Berbagai Resolusi dan Jenis Layar HP

Singkatan-singkatan seputar resolusi dan jenis layar hp, misalnya QHD, HD, 4K, 720p, dan lain-lain bisa bikin kita pusing, tapi kalau anda ingin tahu apa maksud dari singkatan dan angka aneh itu, kami punya jawabannya.

Layar adalah satu bagian yang sangat penting di sebuah gadget. Ia menghubungkan mesin dengan manusia menggunakan cahaya dan warna sebagai medianya. Jenis dan resolusi layar pun ada banyak sekali, semua terus berkembang dari jaman dulu, mulai dari layar besar dengan pixel kotak-kotak sampai layar iPhone yang super mulus seperti sekarang.

Nah mau tahu tentang resolusi serta kelebihan dan kekurangan setiap jenis layar? Lanjutkan membaca!

Baca: 80 rekomendasi hp dengan baterai terkuat


Resolusi

Satu hal yang paling sering disebut sebut kalau ngobrolin layar adalah resolusi. Dan secara kasar, angka yang lebih besar berarti lebih bagus. Hal lain yang perlu diketahui disini adalah ukuran layar (inci), jumlah pixel dan kepadatan pixel tersebut, aau Pixels Per Inch (ppi).

Kalau anda tahu ukuran layarnya, anda bisa hitung berapa jumlah pixel yang terdapat di setiap inci persegi nya: pixels per inch (ppi), atau lebih sering disebut sebagai densitas pixel.

HD

HD adalah singkatan dari High Definition. HD berarti pixelnya 1280 x 720. Sesimpel itu. Berapapun ukuran layarnya, kalau resolusinya 1280 x 720 ia akan disebut HD.

Mungkin anda sudah menduga, semakin besar layarnya semakin jelek dong gambarnya karena densitas pixelnya kecil? Benar. Oleh karena itu, tidak semata mata layarnya HD lalu dibilang bagus. HD di layar 5 inci akan tampak lebih bagus dibanding HD di layar 10 inci (ukuran layar adalah jarak diagonal terjauh)

berbagai ukuran layar smartphone

Sebagai contoh, layar 4.3 inci memiliki densitas 342 ppi, sementara di layar 4.7 inci densitasnya akan turun ke 312 ppi, padahal sama sama layar HD. Menurut Apple, 300ppi adalah titik enak nya, karena di densitas itu mata manusia mulai sulit membedakan pixel secara individual

Full HD

Full HD adalah kelanjutannya dan sekarang sudah menjadi standar resolusi hp di pasaran. Full HD adalah 1920 x 1080 pixel. Tapi sama saja, densitas pixel akan tergantung pada ukuran layar (inci).

berbagai resolusi standar layar

QHD, Quad HD atau 2K

QHD adalah Quad HD, yang memiliki definisi empat kali lipat dibanding HD Standar. Itu berarti anda bisa memasukkan jumlah pixel empat biji layar HD kedalam satu layar QHD dengan ukuran sama.

Resolusi pixel QHD adalah 2560 x 1440.

Definisi seringkali disebut dengan angka terkecil dari suatu resolusi. HD sering disebut 720p, Full HD adalah 1080p. Meskipun begitu, di QHD, sebutan 2K datang dari angka pixel yang lebih besar, yaitu lebih besar dari 2000 pixel.

4K atau Ultra HD

Anda mungkin sudah menebak, nama 4K datang dari resolusinya yang lebih dari 4000 pixel. 4K adalah 4096 pixel, dan Ultra HD adalah 3840 pixel.

Ultra HD adalah 3840 x 2160, sementara 4K adalah 4096 x 2160. Mereka biasanya disingkat menjadi 2160p berhubung perbedaan jumlah pixelnya tidak begitu besar.

Belum ada persaingan yang ketat antar merk dalam merilis layar 4K. Ini kemungkinan besar disebabkan oleh konsumsi daya yang sangat besar pada layar 4K, ditambah lagi sekarang daya tahan baterai menjadi masalah besar bagi pengguna smartphone.

Mungkin 2019 menjadi tahun dimana 4K mulai dipasang di banyak jenis smartphone.


