17 Easter Eggs Terbaik dan Terunik dalam Game

Dalam bermain game ada banyak hal yang bisa membuat para pemainnya merasakan kepuasan tersendiri. Hal yang paling memuaskan diantaranya adalah ketika kamu bisa menyelesaikan misi utama, misi sampingan, dan akhirnya bisa menyelesaikan satu game.

Akan tetapi di luar dari seluruh hal yang bisa kamu jalankan tersebut, ada hal unik yang sejak dahulu seringkali diselipkan oleh para pengembang game. Hal tersebut adalah easter eggs ataupun hidden features yang tersembunyi.

Adapun easter eggs yang tersembunyi tersebut sengaja dibuat agar memberikan kesan kejutan dan kepuasan tersendiri dari para pemain yang berhasil menemukannya. Nah, kami akan coba membahas beberapa easter eggs terbaik dan terunik yang pernah ada di dalam dunia game.

Ini dia!


#1 Doom II – Romero’s Head

Doom II – Romero’s Head

Siapa sih yang tidak mengenal game klasik yang satu ini. Game FPS yang sangat ikonik ini merupakan salah satu game yang sangat digandrungi oleh banyak orang pada masanya. Selain itu game ini pun menginspirasi banyak developer game untuk membuat game serupa.

Di dalam Doom II sendiri terdapat salah satu Easter Eggs yang paling terkenal dan nyeleneh yakni Romero’s Head. John Romero sendiri merupakan creator dari game Doom yang fenomenal ini, dan easter eggs ini awalnya dibuat sebagai lelucon.

Kamu bisa menemukan easter eggs ini pada level terakhir, dimana kamu harus mengalahkan boss terakhir dengan menembakan rocket launcher ke Icon of Sin. Padahal target utama sebenarnya adalah Romero’s Head ini.

Namun kamu bisa menemukan kepala Romero di dalam ruangan yang tidak bisa diakses dari mana-mana. Cara satu-satunya melihat Romero’s head secara langsung adalah dengan memasukan kode idclip, nah!


#2 Half Life – The Gaben Room

Half Life – The Gaben Room

Selain Doom II, Half Life juga merupakan salah satu game klasik yang sangat digandrungi oleh banyak orang pada masanya. Selain itu game ini pun selalu ditunggu-tunggu sekuelnya (yang tidak pernah keluar hingga kini), setelah Half Life 2.

Di dalam Half Life kamu bisa menemukan easter egg yang juga sangat menarik, dimana terdapat sebuah ruangan yang seluruh dinding, lantai, hingga langit-langitnya terdiri dari banyak foto wajah Gabe Newell yang terkenal sebagai co-founder Steam.

Untuk bisa mencapai kesana kamu harus membuka dev console dengan menekan tombol ~ dan kemudian ketikkan map c1a1c, tunggu hingga loading map selesai. Setelah itu gunakan cheat dan ketikkan sv_cheats 1 dan kemudian ketikkan give item_suit.

Gunakan H.E.V suit dan kemudian terbanglah ke bagian bawah dari elevator berbentuk diagonal besar, belok ke kiri, dan kemudian terbanglah menembus dinding. Nantinya kamu akan masuk ke dalam kubus hitam, masuk ke dalamnya dan nyalakan flashlight!


#3 Borderlands 2 – Minecraft Cave

Borderlands 2 – Minecraft Cave

Salah satu easter egg yang cukup terkenal di dunia gaming adalah Minecraft Cave yang ada di dalam game Borderlands 2. Untuk bisa kesana kamu bisa pergi ke Caustic Caverns yang hanya bisa kamu akses kalau kamu menyelesaikan Chapter 9 Borderlands 2.

Dari sana kamu bisa ke arah barat daya dari peta yang bernama Guardian Ruins, dan di sana kamu akan melihat 2 trek (jalur) kereta terowongan tambang di sana. Ambil trek sebelah kanan dan langsung susuri hingga ke bagian ujung.

Di ujung trek kamu akan menemukan jalan kecil, lompatlah kesana dan kamu akan menemukan blok yang bisa kamu hancurkan dengan melee attack. Ketika sudah menghancurkan blok tersebut kamu bisa masuk ke gua yang lebih besar.

Di dalam gua yang besar tersebut lah nantinya kamu akan menemukan blok-blok khas permainan Minecraft lengkap dengan creeper dan musuh-musuhnya. Kamu bisa menambang emas dengan menghancurkan gold blocks, mendapatkan ammo dengan menghancurkan coal blocks, dan mendapatkan skin senjata Minecraft dengan menghancurkan blok lainnya.


#4 The Witcher 2: Assassins of Kings – Dead Altair

The Witcher 2: Assassins of Kings – Dead Altair

Assassins of Kings yang merupakan pendahulu Witcher 3 yang terkenal, sempat heboh dengan easter egg nya yang juga cukup unik. Dimana kamu bisa menemukan mayat Altair yang merupakan seorang Assassins dari seri Assassins Creed yang terkenal.

Cukup simple, selama 30 menit pertama permainan kamu cukup menyusuri perjalanan dan kamu bisa menemukan tumpukan jerami di dalam permainan. Di balik tumpukan jerami tersebut kamu akan menemukan sesosok mayat berjubah putih.

Memang barangkali tidak semua orang akan memahami dan familiar terhadap sosok tersebut, padahal sosok tersebut merujuk kepada Altair Ibn La Ahad dari seri Assassin’s Creed yang terkenal.

Ketika menemukan mayat Altair tersebut, nantinya Geralt akan berkata “guess they’ll never learn” yang akan diikuti dengan unlocking kemampuan ‘Assassin’ di dalam permainan. Sederhana, tapi mengundang banyak pertanyaan!


#5 Just Cause 4 – The Cow Gun

Just Cause 4 – The Cow Gun

Grappling hook, kemampuan menggunakan wingsuit di atas rata-rata manusia pada umumnya, dan senjata-senjata serta kendaraan yang absurd tidak membuat keseruan bermain game di Just Cause 4 hilang.

Tapi kalau kamu berfikir bahwa Just Cause 4 merupakan game yang penuh keabsurd-an, tunggu sampai kamu mengetahui easter egg yang satu ini, cow gun! Easter egg yang satu ini memungkinkan kamu berubah menjadi sapi, ya sapi!

Menariknya, ketika kamu berubah menjadi sapi kamu akan tetap bisa mengendarai mobil, naik motor, bahkan mengendarai tank baja dan menembak-nembaki orang. Nah tapi bagaimana ya cara mendapatkan cow gun ini?

Caranya adalah jalan ke daerah Vaivanes di bagian barat laut dari pulau tersebut. Ketika sudah di sana kamu bisa berjalan ke daerah peternakan di dekat pangkalan udara kemudian jalan ke bagian utara (army base). Carilah cow gun di daerah sana.


#6 GTA V – Bigfoot

GTA V – Bigfoot

Sama seperti Just Cause 4, game besutan Rockstar yang satu ini juga tergolong sebagai salah satu game yang sangat absurd. Namun memang boleh dibilang game ini merupakan salah satu game free to roam yang sangat terkenal dan mendunia.

Selain itu update berkala yang diberikan oleh pihak Rockstar seakan-akan membuat game ini selalu menarik dan tidak akan pernah kehabisan daya tarik tersebut. Salah satunya adalah easter egg yang satu ini dimana kamu bisa bermain sebagai Bigfoot.

Cara untuk mendapatkan easter egg yang satu ini agak sulit, dimana kamu harus menyelesaikan permainan 100% termasuk misi sampingan The Last One dimana kamu harus mencari 27 tanaman Peyote. Nah kalau sudah akan ada satu tanaman Peyote istimewa yang kalau dimakan akan membuatmu berubah menjadi Bigfoot.

Tanaman ini akan muncul di lokasi yang berbeda-beda setiap minggu pada pukul 5.30 hingga 8.00 AM dan kamu harus makan tanaman special tersebut mulai dari hari Minggu hingga Sabtu secara berurutan.


#7 Metal Gear Solid 3: Snake Eater – The End

Metal Gear Solid 3: Snake Eater – The End

MGS 3 merupakan salah satu game yang sangat menarik dan fenomenal. Salah satu ciri khas dari permainan ini adalah boss yang sangat berwarna dan bervariasi dengan segala kemampuannya yang berbeda-beda.

Mulai dari The Pain yang bisa mengeleuarkan kawanan lebah dari mulutnya, The Fear yang bisa menjadi tembus pandang, dan tentu saja salah satu yang paling memorable adalah The End yang merupakan boss yang digambarkan sebagai sosok yang sangat tua.

The End memiliki kemampuan mata yang luar biasa, dan termasuk yang paling susah. Sampai kamu mengalahkan boss yang satu ini dengan cara yang luar biasa. Karena berumur sangat tua, boss yang satu ini tentu akan mati saat ajalnya tiba.

Nah lucunya kamu bisa coba melawan The End dan kemudian lakukan save game. Setelah itu kamu bisa matikan konsolmu selama satu minggu, atau mengubah tanggalnya menjadi satu minggu ke depan. The End akan mati karena ajalnya sudah tiba secara alami, WOW!


#8 GTA: San Andreas – No Easter Eggs

GTA: San Andreas – No Easter Eggs

Salah satu sekuel terbaik dari Grand Theft Auto yang satu ini juga tidak kehabisan akal untuk menampilkan Easter Eggs yang sederhana, mudah dicari, namun sangat ikonik sampai-sampai banyak yang membicarakannya.

Kamu bisa mencari easter egg yang satu ini dengan cara pergi ke jembatan yang menghubungkan San Fierro serta Las Venturas, yang berwarna merah tersebut. Kalau sudah sampai ke jembatan tersebut kamu cukup spawn jetpack.

Setelah itu kamu tinggal naik ke bagian paling atas dari jembatan berwarna merah tersebut, dan kamu bisa menemukan easter egg di atasnya. Easter egg yang hanya berupa tanda yang bertuliskan “There are no Easter Eggs up here. Go away.”

Simpel, namun nyatanya easter egg yang satu ini sering sekali dibicarakan karena memang sangat ikonik. Bahkan termasuk yang paling ikonik kalau dibandingkan dengan easter egg lainnya yang ada di dalam seri Grand Theft Auto.

Lihat: Cheat dan trik rahasia GTA San Andreas


#9 GTA IV – Heart of Liberty City

GTA IV – Heart of Liberty City

Masih dari game besutan Rockstar, Heart of Liberty City merupakan salah satu easter egg yang bisa kamu temukan pada sekuel Grand Theft Auto IV. Sesuai Namanya, kamu bisa menemukan jantung raksasa yang berdenyut disini.

Untuk mencapai ke sana kamu bisa langsung terbang menggunakan helicopter ke Statue of Happiness dan masuklah ke bagian dalamnya. Karena lokasi jantung yang berdenyut tersebut terletak di dalam patung tersebut.

Lokasi pintu untuk mengakses tempat tersebut berada di upper platfrom dari pedestal, dan kamu tidak bisa mencapai kesana menggunakan tangga melainkan dengan cara melompat via helicopter atau terjun menggunakan parasut.

Ketika sudah sampai di upper platform kamu bisa menemukan empat buah into, carilah pintu yang bertuliskan No hidden content this way, dan masuklah kesana. Di dalamnya aka nada tangga yang Panjang, panjatlah dan kamu akan sampai ke bagian jantung dari patung ini.


#10 FIFA 17 – Free Roam

FIFA 17 – Free Roam

Kalau yang satu ini mungkin lebih tepatnya disbut fitur daripada disebut easter egg, tapi ya tidak apalah. Karena memang fitur yang satu ini tidak banyak yang tahu dan sebenarnya tidak banyak berhubungan dengan permainan di FIFA itu sendiri.

Easter egg yang satu ini memungkinkan kamu untuk melepas bola dan kemudian bisa berlari-lari bebas kesana kemari di dalam stadion hingga ke bagian stand penonton, pada saat kamu memainkan mode Arena.

Caranya adalah dengan menekan L2 dan R2 secara cepat, ataupun menekan tombol yang equivalent kalau kamu menggunakan controller X-Box. Lakukan hal ini secara cepat dan secara tepat.

Kalau sukses maka pemain akan langsung melepaskan bola tersebut dan kamu bisa berlari secara bebas. Yah secara resmi sih tidak ada nama dari easter egg ini, tapi kami menyebutnya dengan istilah free roam.


