Review Vivo S1 Pro: Kelebihan dan Kekurangan

Ingin memotret dengan hp layaknya profesional dengan harga terjangkau? Kamu pasti berpikir kalau itu mustahil. Kalaupun tidak mustahil, harganya pasti mahal. Tapi ternyata Vivo punya solusinya lho.

Di akhir tahun 2019 kemarin, Vivo meluncurkan sebuah hp yang punya kualitas potret layaknya profesional, Vivo S1 Pro. Sebuah ponsel yang kabarnya punya kualitas wah untuk jepret-jepret. Seperti apa hp ini? Yuk simak ulasannya.

Perlu kamu ketahui kalau Vivo S1 Pro adalah seri peningkatan performa dari pendahulunya yakni Vivo S1. Peningkatannya
pun banyak sekali, tidak sekadar orderdilnya saja tetapi juga dari segi penampilan.

Oke langsung saja simak ulasan dari ponsel dengan penampilan mewah ini.

Pertama-tama kamu perlu lihat dari segi penampilannya. Vivo mengklaim kalau ponsel ini adalah untuk para anak muda yang ingin style berbeda. Terlhat dari varian warnanya yang beragam dan terbilang wah, cerah sekali. Meski ada juga warna hitam yang netral.

vivo-s1-pro


Tampilan Vivo S1 Pro

Ciri paling menonjol dari Vivo S1 Pro adalah bagian kameranya yang berbentuk belah ketupat atau diamond. Bukan cuma untuk gaya-gayaan aja, formasi seperti ini juga ada peningkatan performa yang signifikan. Nanti di bawah akan di bahas tentang bagaimana sih performa fotonya.

Cirinya yang khas membuat ponsel ini berbeda dibandingkan dengan ponsel lain yang memiliki bentuk formasi kamera yang cenderung memanjang ke bawah.

Saya yakin tujuan dari menempatkan kamera dengan bentuk diamond adalah agar ketika objek mata melihat lensa, tidak membuat fokus meleset seakan-akan tidak sedang melihat ke arah kamera. Hal ini sering terjadi pada kamera dengan lensa lebih dari satu. Jadi untuk kamu yang ingin mencari ponsel untuk kebuthan rekam video kamu perlu memperhatikan letak lensa ini.

Selanjutnya adalah dari segi layar. Layar Vivo S1 Pro sudah Ultra Full Screen yang artinya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan bezel atau tepi ponsel yang terlihat dominan. Dengan fitur Ultra Full Screen Vivo S1 Pro akan terlihat memiliki layar lega dan luas.

Layar yang yang luas ini dibangun dengan teknologi pencahaan Super Amoled yang membuat daya baterai semakin awet. Alhasil kamu akan mendapatkan fitur Always on Display yang bisa digunakan untuk menampilkan fitur lain seperti sensor sidik jari ataupun jam dan tanggal tanpa harus membuka lock ponsel.

Menariknya, kamu akan mendapatkan beberapa opsi untuk melakukan personalisasi tampilan waktu yang kamu suka pada fitur Always on Display ini. Jadi jangan khawatir untuk memiliki ponsel pintar dengan mode stand-by yang gitu-gitu aja.

Untuk varian warna, Vivo menyediakan tiga jenis warna yakni Crystal Blue, Glowing Black, dan Fancy Sky.


Sistem Operasi dan Perangkat Lunak Vivo S1 Pro

Dari segi perangkat lunak, ponsel ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android 9 atau Android Pie. Berkat sistem operasi ini, Vivo S1 Pro telah bisa menjalankan sistem tampilan yang dimiliki oleh Vivo yakni Funtouch OS 9. Operating system ini telah mampu menampilkan tampilan UI dalam mode gelap atau dark mode.

Selain ada mode gelap, fitur lain dar Funtouch OS adalah kamu akan mendapatkan fitur Parental Pontrol yang bisa digunakan para orang tua untuk mengendalikan penggunaan ponsel pintar pada anak-anak. Fitur ini tentu penting untuk orang tua yang memiliki anak-anak yang sering berlebihan dalam menggunakan ponsel.


Spesifikasi Teknis Vivo S1 Pro

Baterai kapasitas menengah dengan pengisian daya yang cepat

Bicara tentang spesifikasi teknis, kita bisa mulai dari kapasitas baterai yang cukup besar yakni 4500mAh. Kapasitas baterai sebesar ini dikombinasi dengan layar Super Amoled akan membuat kamu bisa menonton video seharian penuh. Jadi jangan khawatir untuk kehabisan baterai saat sedang melihat tayangan favorit di Netflix atau Amazon Prime ya kan?

Tapi jika baterai habis bagaimana?

Tenang saja, Vivo sudah menyediakan pengisi daya dengan teknologi Dual Engine yang bisa mengisi daya ponsel dari nol persen menjadi 100 persen hanya dalam 2 jam 10 menit dengan charger berdaya 18 Watt. Charger ini sudah tersedia di paket pembelian Vivo S1 pro.


Dapur Pacu Prosessor Snapdragon 665

Kemudian gimana dengan spesifikasi daleman ponsel? Sejatinya jika kamu sudah menggunakan Vivo S1, kamu tidak akan menemukan spesifikasi yang benar-benar berbeda. Sedikit perbedaan ada pada prosessor yang menggunakan Snapdragon 665 2,02 GHz dengan GPU Adreno 610.

Vivo yang menyediakan prosessor yang berbeda tentu tujuannya agar Vivo S1 Pro bisa terasa lebih “pro” dibandingkan pendahulunya.

