8 Penyembunyi Aplikasi Terbaik Untuk Android

Menyembunyikan aplikasi biasanya kerap dilakukan beberapa pengguna android. Alasan privasi menjadi tujuan utama mengapa hal tersebut kerap dilakukan.

Aplikasi yang tersembunyi ini tentu akan lebih terjaga keamanannya sehingga anda tidak perlu khawatir aplikasi tersebut diacak-acak oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Selain mencegah orang yang iseng membuka-buka data pribadi, menyembunyikan aplikasi bawaan yang tidak berguna juga bisa membuat ponsel berjalan lebih mulus, karena tidak jarang software bawaan ponsel mengandung bloatware yang bisa membebani kinerja ponsel.

Secara garis besar, ada tiga cara utama untuk menyembunyikan aplikasi dari menu, yaitu:

  • Menggunakan aplikasi penyembunyi pihak ketiga
  • Men-disable aplikasi dari pengaturan
  • Menggunakan secure folder

Semua cara diatas akan secara otomatis menghilangkan ikon aplikasi di launcher anda. Dan untuk menjaga privasi, hanya andalah yang bisa mengakses aplikasi tersebut menggunakan password, PIN, atau pattern (pola).

Meskipun anda percaya bahwa tidak ada teman atau keluarga yang suka iseng buka-buka hp, menyembunyikan aplikasi sangat kami anjurkan sebagai tindakan preventif alias pencegahan kalau saja ponsel anda hilang atau dicuri.

Baca juga: Rekomendasi browser android paling ringan


Pilihan Aplikasi Penyembunyi Pihak Ketiga

Berikut adalah 8 pilihan penyembunyi aplikasi yang bisa anda gunakan:

1. Apex Launcher

Apex Launcher Sembunyikan Aplikasi

Dengan Apex Launcher, anda bisa menyembunyikan aplikasi dari drawer alias menu sehingga tidak ada yang bisa menemukannya kecuali anda sendiri.

Download aplikasi launcher android ini dari Google Play, kemudian masuk ke pengaturan dan lakukan tambahkan aplikasi yang ingin disembunyikan. Anda juga akan mendapat opsi untuk memasang password di aplikasi tersebut, serta menyembunyikannya dari pencarian (tidak akan muncul kalau dicari dari fitur search).

2. Nova Launcher (Free)

Nova Launcher Penyembunyi Aplikasi

Dengan aplikasi ini, anda bisa mengganti nama dan logo aplikasi yang ingin disembunyikan (misalnya tinder jadi kalkulator) supaya tidak terjadi keributan rumah tangga.

Pertama, instal Nova Launcher dari Play Store, kemudian tap lama di aplikasi yang ingin disembuyikan, lalu pilih Edit untuk mengganti nama dan logo aplikasi tersebut. Caranya mudah dan anda hanya perlu ikuti sesuai yang muncul di layar.

Kalau mengganti nama dan logo masih kurang, anda harus membeli versi premium dari Nova Launcher, karena ia bisa menghilangkan aplikasi dari tampilan menu.

Cek juga: Tips Merawat Memory Card Android Supaya Awet

3. Hide App – Hide Application Icon

Aplikasi dengan tampilan antar muka yang simpel ini mudah digunakan. Namun perangkat smartphone mesti memiliki akses root terlebih dulu untuk mengakses aplikasi satu ini.

Fitur yang tersedia cukup lengkap, antara lain pengunci aplikasi dengan PIN, auto backup, dan penyembunyi aplikasi yang lebih mudah digunakan.

Hanya tinggal pilih aplikasi mana yang akan disembunyikan maka ikon aplikasi akan hilang secara otomatis dari launcher android.

4. PrivateMe

Tanpa memiliki akses root, aplikasi android satu ini sudah bisa anda gunakan. Anda bisa menyembunyikan ikon aplikasi, recent app, hingga foto dari launcher.

Aplikasi satu ini juga mampu menyembunyikan notifikasi hingga menyamarkan notifikasi dari aplikasi.

Anda akan dibekali fitur kunci aplikasi dengan PIN, kloning aplikasi agar kita bisa menggunakan dua aplikasi sekaligus namun dengan dua akun berbeda.

5. Hide Apps

Aplikasi ini mampu mengunci menggunakan pola sehingga lebih aman, anda pun tidak perlu melakukan rooting terlebih dulu, selain itu user interface aplikasi satu ini cukup enak dipandang karena didesain lebih keren.

Menyembunyikan aplikasi menjadi lebih mudah dengan sekali tap saja, tersedia pula beberapa pilihan tema yang membuat smartphone lebih menarik.

6. Sembunyikan Aplikasi

Untuk mengakses aplikasi satu ini anda perlu melakukan rooting smartphone terlebih dulu. Tampilan muka aplikasi sangat sederhana sehingga siapapun bisa menggunakannya.

Namun jika anda menyembunyikan aplikasi, secara otomatis anda tidak bisa melihatnya di background sampai kemudian anda mengaktifkannya kembali. Fitur kunci pola serta PIN juga tersedia pada aplikasi satu ini.

7. X App Hider

Menyembunyikan aplikasi yang anda inginkan tergolong lebih mudah dengan aplikasi android satu ini. Hanya saja anda mesti memiliki perangkat android yang sudah di-root.

Tampilan aplikasi ini tergolong sederhana sehingga tidak menyebabkan aplikasi sulit digunakan. Sayangnya bahasa yang tersedia hanya bahasa inggris.


Men-Disable Aplikasi dari Pengaturan

Disable Aplikasi

Kalau anda tidak mau menggunakan aplikasi pihak ketiga, anda bisa menyembunyikan aplikasi dari tampilan menu dengan cara men-disable aplikasi tersebut dari pengaturan. Cara ini bukan berarti menghapus aplikasi (uninstall), namun hanya menonaktifkan saja.

Cara men-disable aplikasi dari pengaturan adalah sebagai berikut:

  1. Di ponsel, masuk ke Settings > Apps.
  2. Pilih aplikasi yang mau disembunyikan.
  3. Di halaman App Info, pilih Disable.
  4. Popup konfirmasi akan muncul, pilih Disable.
  5. Aplikasi sudah tidak aktif, dan tidak akan muncul di menu.

Menggunakan Secure Folder

Beberapa ponsel Android seperti seri Samsung Galaxy memiliki fitur untuk menyembunyikan aplikasi, gambar, dokumen, dan file lain didalam sebuah secure folder alias folder yang terkunci. Sama seperti ponsel, secure folder ini membutuhkan PIN, password, sidik jari, pattern, atau metode otentifikasi lain untuk membukanya.

Untuk menggunakan fitur ini (kalau ada), masuk ke Settings > Biometrics and security Secure Folder dan kemudian ikuti langkah yang muncul untuk membuat sebuah secure folder dan mengatur passwordnya.

Itu dia beberapa opsi aplikasi yang bisa menyembunyikan aplikasi yang kita inginkan. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara root hp android

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of