Jenis-jenis Komputer dari Awal Kemunculannya

Setiap tahun jenis-jenis komputer semakin bertambah dari awal kemunculannya hingga sekarang. Komputer sendiri merupakan alat yang berfungsi sebagai pengolahan data sesuai prosedur perumusannya. Alat komputer tersebut menjadi perangkat yang terbilang sangat membantu pekerjaan manusia saat ini.

Pasalnya komputer memiliki kemampuan multitasking yang sangat baik, sehingga cepat dan akurat dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Pada dasarnya tujuan komputer dirancang oleh para vendor mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Hal tersebut berdasarkan atas bahan dasar, proses pembuatan, dan segmen pasar yang akan diberikan kepada penggunanya.

Setiap komputer yang disebut juga memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Ada baiknya, anda mengetahui jenis-jenis komputer dari masa ke masa, seperti yang akan diulas di bawah ini!

Baca: Pilihan laptop gaming untuk budget terbatas


1. Komputer Digital

Komputer digital merupakan perangkat yang dibuat untuk melakukan pekerjaan berdasarkan penggunaan sistem operasi hitung. Adapun variabel yang diterapkan di dalam komputer menggunakan besaran angka.

Komputer analog vs komputer digital

Sistem penyelesaian yang dilakukan alat komputer dengan proses matematika, yakni kuantitatif dan aritmatika. Biasanya data yang muncul dari komputer ini dalam bentuk simbol dengan arti tertentu. Misalnya simbol numerik dilambangkan angka 0-9 atau simbol alphabetis dilambangkan huruf A-Z.


2. Komputer Analog

Komputer analog ialah komputer yang bertujuan untuk menerima sinyal analog. Fungsi komputer ini biasa dimanfaatkan untuk mengecek data secara kualitatif atau tidak dalam bentuk angka.

Pasalnya data yang diterima adalah berbentuk gelombang. Kebanyakan para pengguna menggunakan komputer analog untuk menerangkan keadaan tertentu, seperti mengecek suhu, menghitung aliran BBM, mengecek gambar USG, dan lain sebagainya.


3. Komputer Portabel

Komputer portabel adalah salah satu jenis komputer yang dijual di pasaran. Jenis komputer ini adalah komputer tablet yang mudah dibawa kemanapun Anda pergi. Kelebihan komputer portabel adalah dapat dihubungkan Wifi atau modem dengan mudah agar terkoneksi internet.

komputer portabel

Selain itu, penggunaan komputer tidak harus selalu terhubung dengan stop kontak listrik karena spesifikasi yang dibekali menerapkan sistem baterai.


4. Komputer Hybrid

Komputer Hybrid adalah komputer yang khusus digunakan untuk mengolah data bersifat kualitatif dan kuantitatif.

komputer hybrid

Tentu saja, kemampuan dari komputer Hybrid lebih baik daripada komputer analog maupun komputer digital. Hal ini karena jenis komputer Hybrid mampu mengolah data kuantitatif menjadi data kualitatif yang kini banyak dibutuhkan para penggunanya hampir di seluruh dunia.


5. Supercomputer

supercomputer

Sesuai dengan namanya, supercomputer memiliki tenaga yang paling memuaskan. Sebagai jenis komputer yang paling bertenaga, maka seringkali digunakan untuk melakukan penelitian ilmiah. Dimana dalam hal kecepatan, supercomputer dinyatakan paling unggul sehingga mempercepat pekerjaan agar selesai dalam waktu yang singkat.


6. Komputer Mini

komputer mini

Jenis komputer selanjutnya adalah mini komputer yang memiliki ukuran kecil dibandingkan dengan sekelasnya. Jenis komputer ini sudah dirilis sejak tahun 1960-an, dan hingga sekarang masih bisa Anda temukan. Sistem operasi yang digunakan dalam mini komputer mudah sekali digunakan, sehingga terbilang sangat ramah bagi para penggunanya.


7. Komputer Mainframe

Komputer Mainframe mempunyai ukuran yang jauh lebih besar daripada mini komputer. Bahkan komputer tersebut mampu mendukung hingga puluhan jenis bahasa pemrograman yang berbeda-beda.

mainframe computer

Tidak hanya itu, keunggulan lain pada komputer ini adalah kemampuan dalam menyimpan maupun mengakses data secara berkala dalam ukuran besar, serta dapat melayani transaksi berjumlah banyak. Maka tak heran, jika komputer mainframe lebih banyak diaplikasikan sebagai pusat data di perusahaan besar.


8. Komputer Workstation

Komputer Workstation merupakan jenis komputer desktop yang kerapkali digunakan banyak orang. Keunggulan dari komputer tersebut adalah pada kemampuan memori dengan kapasitas besar.

komputer workstation

Selain itu, processor komputer jenis ini dapat menjalankan aplikasi dengan performa tinggi. Para pengguna dapat dengan lancar membuka aplikasi 3D, mengolah ribuan data, edit video, main game dan lain-lain.


9. Komputer Server

Komputer Server adalah jenis komputer yang menawarkan layanan terhadap komputer lainnya pada sebuah jaringan tertentu. Biasanya komputer ini diterapkan pada kantor-kantor atau instansi sekolah agar saling terhubung.

Server

Komputer server juga mempunyai kinerja yang sangat baik, karena didukung dengan processor powerful, memori yang besar dan kapasitas harddisk yang tangguh serta aman.


10. Personal Computer (PC)

Personal computer atau yang biasa dikenal sebagai komputer PC memang paling banyak digunakan oleh kita. Penggunaanya dapat untuk bekerja maupun kebutuhan pribadi. Perangkat komputer PC terdiri dari sistem processor, keyword, monitor, dan mouse.

Personal Computer

Komputer ini juga mendukung segala jenis jaringan agar tetap terhubung ke internet. Bahkan terdapat port yang digunakan untuk menghubungkan perangkat, misalnya printer, kamera digital, scanner, hard drive eksternal, speaker, dan lainnya.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis komputer yang ada di dunia. Sebagian jenis komputer tersebut mungkin masih terdengar asing untuk anda, oleh karena itu semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda agar lebih mengenali jenis komputer dan fungsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *