Review Lenovo Flex 5G: Laptop 5G Pertama di Dunia

Taukah kamu kalau laptop keluaran tahun 2019 telah berinovasi untuk memasukkan 5g kedalam deretan keunggulan mereka? Brand Laptop yang umum kamu kenali sekarang telah melakukannya loh!

Lenovo menjadi salah satu brand laptop yang tak ingin kalah memberikan inovasi terbaru untuk para penggunanya. Seperti di tahun 2019 silam, mereka mendebutkan satu-satunya tipe laptop 5g, keren bukan? Tapi, kamu mungkin harus berpikir dulu jika melihat harga laptop ini.

Ya, laptop ini di banderol dengan harga yang sedikit pricey, sekitar 19 jutaan. kenapa bisa begitu mahal ya? Apakah laptop ini memiliki kelebihan lain selain menonjolkan embel-embel 5g? mari kita simak beberapa poin spesifikasi laptop Lenovo Flex 5g ini!


Spesifikasi Umum

lenovo flex 5g tablet

  • CPU: 2.84GHz Qualcomm Snapdragon 8cx
  • GPU: Integrated Qualcomm Adreno 680 graphics
  • RAM: 8GB LPDDR4X 1,866MHz (soldered)
  • Penyimpanan: 256GB UFS 3.0
  • Layar: 14-inch IPS 1920 x 1080, 16:9
  • Port: 2xUSB 3.2 Gen 2 Type-C ports (Power Delivery, DisplayPort), audio jack, SIM card slot
  • Baterai: 60Wh
  • Webcam: HD webcam with IR for Windows Hello
  • Keyboard: Backlit keyboard
  • Konektivitas: LTE, mmWave, sub-6GHz, Wi-Fi: 802.11ac, Bluetooth 5.0
  • Dimensi: 12.71 x 8.54 x 0.58 inch
  • Berat: 1,31 kg

Lenovo pada umumnya sering meluncurkan laptop Flex dengan konsep 2-in-1, yang memiliki ukuran 14 inch dan juga 15 inch serta menggunakan prosesor Intel Core i3 juga i5 Comet Lake. Tapi, untuk laptop yang menggunakan prosesor Snapdragon 8cx yang terintegrasi dengan jaringan 5G, laptop Lenovo Flex 5G ini adalah satu-satunya dan tidak memiliki kompetitor pada saat ia diluncurkan!

Prosesor Snapdragon 8cx berbasis Arm dari Qualcomm ini adalah alternatif untuk menggantikan chip atau prosesor intel x86 yang lebih umum dipakai oleh banyak laptop di pasaran. Walaupun memiliki titel ‘prosesor alternatif’, prosesor Snapdragon 8cx ini dikemas dengan kinerja yang hampir mirip dengan CPU Intel Core i5 seri U, malah prosesor ini memberikan daya baterai yang bisa dibilang juara, atau bisa dibilang sangat efisien dalam penggunaan daya baterai.

Namun sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan laptop dengan tenaga prosesor seperti Snapdragon yang dipakai oleh Lenovo Flex 5G ini, pastikan kalau kamu menggunakan program yang kompatibel dengan laptop ya.

Selain prosesor Snapdragon, laptop ini juga disokong dengan RAM sebesar 8GB, yang sebenarnya cukup rendah untuk laptop keluaran terbaru di 2019. Laptop ini juga disokong dengan SSD sebesar 256 GB. Sementara itu, konektivitasnya berupa seluler Flex 5G berkecepatan 6 GHz, dan memiliki jaringan Wi-Fi 6.


Desain

lenovo flex 5g lipat

Desain yang digunakan oleh laptop Lenovo Flex 5G ini sangat terasa biasa dan umum digunakan para produsen laptop.

Dimensi laptop ini adalah 32 x 21 x 1,5 cm, bukan termasuk ke golongan laptop berkonsep thin and light, terlebih lagi juga laptop ini memiliki berat sekitar 1,3 kg. Yang mana, rata-rata laptop thin and light memiliki berat berkisar di bawah 1 kg bahkan jika disatukan dengan charger pun masih kurang dari 1 kg. Sudah jelas, kalau Lenovo Flex 5G ini bukan tergolong konsep laptop seperti itu.

Chassis dari laptop ini menggunakan bahan baku Magnesium Shell dan dikombinasikan dnegan flat lid yang dapat berputar untuk digunakan sebagai mode tablet atau mode tenda. Ada kelebihan lain yang terdapat pada chassis laptop ini yaitu terdapat cekungan kecil atau notch yang berada pada daerah webcam, sehingga dapat memudahkanmu membuka laptop dengan jari.

Selain itu, alasan lain kenapa laptop ini menjadi sedikit lebih berat untuk laptop 14 inch dikarenakan adanya ekstra baterai yang membuatnya bisa bertahan lebih lama.


