Apa itu Aplikasi Keluarga Sehat Sebenarnya?

Mungkin, banyak dari yang belum tahu atau bahkan belum pernah dengar soal Aplikasi Keluarga Sehat. Ya, aplikasi ini dibuat oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia lho.

Apa sih fungsi dari aplikasi ini? Jangan salah, aplikasi ini dibuat bertujuan untuk memudahkan analisis dan pendataan serta mendukung Program Indonesia Sehat lewat metode Pendekatan Keluarga.

Awalnya, aplikasi ini bernama Prokesga (Program Kesehatan Keluarga). Namun, diubah dan diupgrade dengan nama ‘Keluarga Sehat’ pada tahun 2016 hingga sekarang.

Aplikasi Keluarga Sehat merupakan aplikasi penyedia layanan informasi kesehatan daerah berskala nasional yang telah terintegrasi dari mulai puskesmas sampai ke Kementerian Kesehatan secara online.

Di dalam Aplikasi Keluarga Sehat, Anda bisa melihat berbagai fitur penting berupa peng-inputan data serta hasil entry yang digambarkan dalam bentuk grafik maupun tabel yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan kesehatan juga fasilitasnya. Aplikasi Keluarga Sehat pun dapat diakses melalui web atau diinstall langsung ke ponsel Anda.

Aplikasi ini pun dikhususkan bagi Anda yang bekerja di instansi kesehatan seperti Puskesmas yang bertujuan untuk mempermudah pencarian serta akses data penduduk atau pasien.

Untuk akses lewat Web, terdapat 3 modul yang mesti diperhatikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Modul Administrator: Digunakan untuk pengaturan menu dan pengguna.
  2. Modul Dashboard: Digunakan untuk menyajikan data output jumlah keluarga.
  3. Modul Kuesioner: Digunakan untuk input data dari lapangan secara online.

Adapun jika Anda mengakses aplikasi Keluarga Sehat lewat ponsel, berikut modulnya:

  1. Modul Kuesioner: Digunakan untuk meng-input data dari lapangan secara online atau offline.
  2. Modul Dashboard: Digunakan untuk menyajikan data output hasil perhitungan dan pengumpulan data dari lapangan.

Baca juga: Apa itu aplikasi DANA sebenarnya?


Tahapan Penggunaan Aplikasi Keluarga Sehat

1. Dinas Kabupaten/Kota melakukan pengumpulan daftar Puskesmas yang nantinya digunakan untuk pembuatan daftar nama calon pengelola Aplikasi Keluarga Sehat (Pembina Keluarga), yang terdiri atas :

  • Kepala Puskesmas
  • 1 Administrator Puskesmas
  • 1 Supervisor (pengumpul data)
  • 10 orang surveyor

2. Dinas Kabupaten/Kota mengirimkan surat permohonan resmi berisi lampiran daftar nama calon pengelola yang telah dilengkapi keterangan dan sesuai dengan form registrasi sebagai berikut:

  • Nama dan Kode Puskesmas (wilayah kerja)
  • Nama asli dan NIK
  • Jabatan
  • Nomer HP dan E-mail aktif

Formulir registrasi ini bisa Anda dapatkan hanya dengan mengirim e-mail permohonan registrasi ke : keluargasehat@kemkes.go.id.

3. Data dari form registrasi tersebut lalu dikirimkan ke Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kementerian Kesehatan yang berada di Jln. HR Rasuna Said Blok X-5 Kav 4-9, Jakarta Selatan dengan kode pos 12950 atau via email di keluargasehat@kemkes.go.id. Jangan lupa membuat tembusan laporan ke Dinas Kesehatan Provinsi terlebih dulu.

4. Jika sudah dikirim, pihak Pusat Data dan Informasi akan mengecek kelengkapan informasi dan memverifikasi keberhasilan data dengan membuat akun di Aplikasi Keluarga Sehat serta panduan aktifasi akun kepada instansi kesehatan yang bersangkutan.

5. Terakhir, jika akun telah dikirimkan kembali ke Dinas Kabupaten/Kota (sebagai pemohon), akun tersebut akan diberikan ke Puskesmas terkait supaya dapat segera digunakan.

Bagaimana, mudah sekali kan prosesnya?

Artikel menarik lain: 11 Aplikasi Kamera Terbaik untuk Android 2019

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of