Sementara jika dari segi penyimpan data baik RAM dan memori, tidak ada yang berbeda. Kamu akan diberi RAM sebesar 8 GB dan kapasitas memori sebesar 128 Gb. Kapasitas memorinya bisa kamu tingkatkan dengan menambah lagi 128 GB MicroSD yang terletak di slot kartu SIM.

Meski dipasarkan sebagai ponsel yang pro, sayangnya hp ini memberi kamu batasan dari segi upgrade. Pasalnya, di slot SIM kamu harus memilih apakah ingin menambah kapasitas penyimpanan atau menambah SIM.

Itu artinya jika kamu menambah kapasitas simpan, kamu hanya akan bisa menggunakan satu kartu operator. Begitu juga sebaliknya jika kamu suka menggunakan dua operator, kamu tidak akan bisa menambah ruang simpan.

Tapi dengan kapasitas bawaan yang sudah mencapai 128 GB seharusnya sudah cukup lega ya. Kecuali jika hp ini kamu gunakan untuk aktifitas yang masif seperti untuk jualan online atau jadi seleb media sosial yang butuh kapasitas besar untuk menyimpan konten.

vivo-s1-pro


Kualitas Kamera Vivo S1 Pro

Bicara soal konten, tentu bisa mulai bicara soal kualitas kamera nih. Dari segi kamera, Vivo S1 Pro memiliki empat kamera di belakang yakni kamera normal dengan resolusi 48 MP. Lalu lensa wide 8 MP dan 2 MP untuk lensa Macro dan 2 MP untuk Depth Sensor.

Sementara di depan kamera swafotonya mengalami peningkatkan dari yang sebelumnya pada Vivo S1 hanya 16 MP menjadi 32 MP. Dengan spesifikasi kamera semewah ini jelas membuat Vivo S1 Pro layak untuk disebut sebagai seri pro dari pendahulunya.

Lalu bagaimana hasil jepretannya? Untuk hasil jepretan di luar ruangan ponsel ini sangat optimal untuk digunakan. Vivo menggunakan Sensor GM1 milik Samsung sehingga kamera ponsel ini bisa bekerja dengan baik untuk menangkap detil-detil yang ada saat siang hari.

Sedangkan di malam hari, detil-detl memang mulai memudar. Vivo mulai cenderung untuk menggunakan AI nya untuk mengolah foto menjadi lebih “halus” dengan sedikit jejak bintik (noise).

Untuk memanjakan para penggemar fotografi, Vivo S1 Pro menyediakan berbagai fitur jepret antara lain mode Night Mode, Wide, Macro dan juga mode manual yang akan memberikan akses pada pengaturan ISO, Shutter Speed, White Balance, Focus, dan Exposure Value.

Hal yang paling menarik adalah, secara diam-diam Vivo S1 Pro punya kemampuan rekam yang istimewa. Bila pada umumnya ponsel saat ini hanya bisa merekam video dengan resolusi 1080p, pada Vivo S1 Pro, kamu bisa menggunakan resolusi 2160 alias 4K!

Fitur ini memang tidak tersedia pada pilihan rekam video yang ada pada aplikasi kamera bawaan Vivo. Namu kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan aplikasi kamera lain seperti Open Camera.

Bagaimana pemakaian untuk gaming?


Vivo S1 Pro untuk Main Game

Untuk kamu penggemar game, Vivo menyediakan fitur Ultragame mode. Fitur ini akan bisa membuat kamu bermain game dengan tenang karena akan membuat ponsel memaksimalkan fungsinya untuk kebutuhan game. Contohnya seperti memblokir notifikasi, dan juga fitur Voice Changer atau pengubah suara yang bisa membantumu menyamarkan identitas saat bermain game.

Untuk performa saat bermain game, berdasarkan ulasan Jagat Review, ponsel ini tidak menampilkan performa yang istimewa. Biasa-biasa saja dan cenderung nyaman saja untuk gaming. Jadi jika kamu ingin menggunakan ponsel ini untuk bermain game yang serius, kamu lebih baik memilih ponsel yang lain.


Kesimpulan

Vivo meluncurkan ponsel ini pada akhir tahun 2019 dan cukup menarik perhatian. Ponsel ini cukup terjangkau, mengingat Vivo menyematkan berbagai fitur pro. Spesifikasi yang mumpuni, kemudian teknologi yang sudah cukup mutakhir membuat ponsel ini bisa cukup bertahan menghadapi teknologi ponsel-ponsel segmen menengah lainnya hingga setidaknya selama dua tahun.

Alasannya adalah karena fitur VIvo S1 Pro terbilang sudah cukup lengkap mendekati ponsel segmen atas. Ponsel ini sudah memiliki fitur biometrik seperti sidik jari dan juga Face Access. Hanya saja untuk fitur NFC tidak tersedia karena fitur ini memang umumnya ada di ponsel segmen atas.

Ponsel ini cukup layak untuk menjadi pertimbangan mengingat harganya yang cukup terjangkau. Antara spesifikasi dan harga cukup sepadan. Apalagi jika kamu ngidam bisa memotret layaknya profesional.

Nah, selebihnya tentu saja terserah kamu. Untuk mempelajari lebih lengkap spesifikasi dan tampilan Vivo S1 Pro, kamu bisa cek situs resmi Vivo.

Semoga ulasan ini bisa membantu kamu untuk memilih ponsel terbaik ya.

Bagus Ramadhan

Bagus adalah penulis di ruanglaptop dengan pengalaman mendalam di dunia digital marketing dan content marketing.

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Boleh komentar.... Bebas!x
()
x