23 Aplikasi Cari Jodoh Terbaik (Temukan Teman Hidupmu di Sini!)

“Cari pacar aja susah, apalagi cari jodoh!” – kata-kata tersebut sudah pasti seringkali kita dengar dari orang-orang yang sudah putus asa dengan masalah percintaannya.

Bertemu dengan cinta sejati memang bukan perkara yang gampang. Kamu harus jatuh-bangun dengan kegagalan, sakit hati, bahkan bagian terburuknya yaitu jatuh cinta sendirian. Benar sih kalau ada pepatah ‘jodoh gak akan kemana’, tapi masalahnya, kita harus kemana biar dapet jodoh yang pas sama kita?

Jangan khawatir sobat ambyar! Sekarang kamu udah gak perlu lagi merasakan pedihnya menjadi seorang jomblo berkat platform dan aplikasi cari jodoh yang bisa mempertemukanmu dengan sang pujaan hati (cieelah).

Daripada semakin penasaran, yuk simak langsung ulasan aplikasi apa aja yang perlu kamu coba supaya gak dipanggil josep (jomblo kesepian) lagi!


1. Tinder (Android & iOS)

Aplikasi cari jodoh online yang pertama adalah Tinder. Tinder berhasil menciptakan dunia kencan online hanya dengan swipe kanan-kiri dan chat saja.

Aplikasi ini mendorongmu untuk membuat penilaian cepat tentang segala hal yang dimiliki oleh calon pasangan. Dengan Tinder, kamu cuma perlu membuat profil sederhana dengan foto-foto dan beberapa kalimat yang menggambarkan dirimu, lalu mulai deh cari pasangan yang sesuai sama kriteriamu!

Tinder menampilkan para single terdekat yang ada di daerahmu. Jika kamu suka, swipe foto ke kanan. Kalau nggak suka ya tinggal swipe kiri aja.

Jika kamu dan calon pasangan sama-sama swipe kanan, kamu dan si dia dapat segera chattingan atau bahkan mengatur jadwal untuk pertemuan langsung, lho.

Tinder terus-menerus membuat formula baru. Aplikasi ini berhasil menambahkan fitur video looping dan Places berbasis geolokasi untuk menentukan kecocokan antar kamu dan calon pasangan supaya lebih akurat.

Karena banyaknya laporan mengenai pelecehan atau hal-hal yang tidak diinginkan selama kencan atau pertemuan di dunia nyata, Tinder membuat perubahan yang lebih signifikan dengan memperkenalkan fitur ‘Security Center’ yang terhubung ke aplikasi Noonlight yang mampu memberikan ‘panic button’ jika kamu merasa tidak aman selama proses kencan berlangsung.


2. Bumble (Android & iOS)

Bumble bertujuan untuk mencari pasangan atau sekedar teman yang dekat di daerahmu. Dengan aplikasi ini, ratu lebah (pengguna wanita) harus melakukan langkah pertama setelah dirinya dan si calon pasangan saling terhubung dan menjadi bagian dari sarang satu sama lain.

Jangan buang-buang waktu karena kamu cuma punya kesempatan selama 24 jam saja untuk membuat semacam kontak atau koneksi. Kalau enggak dilakukan, si calon pasangan akan hilang selamanya.

Supaya bisa mendapatkan koneksi jangka panjang, salah satu pengguna harus terus melakukan kontak dalam waktu 24 jam sebelum koneksi itu hilang, meskipun kamu bisa mendapatkan perpanjangan 24 jam.

Kamu cuma pengen memperluas lingkaran pertemanan? Tenang, Bumble memiliki fitur BFF untuk orang-orang yang hanya mencari teman atau relasi baru tanpa ada batasan waktu.

Bumble memiliki pembaruan terbaru dengan nama Bumble Boost (berbayar) yang akan membuatmu lebih mudah dan lebih cepat untuk bertemu atau berkencan dengan calon pasangan. Pembaruan Bumble ini juga telah ditambahkan dalam fitur obrolan video dan suara yang otomatis muncul setelah kamu membuat koneksi dengan pengguna lain dalam mode Date, Bizz, dan BFF.


3. OkCupid (Android & iOS)

OkCupid memiliki basis pengguna yang cukup besar dan tools auto kencan yang sangat oke. Gak cuma itu aja, alih-alih berpuas diri, OkCupid terus menyempurnakan dan menambahkan fitur ke aplikasi kencan utamanya, seperti sistem “Flavours” yang memungkinkan pengguna untuk dengan cepat melihat kriteria potensial yang dimiliki calon pasangan seperti Kinky Nerds, Beard Lovers, World Traveler , dan masih banyak lagi.

