Cara Cek Identitas Pemilik Nomor Telepon

Sering mengalami teror dari orang yang iseng menghubungi dengan nomor telepon asing? Tentu sangat menganggu bukan? Bahkan tidak jarang orang merasa terancam dan takut keluar rumah karena diteror nomor tidak dikenal.

Mungkin kalau sudah merasa lelah dan kesal, kamu akan meminta bantuan pihak yang berwajib atau orang-orang yang ahli untuk melacak siapa orang tidak dikenal yang sering menghubungi kamu. Namun, tahukah kamu kalau sebenarnya kamu bisa melacak sendiri siapa pemilik nomor telepon tersebut?

Ya, kecanggihan teknologi saat ini dapat memudahkan kamu untuk melakukan hal-hal seperti itu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, meskipun memang satu cara lebih direkomendasikan dari yang lain.

Daripada bertele-tele seperti pejabat negara, yuk langsung simak!


Truecaller

truecaller

250 juta orang telah menggunakan aplikasi ini di seluruh dunia, jadi menurut kami ini adalah aplikasi yang paling terpercaya untuk mengetahui dan melacak rincian dari sebuah nomor telepon. Intinya kamu bisa mengetahui siapa pemilik nomor tidak dikenal yang sering menghubungi kamu.

Cara kerjanya? Truecaller mengumpulkan data kontak dari hp di seluruh dunia, dan mengumpulkannya kedalam satu database untuk diakses secara bersama-sama oleh pengguna Truecaller. Singkatnya seperti kumpulan buku kontak dari nomor di berbagai penjuru dunia.

Ini cara melacak nomor telepon dengan Truecaller:

  1. Unduh dan install terlebih Truecaller dari Google Play
  2. Buka aplikasi tersebut dan pilih opsi Mulai
  3. Pilih menu Register dan masukkan nomor handphone
  4. Tunggu kode verifikasi melalui SMS
  5. Masukkan kode verifikasi tersebut
  6. Buka aplikasi Truecaller, lalu pilih menu “Search”
  7. Lacak berdasarkan nomor ataupun nama

Kalau kamu tidak ingin mengunduh aplikasi Truecaller karena tidak ingin memori ponsel anda terlalu penuh, kamu dapat melacak nomor telepon tidak dikenal dengan melalui website TrueCaller. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka situs truecaller.com melalui browser komputer
  2. Pilih negara
  3. Lakukan “Register” atau “Login
  4. Lacak berdasarkan nomor

Sebetulnya dengan Truecaller, kemungkinan besar kamu bisa mengetahui siapa pemilik suatu nomor. Tapi kalau masih mau coba aplikasi lain, lanjutkan membaca.

Cek juga: Cara cek nomor telkomsel sendiri


Whoscall

whoscall

Dengan lebih dari 70 juta download di seluruh dunia, aplikasi ini memiliki database yang cukup lengkap untuk memberitahukan kamu siapa pemilik sebuah nomor. Selain melacak pemilik, aplikasi ini juga bisa memblokir telepon dan SMS spam yang mengganggu.

Kamu bisa melacak pemilik nomor telepon tanpa perlu terhubung ke internet, karena databasenya bisa didownload dan disimpan di ponsel kamu. Untuk menggunakannya, cukup masuk ke Google Play dan ketik Whoscall, lalu instal dan ikuti panduan didalamnya.


DU Caller

Aplikasi satu ini menawarkan fitur untuk mengetahui atau melacak nomor telepon asing yang menelepon kamu. Berikut adalah cara-cara melacaknya:

  1. Instal DU Caller dari Google Playstore
  2. Buka aplikasi DU Caller lalu pilih opsi Izinkan
  3. Akan muncul berbagai fitur yang dimiliki. Klik Next
  4. Kalau muncul pesan Use DU Caller, silahkan klik
  5. DU Caller akan memindai kontak telepon kamu semua hingga 100%
  6. Tinggal gunakan aplikasi DU Caller ini. Cukup buka daftar nomor yang tidak dikenal, lalu mulai melacak

Trapcall

Cara cek pemilik nomor telepon yang ketiga yang cukup ampuh adalah dengan menggunakan aplikasi Trapcall. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan install aplikasi di google playstore
  2. Tinggal tunggu ada panggilan masuk yang tidak dikenal, lalu nomor tersebut akan terlacak dengan sendirinya. Kamu dapat melihat nama, alamat, serta nomor asli dari orang tersebut.

Lihat juga: Cara cek nomor Indosat yang mudah


Show Caller

  1. Unduh dan install aplikasi Show Caller di playstore
  2. Buka aplikasi tersebut lalu klik tombol “Mulai”
  3. Beri izin Show Caller untuk mengakses perangkat kamu dengan klik “Paham”
  4. Klik lagi “Izinkan”
  5. Akan muncul fitur untuk mengaktifkan rekam otomatis. Kalau tidak ingin menggunakannya, klik “X”
  6. Akan muncul pop up untuk mengaktifkan ID pemanggil. Pilih “OKE”
  7. Masuk ke pengaturan Android, lalu cari opsi “Izinkan ditampilkan di atas aplikasi lain”

Setelah selesai, secara otomatis Showcaller akan memunculkan nama-nama dari pemilik nomor telepon yang tidak kamu simpan atau yang tidak dikenal.

Demikianlah pembahasan tentang beberapa cara cek pemilik nomor telepon yang dapat kamu coba gunakan. Ternyata ada cukup banyak cara yang mudah dan tentunya membantu kamu untuk terhindar dari terror.

Nah, setelah kamu bisa tahu siapa pemilik nomor tidak dikenal yang sering meneror, kamu dapat dengan cepat mengambil tindakan. Segera dicoba!

Ajay

Ajay adalah penulis profesional lulusan Institut Pertanian Bogor dengan pengalaman menulis di berbagai topik.

guest
8 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
8
0
Boleh komentar.... Bebas!x
()
x