#11 Assassin’s Creed III – The Assassin’s Turkey

Assassin’s Creed III – The Assassin’s Turkey

Salah satu easter egg yang paling banyak dicari dan diingat dalam sekuel Assassin’s Creed adalah  Assassin’s Turkey ini. Bahkan easter egg ini menurut kami tergolong ke dalam salah satu yang paling ikonik dibandingkan game lainnya.

Nah setelah sekuens keenam, kamu yang berperan sebagai Connor bisa mencari ayam kalkun di Homestead. Caranya adalah dengan bersembunyi di bagian sudut manapun dan bersiul, kemudian diikuti dengan memasukkan the Konami Code.

Caranya adalah dengan menekan atas atas bawah bawah kiri kanan kiri kanan B A dan, kemudian kamu harus berubah menjadi seorang Assassins. Nah kalau melakukan seluruh Langkah ini dengan sukses kamu akan bertemu dengan ayam kalkun.

Nah bagi kamu yang bermain menggunakan konsol lain ataupun dengan menggunakan PC, maka kamu bisa memasukan the Konami Code dengan tombol yang ekuivalen ataupun setara dengan kode di atas.


#12 Batman Arkham Asylum – The Hidden Blueprint

Batman Arkham Asylum – The Hidden Blueprint

Batman Arkham Asylum merupakan salah satu game yang juga memiliki banyak penggemarnya tersendiri. Selain dari gameplay, tentunya memang banyak orang yang menggemari Batman akan menyukai permainan ini.

Nah tentu di dalam permainan ini pun ada satu easter egg yang juga cukup ikonik, dimana kamu bisa menemukan Blueprint atau cetak biru dari kota Arkham Asylum yang ada di dalam game ini.

Lucunya easter egg ini ternyata tidak diketahui oleh para pemain dari game ini, bahkan hingga dua tahun pasca game ini dirilis oleh developer. Walhasil para developer memutuskan untuk merilis easter egg ini sendiri.

Nah kamu harus masuk ke bagian kantor dari Quincy Shardp dan kemudian kamu harus meledakkan dinding di dalamnya. Nah semudah itu, kamu nantinya akan menemukan cetak biru dari kota Arkham Asylum.


#13 Call of Duty: Black Ops – Dead Ops Arcade

Call of Duty: Black Ops – Dead Ops Arcade

Sebenarnya CoD Black Ops menawarkan banyak sekali easter eggs yang bisa kamu akses dengan mudah. Akan tetapi menurut kami Dead Ops Arcade ini merupakan salah satu yang cukup ikonik dan sering sekali diakses.

Dead Ops Arcade merupakan permainan retro top down two stick shooter yang bisa dimainkan oleh karakter di dalam CoD. Untuk mengaksesnya, saat berada di menu kamu bisa menekan kiri kanan kiri kanan secara berulang dan secepat mungkin untuk melepas ikatan.

Setelah itu kamu bisa mengeksplorasi ruangan interogasi, dan kemudian jalanlah ke bagian belakang dari ruangan tersebut untuk menemukan interactive computer terminal. Akses computer tersebut dan masukkan DOA untuk membuka arcade.

Untuk mengakses level lainnya yang berada di dalam mesin arcade tersebut kamu bisa memasukkan 3arc intel. Sayangnya dengan mengetikkan command ini kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan intel achievement/thropy.

Selain dari kedua command tersebut kamu masih bisa memasukkan command lainnya untuk mengakses computer tersebut. Untuk melihat command yang bisa diakses kamu cukup mengetikkan help dan mengikuti command yang ada untuk diinput.


#14 Assassin’s Creed Series – Real Life Character

ac oddyssey hippokrates

Salah satu easter egg, atau barangkali lebih cocok kalau disebut dengan istilah fun fact yang ada di dunia game adalah yang dimiliki oleh Assassin’s Creed Series. Di dalam game ini khususnya seri awal-awal, ada satu fakta menarik.

Fakta tersebut adalah bahwa kebanyakan antagonis, malah seluruh antagonis yang kamu bunuh di dalam game, sebenarnya merujuk kepada orang sebenarnya di dunia nyata. Misalnya Cesare Borgia yang merupakan antagonis di Assassin’s Creed: Brotherhood.

Cesare adalah orang yang sebenarnya di dunia nyata, artinya game ini terinspirasi dari orang yang sebenarnya dan nyata. Lebih menariknya lagi, lokasi dan tahun kematian orang-orang di dalam game ternyata disesuaikan dengan fakta lokasi dan tahun kematian antagonis tersebut di dunia nyata.