OkCupid juga dilengkapi dengan fitur chat tanpa batas, kuis kepribadian, serta integrasi langsung dengan Instagram. Kalau kamu berlangganan versi premium, kamu bisa merasakan banyak kelebihan baru seperti akurasi pencarian calon pasangan yang disempurnakan dan kemampuan untuk melihat pengguna lain yang menyukaimu.


4. Facebook Dating (Android & iOS)

Gak cuma ada sosial medianya aja, Facebook juga menyediakan fitur khusus cari jodoh bernama Facebook Dating yang bisa diakses dari dalam aplikasi selulernya pada tahun 2018 yang lalu. Facebook Dating sengaja dibuat untuk para pengguna supaya bisa menemukan hubungan jangka panjang, bukan cuma hubungan iseng-iseng biasa.

Kamu dapat menyiapkan profil Dating yang terpisah dari profil Facebook biasa yang kamu miliki. Dari sana, Facebook akan menemukan kecocokan antar kamu dan si calon pasangan berdasarkan preferensi, minat, dan aktivitas sesuai dengan yang kamu sukai.

Facebook tidak akan menyarankan kecocokan di antara orang-orang yang sudah kamu kenal sebelumnya di Facebook, kecuali kalau kamu memakai fitur ‘Secret Crush’ di mana kamu dapat memilih ‘match’ dari satu hingga sembilan teman Facebook atau followers Instagram yang diam-diam kamu kagumi. Jika mereka juga tertarik denganmu di Secret Crush, Facebook akan mencocokkan kalian berdua.

Baca Juga : 7 Aplikasi Untuk Ketemu Orang Lokal Saat Traveling!


5. Match.com (Android & iOS)

Match.com menawarkan para penggunanya untuk mendapatkan pengalaman cari jodoh di Android dan iOS. Pengguna dapat mengatur profil secara online, mengupload beberapa foto diri, dan terlibat dalam chattingan dengan pengguna lain berkat fitur “winks”.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan kecocokan baru terhadap pengguna lainnya setiap hari. Hal tersebut tentu saja memudahkanmu untuk mencari sosok pasangan ideal yang kamu inginkan.

Match.com telah dilengkapi fitur yang lebih komprehensif seperti kemampuan untuk melihat siapa yang telah memeriksa profil dan menyukai fotomu.

Match.com terus menambahkan fitur-fitur terbaru seperti seperti Mixer Tinder-like, Android Wear, dan integrasi Apple Watch, serta penambahan klip suara dan video ke profilmu. Sama seperti Tinder, Match.com baru saja menambahkan fitur keamanan yang memungkinkanmu memberi tahu teman terdekat jika kamu merasa tidak aman saat sedang berkencan.


6. Coffee Meets Bagel (Android & iOS)

Aplikasi cari jodoh yang satu ini kelihatannya memiliki konsep yang berbeda dari yang lainnya. Ya, Coffee Meets Bagel memang unik. Ketimbang membiarkan pengguna menilai hanya lewat profil calon pasangan, Coffee Meets Bagel mencoba fokus pada kualitas daripada kuantitas.

Setiap harinya, aplikasi akan secara otomatis membiarkan para pengguna pria untuk memilih calon pasangan potensial berdasarkan profil dan preferensi mereka, dan pengguna wanita kemudian mendapatkan notifikasi tentang seberapa berminatnya mereka pada pengguna pria tersebut.

Jika kamu dan si dia tertarik satu sama lain, aplikasi akan memberikan durasi chat selama 7 hari agar kalian bisa saling chattingan dan membuka pembicaraan.

Coffee Meets Bagel telah dilengkapi dengan desain terbaru untuk profil para penggunanya. Kamu dapat mengomentari foto dan isi profil supaya bisa membuat lebih banyak koneksi dengan pengguna yang lainnya.


7. eharmony (Android & iOS)

eharmony adalah salah satu aplikasi yang menggunakan sistem algoritma untuk menghasilkan suasana kencan terbaik bagi para penggunanya.

Setelah kamu membuat akun, kamu bisa memilih opsi “Relationship Questionnaire” agar bisa membuat profil kepribadian yang membantu mencocokkanmu dengan pengguna lainnya.

Setiap harinya, aplikasi akan memberimu pilihan calon pasangan ideal sesuai kriteriamu. Kamu juga punya pilihan untuk terus terhubung jika kalian memiliki minat yang serupa.