Keyboard & Touchpad

lenovo flex 5g keyboard touchpad

Keyboard yang dipakai oleh Lenovo Flex 5G ini memiliki desain tuts yang sangat rendah, dan hampir menyentuh chase laptop. Ini bukan masalah yang berarti, apalagi kamu akan merasakan pengalaman mengetik yang lebih nyaman dikarenakan bahan yang dipakai terasa seperti karet dan sandaran tangan yang cukup luas.

Touchpad yang ada juga memiliki kualitas yang cukup baik, berjalan responsif dan tanpa hambatan. Walaupun kamu tidak akan melihat tombol kanan dan kiri pada touchpad, tapi kamu akan dengan mudah meraba dan menekan tombol kanan dan kiri yang ada di sisi bawah touchpad.


Port

lenovo flex 5g port kanan

Port yang ada pada laptop ini tidak selengkap laptop yang kamu temui sebelumnya. pada bagian kanan laptop kamu akan menemukan headphone jack dan juga physical switch yang berguna untuk merubah mode antara Airplane Mode atau Mobile Connectivity. Lalu, di sebelah kiri kamu akan menemukan dua USB 3.2 dan juga USB – C Ports yang salah satunya kamu bisa gunakan untuk mengisi daya laptop.


Layar

lenovo flex 5g hinge

Lenovo Flex 5g memiliki layar 14″ dengan resolusi 1080p, kualitasnya juga cukup bagus. Kamu juga akan melihat bahwa warna yang dihasilkan laptop ini lebih vivid dan tajam dibandingkan laptop lainnya. Kapasitas cahaya hingga 410 nits pada laptop ini sangat cukup untuk menyokong penggunaan laptop di luar ruangan. Bezel yang digunakan pun sangat tipis, sehingga layar laptop terlihat begitu lebar.

Layar 14″ di laptop ini diperkaya dengan kemampuan touchscreen dan didukung oleh Graphics system Qualcomm Adreno 680 yang ternyata kinerja nya lebih baik dibandingkan UHD milik Intel. Tapi, tentu saja GPU ini tetap tidak bisa digunakan untuk untuk gaming ya, kecuali game-game ringan untuk pc jadul.


Performa dan baterai

lenovo flex 5g keyboard

Performa yang ditampilkan laptop Lenovo Flex 6g ini cukup baik, walaupun menurut kami masih dibawah laptop lain di rentang harga yang sama, apalagi yang sudah disokong dengan prosesor Intel atau AMD.

Laptop ini bekerja dengan baik saat digunakan untuk pekerjaan daily yang multi tasking seperti mengerjakan tulisan di word dan juga membuka belasan tab di Chrome, Awalnya mungkin terdapat sedikit buffering pada beberapa tab karena efisiensi daya, tapi setelah berjalan cukup lama laptop ini akan beradaptasi dan mengeluarkan performa terbaiknya.

Ketahanan baterai pada laptop ini jangan diragukan lagi. Test web browsing dengan keadaan Wi-Fi menyala menunjukkan bahwa laptop ini dapat bertahan hingga 17 jam 28 menit. Sangat lama bukan? Apalagi laptop kebanyakan hanya dapat bertahan kurang lebih 9 jam untuk test web browsing.

Tentu itu bisa menjadi alasan kuat untuk beli laptop ini, khususnya bagi kamu yang selalu membutuhkan laptop dengan daya baterai kuat, serta tidak akan digunakan untuk gaming atau editing konten.


Performa 5G

lenovo flex 5g cw

Karena ini laptop 5G, pasti kamu ingin tau kan bagaimana kecepatan 5G di Lenovo Flex 5G ini? Seperti yang kita tau kalau 5G adalah jaringan seluler terbaru yang akan memberikan pengalaman dalam ber-internet menjadi semakin dan lebih cepat.

Laptop ini didukung 5G yang memiliki antena untuk teknologi mmWave dan sub-6GHz yang artinya kamu akan mendapatkan kecepatan internet tercepat dan jangkauan terluas. Tapi, tentunya belum semua negara mendukung jaringan 5G.


Speaker & Webcam

Speakers atau audio berada di dua tempat, yaitu di sebelah kanan dan kiri sebelah keyboard. Speaker Lenovo Flex 5G juga telah didukung dengan sentuhan Dolby Atmos dan memberikan efek 3D pada suara yang dikeluarkan. Suara yang dihasilkan memang cukup bagus, akan tetapi jika kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih, maka disarankan untuk kamu memakai speaker eksternal ya!

Webcam Lenovo Flex 5G ini memiliki kualitas gambar 720P. jangan terlalu berharap banyak dengan hasil dari webcam ini, karena hasil gambar sedikit bernoda dan agak pudar. Jadi, kalau kamu mau hasil yang lebih bagus untuk video, kamu bisa memakai webcam eksternal. Selain itu, webcam ini bisa berfungsi sebagai kamera IR yang dapat digunakan untuk security lock yaitu facial recognition. Kinerja facial recognition juga bekerja dengan baik dan lancar.

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x