Review HP Chromebook x360 12b

HP kembali mendebutkan laptop yang berfungsi ganda alias 3-in-1 nih, HP Chromebook X360 12B ini merupakan laptop yang bisa kamu gunakan selayaknya laptop, tent mode atau juga bisa beralih fungsi menjadi tablet.

Laptop ini juga bisa kamu tambahkan stylus pen yang tentunya bisa kamu gunakan untuk menggambar atau mengerjakan tugas lainnya. Selain itu, kelebihan dari laptop HP Chromebook X360 12B juga ada pada audio-nya, para pemilik laptop ini memuji kualitas suara yang dikeluarkan

Lalu, sebenarnya seperti apa spesifikasi dari laptop HP Chromebook X360 12B ini? Yuk kita simak lebih lanjut!


Spesifikasi Umum

Review HP Chromebook x360 12b tenda

  • CPU: Intel Celeron N4000 processor
  • GPU: Intel UHD Graphics 600
  • RAM: 4GB
  • Penyimpanan: 32GB eMMC
  • Layar: 12-inch, 1366 x 912
  • Baterai: 8:06 jam
  • Dimensi: 10.7 x 8.5 x 0.7 inch
  • Berat: 1,31 kg

Laptop HP Chromebook X360 12b ini menggunakan prosesor Intel Gemini Lake dual-core Celeron N4000 yang memiliki performa lebih cepat sekitar 58% dari seri yang sama di generasi sebelumnya.

Selain itu, laptop ini juga disokong dengan Graphics system bawaan dari intel yaitu Intel UHD Graphics 600 GPU yang bisa dibilang standar untuk laptop berprosesor Intel. Laptop ini didukung dengan RAM hingga 4GB juga eMMC Flash Storage 32 GB. Sayangnya, stylus pen tidak termasuk dalam paket pembelian, sehingga kamu harus beli secara terpisah.


Desain

Review HP Chromebook x360 12b desain

Seperti yang sudah kamu baca sebelumnya kalau laptop HP Chromebook X360 12b ini memiliki kualitas desain yang bisa membuatmu betah menggunakannya. Memiliki 3 pilihan mode, kamu bisa memilih mode apa yang akan kamu gunakan: mode laptop biasa, mode 360 derajat atau mode tablet.

Pada HP Chromebook x360 12b ini, kamu akan melihat kalau laptop keluaran HP memang memiliki style yang umum digunakan. Pada bagian chassis laptop, kamu akan menemukan logo HP yang berada tepat ditengah laptop juga dengan lambang chrome yang ada pada samping kiri atas laptop. Pada sat kamu membuka laptop, kamu akan menemukan keyboard yang didesain dengan warna putih.

Dimensi laptop ini adalah 27 x 21 x 1,7 cm dengan berat 1,3 kg. Mungkin lumayan berat dan bukan berasal dari laptop yang mengusung desain light and thin, tapi kalau kamu ingat ini adalah laptop yang bisa digunakan sebagai tablet juga. Tapi, bisa menjadi pertimbangan!


Keyboard & Touchpad

Review HP Chromebook x360 12b keyboard

Kalau bicara tentang keyboard, keyboard yang digunakan pada laptop ini tidak memiliki kendala yang berarti pada saat penggunaannya, kamu akan merasa nyaman saat mengetik dan mengerjakan tugas-tugasmu.

Lalu, yang menarik pada laptop ini adlah kamu bisa menggunakan Pen, namun seperti yang sudah dibahas diatas, sayangnya Stylus Pen tidak dihadirkan sebagai fitur bawaan. Kalau kamu membutuhkan tools yang lebih dari mouse atau touchpad, kamu bisa membelinya diluar pembelian laptop.

Stylus Pen yang sudah kamu beli nanti akan berguna untuk mencatat tugasmu lebih cepat dan juga membantumu yang memiliki pekerjaan seputar desain. Pen ini pun bekerja dengan baik dan sangat responsif, jadi tidak usah khawatir Pen akan mogok atau responnya ‘buffering’ saat digunakan ya!

Garis yang dihasilkan oleh Pen ini bisa diatur tipis dan lebarnya sesuai dengan kebutuhanmu. Satu lagi, Stylus Pen ini juga berbahan magnet, sehingga kamu bisa menyimpan Pen dengan mudah di setiap sudut laptop.