8. Badoo (Android & iOS)

Badoo juga menjadi salah satu aplikasi yang cukup menonjol di bidang cari jodoh. Badoo menampilkan 370 juta lebih pengguna dari lebih dari 190 negara, semuanya membagikan profil dan foto mereka saat sedang mencari pasangan.

Aplikasi ini menerapkan banyak cara bervariasi untuk menemukan kecocokan dari mulai sistem swipe seperti yang ada pada Tinder, hingga melihat profil pengguna terdekat dari lokasi di mana kamu tinggal.

Badoo sudah memastikan bahwa penggunanya adalah orang yang memang telah terverifikasi alias asli, akibat maraknya penipuan zaman sekarang dengan akun fake, Badoo menggunakan metode verifikasi berdasarkan foto yang diunggah, akun media sosial apa saja yang terhubung, dan verifikasi telepon untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Meskipun aplikasi ini gratis untuk digunakan, kamu bisa meng-upgrade ke penggunaan premium (dengan membayar) untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan fitur yang jauh lebih banyak.


9. Taaruf.id

Gak mau pacaran dan pengen langsung nikah? Pakai aja aplikasi bernama Taaruf.id ini! Aplikasi Taaruf.id akan memudahkanmu untuk mencari pasangan untuk dinikahi sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Tenang saja, para pengguna Taaruf.id sudah dipastikan seseorang yang memang siap menikah.

Aplikasi ini menggunakan sistem GPS yang akan mencocokkanmu dengan pengguna terdekat yang berada di wilayahmu.


10. Wingman (Android & iOS)

Perlu bantuan dalam cari jodoh? Tenang, Wingman membawa teman-temanmu ke dalam satu loop yang sama untuk memudahkanmu mencari pasangan ketimbang menggunakan cara lama seperti mengandalkan profil saja. Kamu bisa memiliki lebih dari satu teman untuk membantumu cari jodoh.

Aplikasi ini juga menerapkan sistem swipe ala Tinder. Tapi, ada beberapa hal yang berbeda. Daripada kamu harus merasakan kepedihan seperti udah swipe kanan tapi si calon pasangan gak swipe balik, kamu akan ditempatkan di satu circle yang sama dengan pasangan berkat perantara teman-teman. Saat itulah kamu bisa mendapat kesempatan untuk mengirim pesan kepada si dia yang kamu impikan.

Pastikan kamu punya satu atau dua teman yang bisa dipercaya untuk jadi perantaramu cari pasangan, ya!

Baca Juga : Apa Arti PAP? Ini Penjelasan dan Sejarahnya


11. Happn (Android & iOS)

Aplikasi Happn mendekatkanmu pada orang-orang yang melakukan hal-hal yang sama denganmu. Layanan cari jodoh yang berbasis lokasi ini menunjukkanmu profil pengguna Happn yang lain yang tinggal tak jauh dari daerahmu.

Kamu bisa menyukai salah satu profil yang muncul, jika perasaan suka tersebut berbalas, aplikasi akan memberikanmu opsi untuk terus terhubung dengan si calon pasangan.


12. Mingle2 (Android)

Berbeda dengan aplikasi yang mengandalkan konsep swipe seperti Tinder, aplikasi kencan Mingle2 memutuskan untuk menerapkan desain terbaru dalam aplikasinya. Aplikasi ini menghadirkan pengalaman chatting yang berkesan dan menarik.

Fitur swipe pada Mingle2 lebih berfungsi untuk melihat isi profil yang lebih rinci yang diisi dengan gambar dan cerita si’empunya’. Pengguna kemudian dapat memilih untuk menyukai dan mengomentari sesuatu di profil tersebut, cara ini berfungsi sebagai starter chattingan. Setiap harinya, kamu dapat melihat rekomendasi baru, serta melihat orang-orang yang menyukai profilmu.


13. Plenty Of Fish Dating (Android & iOS)

POF Dating atau biasa dikenal sebagai Plenty Of Fish sebenarnya tidak memiliki kedalaman fitur yang biasa ditemukan di beberapa aplikasi cari jodoh pada umumnya, tetapi kelebihan lain dari aplikasi ini adalah bisa digunakan secara luas. Aplikasi kencan gratis ini adalah salah satu yang terbesar dan terpopuler di dunia, mempunyai lebih dari 70 juta anggota yang tersebar diberbagai negara.

Kamu dapat mengatur profil sederhana seperti memasukkan usia, pendidikan, dan profesi, lalu mencari pasangan yang paling potensial dan mengirimkan chat kepada mereka.


