lantaran touch control yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Buds ini menurut kami sangat sensitif sehingga mudah terpencet begitu saja.

Beberapa hal misalnya seringkali earbuds menerjemahkan single tap menjadi double tap yang tentu memang agak mengganggu. Meski demikian seiring dengan penggunaan earbuds ini biasanya kamu akan semakin terbiasa dengan gesture dan sensitivitas dari perangkat ini.

Meski demikian kamu bisa melakukan hal dengan beberapa gesture, diantaranya memutar dan memberhentikan music dengan single tap, skip lagu dan menjawab telpon dengan double tap, memainkan previous track dengan triple tap, hingga melakukan berbagai gesture dengan long press tap.

Dari segi kualitas suara yang dihasilkan oleh perangkat ini, menurut kami tidak ada keluhan sama sekali karena memang cukup baik. Apalagi bila dibandingkan dengan kebanyakan ear buds yang ada di pasaran saat ini.

Meski demikian tentu kualitasnya tidak bisa dibandingkan dengan beberapa earphone seharga Rp 2,5 jutaan yang dikeluaran Audio Technica, Sennheiser, atau semacamnya. Apalagi memang perangkat ini ada di kelas ear buds.

Usia baterai yang dimiliki oleh ear buds ini pun bisa dibilang cukup baik. Dimana kamu bisa menikmati 5,5 jam / 20 jam dengan case (Active Noise Cancellation/ ANC + Bixby); 6 jam / 21 jam (ANC); hingga 8 jam / 29 jam (ANC dan Bixby off).

Bahkan dalam kasus yang ekstreme ear buds ini mampu bertahan selama dua hari tanpa dilakukan charging ulang. Walaupun kamu gunakan selama beberapa jam untuk mendengarkan music terus menerus.


Kesimpulan

review samsung buds live

Nampaknya Samsung sukses membuat galau banyak pesaingnya, dengan mengeluarkan Samsung Galaxy Buds Live yang mendapatkan banyak sekali apresiasi dari para reviewer serta dari para penggunanya di seluruh dunia.

Mulai dari desainnya yang jauh berbeda dengan kebanyakan ear buds yang ada, warna yang cenderung elegan, serta bentuknya yang membuat ear buds ini sangat nyaman dan pas digunakan di dalam telinga.

Belum lagi fitur-fitur yang dimiliki serta kompatibilitas dari perangkat ini terhadap berbagai macam handphone baik dari Android ataupun iOS. Membuatnya bisa digunakan oleh nyaris semua kalangan.

Meski demikian kami menyarankan kamu untuk membeli Sony WF-1000xM3 ataupun AirPods Pro yang berharga lebih mahal, apabila fitur ANC merupakan salah satu fitur utama yang wajib ada di dalam ear buds.

Selain itu bagi kamu yang merasa perangkat ini masih terlalu mahal, maka kamu boleh membeli Jabra Elite Active 75t ataupun Samsung Galaxy Galaxy Buds Plus meski harus mengorbankan beberapa fitur dan kualitas tertentu.

Fakhri Zahir

Dokter lulusan Universitas Indonesia dengan lebih dari 4 tahun pengalaman di dunia content marketing.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Tulis komentar.... Bebas!x
()
x