Meski demikian memang pada kenyataannya tentu saja tidak ada satupun dari orang-orang ini yang mati karena dibunuh oleh Assassin yang berlari kesana kemari. Tapi biar begitu tetap saja fakta ini sangat menarik untuk para pemain Assassin’s Creed.


#15 Metal Gear Solid 2 – Psycho Mantis

Metal Gear Solid 2 – Psycho Mantis

Berbicara easter egg, pada dasarnya sudah muncul sejak lama sekali. Kalau biasanya kami membahas game-game terbaru, kali ini kami ingin membahas satu easter egg yang tergolong sangat cerdas yang dibuat oleh developer Metal Gear Solid 2.

Saat kamu sedang melawan salah satu boss yakni Psychomantis ia akan berbicara seolah-olah ia bisa membaca pikiranmu. Biasanya ia akan berdialog seolah-olah mengetahui game apa yang kamu sukai dan sedang kamu mainkan.

Hal ini tentu mengagetkan pada awalnya. Akan tetapi sebenarnya kemampuan ini bisa didapatkan oleh Psychomantis karena game ini membaca isi dari memory card mu saat itu, sehingga mereka bisa mengetahui game apa yang sedang kamu mainkan.

Menurut kami hal ini merupakan salah satu easter egg yang sangat jenius, dan tentu saja easter egg ini membuat Metal Gear Solid 2 waktu itu menjadi bahan pembicaraan. Artinya tentu saja bisa meningkatkan penjualan game mereka!


#16 Diablo II – Hell Bovine

Diablo II – Hell Bovine

Game yang sudah berusia 20 tahunan ini ternyata juga menyimpan satu easter egg yang menurut kami sangat menarik. Lagi-lagi easter egg di dalam game ini tentang sapi, serupa dengan game Just Cause 4.

Mereka memberi nama easter egg di dalam game ini dengan sebutan Hell Bovine atau sapi dari neraka. Nah untuk menemukan mereka kamu harus menyelesaikan seluruh permainan dalam difficulty yang normal.

Selain itu kamu juga harus melakukan transmuting Tome of Town Portal dan Wirt’s Leg di dalam horardic cube di Rogue Encampment. Kalau sudah melakukan hal tersebut kamu akan bisa menemukan Hell Bovine di dalam game ini.

Nah Hell Bovine ini memiliki senjata melee yang sangat berbahaya bagi karaktermu di dalam permainan yang bisa membunuhmu dengan cepat. Selain itu kami tidak menyarankan kamu untuk berlari kalau menemukan mereka, karena hal ini hanya akan membuat para sapi ini semakin banyak!


#17 Far Cry 5

Far Cry 5

Far Cry 5 memang merupakan salah satu game yang sangat ditunggu-tunggu bahkan jauh sejak kemunculannya. Hal ini lantaran ekspektasi para penggemarnya yang sangat tinggi, mengingat beberapa sekuel sebelumnya mendulang sukses yang luar biasa.

Malah menurut kami boleh dibilang kesuksesan Far Cry saat ini diawali semenjak kemunculan Vaas yang merupakan villain pada sekuel Far Cry 3. Kemunculannya yang sangat ikonik inilah kemudian yang membuat banyak orang membicarakan game ini.

Akhirnya banyak orang pula yang tertarik kepada sekuel game ini. Kesuksesan Vaas di dalam mendulang massa nampaknya bukan hanya dirasakan oleh para penggemarnya, melainkan disadari pula oleh developer game ini.

Buktinya kamu bisa menemukan Bobblehead dari Vaas di dalam kendaraan yang bisa kamu naiki di dalam game ini. Caranya adalah dengan membeli mobil, yang kamu kustomisasi dengan enabling Vaas Bobblehead yang menggunakan pakaian Hawaii.

Simpel namun menurut kami sangat mengena, terutama bagi para penggemar Far Cry yang sudah memainkan sekuel-sekuel dari Far Cry sebelumnya ini.

Fakhri Zahir

Fakhri Zahir adalah seorang dokter lulusan Universitas Indonesia yang juga aktif menulis konten di banyak website populer.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komen apa aja.... Bebas!x
()
x