Jenis-jenis layar HP

Ada banyak sekali jenis layar yang digunakan di smartphone: LCD, OLED, AMOLED, Super AMOLED, IPS, TFT dan banyak lagi lainnya yang jarang digunakan di smartphone, seperti TFT-LCD.

Apa maksud dari istilah istilah itu?

LCD

LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, dan itu menunjukkan susunan kristal cair yang disinari dari belakang (backlight). Harga produksinya yang murah membuat LCD menjadi pilihan populer untuk smartphone dan perangkat lainnya.

LCD juga memiliki performa yang baik dibawah sorotan matahari langsung, berkat backlightnya yang menyinari seluruh bagian layar. Namun, layar LCD memiliki akurasi warna yang kurang baik ketimbang layar lain yang tidak menggunakan backlight.

Di smartphone, anda bisa mendapat dua jenis LCD, yaitu layar TFT dan IPS.

TFT adalah Thin Film Transistor, sebuah versi terbaru dari LCD yang menggunakan Active Matrix (AM di AMOLED). Active matrix berarti setiap pixelnya terhubung dengan transistor dan kapasitor secara individual.

layar tft lcd

Keuntungan utama dari layar TFT adalah biaya produksi yang murah dan kontras yang jelas jika dibandingkan dengan LCD tradisional. Kerugian dari TFT LCD adalah lebih boros baterai ketimbang LCD jenis lain, serta sudut penglihatan dan produksi warna yang kurang. Karena alasan alasan tersebut, ditambah harga layar jenis lain yang semakin murah, TFT jarang digunakan di smartphone lagi.

IPS adalah singkatan dari In-Plane Switching, dan merupakan pengembangan lanjutan dari TFT LCD.

layar ips lcd

Ia memberikan produksi warna yang lebih baik, dan yang paling menonjol adalah sudut penglihatan yang jauh lebih baik ketimbang TFT LCD. Ini berkat penggunaan dua transistor untuk setiap pixel digabungkan dengan backlight yang lebih kuat. Kekurangan IPS LCD adalah penggunaan baterai yang boros dibanding LCD jenis lain. Meskipun begitu, ia tetap lebih hemat dibanding TFT LCD.

AMOLED

AMOLED adalah Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Terdengar ribet? Sebenarnya tidak, teknologi Active Matrix sudah pernah ada di TFT LCD, dan OLED hanyalah sebutan untuk teknologi layar film tipis lainnya.

OLED adalah material organik yang memancarkan cahaya ketika arus dilewatkan kepadanya. Dibanding panel LCD yang back-lit, layar OLED ‘selalu off’ kecuali per pixel nya dilewatkan arus.

Ini berarti layar OLED memiliki warna hitam yang lebih sempurna, serta menkonsumsi daya yang sedikit ketika warna hitam atau warna gelap ditampilkan dilayar. Tapi, warna cerah di AMOLED menggunakan daya lebih besar ketimbang jika ditampilkan di LCD. OLED juga lebih mahal dari LCD.

Karena pixel hitamnya adalah ‘off’, rasio kontras OLED juga lebih tinggi ketimbang layar LCD. AMOLED memiliki refresh rate yang sangat tinggi, namun kekurangannya adalah ia tidak sebagus LCD kalau dibawah sorotan sinar matahari langsung. Burn-in pada layar dan degradasi dioda (karena organik) adalah kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Di sisi positif, AMOLED bisa dibuat lebih tipis ketimbang LCD (karena tidak butuh lapisan backlit), dan juga lentur.

layar super amoled samsung

Apa Perbedaan OLED, AMOLED, dan Super AMOLED

OLED adalah Organic Light Emitting Diode. Layar OLED dibentuk dari lapisan-lapisan tipis electroluminescent (nyala kalau dialiri listrik). Keuntungan utamanya adalah ia menghasilkan cahanyanya sendiri, sehingga tidak butuh backlight dan menghemat baterai. Layar OLED lebih sering disebut sebagai AMOLED di smartphone dan TV.

Seperti yang sudah dibahas diatas, AM pada AMOLED adalah Active Matrix, yang berbeda dengan Passive Matrix OLED (P-OLED), meskipun P-OLED jarang digunakan di handphone.