Touchpad yang ada pada laptop ini memiliki ukuran agak kecil tapi cukup nyaman digunakan. Touchpad ini tidak memiliki tombol kanan kiri yang biasanya kita temui pada laptop lain, namun itu bukan masalah. Kamu bisa dengan mudah meraba pada bagian bawah touchpad dan klik untuk tombol kanan dan kirinya. Touch screen pun sangat responsif.


Layar

Review HP Chromebook x360 12b display

HP Chromebook X360 12b ini memiliki layar 12 inci; cukup kecil untuk laptop kebanyakan, tapi sangat cukup jika kamu gunakan sebagai tablet. Dan jangan lupa bahwa laptop ini memiliki fungsi touch screen. Sangat multi guna ya?

Layar laptop ini agak kotak, dan memiliki rasio 2:3, bukan 16:9 seperti laptop umumnya. Hal ini bisa jadi sedikit kendala, karena saat kamu memutar video dengan rasio 16:9, video yang kamu putar akan sedikit lettering box di dalamnya (kotak hitam diatas dan bawah layar)

Kelemahan lain chromebook ini adalah layar yang berosolusi rendah, yaitu 1366 x 912 pixel saja.

Webcam yang ada pada laptop ini berkualitas HD 720P WFOV 88 derajat. Kualitas yang dihasilkan seperti laptop HP pada umumnya, bukan buruk tapi juga bisa dibilang bagus. Masih ada beberapa masalah warna dan kejelasan pada gambar walaupun kamu menggunakan webcam ini dapa keadaan cahaya yang bagus.

Kalau kamu berencana menggunakan webcam laptop ini untuk video conferrence, disarankan lebih baik untuk menambahkan webcam eksternal untuk hasil yang sempurna.

Layar laptop ini pun disertai dengan bezel yang tipis dibagian kiri, kanan dan atas namun tidak dengan bagian bawahnya, karena seperti biasa laptop keluaran merk HP akan menaruh logo HP pada bagian bezel bawah. Tidak lupa juga, bezel bagian atasnya menampung webcam.


Port dan Audio

Review HP Chromebook x360 12b port kiri

Port yang disediakan oleh laptop HP Chromebook X360 12b bisa dibilang cukup lengkap. Pada bagian kiri laptop kamu akan menemukan beberapa Port seperti headphone/microphone jack, USB 3.1 Gen 1 Type C dan juga Micro SD Card Reader. Lalu, pada bagian kanan, Port yang akan kamu temukan adalah USB 3.1 Gen 1 Type C, Kensington Security Lock dan juga USB 3.1 Gen 1 Type A.

USB Port Type C yang ada bisa juga digunakan sebagai Display Port yang dapat memudahkan kamu menghubungkan Chromebook ke monitor presentasi.

Audio yang ada pada HP Chromebook X360 12b ini ada di dua sisi, yaitu pada bagian atas keyboard dan juga di bagian bawah laptop. Dua tempat audio ini memberikanmu kualitas suara yang sangat baik.

Review HP Chromebook x360 12b port kanan


Performa dan Baterai

Menurut hasil tes performa CrXPRT yang dilakukan PCWorld, HP Chromebook x360 12b mendapat hasil sesuai ekspektasi, yaitu sama dengan Acer Chromebook 15 (yang memakai prosesor Celeron generasi sebelumnya), dan tertinggal dibelakang laptop dengan prosesor Intel Core generasi terbaru.

Laptop ini bisa dibilang memiliki kinerja yang baik jika digunakan untuk bekerja dan sekolah ataupun kegiatan sehari-hari. Jika kamu menggunakan laptop ini untuk membuka banyak tab di google, memutar beberapa video 1080p, dan mengerjakan beberapa task pada Word, maka, kamu akan melihat bagaimana prosesor Intel Celeron N4000 plus RAM 4GB masih bisa menghandle semua task tersebut.

Baterai juga akan bertahan cukup lama saat kamu menggunakan laptop ini untuk web browsing sembari menyalakan wi-fi, yaitu sekitar 8 jam 6 menit. kamu tidak perlu repot terburu-buru mengisi daya hanya untuk pemakaian daily!

Jangan lupa, kalau laptop ini memiliki embel-embel ChromeBook yang berarti laptop ini di dukung oleh Chrome OS yang memudahkan kamu untuk mengakses Play Store dan mengunduh berbagai aplikasi yang didukung Android. Laptop HP Chromebook X360 12b ini dibanderol harga 5 jutaan, cukup affordable kan?

Anna Novita Rachim

Author Ruanglaptop dengan gelar sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia. Memiliki expertise di bidang internet dan teknologi.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Ikut berkomentarx
()
x