14. Raya (iOS)

Ingin menggunakan layanan cari jodoh online yang terjaga keamanannya? Pakai saja aplikasi bernama Raya! Aplikasi iOS ini awalnya digunakan sebagai layanan kencan biasa, tetapi seiring berjalannya waktu, Raya mulai dikembangkan untuk berkomunikasi dengan relasi atau teman secara profesional, terutama bagi mereka yang hidup di industri kreatif.

Kamu tidak bisa sembarangan masuk. Untuk mendaftar jadi member di aplikasi ini, calon anggota perlu mengirimkan profil data diri yang akan diverifikasi, yang akan menentukan kamu bisa diterima di Raya atau tidak. Jika kamu diizinkan masuk sebagai pengguna, maka kamu harus membayar biaya keanggotaan perbulannya.

Baca Juga : 3 Aplіkasі Weddіng Androіd Yang Harus Anda Download


15. Tagged (Android)

Dalam pencarianmu untuk menemukan kekasih hati, Tagged akan menjaga kepercayaanmu berdasarkan algoritma yang mereka miliki.

Supaya kamu bisa mencari belahan jiwa dengan aman, layanan kencan gratis ini akan memverifikasi profil dan ID semua orang yang mendaftar. Tagged akan secara otomatis memblokir pesan yang menyinggung atau dipenuhi kata kasar bahkan sebelum diterima olehmu.

Tagged juga menggunakan sistem swipe yang umum digunakan oleh aplikasi kencan lainnya, tetapi saat kamu swipe kanan dan mulai chattingan, algoritma berbasis machine learning ini mampu menyesuaikan dan menyarankan calon pasangan mana yang paling cocok bersanding denganmu berdasarkan preferensi pribadimu.


16. Cougar Dating Clover Fun (Android )

Pengen cari pasangan yang lebih tua atau lebih muda dari usiamu? Jangan khawatir, install saja Cougar Dating Clover Fun! Cougar Dating Meet Clover adalah layanan khusus bagimu yang mau membangun hubungan beda usia yang menarik.

Aplikasi ini memiliki sistem keamanan canggih yang akan mengkonfirmasi informasi pengguna secara akurat. Cougar Dating Meet Clover juga memastikan bahwa semua pria dan wanita di aplikasi kencan ini nyata dan bukan fake.

Cougar Dating Meet Clover juga melindungi privasi setiap anggotanya dengan tidak pernah berbagi database atau mengungkapkan informasi pribadi dengan aplikasi lain. Kamu harus berusia minimal 18 tahun untuk mendaftar ke aplikasi yang satu ini.


17. Blendr (Android)

Blendr ingin menciptakan lingkungan yang lebih nyaman bagi wanita yang ingin bertemu seseorang secara online. Pengguna wanita bahkan tidak perlu mengunggah foto mereka sendiri atau memberikan deskripsi apa pun.

Pengguna wanita dapat menelusuri calon pasangan yang paling potensial dan mengirimkan pesan ke pengguna lain yang mereka minati.

Sedangkan untuk pria, mereka tidak secara langsung melakukan pencarian jodoh di Blendr. Aplikasi membiarkan wanita yang ‘bergerak’ duluan untuk mencari pria yang disukai. Pengguna laki-laki dapat menanggapi permintaan obrolan atau melihat dashboard yang akan menunjukkan kepada mereka pembaruan real-time apakah ada pengguna lain yang men-stalk foto mereka.

Ide dari aplikasi ini adalah untuk menciptakan suasana yang lebih santai bagi pria yang mau mencari pasangan sambil memberikan pengguna wanita lebih banyak kontrol.


18. The League (Android & iOS)

Apakah kamu ingin berpacaran dengan seseorang yang memiliki tingkat pendidikan atau ambisi serta pola pikir yang sama? Coba aja install aplikasi bernama The League ini!

The League menyebut dirinya sebagai aplikasi cari jodoh untuk orang-orang yang punya standar tinggi. Aplikasi ini mengharuskanmu untuk direview sebelum bisa mencari pasangan.

Tugasmu setelahnya adalah memberi tahu The League tentang preferensimu yang akan memudahkan aplikasi untuk mencocokkanmu dengan calon pasangan yang memenuhi kriteria spesifikmu.


19. Ship – Dating Made Fun Again (Android & iOS)

Ship memiliki konsep yang agak unik. Daripada menjadikan kegiatan cari jodoh sebagai urusan pribadi, aplikasi kencan ini memungkinkan teman-temanmu untuk mengikuti proses kencan dengan memeriksa kemungkinan kecocokan yang kamu dan calon pasanganmu miliki.

Jika kamu sedang mencari cinta sejati, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi, mengatur akun, dan kemudian mengundang teman terdekat untuk bergabung dalam grupmu.

Setelah diatur, kamu dapat mengirim profil calon pasangan ke grup berisi teman-temanmu, kemudian mereka bisa memeriksa calon pasangan untuk mengecek tingkat kecocokan antara kamu dan si dia. Ketika sudah ditemukan kecocokan, kamu bisa ngobrol langsung dengan calon pasangan melalui aplikasi.


20. Tantan (Android)

Udah ada lebih dari 100 juta pria dan wanita yang jadi pengguna Tantan supaya bisa ngobrol, nambah teman baru, dan menemukan pasangan yang sempurna, lho. Tantan memang jadi cara paling menyenangkan untuk bertemu banyak orang dan memperluas lingkaran sosialmu.

Cek profil pengguna lain yang menarik di sekitarmu, sukai, lalu tinggal swipe deh! Jika si dia suka juga sama kamu, kalian berdua akan langsung match! Lihat foto dan minat semua orang untuk memutuskan siapa yang paling cocok untuk jadi pasanganmu.

Setelah kamu berhasil cocok dengan si dia, cobalah mengobrol menggunakan chat, vn, fitur telfon, dan videocall. Kenali calon pasanganmu lebih baik dengan melihat momen-momen seru yang ia bagikan.

Baca Juga : Review App Tantan, Cocok Buat Kamu yang Jomblo!


21. SweetRing (Android)

Sebentar lagi ngelewatin tanggal sempurna tapi belum punya hubungan serius? Tenang gengs, pakai saja SweetRing buat cari pasangan yang bisa jadi teman hidupmu!

SweetRing adalah platform yang cocok bagi mereka yang mau bertemu pasangan ideal. Dengan pencarian lanjutan yang tersedia, mekanisme perjodohan yang unik, dan proses monitor yang ketat, SweetRing berkomitmen untuk memastikan pengalaman terbaik dalam menemukan cinta bagi para penggunanya.

Sebagai aplikasi yang sudah sangat populer, pengguna SweetRing tersebar di seluruh dunia. Kamu tidak akan kecewa mencari hubungan atau cinta sejatimu di sini.

Hilangkan semua rasa grogi dan mulailah ngobrol! Kenali lebih banyak tentang calon pasangan paling potensialmu dengan bantuan fitur pertanyaan yang sudah tersedia di dalam aplikasi.


22. Muzmatch (Android)

Muzmatch diciptakan untuk memudahkan Muslim lajang agar bisa menemukan pasangan sempurna dengan cara halal, gratis, dan seru. Aplikasi cari jodoh ini menerapkan konsep privasi foto dan nama panggilan anonim. Kamu juga bisa ngecek siapa aja sih yang mampir ke profilmu.

Dengan Muzmatch, kamu dapat menggunakan filter aplikasi untuk mencari Muslim lajang lainnya yang memenuhi kriteria atau agamamu. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah jadi satu-satunya aplikasi Muslim yang memungkinkanmu untuk menyertakan Wali dalam setiap proses chat.

Muzmatch memiliki komunitas aman dan berkualitas yang berisi lebih dari 2 juta Muslim lajang yang sedang mencari pasangan hidup.


23. hi5 (Android)

hi5 adalah tempat terbaik untuk berkencan, mengobrol, atau bertemu orang baru! Dengan aplikasi ini, kamu bisa bertemu teman baru atau bahkan calon pasangan berdasarkan minat, kriteria, umur, dan masih banyak lagi.

hi5 merupakan aplikasi berbasis lokasi yang memungkinkanmu untuk mencari tipe relasi mana yang ingin kamu temui, apakah mereka tinggal di daerah sekitarmu, di kota lain atau bahkan negara lain.

Nah, itu dia aplikasi cari jodoh terbaik yang bisa kamu install supaya bisa dapet pasangan. Saran dari kami, sebelum kamu memutuskan melakukan pertemuan secara langsung dengan pengguna lain pada aplikasi cari jodoh di atas, ada baiknya kamu mengetahui data diri dan latar belakang orang tersebut untuk mencegah hal buruk terjadi. Cari jodoh boleh, tapi kamu juga harus waspada dan teliti.

Semoga informasi dari kami ini berguna untuk kalian semua, ya! Jangan sedih atau galau karena belum dapet pasangan, tenang aja, jodoh yang pas akan datang di waktu yang tepat 🙂

0 0 vote
Article Rating

Ashya Ravika

Ashya Ravika adalah kreator konten profesional yang memiliki banyak pengalaman di berbagai startup digital ternama.

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments