7 Rekomendasi Browser Android Paling Ringan

Masalah lelet pada saat browsing bisa disebabkan aplikasi browser yang tergolong berat. Oleh sebab itu, menggunakan aplikasi browser yang ringan sangat wajib hukumnya. Dengan kapasitas tidak lebih dari 10 MB, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi browser yang ringan tanpa khawatir smartphone nge-lag.

Beberapa browser ringan di bawah ini memiliki performa yang stabil, tampilan yang sangat menarik, serta penggunaan yang mudah sehingga tidak menyulitkan para penggunanya. Anda bisa mendapatkan pengalaman browsing menyenangkan sekaligus memperpanjang usia baterai perangkat dengan pilihan browser ini.

Bahkan, di antara list browser ringan ini ada yang hanya berukuran 2 MB saja. Dengan kapasitas tersebut, tentu saja smartphone dengan RAM minim sekalipun bisa mengoperasikan browser tersebut.

Fitur yang tersedia juga cukup lengkap, tak kalah dengan fitur lain pada browser yang lebih besar ukurannya seperti ad block, kompres data, dan masih banyak lagi.

Mau tau aplikasi browser apa saja yang masuk ke dalam daftar rekomendasi kami? Simak langsung ulasannya di bawah ini!


1. Lightning Browser

Lightning Browser

Browser dengan tampilan simpel ini hanya berukuran 2 MB saja sehingga tidak memberatkan smartphone Android. Tampilan antar mukanya yang sederhana membuat browser android satu ini tidak memerlukan waktu lama untuk memuat halaman. Untuk membuka tab, Anda cukup menyapu layar smartphone ke kanan atau kiri.

Baca Juga : Cara Menggunakan Fitur Motion Gesture di Android

Browser ringan ini sangat cocok untuk Anda yang senang membuka beberapa tab sekaligus serta menginginkan tampilan oke dan performa yang baik.


2. APUS Browser

Hanya 2 MB, itulah ruang yang perlu Anda sediakan untuk menginstall aplikasi browser satu ini. Tampilan halaman antar mukanya didesain flat sehingga tidak memberatkan performanya.

APUS Browser hadir dengan fitur Shortcut yang berfungsi untuk membuka banyak website favorit, update cuaca di sekitar, dan berbagai fungsi lainnya. Terdapat pula fitur No Image yang akan membuat kegiatan browsing jadi lebih hemat kuota.


3. Dolphin Browser

Dengan ukurannya yang hanya 10 MB, browser ini tidak akan membuat smartphone Anda keberatan. Bahkan ketika dioperasikan untuk membuka banyak tab, browser satu ini tetap memberikan performa stabil dengan koneksi yang cepat.

Terdapat fitur add on, serta fitur pengubah tampilan web ke format PDF secara otomatis. Untuk smartphone dengan RAM hanya 1 GB, browser satu ini tetap kompatibel untuk digunakan.


4. Opera Mini

Browser dengan logo lingkaran merah ini sudah tidak asing bagi sebagian besar pengguna Android. Halaman depan browser satu ini cukup simpel dan memudahkan pengguna dalam mengakses web favorit.

Browser satu ini memiliki fitur pengompres data sehingga penggunaan kuota internet menjadi lebih ringan. Tak hanya itu, jika digunakan untuk berpindah tab berulang kali, Opera Mini memiliki performa yang lebih ringan dan cepat.


5. Chrome

Chrome memiliki reputasi sebagai browser bawaan smartphone yang ringan dan cepat. Meskipun demikian, browser Android satu ini tidak menyediakan fitur Ad Block seperti banyak browser lainnya.

Baca Juga : Pertanyaan Umum Tentang Google Chrome

Hal ini akan membuat penggunaannya jadi lebih berat. Tapi masih kompatibel kalau mau dipakai untuk membuka beberapa situs sekaligus. Untuk penggunaan browser Android, sebaiknya Anda mengoperasikan Chrome dengan RAM 2 GB sehingga browser jadi lebih ‘smooth’ dan gampang nge-lag.


6. Brave Browser

Brave Browser adalah salah satu browser Android terbaru yang diluncurkan pada tahun 2016 dan dilengkapi dengan berbagai macam fitur.

Brave Browser menyediakan ad-block serta dapat memblokir cookie pihak ketiga, memblokir script, dan memiliki pengaturan per-situs untuk Anda yang membutuhkannya. Browser ini juga menawarkan optimalisasi untuk peningkatan kecepatan dan masa pakai baterai.

Brave Browser sangat fungsional dan sangat mudah digunakan. Ini juga memiliki sebagian besar fitur basic seperti bookmark, riwayat, ekstensi, dan mode privasi (incognito).


7. Firefox Browser

Ada dua browser Firefox yang bisa jadi pilihan Anda. Yang pertama adalah Browser Firefox standar yang menampilkan banyak fitur seperti sinkronisasi beragam platform, pengalaman browsing yang aman, pengaman kata sandi, dan masih banyak lagi. Firefox juga browser yang jadi pesaing terbesar Google Chrome.

Opsi Firefox kedua yang bisa dicoba adalah Firefox Focus. Sebuah browser privat dengan banyak fitur keamanan dan kekuatan privasi yang tidak akan Anda temukan di browser lainnya.

Firefox juga memiliki ukuran yang cukup ringan dan bisa dipasang di smartphone Android tanpa takut ponsel jadi lambat.

Nah, itu dia 7 rekomendasi browser Android terbaik yang dapat dicoba. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

Cek Juga : Cara Ganti Password Wifi Indihome, Biznet, First Media dan MyRepublic

Dimas

Menyajikan konten berkualitas seputar teknologi dan telah melalui tahap pengeditan yang ketat.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
0
Komen apa aja.... Bebas!x
()
x