Super AMOLED adalah nama yang diberikan oleh Samsung untuk layarnya, yang dulunya hanya dapat ditemukan di ponsel terbarunya. Seperti IPS LCD, Super AMOLED adalah pengembangan dari AMOLED dengan menggabungkan lapisan sentuh pada layarnya (bukan menumpuk diatasnya).

Hasilnya, Super AMOLED bisa tampil sangat baik meskipun dibawah sinar matahari langsung. Ia juga irit baterai. Sesuai namanya, Super AMOLED hanyalah versi lebih bagus dari AMOLED.

Bukan hanya trik marketing, tapi layar hp samsung juga seringkali dianggap sebagai salah satu yang terbaik.


Layar HP Yang Aman Untuk Mata

Menggunakan HP terlalu lama dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Hal ini telah diteliti dan terbukti kebenarannya. Hanya saja anda yang memiliki mata sensitif dapat mensiasati pemilihan layar HP yang sesuai mata.

Sebenarnya ada banyak jenis layar HP untuk mata sensitif. Mulai dari harga terjangkau, sedikit mahal, atau bahkan sangat mahal. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli layar HP yang aman untuk mata:

Resolusi 720p

Minimal resolusi yang dimiliki smartphone tersebut adalah 1280 x 720 piksel atau 720p.

Layar IPS

Jenis layar HP yang satu ini memiliki pancaran lebih terang ketika di berada di luar ruangan. Otomatis penggunaannya lebih nyaman sebab memiliki sudut pandang lebih luas.

Layar 5 inci

Semakin lebar layar HP, semakin detail segala sesuatu yang Anda lihat. Bila layar kecil, mata akan bekerja lebih ekstra sehingga membuatnya lebih mudah lelah. Pilihlah smartphone dengan lebar layar minimal 5 inci.

Light Sensor

Smartphone yang memiliki pengaturan sensor cahaya sangat bagus. Smartphone ini secara otomatis akan lebih redup ketika dalam ruangan, sebaliknya ketika berada di bawah sinar matahari pancaran mengimbangi dengan baik.


Mata sensitif biasanya disebabkan oleh dua faktor. Pertama mata memang mudah mengalami masalah terkena radiasi layar sebentar saja, kedua mata sebenarnya tidak terlalu sensitif. Namun karena penggunaan gadget terlalu lamalah yang membuat mata mengalami masalah.

Sebenarnya penggunaan gadget tidak boleh terlalu lama. Belum lagi bila layar gadget terlalu kecil yang menyebabkan mata menjadi mudah lelah atau layar LCD dengan kontras berlebihan.

Anda wajib menyadari bahwa penggunaan ponsel secara terus-menerus sangat tidak baik. Perhatikan jeda dalam menggunakannya. Adapun beberapa hal yang bisa terjadi ketika menggunakan ponsel terlalu lama adalah mata merah, berair, sakit kepala, pandangan buram, dan sebagainya.

Layar HP yang kuat adalah pilihan terbaik bagi pengguna smartphone, apalagi yang menyukai petuangan dan senang berada di luar ruangan. Jadi, bila Anda tanpa sengaja menjatuhkannya, HP tidak langsung retak apalagi pecah. Jenis layar HP paling kuatbisa Anda temukan pada smartphone yang layarnya telah dilapisi oleh gorilla glass 4, IP68, atau bodi aluminium anodized.

Demikian sedikit informasi seputar resolusi dan jenis layar HP. Semoga bermanfaat!

2 thoughts on “Berbagai Resolusi dan Jenis Layar HP

  • December 23, 2018 at 1:31 PM
    Permalink

    Salah tuh gambarnya, Quad HD itu 2560×1440 (4x lipat dari HD). Quad HD juga biasa disebut 2K.

    Nah kalau 4K itu umumnya 3840×2160. Pixel horizontalnya memang tidak sampai 4000 (4K), tapi karena alasan marketing dibulatkan ke atas jadi 4K.

    Reply
    • December 23, 2018 at 2:15 PM
      Permalink

      oh iya gambarnya salah . biar diperbaiki

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *