Rekomendasi Browser Android Paling Ringan

Masalah lelet pada saat browsing bisa disebabkan karena aplikasi browser yang tergolong berat. Oleh sebab itu menggunakan aplikasi browser yang ringan sangat wajib hukumnya. Dengan kapasitas tidak lebih dari 10 MB, anda bisa menggunakan aplikasi browser ringan tanpa khawatir smartphone mengalami lag.

Browser-browser ringan dibawah ini memiliki peforma yang stabil, tampilannya juga sangat menarik dan sederhana sehingga tidak menyulitkan para penggunanya. Anda bisa mendapatkan pengalaman browsing menyenangkan sekaligus memperpanjang usia baterai dengan pilihan aplikasi dibawah.

Bahkan, diantara list browser ringan ini ada yang hanya berukuran 2 MB saja. Tentu saja dengan kapasitas tersebut smartphone dengan RAM minim sekalipun bisa mengoperasikan browser tersebut.

Fitur yang tersedia cukup lengkap, tak kalah dengan browser yang lebih besar ukurannya, seperti ad block, kompres data, dan lain sebagainya.

Di bawah ini akan kami akan mengulas lebih lanjut mengenai beberapa rekomendasi aplikasi browser android paling ringan yang bisa anda coba gunakan.

1. Lightning Browser

Ukuran browser dengan tampilan simpel ini hanya 2 MB sehingga tidak memberatkan smartphone android. Tampilan antar mukanya yang sederhana membuat browser android satu ini tidak memerlukan waktu lama untuk memuat halaman.

Untuk membuka tab anda cukup menyapu layar smartphone ke kanan atau kiri. (Baca: Cara menggunakan fitur motion gesture di android)

Browser ringan ini sangat cocok untuk anda yang senang membuka beberapa tab sekaligus namun tetap dengan tampilan oke dan peforma yang baik.

2. APUS Browser

2 MB, itulah ruang yang perlu anda sediakan untuk menginstall aplikasi browser satu ini. Tampilan halaman antar mukanya didesain flat sehingga tidak memberatkan peformanya.

APUS Browser hadir dengan itur shorcut yang berfungsi untuk memebuka website favorit, update cuaca disekitar, dan berbagai fungsi lainnya. Terdapat pula fitur No Image yang akan membuat browsing anda lebih hemat kuota.

3. Dolphin Browser

Ukuran 10 MB akan membuat smartphone anda tidak terbebani kinerjanya. Bahkan ketika dioperasikan untuk membuka banyak tab, browser satu ini tetap memberikan peforma ringan dengan koneksi yang cepat.

Terdapat fitur add on, serta fitur pengubah tampilan web ke format PDF secara otomatis. Untuk smartphone dengan RAM hanya 1 GB, browser satu ini tetap kompatibel digunakan.

4. Opera Mini

Browser dengan logo lingkaran merah ini sudah tidak asing bagi sebagian besar pengguna Android. Halaman depan browser satu ini cukup simpel dan memudahkan pengguna dalam mengakses web favorit.

Browser satu ini memiliki fitur pengompres data sehingga penggunaan kuota internet menjadi lebih ringan. Selain itu jika digunakan untuk berpindah tab, Opera Mini memiliki peforma yang lebih ringan dan cepat.

5. Chrome

Chrome memiliki reputasi sebagai browser bawaan smartphone yang ringan dan cepat. Meskipun demikian, browser android satu ini tidak menyediakan fitur Ad Block seperti UC Browser.

Hal ini akan membuat penggunaannya lebih berat, namun untuk membuka beberapa situs masih cukup kompatibel. Untuk penggunaan browser android satu ini sebaiknya anda mengoperasikannya dengan RAM 2 GB sehingga browser lebih smooth dan tidak mudah lag.

Itu dia beberapa referensi browser android paling ringan yang bisa menjadi opsi anda untuk browsing tanpa takut nge-lag. Semoga bermanfaat.

Cek juga: Cara Mengganti Password Wifi Indihome, Biznet, dan MyRepublic

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of